cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pto@umpwr.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
ISSN : 23033738     EISSN : 26232502     DOI : 10.37729/auto tech
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari dan Juni. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, guru, dosen maupun pemerhati pendidikan. Redaksi berhak mengubah naskah sepanjang tidak merubah substansi/isi tulisan. Tanggung jawab isi tulisan sepenuhnya ada pada penulis.
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2015): Jurnal Autotech" : 24 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER TRAIN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK PANCASILA 1 KUTOARJO Ipan Bulan Kelana
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 2 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/autotech.v5i2.1878

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah media pembelajaran interaktifdengan menggunakan Macromedia Flash Flayer dapat menghasilkan aktivitas belajar siswa yanglebih baik daripada model pembelajaran konvensional pada materi Sistem Transmisi, (2) untukmengetahui apakah aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaraninteraktif dapat memberikan hasil belajar yang lebih baik daripada model pembelajarankonvensional pada materi sistem transmisi. Penelitian ini merupakan penelitian Research andDevelopment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Pancasila 1 Kutoarjo tahunpelajaran 2014/2015 yang berjumlah 9 kelas, Sebagai subyek adalah siswa kelas XI TOKR H dankelas XI TOKR G. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Sampel dalampenelitian berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dilakukandengan menggunakan metode observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Instrumen tes diujicobakan sebelum digunakan untuk pengambilan data. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwadengan memanfaatkan media pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran interaktifdengan menggunakan Macromedia Flash Flayer dalam pembelajaran Power Train dengan materisistem transmisi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI TOKR G di SMKPancasila 1 Kutoarjo. Hal ini terlihat dari hasil observasi aktivitas belajar siswa kelas eksperimensebesar , hasil observasi aktivitas belajar siswa kelas kontrol sebesar Sementaraitu angket responden siswa uji kelompok kecil 72,91%, uji kelompok besar 91,66%, ujipembelajaran 89,58 dan hasil belajar siswa -0,30517 kurang dari Ttabel 1,669. Sehinggapembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dengan menggunakanMacromedia Flash Flayer dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran yangmengupayakan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Pengembangan Media Pembelajaran.
PENINGKATAN HASIL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATA PELAJARAN DASARDASAR KELISTRIKAN (DDK) DI SMK MA'ARIF 1 WATES KULON PROGO TAHUN 2013/2014 Ipnugraha Ipnugraha
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 2 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (638.262 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v5i2.1879

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dan kemandirian belajar siswa pada matapelajaran Dasar-Dasar Kelistrikan (DDK) siswa kelas I Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL).Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan 2 (dua)siklus. Seting penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran Dasar- Dasar Kelistrikan (DDK).Penelitian ini di laksanakan di kelas I pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014 pada bulanJuli sampai September 2013. Subyek penelitian ini adalah semua siswa kelas I TITL, yangberjumlah 32 orang dan pengampu mata pelajaran tersebut. Prosedur (1) perencanaan(planning), (2) pelaksanaan tindakan (action), (3) observasi (observation), dan (4) reflkesi(reflection) dalam setiap siklus. Instrumen penelitian ini menggunakan angket, catatan lapangan,lembar observasi, dan dokumentasi. Untuk memperoleh data penelitian, disusun dua perangkatpembelajaran dan empat instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelahmengikuti pembelajaran dengan pendekatan reciprocal teaching, 100% peserta didik telahmencapai nilai sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) secara individual maupunklasikal. Kemandirian belajar peserta didik dikategorikan baik.Kata kunci: reciprocal teaching, kemandirian belajar, hasil belajar
PENGEMBANGAN MEDIA CD INTERAKTIF PEMBELAJARAN OTOMOTIF MATERI SISTEM PENGISIAN PADA SISWA KELAS XI SEMESTER II SMK PEMBAHARUAN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Jatmika Alif Nurhidayatullah
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 2 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.327 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v5i2.1880

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui prosedur pengembangan media CD Interaktif pembelajaranotomotif materi sistem pengisian pada siswa kelas XI semester II SMK Pembaharuan Purworejotahun pelajaran 2013/2014 dan mengetahui hasil belajar siswa kelas XI SMK PembaharuanPurworejo terhadap materi sistem pengisian setelah menggunakan media CD Interaktif. Penelitianmenggunakan desain R & D. Subjek penelitian sebanyak 60 siswa kelas XI Semester II SMKPembaharuan Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 kelas XI TKR A dan XI TKR B dan Guru SMKPembaharuan Purworejo. Hasil analisis pengembangan CD interaktif pencapaian persentase skorjawaban tanggapan siswa tentang CD interaktif adalah 85,26% artinya pengembangan media CDinteraktif dinilai sangat baik sehingga layak digunakan. Tanggapan guru terhadap CD interaktifsistem pengisian menunjukkan 81,25%, artinya termasuk kategori sangat baik. Tanggapan ahlimateri dan media mencapai 86,57% artinya termasuk kategori sangat baik.. Hasil belajar siswasetelah menggunakan CD interaktif menunjukkan nilai kelompok eksperimen secara bermaknalebih tinggi dibandingkan kelompok control.Kata kunci: Pengembangan, Media, CD Interaktif
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELECTRONIK FUEL INJECTION MENGGUNAKAN PORTABLE INJECTOR TESTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII SMK YPT PURWOREJO Khoirul Mualif
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 2 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (620.998 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v5i2.1881

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pembuatan media pembelajaran dan untukmengetahui hasil belajar siswa menggunakan portable injector tester yang diaplikasikan padamata pelajaran sistem electronik fuel injection.Populasi yang diambil adalah siswa SMK YPTPurworejo yang mendapatkan materi sistem electronik fuel injection. Sampel yang diambil adalahsiswa kelas XII TKR A dan kelas XII B. Penelitian ini menggunakan metode Research andDevelopment dengan desain pretest-postest, dengan sampel dua kelas, yaitu kelas XII TKR Asebagai kelas Eksperimen dengan jumlah 38 siswa dan kelas XII TKR B sebagai kelas kontroldengan jumlah 36 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dengan tes objektifpretest dan postest serta angket untuk mengetahui kelayakan media yag digunakan untukpenelitian. Uji analisis menggunakan statistik parametris dengan uji t-test. Dari hasil penelitian,menunjukkan bahwa media pembelajaran portable injector tester yang dikembangkan layakdigunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran sistem electronik fuel injection, diSMK YPT Purorejo hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi yang dilakukan oleh dosen ahli mediayang menunjukkan hasil 81.6% dari skor kriterium. validasi oleh dosen ahli materi yangmenunjukkan hasil 81.6% dari skor kriterium. Media pembelajaran portable injector tester jugatelah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswamelalui tiga tahap uji coba yaitu, uji coba satu-satu memperoleh skor 78% yang meliputi 3 siswa,uji coba kelompok kecil memperoleh 82.7% yang meliputi 15 siswa dan uji coba kelompok besaratau tahap akhir yang memperoleh skor 93% yang meliputi 38 siswa. Pada hasil belajar siswa jugamenunjukkan prestasi belajar dari yang sebelum menggunakan media portable injector tester dansesudah menggunakan media portable injector tester. Melalui uji t-tes dengan taraf kesalahan 5%,hasilnya t hitung lebih besar dari harga t-tabel yaitu 2.76>1.66. Dengan demikian pada kelaseksperimen antara sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran ini.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Electronic Fuel Injection, Hasil Belajar
UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR DASAR OTOMOTIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING Lukmannul Hakim
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 2 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (743.004 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v5i2.1882

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah model pembelajaran problem posing dapatmeningkatkan keaktifan dan hasil belajar dasar otomotif materi baterai menggunakan modelpembelajaran problem posing pada siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) kelas XI SMK N 1Sapuran dan (2) apakah penerapan model pembelajaran problem posing dapat meningkatkanhasil belajar siswa tersebut. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri daridua siklus. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 21 siswa. Metode pengumpulan datamenggunakan metode observasi dan tes. Sedangkan metode analisis data menggunakan deskripsipersentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terjadi peningkatan persentase aktivitasbelajar peserta didik dari 51,67% pada siklus I menjadi 75,82% pada siklus II, dan (2) rerata hasilbelajar peserta didik sebelum penelitian sebesar 71,24 dengan ketuntasan belajar klasikal 66,67%.Pada siklus I rerata hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan menjadi 73,09 denganketuntasan belajar klasikal 76,19%. Pada siklus II rerata hasil belajar peserta didik mengalamipeningkatan dari siklus I menjadi 76,24 dengan ketuntasan belajar klasikal 80,95%. Dengandemikian dapat disimpulan bahwa model pembelajaran problem posing dapat meningkatkankeaktifan dan hasil belajar pada siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) kelas XI SMK N 1Sapuran.Kata kunci: model pembelajaran problem posing
PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PENDINGIN MENGGUNAKAN PORTABLE COOLER ENGINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK MA’ARIF 4 KEBUMEN Mohammad Nurhidayatulloh
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 2 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (603.155 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v5i2.1883

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pembuatan media pembelajaran sistempendingin menggunakan portable cooler engine; dan (2) pengaruh media pembelajaran portablecooler engine terhadap hasil belajar siswa di SMK Ma’arif 4 Kebumen. Jenis penelitian inimenggunakan desain penelitian dan pengembangan atau Research and Development. Subjek yangmenjadi penelitian adalah siswa kelas XI SMK Ma’arif 4 Kebumen tahun ajaran 2013/2014 yangmendapatkan materi sistem pendingin yaitu kelas XI TKR yang terdiri dari 70 siswa. Dalampenelitian ini yang digunakan sebagai sampel adalah dua kelas, yaitu kelas XI TKR A dan XI TKR B.Kelas XI TKR A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran sistempendingin dan kelas XI TKR B sebagai kelas control yang menggunakan media ceramah. Caramenentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu dengan cara menggundi menggunakankoin. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan instrumen tes. Analisis datameliputi kriteria interpretasi data dan pengolahan data. Hasil analisis data hasil evaluasi kelaskontrol dan kelas eksperimen diperoleh persentase nilai rata-rata kelas kontrol 68,28% danpersentase nilai rata-rata kelas eksperimen 76,85%. Terdapat selisih antara kelas kontrol dengankelas eksperimen sebesar 8,57% dan juga hasil nilai rata-rata kelas eksperimen sudah diatas KKM.Dari analisis data tersebut terdapat perbedaan yang signifikan atara siswa yang belummengunakan media pembelajaran dan siswa yang sudah menggunakan menggunakan mediapembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sistem pendingin menggunakanmedia portable cooler engine dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMKMa’arif 4 Kebumen.Kata kunci: Media Pembelajaran, Portable Cooler Engine, dan Hasil Belajar.
PENGARUH MICRO TEACHING DAN PRAKTIK INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO Mukondar Mukondar
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 2 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (563.505 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v5i2.1884

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: tingkat prestasi mata kuliah micro teaching danpraktik industry terhadap kesiapan mahasiswa praktik pengalaman lapangan (PPL) UniversitasMuhammadiyah Purworejo.Populasi penelitian diambil dari mahasiswa transfer program studipendidikan otomotif angakatan 2013 sebanyak 14 mahasiswa Universitas MuhammadiyahPurworejo dan jumlah sampel yang diambil dari 10 mahasiswa. Instrumen pengumpulan datamenggunakan angket dan nilai mata kuliah microteaching dan nilai praktik industri yang masingmasingsudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validasi dan reabilitas.Analisa datamenggunakan analisa varian satu arah( ANOVA )Setelah dianalisis dengan analisa varian satu arahmenunjukkan bahwa pengaruh microteaching dan praktik industry memberikan pengaruh yangnyata terhadap kesiapan mahasiswa praktek pengalaman lapangan (PPL). Berdasarkanperhitungan korelasi parsial menunjukan bahwa : (1) rxy= 3,674; sig<0,05 terhadap kesiapanmahasiswa PPL program studi pendidikan teknik otomotif dan setelah dianalisis regresi gandamenunjukan (X2 = tidak linier, Y:8,611 + 0,0875 X1adalahLinier ) terhadap kesiapan mahasiswa PPLprogram studi pendidikan universitas Muhammadiyah Purworejo. Dengan demikian dapatdisimpulkan bahwa secara umum peranan microteaching dan praktik industri berpengaruhterhadap kesiapan mahasiswa PPL program studi pendidikan teknik otomotif UniversitasMuhammadiyah purworejo.Kata kunci : micro teaching, praktik industri, kesiapan mahasiswa PPL
EFEKTIVITAS PENGUNAAN METODE PEMBELAJARAN JIGSAW DAN MIND MAP PADA KOMPETENSI SISTEM PENGAPIAN SISWA KELAS XI TSM SMK MUHAMMADIYAH 2 WONOSOBO Mundak Bayu Febriyanto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 2 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.849 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v5i2.1885

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) untuk mengetahui pengunaan metode jigsawatau metode mind map salah satu bisa meningkatkan pada hasil pembelajaran sistem pengapianpada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Wonosobo, dan (2) untuk mengetahui seberapa besarpeningkatan hasil prestasi siswa setelah mendapat metode pembelajaran jigsaw dan mind map.Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasilpenelitian: (1) berdasarkan hasil dari perhitungan analisis data dan sesuai rumusan padahipotesis, dapat diketahui hasil belajar siswa hasilnya lebih baik mengunakan metode mind mapdari pada menggunakan metode jigsaw; (2) hasil prestasi siswa dari prasiklus sampai siklus IIbanyak mengalami kenaikan hasil prestasi belajar siswa sistem pengapian kelas XI TSM SMKMuhammadiyah 2 Wonosobo. Kemampuan siswa dalam pembelajaran sistem pengapian skorrata-rata pada prasiklus adalah 51 atau 4% kategori sangat kurang. Setelah penelitian dilakukanmenggunakan metode jigsaw, rata-rata kemampuan siswa dalam pembelajaran sistem pengapianmenjadi 74,7 atau 56% termasuk masih katgori cukup, tetapi pada siklus I belum mencapai ratarata75,00 sehingga diperlukan penerapan pembelajaran pada siklus II dengan menggunakanmetode mind map untuk mengetahui lebih efektif mana diantara dua metode tersebut.Selanjutnya pada siklus II, rata-rata kemampuan siswa dalam pembelajaran sistem pengapianmeningkat lagi menjadi 79,4 atau 88% merupakan katefori yang sudah baik dan sudah mencapainilai KKM yang telah ditentukan yaitu 75,00.Kata kunci: metode jigsaw, metode mind map, sistem pengapian.
HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP MINAT SISWA DALAM PEMILIHAN PROGRAM KEAHLIAN SISWA SMK NAWA BHAKTI KEBUMEN Nastiti Normalitasari
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 2 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.312 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v5i2.1886

Abstract

Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap minat siswadalam pemilihan program keahlian siswa SMK Nawa Bhakti Kebumen, untuk mengetahuihubungan lingkungan masyarakat terhadap minat siswa dalam pemilihan program keahlian siswaSMK Nawa Bhakti Kebumen serta untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua danlingkungan masyarakat terhadap minat siswa dalam pemilihan program keahlian siswa SMK NawaBhakti Kebumen. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Penelitian ini dilaksanakan di SMK NawaBhakti Kebumen Jalan Mangkusari No. 73 Desa Kutosari, Kebumen. Populasi dalam penelitian iniadalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 477 siswa dan diambil 202 siswa sebagai sampel.Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai bulan April 2014. Metode pengumpulan datamenggunakan metode angket atau kuesioner. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwapola asuh orang tua dan lingkungan masyarakat berdampak pada minat siswa dalam pemilihanprogram keahlian siswa SMK Nawa Bhakti Kebumen. Hal tersebut dapat dilihat dari uji regresilinier berganda diperoleh nilai Fhitung sebesar 24.241, dengan signifikan 0.000 < 0.05. Nilaikoefisien korelasi antara pola asuh orang tua (X1) terhadap minat siswa (Y) sebesar 0.978, dengannilai signifikan 0.094 > 0,05. Nilai koefisien korelasi antara lingkungan masyarakat (X2) terhadapminat siswa (Y) sebesar 0.918, dengan nilai signifikan 0.082 > 0.05. Dari hasil analisis menunjukkannilai R2 adalah 0.957 berarti variabel yang dipilih pada variabel independen (pola asuh orang tuadan lingkungan masyarakat ) dapat menerangkan variasi variabel dependen (minat siswa)dengan kontribusi 95.57%, dan diterangkan oleh variabel lain sebesar 4.43%.Kata kunci: Pola Asuh Orang Tua, Lingkungan Masyarakat, Minat Siswa
PENGARUH KARAKTERISTIK GURU DALAM MENGAJAR MATA PELAJARAN MOTOR BENSIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X TKR DI SMK PATRIOT PITURUH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Okta Heri Purnama
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 2 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (748.251 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v5i2.1887

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh karakteristik guru dalammengajar terhadap preatasi belajar pada kompetensi motor bensin siswa kelas X SMK PatriotPituruh tahun pelajaran 2014/ 2015.Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif.Subjyekpenelitian ini adalah seluruh guru progam otomotif di SMK Patriot Pituruh yang berjumlah 5 orangdan seluruh siswa kelas X Teknik Otomotif Kendaraan Ringan SMK Patriot Pituruh yang berjumlah90 siswa.Tehnik pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi, wawan cara dan tes. Sebelumdigunakan untuk pengambilan data,diujikan pada hasil/ Uji hasil analisis regresi linier sederhana.Hasil penelitian menujukan sig 0,000, menujukan pengaruh positif dan signifikan karakteristikguru terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Patriot Pituruh. Hal ini didukung dengan datasebagai berikut: guru mengajar gaya klasik mempunyai rerata nilai 77,22 lebih rendah dibandingguru mengajar tidak klasik: 81, 46. Gaya mengajar teknologis didapat rerata nilai 81,11 lebih tinggidibanding mengajar tidak teknologis sebesar 79, 86. Gaya mengajar personalisasi sebesar 81, 04lebih tinggi dibanding tidak personalisasi: 78, 89. Gaya mengajar interaksional rerata sebesar 81,46 lebih tinggi dibanding tidak interaksional sebesar 77, 42.Kata Kunci: karakteristik guru,prestasi belajar

Page 1 of 3 | Total Record : 24