cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pto@umpwr.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
ISSN : 23033738     EISSN : 26232502     DOI : 10.37729/auto tech
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari dan Juni. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, guru, dosen maupun pemerhati pendidikan. Redaksi berhak mengubah naskah sepanjang tidak merubah substansi/isi tulisan. Tanggung jawab isi tulisan sepenuhnya ada pada penulis.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH" : 14 Documents clear
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS TUGAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 NGANJUK Jarot Edi Marwanto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 7, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/autotech.v7i2.2807

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menerapkan pembelajaran berbasis tugas dalam pembelajaran mata diklat Pemeliharaan sistem bahan bakar bensin, 2) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasis tugas terhadap motivasi belajar siswa, dan 3) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasis tugas terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XI TKR 1 Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK NEGERI 1 NGANJUK tahun ajaran 2014/2015, yang berjumlah 32 siswa laki-laki semuanya. Aspek yang diteliti meliputi kegigihan, tingkah laku, dan aktivitas siswa yang menunjukkan motivasi belajar siswa dan tindakan pembelajaran yang ditunjukkan oleh guru sebagai indikator keterlaksanaan pembelajaran berbasis tugas. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah bahwa motivasi dan hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata motivasi siswa dari pra siklus dengan persentase 58,06% berkategori kurang, naik menjadi 72,70% berkategori cukup dan semakin meningkat pada siklus II yaitu sebesar 81,29%. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis tugas berdasarkan persentase siswa yang memenuhi standar kompetensi pada pra siklus sebesar 32%, pada siklus I meningkat sebesar 48% naik menjadi 84% pada siklus II. Kata kunci: pembelajaran berbasis tugas, motivasi belajar, hasil belajar
Penerapan Pembelajaran Berbasis Tugas Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Bensin Program Keahlian Teknik Sepeda Motor SMKN 1 Gondang Nganjuk Joni Hariyanto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 7, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/autotech.v7i2.2809

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1)meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran berbasis tugas pada mata diklat pemeliharaan sistem bahan bakar bensin, 2) meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis tugas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 1 Gondang Nganjuk tahun ajaran 2014/2015, yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 25 siswa laki-laki. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah motivasi dan hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata motivasi siswa dari pra siklus dengan persentase 58,06% berkategori kurang, naik menjadi 72,70% berkategori cukup dan semakin meningkat pada siklus II yaitu sebesar 81,29%. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis tugas berdasarkan persentase siswa yang memenuhi standar kompetensi pada pra siklus sebesar 20%, pada siklus I meningkat sebesar 52% naik menjadi 80% pada siklus II. Kata kunci:motivasi belajar, hasil belajar, pembelajaran berbasis tugas.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA KOMPETENSI SISTEM BAHAN BAKAR KONVENSIONAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR DI SMK CIPTA KARYA PREMBUN TAHUN AJARAN 2014/2015 Karim Mubarok
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 7, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/autotech.v7i2.2810

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan media pembelajaran sistem bahan bakar konvensional dengan menggunakan macromedia flah 8 dan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran macromedia flash 8. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Cipta Karya Prembun Tahun Ajaran 2014/2015 yang mendapatkan materi sistem bahan bakar konvensional yaitu kelas XI TKR yang terdiri dari 72 siswa. Dalam penelitian ini yang digunakan sebagai sampel adalah dua kelas, yaitu kelas XI TKR A dan XI TKR B. Kelas XI TKR A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran sistem bahan bakar konvensional dan kelas XI TKR B sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Cara menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu dengan cara mengundi menggunakan kertas yang berisikan nama kelas kemudian digulung. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan instrumen tes. Analisis data meliputi kriteria interpretasi data dan pengolahan data. Hasil analisis data hasil evaluasi kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai rerata kelas kontrol 66,4 dan nilai rerata kelas eksperimen 77,5. Terdapat selisih antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen sebesar 11 dan juga hasil nilai rerata kelas eksperimen sudah diatas KKM. Dari analisis data tersebut terdapat perbedaan yang signifikan atara siswa yang belum menggunakan media pembelajaran dan siswa yang sudah menggunakan media pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sistem bahan bakar konvensional dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Cipta karya Prembun. Kata kunci : Media Pembelajaran, Meningkatkan, dan Hasil Belajar
PENGARUH SARANA DAN PRASARANA PRAKTIK TERHADAP MINAT BELAJAR TRANSMISI MANUAL KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 3 NGANJUK Kasnoto Kasnoto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 7, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/autotech.v7i2.2811

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai keadaan pemanfaatan sarana dan prasarana praktik SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk,untuk mengetahui bagaimana minat belajar siswa SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemanfaatan sarana dan prasarana praktik terhadap minat belajar transmisi manual siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Pemanfaatan sarana dan prasarana praktik dan minat belajar transmisi manual. Subyek penelitian ini adalah kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk dengan teknik Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket. Data-data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode kuantitatif, lalu untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sarana dan prasarana praktik terhadap minat belajar transmisi manual, data dianalisis dengan menggunakan koefisien product moment hal ini untuk mengetahui tingkat korelasi kedua variabel tersebut. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 58 siswa terdiri dari 2 kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk. Subyek penelitian berjumlah 50 siswa. Data-data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode kuantitatif. Hasil perhitungan regresi diperoleh sig pada thitung sebesar 0,000. Karena sig
MENINGKATKAN HASL BELAJAR SISWA DENGAN METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DALAM PEMBELAJARAN SISTEM TRANSMISI TINGKAT XI SMK SMK MA’ARIF 5 GOMBONG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Komarudin Komarudin
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 7, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/autotech.v7i2.2813

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode STAD dalam pembelajaran sistem transmisitingkat XI SMK Ma’arif 5 Gombong tahun pelajaran 2014/2015, dan mengetahui presentase peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran sistem transmisi tingkat XI SMK Ma’arif 5 Gombong tahun pelajaran 2014/2015.Desain penelitian ini pendekatannya menggunakan penelitian tindakan kelas teridiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan (planning), pengamatan (observation), tindakan (action), dan refleksi (reflection). Penelitian ini dilakukan di SMK Ma’arif 5 Gombong. Subjek penelitian ini adalah siswa tingkat XI TKR 1 yang berjumlah 32 siswa dan semuanya berjenis kelamin laki-laki. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah melalui metode tes dan metode observasi. Untuk analisis data hasil belajar dilakukan dengan deskriptif kuantitatif yaitu menghitung nilai rata-rata siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan metode STAD dengan pembentukan tim dalam pelaksanaan evaluasi hasil belajar siswa tingkat XI TKR 1 dalam pembelajaran sistem transmisimengalami peningkatan. Hal ini diketahui dari hasil belajar siswa, pada kondisi Pra siklus nilai rata-rata siswa adalah 50,47 siswa yang belum berhasil mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sebanyak 28 siswa atau sebesar 87,50 % dan siswa yang berhasil mencapai KKM sebanyak 4 siswa atau sebesar 12,50 %, pada kondisi siklus I meningkat nilai rata-rata yang didapatkan siswa adalah 69,50, siswa yang belum berhasil mencapai KKM sebanyak 16 siswa atau sebesar 50 % dan siswa yang berhasil mencapai KKM sebanyak 16 siswa atau sebesar 50%, pada kondisi siklus II mengalami peningkatan lagi nilai rata-rata yang didapatkan siswa adalah 77,00, siwa yang belum mencapai KKM sebanyak 2 siswa atau sebesar 6,25 % dan siswa yang berhasil mencapai KKM sebanyak 30 siswa atau sebesar 93,75 %. Kata kunci : Hasil belajar, Metode STAD, Sistem Transmisi
EVALUASI PENDIDIKAN SISTEM GANDA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MA’ARIF 4 KEBUMEN Muhamad kowangid
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 7, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/autotech.v7i2.2814

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui gambaran perencanaan program pendidikan sistem ganda, 2) untuk mengetahui pelaksanaan program pendidikan sistem ganda, 3) untuk mengetahui evaluasi program pendidikan sistem ganda, dan 4) untuk mengetahui penghambat pendidikan sistem ganda di Sekolah Menengah Kejuruan Ma’arif 4 Kebumen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Ma’arif 4 Kebumen yang berjumlah 162 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling probability, yaitu teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel teknik pengumpulan data / analisis data. Hasil monitoring dari guru pembimbing sekolah ke Du/Di sebagai berikut :Motifasi siswa pada waktu pelaksanaan pendidikan sistem ganda yang mendapat nilai A sebanyak 80%. Sedangkan yang mendapat nilai B sebanyak 16%. Selanjutnya yang mendapatkan nilai C hanya 4%. Tingkat kehadiran siswa pada waktu pelaksanaan pendidikan sistem ganda yang mendapat nilai A sebanyak 86%. Sedangkan yang mendapat nilai B sebanyak 12%. Selanjutnya yang mendapatkan nilai C hanya 2%. Tingkat kedisiplinan siswa pada waktu pelaksanaan pendidikan sistem ganda yang mendapat nilai A sebanyak 82%. Sedangkan yang mendapat nilai B sebanyak 14%. Selanjutnya yang mendapatkan nilai C hanya 4%. Hasil penilaian dari guru pembimbing industri adalah sebagai berikut : mendapatkan nilai B disiplin waktu 78%, nilai B kemauan kerja 84%, nilai B kualitas kerja 88%, nilai B inisiatif dan kreatifitas 84% dan nilai B perilaku 82%, serta siswa yang melaksanakan pendidikan sistem ganda 100% mendapat sertifikat. Dengan demikian maka pelaksanaan pendidikan sistem ganda di Sekolah Menengah Kejuruan Ma’arif 4 Kebumen tahun pembelajaran 2014/ 2015 berarti sangat baik. Kata kunci: SMK, Pendidikan sistem ganda, Evaluasi
PENGARUH UNIT PRODUKSI DAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII OT REGULER PROGRAM KEAHLIAN TKR SMK DWIJA BHAKTI 2 JOMBANG Mohamad Agung Budi Harto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 7, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/autotech.v7i2.2815

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh unit produksi dan pembelajaran kewirausahaan baik secara masing-masing atau bersama-sama terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII program studi TKR SMK Dwija Bhakti 2 Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto dengan analisis regresi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 256 siswa dari SMK Dwija Bhakti 2 Jombang. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 205 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Data diambil menggunakan dokumentasi dan angket. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan bantuan program komputer SPSS 17.0 for windows.Penelitian menunjukan (1)Terdapat pengaruh positif unit produksi terhadap minat berwirausaha, ditunjukan dengan koefisien regresi sebesar 0,55 dan koefisien korelasi sebesar 0,52 dengan pvalue 0,00 < 0,05, (2)Terdapat pengaruh positif pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,39 dan koefisien korelasi sebesar 0,32 dengan pvalue 0,00 < 0,05, (3) Terdapat pengaruh positif unit produksi dan pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha hal ini ditunjukan dengan niali koefisien regresi sebesar 84,576 dan Fhitung sebesar 84,576 > Ftabel dengan p value 0,00 < 0,05. Kata kunci :unit produksi, pembelajaran kewirausahaan, minat berwirausaha
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA STANDAR KOMPETENSI SISTEM PENGISIAN DI KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK N 1 NGANJUK Muchlish Siddiq
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 7, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/autotech.v7i2.2816

Abstract

Muchlish Siddiq. Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Standar Kompetensi Sistem Pengisian Di Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Nganjuk. Skripsi. Pendidikan Teknik Otomotif. FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2015. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui meningkat atau tidaknya motivasi belajar siswa yang telah diterapkan metode berbasis masalah (Problem Based Learning)pada mata diklat memelihara sistem pengisian kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan RinganSMK Negeri 1 Nganjuk. 2) Untuk mengetahui meningkat atau tidaknya hasil belajar siswa yang telah diterapkan metode berbasis masalah (Problem Based Learning)pada mata diklat memelihara sistem pengisisan kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan RinganSMK Negeri 1 Nganjuk. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraa Ringan SMK Negeri 1 Nganjuk tahun ajaran 2014/2015, yang berjumlah 25 semua laki-laki. Aspek yang diteliti meliputi kegigihan, tingkah laku, dan aktivitas siswa yang menunjukkan motivasi belajar siswa dan tindakan pembelajaran yang ditunjukkan oleh guru sebagai indikator keterlaksanaan pembelajaran berbasis tugas. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah bahwa motivasi dan hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata motivasi siswa dari pra siklus dengan persentase 56,50% berkategori kurang, naik menjadi 71,40% berkategori cukup dan semakin meningkat pada siklus II yaitu sebesar 83,80%. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning)berdasarkan persentase siswa yang memenuhi standar kompetensi pada pra siklus sebesar 36%, pada siklus I meningkat sebesar 52% naik menjadi 72% pada siklus II. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning), Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
PENGARUH SARANA DAN PRASARANA BENGKEL OTOMOTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTEK SISTEM KELISTRIKAN BODI PADA SISWA KELAS XI TKR SMK NAWA BHAKTI KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Mundiarsono Mundiarsono
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 7, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/autotech.v7i2.2817

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mengetahui prestasi belajar praktek sistem sistem penerangan pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Nawa Bhakti Kebumen. 2) Mengetahui pengaruh sarana dan prasarana bengkel otomotif terhadap kompetensi pembelajaran praktek sistem kelistrikan bodi pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Nawa Bhakti Kebumen. Jenis pemnelitian ini adalah ex post facto.Populasi dalam penelitian adalah siswa TKR dengan jumlah keseluruan 5 kelas dan diambil sampel 3 kelas dengan jumlah 98 siswa.Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode dokumentasi dan metode angket yang telah diuji coba dengan syarat validitas dan reliabilitas.Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment, regresi sederhana, korelasi determinasi. Hasil penelitian yang diperoleh berupa :analisis data dan pembahasan data disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan dari sarana dan prasarana bengkel otomotif disekolah sebagai tempat pelaksanaan praktek siswa terhadap prestasi belajar praktek sistem kelistrikan bodi pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Nawa Bhakti Kebumen. Ditujukan dari hasil analisis data R sebesar 0,556 dengan sig 0,000 ˂ 0,05 N = 98, db 96 dan koefisien determinasi sebesar 0,310, sehingga pengaruh sarana dan prasaran bengkel otomotif terhadap prestasi belajar praktek sebesar 31%. bahwa sarana dan prasarana bengkel otomotif disekolah memberikan kontribusi sebesar 31% terhadap prestasi belajar praktek, dan sisanya 69% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini Kata kunci:Sarana dan Prasarana, Prestasi Belajar
PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIF DI SMK NEGERI 1 GONDANG NGANJUK Satijo Satijo
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 7, No 2 (2016): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/autotech.v7i2.2818

Abstract

Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah metode pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran kelistrikan otomotif di SMK N 1 Gondang Nganjuk tahun ajaran 2014/2015; (2) untuk mengetahui apakah metode pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran kelistrikan otomotif di SMK N 1 Gondang Nganjuk tahun ajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR B SMK Negeri 1 Gondang Nganjuk tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 29 siswa. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kemmis dan Taggart. Setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik di antaranya (1) tes, untuk mengukur kemampuan siswa tentang memelihara sistem kelistrikan body dan komponennya; (2) angket, untuk melihat motivasi belajar siswa terhadap pelajaran kelistrikan otomotif dengan menggunakan metode pembelajaran quantum teaching. Teknik analisis data yang digunakan kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI TKR B SMK N 1 Gondang Nganjuk pada mata pelajaran kelistrikan otomotif dengan metode pembelajaran quantum teaching. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari: 1) nilai rata-rata yang mengalami peningkatan sebesar 0,4 (6,35%) pada tahap siklus I dan 2,2 (25,88%) pada tahap siklus II; 2) nilai tertinggi meningkat sebesar 0,6 (8,11%) pada tahap siklus I, dan 1,8 (19,57%) pada tahap siklus II; 3) nilai terendah yang diperoleh siswa meningkat sebesar 0,2 (3,64%) pada tahap siklus I, dan 2,4 (30,38%) pada siklus II; (2) terdapat peningkatan prestasi belajar siswa kelas XI TKR B SMK N 1 Gondang Nganjuk pada mata pelajaran kelistrikan otomotif dengan metode pembelajaran quantum teaching. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari: 1) nilai rata-rata yang mengalami peningkatan sebesar 0,7 (12,50%) pada tahap siklus I dan 2,2 (28,21%) pada tahap siklus II; 2) nilai tertinggi meningkat sebesar 1 (12,50%) pada tahap siklus I,dan 2 (20,00%) pada tahap siklus II; 3) nilai terendah yang diperoleh siswa meningkat sebesar 1 (28,57%) pada tahap siklus I, dan 3 (46,5%) pada siklus II. Kata kunci: quatum teaching, motivasi belajar, prestasi belajar, kelistrikan otomotif.

Page 1 of 2 | Total Record : 14