cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pto@umpwr.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
ISSN : 23033738     EISSN : 26232502     DOI : 10.37729/auto tech
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari dan Juni. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, guru, dosen maupun pemerhati pendidikan. Redaksi berhak mengubah naskah sepanjang tidak merubah substansi/isi tulisan. Tanggung jawab isi tulisan sepenuhnya ada pada penulis.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2017): JURNAL AUTOTECH" : 15 Documents clear
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM AC TERHADAP PENINGKATAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMESTER VI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO Agny Ardiansyah Bambang Sudarsono
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 9, No 1 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (928.461 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v9i1.3371

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk (1) untuk mengetahui peningkatkan kerjasama mahasiswa setelah menggunakan media pembelajara sistem AC pada mahasiswa semester VI Pendidikaan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, dan (2) untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan media pembelajara sistem AC pada mahasiswa semester VI Pendidikaan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup empat tahap meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini/yang digunakan yakni Lembar Observasi , dan Tes. Analisis yang digunakan peneliti menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan media pembelajaran sistem AC dapat meningkatkan kerjasama mahasiswa dari persentase rata-rata pada observasi pada pra siklus yaitu 47,1 %, observasi pada siklus I menjadi 64,6%, dan pada siklus II menjadi 79,2%, dan (2) penggunaan media pembelajaran sistem AC dapat meningkatkan pada hasil belajar mahasiswa dengan rata-rata awal 65, setelah dilaksanakan siklus I meningkat menjadi 71 dengan prosentase pencapaian 53,3% dan pada akhir siklus II terjadi peningkatan menjadi 76 dengan prosentase pencapaian 76,6%.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kerjasama, dan Hasil
PENGARUH SARANA PRASARANA BENGKEL PRAKTIK DAN LATAR BELAKANG ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X TKR DI SMK GIRIPURO SUMPIUH. Agung Riyanto Arif Susanto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 9, No 1 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (928.608 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v9i1.3372

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ; (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh sarana prasarana bengkel praktik terhadap motivasi belajar siswa kelas X TKR SMK Giripuro Sumpiuh, (2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh latar belakang orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas X TKR SMK Giripuro Sumpiuh, dan (3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh sarana prasarana bengkel praktik dan latar belakang orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas X TKR SMK Giripuro Sumpiuh.Penelitian ini menggunakan metode “Ex Post Facto” dengan populasi adalah siswa kelas X TKR di SMK Giripuro Sumpiuh sebanyak 180 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling, diperoleh sampel sebanyak 119 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah diuji cobakan dan memenuhi syarat validitas dan realibilitas serta metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan pengujian analisis regresi linear berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ; (1) terdapat pengaruh yang signifikan sarana prasarana bengkel praktik terhadap motivasi belajar siswa kelas X TKR SMK Giripuro Sumpiuh yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel yaitu; 16,916>1,981, (2) terdapat pengaruh yang signifikan latar belakang orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas X TKR SMK Giripuro Sumpiuh yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel yaitu; 3,466>1,981, dan (3) terdapat pengaruh sarana prasarana bengkel praktik dan latar belakang orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas X TKR SMK Giripuro Sumpiuh yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel (645,396 > 3,07).Kata kunci: sarana prasarana, bengkel praktik, latar belakang orang tua, dan motivasi belajar.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PENGAPIAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH KUTOWINANGUN Andi Febiyanto Arif Susanto,
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 9, No 1 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (924.232 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v9i1.3373

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan produk pengembangan alat peraga sistem hidrolik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggunakan dasar sistem sistem pengapian XI SMK Muhammadiyah Kutowinangun. 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran sistem pengapian dalam pembelajaran. dan 3) Mengetahui keefektifan pembelajaran menggunakan media sistem pengapian dalam pembelajaran menggunakan dasar sistem pengapian setelah menggunakan media.Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah Kutowinangun sebagai kelas pretest sebelum menggunakan alat peraga dan sebagai kelas postest setelah menggunakan alat peraga. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dan soal tes. Analisis data menggunakan uji beda (uji t).Hasil uji beda membuktikan bahwa media pembelajaran yang dibuat layak untuk digunakan dalam proses belajar mengajar dengan respon siswa sebesar 84,875% dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar (t hitung = 4,836 dengan p=0,000<0,05) siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah Kutowinangun. Media dapat digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar karena dalam uji coba kelompok besar dengan jumlah 40 siswa telah berhasil meningkatkan hasil belajar.Kata-kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Sistem Pengapian
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH DIAGNOSIS KENDARAAN SISTEM STARTER UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMESTER VI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO Andi Yulianto Arif Susanto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 9, No 1 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1032.142 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v9i1.3374

Abstract

Tujuan penilitian ini adalah (1) Membuat produk pengembangan media pembelajaran alat praga stand sistem starter untuk diterapkan sebagai media pembelajaran diagnosis kendaraan mahasiswa semester VI Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo (2) Untuk mengetahui apakah ada peningkatan minat dan hasil belajar mahasiswa semester VI Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo (3) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan minat belajar dengan adanya pengembangan media pembelajaran Sistem Stater pada mata kuliah diagnosis kendaraan mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworwjo (4) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar dengan adanya pengembangan media pembelajaran Sistem Starter pada mata kuliah diagnosis kendaraan mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Jenis Penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development). Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester VI Pendidikan Teknik Otomotif (PTO) Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun ajaran 2015/2016. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket minat dan soal tes. Analisis data menggunakan data kualitatif dan kantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Proses Pengembangan media pembelajaran alat praga sistem starter mendapatkan nilai yang cukup baik yaitu 85%, (2) terdapat peningkatan pada minat dan hasil belajar mahasiswa, (3) pada minat belajar mahasiswa terdapat peningkatan sebesar 7.03% dan (4) pada hasil belajar mahasiswa terdapat peningkatan sebesar 6.25%.Kata Kunci : Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Minat Belajar
PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK SISWA DALAM PRAKTIK LISTRIK OTOMOTIF DENGAN METODE PEER TEACHING PADA SISWA KELAS XI TKR SMK N 4 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2015/2016 Anggiet Nurhasan, Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 9, No 1 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (933.804 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v9i1.3375

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan kemampuan motorik siswa pada praktik sistem starter siswa kelas XI TKR SMK N 4 Purworejo dengan penerapan metode pembelajaran peer teaching, dan 2) mengetahui adanya dugaan peningkatan kemampuan motorik siswa pada praktik sistem starter siswa kelas XI TKR SMK N 4 Purworejo dengan penerapan metode pembelajaran peer teaching. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR A SMK N 4 Purworejo dengan jumlah 26 siswa pada praktik sistem starter. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data menggunakan teknik presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan Penerapan metode Peer Teaching dalam pembelajaran praktik sistem starter dapat meningkatkan kemampuan motorik siswa kelas XI TKR A SMK N 4 Purworejo. Hal ini dibuktikan pada prasiklus rerata kemampuan motorik siswa adalah 74,48. Setelah penerapan pembelajaran model peer teaching pada siklus I rerata kemampuan motorik siswa meningkat menjadi 76,38 dan akhirnya meningkat menjadi 79,92 pada akhir siklus II. Ketuntasan klasikal kemampuan motorik siswa prasiklus sebesar 50,00% dan meningkat menjadi 100% pada siklus I dan II.Kata Kunci: Kemampuan Motorik, Sistem Starter, Peer Teaching
IMPELEMENTASI WORK SHEET PADA METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO Bambang Sudarsono
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 9, No 1 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1063.246 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v9i1.3376

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi sistem bahan bakar bensin mahasiswa Semester 4 Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif UMP Purworejo melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Metode penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yaitu sebuah kegiatan penelitian yang dilakukan di kelas. Hasil penelitian ini adalah akhir penelitian setelah melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan metode STAD pada pembelajaran materi sistem bahan bakar bensin mengalami peningkatan
PENGARUH SARANA PEMBELAJARAN PRAKTIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR KOMPETENSI PERBAIKAN SISTEM REM SISWA KELAS XI SMK NEGERI 4 PURWOREJO Bayu Siswaji Bambang Sudarsono
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 9, No 1 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1063.287 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v9i1.3378

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) pengaruh sarana pembelajaran praktik terhadap motivasi belajar mata diktlat perbaikan sistem rem siswa kelas XI SMK Negeri 4 Purworejo, dan (2) besarnya pengaruh sarana pembelajaran praktik terhadap motivasi belajar mata diklat perbaikan sistem rem siswa kelas XI SMK Negeri 4 Purworejo. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode deskriptif menurut Winarno Surachmad (1994: 140) “memusatkan diri pada pemecahan masalah-masalah yang aktual atau sering muncul dan data dikumpulkan, mula-mula disusun, dijelaskan dan kemudian dianalisis”. Populasi penelitian berjumlah 48 siswa kelas XI TKR SMK Negeri 4 Purworejo dan dijadikan sampel dalam penelitian. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah diuji cobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas serta metode dokumentasi. Validasi instrumen angket dilakukan dengan analisis butir menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Pengujian hipotesis dengan analisa korelasi Product Moment dan analisa regresi sederhana, yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, dan uji linearitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) data variabel x dan variabel y normal dibuktikan dengan nilai probabilitas (p) > 0,05 yaitu: 0,66 untuk variabel x dan 0,161 untuk variabel y. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara sarana pembelajaran praktik dengan motivasi belajar kompetensi perbaikan sistem rem siswa kelas XI SMK Negeri 4 Purworejo yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel yaitu: 23,19 dengan sumbangan sebesar 92,1%, dan 7,9% disumbang oleh media pembelajaran, keaktifan siswa, dan lain-lain.Kata kunci: Sarana Pembelajaran Praktik, Motivasi Belajar
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK LISTRIK DASAR OTOMOTIF MENGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK N 1 PURWOREJO Dwi Ardiyanto Widiyatmoko
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 9, No 1 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1033.547 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v9i1.3379

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif Menggunakan Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X di SMK N 1 Purworejo. Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Researd and Development). Sebagai subyek adalah siswa kelas X TKR SMK N 1 Purworejo tahun pelajaran 2015/ 2016, yang berjumlah 64 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Hasil penelitian ini ada bebarapa proses pengembangan dapat dilihat terdapat beberapa tahapan yaitu: Pembuatan konsep media yang bertujuan untuk menjelaskan cara kerja dan fungsi bagian TLDO, perancangan tampilan media pembelajaran macromedia flash yang brtujuan memberikan animasi yang jelas dan menarik pada tampilan media pembelajaran. Dan disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan media pembelajaran dalam pembelajaran TLDO dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas X TKR SMKN 1 Purworejo. Hal ini terlihat dari hasil angket minat belajar siswa kontrol sebesar 67,46% dengan menggunakan pembelajaran model ceramah dan kelas eksperimen sebesar 74.49% setelah menggunakan pembelajaran dengan Macromedia flash. Sehingga model pembelajaran dengan media pembelajaran digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran yang mengupayakan peningkatan minat belajar siswa.Kata Kunci: Pengembangan, media pembelajaran, Macromedia Flash, minat belajar
PENGEMBANGAN MEDIA LATIHAN SOAL MATERI SYSTEM STARTER BERBASIS WONDERSHARE QUIZ CREATOR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK CIPTA KARYA PREMBUN Eko Sapto Nugroho Bambang Sudarsono
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 9, No 1 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (924.008 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v9i1.3380

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan proses pembuatan media latihan soal materi system starter menggunakan Wondershare Quiz Creator di SMK Cipta Karya Prembun, 2) mendeskripsikan tahap pengembangan media latihan soal materi system starter menggunakan Wondershare Quiz Creator di SMK Cipta Karya Prembun, 3) mendeskripsikan respon penggunaan terhadap media latihan soal menggunakan Wondershare Quiz Creator di SMK Cipta Karya Prembun, dan 4) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan media latihan soal materi system starter menggunakan Wondershare Quiz Creator di SMK Cipta Karya Prembun.Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR A dan XI TKR B. Kelas XI TKR A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKR B sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Analisis data menggunakan uji beda (uji t).Hasil penelitian menunjukkan 1) proses pembuatan media latihan soal sistem starter secara prinsip merupakan pengabungan teks, gambar, audio dan video yang diintegrasikan membentuk suatu media soal yang siap pakai. 2) tahap pengembangan media latihan soal sistem starter pada siswa Kelas XI TKR SMK Cipta Karya Prembun telah meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, pengujian produk, uji coba pemakaian dan revisi produk. 3) hasil validasi produk oleh ahli materi maupun ahli media, uji coba kelompok kecil dan uji coba pemakaian produk menunjukkan produk layak (baik) digunakan sebagai media pembelajaran. 4) hasil uji beda membuktikan bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan motivasi belajar (thitung = 5,116 dan p=0,000) siswa Kelas XI TKR SMK Cipta Karya Perembun.. Media pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai media untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar karena dalam ujicoba kelompok besar dengan jumlah siswa 32orang telah berhasil meningkatkan belajar.Kata-kata kunci : Media Latihan Soal, Wondershare Quiz Crator, Sistem Starter
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEKNIK PENGELASAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASED LEARNING DI SMK TKM TEKNIK TAMAN SISWA PURWOREJO Eko Susanto Widiyatmoko
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 9, No 1 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1043.66 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v9i1.3381

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan prestasi pembelajaran pada praktik pengelasan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PBL). 2) mendapatkan bukti peningkatan prestasi pembelajaran praktik pengelasan setelah diterapkan model Project Based Learning (PBL).Penelitian ini merupakan Penilitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus pada kelas XI Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri (TPMI) A di SMK Taman Karya Madya (TKM) Teknik Purworejo, dengan Subyek penelitian adalah siswa dan guru. Penelitian ini menggunakan desai Kemmis & Taggart yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, catatan lapangan, wawancara dan studi dokumen. Analisa dilakukan dengan analisa kualitatif untuk menggambarkan suasana pembelajaran yang berlangsung dalam kelas dan analisa kuantitatif untuk melihat perkembangan hasil belajar siswa dan kualitas pembelajaran.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) penerapan pemberalajaran menggunakan Project Based Learning di kelas TPMI A SMK TKM Teknik Purworejo dapat meningkatkan prestasi pembelajaran sesuai dengan KKM ( Kriteria ketuntasan minimum ) yaitu 73 dengan presentase siswa mencapai 80% atau lebih. 2) Peningkatan prestasi tersebut dapat terlihat dari nilai prestasi yang didapat, dimana sebelum penelitian nilai yang didapat sebesar 65,8 dengan tingkat kelulusan sebesa3 13,89%, siklus I 73,8 dengan tingkat kelulusan sebesar 71,22% dan siklus 2 sebesar 82,0 dengan tingkat kelulusan siswa 100%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan pembelarjaran praktik pengelasan.Kata-kata kunci : Model Projeect Based Learning, Prestasi Pembelajaran, Praktik Pengelasan.

Page 1 of 2 | Total Record : 15