cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pto@umpwr.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
ISSN : 23033738     EISSN : 26232502     DOI : 10.37729/auto tech
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari dan Juni. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, guru, dosen maupun pemerhati pendidikan. Redaksi berhak mengubah naskah sepanjang tidak merubah substansi/isi tulisan. Tanggung jawab isi tulisan sepenuhnya ada pada penulis.
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Autotech" : 19 Documents clear
EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM OTOMOTIF TERHADAP KESIAPAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO DALAM PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Achmad Kurniawan Arif Susanto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.122 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v5i1.1858

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang positif dan signifikanantara efektivitas pemanfaatan laboratorium otomotif dengan kesiapan mahasiswa Program StudiPendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo dalam Praktik PengalamanLapangan (PPL). Desain penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan kuantitatif.Populasi penelitian adalah mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Teknik OtomotifUniversitas Muhammadiyah Purworejo tahun akademik 2013/2014 yang berjumlah 52 mahasiswadengan sampel berjumlah 44 mahasiswa, teknik pengambilan sampel menggunakan teknikproportional random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan laboratoriumotomotif masuk kategori kurang dengan prosentase 45,46%, sedangkan pada penelitian kesiapanmahasiswa dalam PPL masuk kategori cukup dengan prosentase 36,36%. Berdasarkan hasilperhitungan korelasi antara pemanfaatan laboratorium otomotif dan kesiapan mahasiswa dalamPPL diperoleh koefisien korelasi sebesar 0.558 dengan koefisien determinasi sebesar 0,311 atausebesar 31,1%. Dengan tingkat signifikasinya sebesar 4,36.
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MOTOR STARTER UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BOROBUDUR Ahmad Rifain suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.618 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v5i1.1859

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran Motor Starter, untukditerapkan sebagai media pembelajaran pada kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 BorobudurMagelang, dan meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah 2Borobudur Magelang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (research &development). Penelitian dan pengembangan ini adalah pengembangan dengan empat langkahyaitu: (1) planning (2) Design (3) development (4) Evaluation. Hasil penelitian menunjukkanbahwa: (1) dihasilkannya media video pembelajaran service perawatan dan perbaikan MotorStarter dengan tingkat kelayakan berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh hasil valid dan layakdengan persentase 85%, penilaian dari ahli media pembelajaran diperoleh hasil valid dan layakdengan persentase 80%, sehingga dapat digunakan dan diuji cobakan kepada peserta didik. (2)Dengan menggunakan media video tersebut menunjukan bahwa ada peningkatan kreatifitasbelajar siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 2 Borobudur Magelang dengan prosentase 75,83%.Nilai rata-rata hasil evaluasi belajar siswa kelas kontrol 72,82% dan kelas eksperimen 82,56 %,terjadi peningkatan 9.74%.Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Audio Video, Kreatifitas.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SERTA KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SMK Amri Ul Muin
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (532.329 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v5i1.1860

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi serta keaktifan belajar siswa melaluimedia macromedia flash pada mata pelajaran sistem bahan bakar bensin konvensional sepedamotor kelas XI SMK Al Madani Kepil kabupaten Wonosobo dengan jumlah 52 siswa dengan 29siswa kelas eksperimen dan 23 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dengan menggunakanmetode observasi,angket (kuisioner), dan metode tes. Jenis penelitian ini adalah Research andDevelopment (R&D). Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan rerata hasil belajar siswadan persentase motivasi serta keaktifan belajar siswa yang dihitung menggunakan percentagecorrection. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa memperolehpersentase 80,9% dan motivasi belajar siswa memperoleh persentase 89,31% pada kelaseksperimen. Perbandingan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen juga sangatsignifikan. Hal ini ditunjukkan pada peningkatan rerata hasil belajar yaitu dari 63,09 kelas kontrol(Kelas XI B) dengan ketuntasan klasikal 52,17%,dibandingkan dengan kelas eksperimen denganrata rata 80,03 dengan ketuntasan klasikal 82,76%. Jika dilihat dari hasil tersebut, maka modelpembelajaran media macromedia flash efektif untuk meningkatkan keaktifan, motivasi dan hasilbelajar siswa kelas XI A SMK Al Madani Kepil Kabupaten Wonosobo.Kata Kunci: Macromedia Flash, Keaktifan dan Motivasi Belajar Siswa
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ALAT PERAGA PADA SISTEM STARTER MOBIL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK CIPTA KARYA PREMBUN Anton Mujahid
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.87 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v5i1.1861

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran stand pada sistemstarter mobil, kelayakan media pembelajaran stand pada sistem starter mobil, dan mengetahuipeningkatan hasil belajar setelah menggunakan pembelajaran alat peraga sistem starter mobil diSMK Cipta Karya Prembun. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang menggunakan modelpengembangan dari Borg and Gall yang diadaptasi hanya sampai uji coba terbatas. Teknikpengumpulan data menggunakan kuisioner (angket) dan tes. Subjek penelitian siswa kelas XI SMKCipta Karya Prembun yang mendapatkan materi sistem starter brjumlah 80 siswa. Dari hasilpenelitian diperoleh data kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata kelaskontrol 70,25 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 79,25. Terdapat selisih antara kelas kontroldengan kelas eksperimen sebesar 9 dan juga hasil nilai rata-rata kelas eksperimen sudah diatasKKM.Kata kunci: Pengembangan, Alat Peraga, Hasil Belajar
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE RESITASI SISWA KELAS X TKR SMK YPK PURWOREJO Arfan Ardiansyah
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.595 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v5i1.1862

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar K3 melalui metode resitasipada siswa kelas X SMK YPK Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalahPenelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian siswa kelas X SMK YPK Purworejo tahunpelajaran 2013/2014 yang berjumlah 20 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalampenelitian ini adalah dengan metode observasi dan metode tes tiap akhir siklus. Data yangdianalisis menggunakan analisis data deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian denganmenggunakan metode resitasi dalam pembelajaran K3 dapat meningkatkan aktivitas dan hasilbelajar siswa kelas X TKR SMK YPK Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Peningkatan tersebutditunjukan dari hasil aktivitas belajar siswa dimana rata-rata 49,5% pada pra siklus menjadi 63%pada siklus I dan semakin meningkat lagi menjadi 71,5% pada siklus II. Peningkatan aktivitasbelajar siswa tersebut berpengaruh terhadap nilai hasil belajar. Nilai rata-rata siswa meningkatdari 63,60 pada pra siklus menjadi 69,00 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 74,65 padasiklus II. Saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian adalah pembelajaran melaluimetode resitasi dapat digunakan kedepan sebagai alternatif untuk meningkatkan aktivitas danhasil belajar.Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, metode pembelajaran resitasi
PENGARUH PENGGUNAAN HANDOUT PADA MATA DIKLAT TEORI PERBAIKAN SISTEM KELISTRIKAN OTOMOTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK HKTI 2 PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA Arif Haliman
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.491 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v5i1.1863

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelaseksperimen dengan kelas kontrol sesudah dilaksanakan pembelajaran dengan penggunaan mediahandout kompetensi pemeliharaan/ perbaikan sistem pengapian Program Keahlian TeknikKendaraan Ringan di SMK HKTI 2 Purwareja Klampok Banjarnegara. Jenis penelitian ini adalahpenelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Quasi Eksperiment Control Group.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR SMK HKTI 2 PurwarejaKlampok Banjarnegra, dengan jumlah 254 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknikPurposive Sample. Jumlah sampel sebanyak 62 siswa yang terbagi dalam kelompok eksperimenyaitu kelas XI TKRB dan kelompok kontrol yaitu kelas XI TKRA dengan jumlah masing-masingkelompok sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian inimenggunakan tes. Validitas instrumen ini melalui pendapat para ahli (experts judgement). Ujiprasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yangdigunakan adalah uji-t model Separated varian satu pihak. Untuk tingkat signifikansi hasil analisisditentukan sebesar 5%. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa hasilbelajar perbaikan sistem kelistrikan otomotif siswa kelas eksperimen yang menggunakan mediahandout lebih tinggi daripada hasil belajar perbaikan sistem kelistrikan otomotif siswa kelaskontrol yang menggunakan pembelajaran tanpa media handout. Hal tersebut dibuktikan denganhasil thitung lebih besar ttabel yaitu sebesar 4,289 > 1,671 dengan perolehan rerata kelas eksperimenlebih tinggi dari kelas kontrol yaitu sebesar 7,15 > 6,51. Dengan demikian penggunaan mediahandout berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.Kata kunci: handout, kelistrikan otomotif dan hasil belajar
PENGELOLAAN LIMBAH MINYAK PELUMAS BENGKEL KENDARAAN BERMOTOR KONSEP KESADARAN DIRI Arif susanto susanto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (554.561 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v5i1.1864

Abstract

Seiring dengan pertambahan jumlah kendaraan bermotor dan mesin-mesin bermotor, makavolume minyak pelumas terus meningkat. Didaerah desa sekalipun, sudah bisa kita temukanbengkel-bengkel kecil, yang salah satu limbahnya adalah minyak pelumas. Dengan kata lain,penyebaran minyak pelumas sudah sangat luas dari kota besar sampai ke wilayah pedesaan diseluruh Indonesia. Walaupun peraturan pemerintah tentang pengelolaan daur ulang minyakpelumas sudah ada, akan tetapi peraturan tersebut hanya diterapkan di sektor industri dan pabrik,padahal pencemaran limbah minyak pelumas tidak hanya di pabrik saja, akan tetapi dapat kitatemui di bengkel-bengkel kendaraan bermotor. Limbah pada dasarnya memerlukan perhatianyang khusus, terutama limbah minyak pelumas yang mengandung bahan berbahaya dan beracunatau yang lebih dikenal dengan limbah B3. Limbah minyak pelumas termasuk dalam limbah B3yang mudah terbakar dan meledak sehingga apabila tidak ditangani pengelolaannya makaakan membahayakan manusia dan lingkungan. Maka harus ada peranan penting dalam melakukanpengelolaan limbah dengan adanya peranan pihak dari pemerintah, masyarakat, dan para pemilikbengkel kendaraan bermotor.Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian survai dengan menyebarkan kuesioner yangdimaksudkan untuk memprediksi sikap para pemilik usaha bengkel kendaraan bermotor dalampengelolaan limbah minyak pelumas, sedangkan sifat penelitiannya adalah deskriptif kuantitatif.Subjek dalam penelitian ini dipilih secara incidental yang merupakan para pemilik bengkelkendaraan bermotor baik bengkel mobil maupun sepeda motor yang ada di wilayah KabupatenPurworejo.Pengelolaan limbah minyak pelumas dengan baik bertujuan agar limbah minyak pelumas yangdihasilkan tidak mencemari lingkungan dan sifat minyak pelumas menjadi lebih tidak berbahaya.Selain itu, pengelolaan limbah minyak pelumas bertujuan untuk menciptakan lingkungan yangsehat dan nyaman bagi masyarakat. Apabila penanganan minyak pelumas dilakukan dengan baik,maka akan bisa memberikan keuntungan bagi pengelola limbah minyak pelumas dan jugapengurangan biaya produksi bagi industri yang memanfaatkan kembali limbah minyak pelumassebagai pelumas berbagai peralatan, karena limbah minyak pelumas masih bisa dimanfaatkanuntuk pelumas lagi dengan cara pemakaian yang berbeda dari sebelumnya.Kata kunci: limbah, minyak pelumas, bengkel kendaraan
PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LATAR BELAKANG KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIK MOTOR STARTER SISWA KELAS XI TKR DI SMK MA’ARIF 1 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Binuko Pambagyo
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (460.377 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v5i1.1865

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah ada pengaruh minat belajar terhadap prestasibelajar praktik motor starter, apakah ada pengaruh latar belakang keluarga terhadap prestasipraktik motor starter, apakah ada pengaruh minat belajar dan latar belakang keluarga secarabersama-sama terhadap prestasi belajar praktik motor starter siswa kelas XI SMK Ma’arif 1kebumen. Jenis Penelitian ini adalah penelitian ex post facto , karena para peneliti berhubungandengan variabel yang telah terjadi dan mereka tidak perlu memberikan perlakuan terhadapvariabel yang diteliti. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Ma’arif 1 Kebumen. Populasi dalampenelitian ini sebanyak 200 siswa terdiri dari 5 kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Ma’arif 1Kebumen. Sampel berjumlah 127 siswa dengan teknik Proporsional Random Sampling. Metodepengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Data-data yangdiperoleh dianalisis menggunakan metode kuantitatif. Hasil analisis regresi berganda diperolehkoefisien regresi variabel minat belajar sebesar 0,596. Setelah dilakukan uji signifikansi koefisienregresi menggunakan uji t diperoleh t hitung sebesar 7,255 dengan p=0,000. Karena p<0,05menunjukkan hipotesis pertama yang berbunyi ada hubungan yang positif antara minat belajardengan prestasi belajar Praktik Motor Stater siswa kelas XI TKR di SMK Ma’arif 1 Kebumen TahunPelajaran 2014/2015 diterima. Hasil analisis regresi berganda diperoleh koefisien regresi variabellatar belakang keluarga sebesar 0,416. Setelah dilakukan uji signifikansi koefisien regresimenggunakan uji t diperoleh t hitung sebesar 5,502 dengan p=0,000. Karena p<0,05 menunjukkanhipotesis kedua yang berbunyi ada hubungan yang positif dan signifikan antara latar belakangkeluarga dengan prestasi belajar Praktik Motor Stater siswa kelas XI TKR di SMK Ma’arif 1Kebumen Tahun Pelajaran 2014/2015 diterima. Perhitungan analisis regresi ganda diperoleh Fhitung sebesar 39,913 dengan p=0,000. Karena p<0,05 menunjukkan hipotesis ketiga yangberbunyi ada hubungan yang positif antara minat belajar dan latar belakang keluarga secarabersama-sama terhadap prestasi belajar Praktik Motor Stater siswa kelas XI TKR di SMK Ma’arif 1Kebumen Tahun Pelajaran 2014/2015 diterima.Kata kunci: Minat Belajar, Latar Belakang Keluarga, Prestasi Belajar Praktik Motor Starter
KESIAPAN GURU TEKNIK OTOMOTIF DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SMK PANCASILA 1 KUTOARJO Cahyo Wahit Gunawan
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.382 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v5i1.1866

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesiapan guru teknik otomotif dalampenerapan Kurikulum 2013 di SMK Pancasila 1 Kutoarjo, dari segi pengetahuan, strategipembelajaran, dan srategi penilaian hasil pembelajaran pada kurikuum 2013. Penelitian inimenggunakan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian yaitusemua guru teknik otomotif di SMK Pancasila 1 Kutoarjo dengan jumlah tigabelas guru. Teknikpenelitian menggunakan teknik Kuesioner dan dokumentasi. Data –data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis statistik deskriptifvariable, diketahui pengetahuan guru tentang kurikulum 2013, semua guru teknik otomotifberada pada pringkat prosentase 61,5% dan berada pada kategori tahu. Pada strategipembelajaran diketahui 10 guru siap dan 3 guru sangat siap. Apabila di rata-rata memperolehhasil 71,2% berarti semua guru teknik otomotif siap dalam penerapan strategi pembelajaran.Diketahui pada kuesioner penilaian hasil pembelajaran bahwa 11 guru berada dalam kategorisiap dan 2 guru dalam kategori sangat siap. Dari semua jawaban di rata-rata memperoleh hasil70,8% berarti semua guru teknik otomotif berada pada kategori siap dalam penilaian hasilpembelajaran. Dari hasil ketiga angket tersebut diambil rata-rata persentasenya maka dapatdiperoleh hasil 69,1%. Hasi rata-rata prosentase ketiga angket tersebut apabila dicari ketentuanyaberarti masuk dalam kategori siap. Jadi semua guru teknik otomotif di SMK Pancasila 1 Kutoarjotelah siap dalam penerapan kurikulum 2013.Kata kunci: Kesiapan Guru , Guru Teknik Otomotif, Penerapan Kurikulum 2013PENDAHULUAN
PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA SMK PN 2 PURWOREJO Deni Setyawan
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Autotech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.425 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v5i1.1867

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pembuatan media pembelajaranmenggunakan pinnacele studio 9 (2) pengaruh media pembelajaran media Audio Video terhadaphasil belajar.Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian Research and Development.Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh, Sampel yang diambil dengan jumlah 40siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen dengan tes objektif pretest dan posttest. Ujianalisis menggunakan statistik parametris dengan uji t-Test.Hasil dari penelitian menggunakanmedia Audio Video dengan siswa yang diajar menggunakan media “konvensional” setelah diberiperlakuan. Melalui uji t-tes dengan taraf kesalahan 5%, hasilnya t hitung lebih besar dari harga ttabel yaitu 2,34 > 1,66.Kata kunci: Pengembangan Media Audio Video, hasil belajar.

Page 1 of 2 | Total Record : 19