cover
Contact Name
Firman Sidik
Contact Email
firmansidik@iaingorontalo.ac.id
Phone
+6281356113648
Journal Mail Official
tadbirmpi@gmail.com
Editorial Address
IAIN Sultan Amai Gorontalo, Jl. Gelatik No. 1, Heledulaa Utara, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
ISSN : 23386673     EISSN : 24428280     DOI : https://doi.org/10.30603/tjmpi
Core Subject : Education,
Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam is a scientific journal that published by IAIN Sultan Amai Gorontalo. This journal encompasses research articles, original research report, reviews in Islamic education in any fields including: Policy in Education, Leadership in Education, School/Madrasah/Pesantren Management, Higher Education Management, Management of Curriculum and Educational Programs, Regulation and Supervision in Education, Education Management Information System, Management of Educational Institutions, Islamic Education and Education.
Articles 17 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 2 (2014): Tadbir, Agustus" : 17 Documents clear
EFEKTIFITAS SERTIFIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME KINERJA GURU Djafar, Fatimah
Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 2, No 2 (2014): Tadbir, Agustus
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru memegang peran utama dalam pendidikan secara formal di sekolah. Guru merupakan komponen yang berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu, upaya perbaikan apapun yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tidak akan memberikan sumbangan yang signifikan tanpa didukung oleh guru yang profesional. Program sertifikasi telah membawa pengaruh yang cukup signifikan terhadap peningkatan profesionalitas kinerja guru. Kesadaran untuk menjadi guru yang profesional dibuktikan dengan semakin besarnya keinginan para guru tersertifikasi untuk terus menambah pengetahuan mereka dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang dapat menambah wawasan mereka. Oleh karena itu penulis berasumsi bahwa profesionalisme kinerja guru sangat penting untuk diperhatikan,. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa program sertifikasi efektif dalam meningkatkan profesionalisme guru.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MELALUI PERMAINAN BAHASA (LANGUAGE GAMES) Pakaya, Marina
Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 2, No 2 (2014): Tadbir, Agustus
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

A game in language is an effective tool that increase the learning enthusiasm of the students. It becomes a way to make the learning joyful. This research employs a qualitative approach that describes the game. The result shows that there were 30 students in class B joined the written test, there were 8 students (27%) who got A, 15 students (50%) who got B, 6 students (20%) who got C, and 1 student (3%) who did not pass the written text. So there were 17 students who failed in the oral text.
PENYAJIAN DATA PENELITIAN DAN REVIEW MELALUI TEKNIK OBSERVASI Anwar, Herson
Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 2, No 2 (2014): Tadbir, Agustus
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebenarnya observasi merupakan suatu proses yang alami, bahkan mungkin kita sering melakukannya, baik secara sadar maupun tidak sadar  di dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam kelas, guru sering melihat, mengamati, dan melakukan interpretasi. Dalam kehidupan sehari-hari pun kita sering mengamati orang lain. Pentingnya observasi dalam kegiatan evaluasi pembelajaran mengharuskan guru untuk memahami lebih jauh tentang judgement, bertindak secara reflektif, dan menggunakan komentar orang lain sebagai informasi untuk membuat judgement yang lebih reliabel. Hal yang harus dipahami oleh guru adalah bahwa tidak semua yang dilihat disebut observasi. Observasi yang dilakukan oleh guru di kelas tidak cukup hanya dengan duduk dan melihat melainkan harus dilakukan secara sengaja, hati-hati, sistematis, sesuai dengan aspek-aspek tertentu, dan berdasarakan tujuan yang jelas. Untuk memperoleh hasil observasi yang baik, maka kemampuan guru dalam melakukan pengamatan harus sering dilatih, mulai dari hal-hal yang sederhana sampai dengan hal-hal yang kompleks. Observasi adalah suatu proses pengamatan dan pencatatan secara sistematis, logis, objektif, dan rasional mengenai berbagai fenomena, baik dalam situasi yang sebenarnya maupun dalam situasi buatan untuk mencapai tujuan tertentu. Alat yang digunakan dalam melakukan observasi disebut pedoman observasi. Observasi tidak hanya digunakan dalam kegiatan evaluasi, tetapi juga dalam bidang penelitian, terutama penelitian kualitatif (qualitative research). Tujuan utama observasi dalam penelitian adalah untuk mengumpulkan data dan informasi mengenai suatu fenomena, baik yang berupa perisiwa maupun tindakan, baik dalam situasi yang sesungguhnya maupun dalam situasi buatan. Oleh karena itu, observasi tidak bisa lepas dari kegiatan peneltian dan memegang peranan penting dalam menyajikan dan review data.
KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI KANTOR Lasahido, Yusniwati
Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 2, No 2 (2014): Tadbir, Agustus
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini secara khusus membahas mengenai komunikasi yang terjadi dalam organisasi perkantoran.  Komunikasi merupakan unsur pertama dari segenap organisasi perkantoran bahkan merupakan urat nadi pelaksanaan aktifitas dalam kegiatan organisasi kantor. Seorang pimpinan harus dapat berkomunikasi secara mendalam  dan  tepat  dengan semua pegawai dalam organisasi baik secara horizontal. Vertical maupun diagonal sehingga makna yang tersimpan dibalik apa yang disampaikan oleh komunikator dapat disampaikan secara efektif. Pada  intinya melalui komunikasi yang efektif  antara pimpinan dan bawahan/ pegawai di dalam  kantor akan dapat meningkatkan kinerja kantor tersebut.
PEMAHAMAN PENELITIAN KUANTITATIF BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM Erwinsyah, Alfian
Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 2, No 2 (2014): Tadbir, Agustus
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode Penelitian Kuantitatif merupakan metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif, statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan.Tujuan tulisan ini ialah sebagai referensi tambahan bagi mahasiswa program studi manajemen pendidikan islam yang akan memilih metode penelitian kuantitatif dalam menyelesaikan tugas akhir/skripsinya. Dalam tulisan ini membahas tentang definisi dan karakteristik metode penelitian kuantitatif, Proses Penelitian Kuantitatif mulai dari masalah, rumusan masalah, menulis kajian puataka, menetapkan hipotesis, populasi dan sampel penelitian, teknik pengumpulan data, variabel penelitian, instrumen penelitian, validitas dan reliabilitas, cara melakukan penelitian, analisis data, uji hipotesis sampai pada menarik kesimpulan. Tetapi tulisan ini membatasi hanya pada ranah penelitian kuantitatif (pengaruh & hubungan) dua variabel.
MEMBANGUN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) BANGSA MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER Koni, Satria
Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 2, No 2 (2014): Tadbir, Agustus
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bangsa Indonesia dewasa ini tengah mengalami semacam split personality, sejumlah pristiwa yang mengarah pada dekadensi moral menunjukkan bahwa bangsa ini telah hampir kehilangan jati dirinya sebagai bangsa yang dikenal beradab dan bermartabat. Sementara tradisi pendidikan tampak belum matang untuk memilih pendidikan karakter sebagai kinerja budaya dan religius dalam kehidupan masyarakat. Di tengah kondisi tersebut, pendidikan holistik berbasis karakter yang menekankan pada dimensi etis-religius menjadi relevan diterapkan. Pendidikan holistik merupakan filosofi pendidikan yang berangkat dari pemikiran bahwa pada dasarnya pendidikan individu dapat menemukan identitas, makna, dan nilai-nilai spiritual. Pendidikan moral ini dapat membentuk generasi bangsa yang memiliki karakter yang mengakar pada budaya dan nilai-nilai religius bangsa, sebagaimana negeri Cina yang mampu melahirkan generasi handal justru dengan mengedepankan karakter  dan tradisi     bangsanya.Indonesian nation today is experiencing a kind of split personality, which leads to a number of events be moral decadence showed that the nation had almost lost their identity as a nation is known civilized and dignified. While the tradition of education appeared to be not ripe for the picking performance character education as cultural and religious in public life. In the midst of these conditions, character-based holistic education that emphasizes ethical-religious dimension becomes relevant applied. Holistic education is a philosophy of education that departs from the idea that education is essentially an individual can find identity, meaning, and spiritual values. Moral education is to form a generation of people that has a character rooted in the cultural and religious values of the nation, as the Chinese state could produce reliable even with the advanced generation of character and traditions of his people.
ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL PILIHAN GANDA MENURUT TEORI TES KLASIK DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM ITEMAN Otaya, Lian G.
Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 2, No 2 (2014): Tadbir, Agustus
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Analisis butir soal menjadi langkah yang penting karena untuk menentukan kualitas soal sehingga soal tersebut dapat digunakan atau tidak. Soal pilihan ganda yang baik secara kuantitatif perlu diperhatikan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda soal, dan efektivitas pengecoh berdasarkan teori klasik. Meskipun penggunaan teori tes klasik relatif mudah dalam menganalisis butir, namun teori ini memiliki beberapa kelemahan mendasar. Kemampuan kelompok peserta didik yang mengikuti tes sangat mempengaruhi nilai statistik. sehingga nilai statistiknya akan berbeda jika tes diberikan kepada kelompok yang lain. Selain itu, perkiraan kemampuan peserta tergantung pada butir soal. Jika indeks kesukaran rendah maka estimasi kemampuan seseorang akan tinggi dan sebaliknya. Perkiraan kesalahan pengukuran tidak mencakup perorangan tetapi kelompok secara bersama-sama. Hal ini dikarenakan respon setiap peserta tes terhadap soal tidak bisa dijelaskan oleh teori tes klasik. Iteman merupakan salah satu program komputer yang dapat digunakan untuk menganalisis butir soal secara klasik yang berguna menentukan kualitas butir soal berdasarkan data empiris hasil ujicoba. Hasil analisis butir soal mencakup informasi mengenai tingkat kesukaran soal, daya pembeda soal, dan statistik penyebaran jawaban. Selain menghasilkan statistik butir soal, program ini juga menghasilkan statistik tes yang meliputi kehandalan/reliabilitas tes, kesalahan pengukuran (standard error), dan distribusi skor. Program ini juga memberikan output skor untuk setiap peserta tes.
PEDOMAN PELAKSANAAN P4GN MELALUI PERAN SERTA KEPALA DESA/LURAH DI TINGKAT DESA/KELURAHAN Towakit, Jethan
Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 2, No 2 (2014): Tadbir, Agustus
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

P4GN sebagai acuan bagi penyuluhan di Tingkat Desa/Kelurahan. Sebagaimana penekanan Presiden RI pada Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional pada tangal 26 Juni 2011 bahwa permasalahan narkoba ini harus ditangani secara serius dengan Pencegahan Sejak Usia Dini, pencegahan berbasis keluarga dan pembentukan Desa Siaga. Upaya untuk pembentukan desa siaga ini harus dilakukan secara komprehensif dan simultan oleh stakeholder yang ada di lini bawah, di tingkat Desa/Kelurahan yaitu Kepala Desa/Lurah. Keberhasilan pelaksanaan program P4GN terletak pada keberhasilan pelaksanaan kegiatan penyuluhan kepada seluruh lapisan masyarakat sehingga secara bertahap masyarakat sendiri mempunyai kemampuan untuk menangkal bahaya narkoba. Untuk dapat melaksanakan penyuluhan secara merata dibutuhkan sejumlah pelaksanaan yang tidak hanya mencakup dari segi jumlahnya saja akan tetapi harus juga memenuhi dari segi pengetahuannya.
ANALISIS PENERAPAN STANDAR PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 KOTA GORONTALO Manoppo, Yanty K
Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 2, No 2 (2014): Tadbir, Agustus
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang penerapan standar proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Selanjutnya penelitian ini juga bertujuan untuk mengkaji dan menganalisa faktor-faktor yang mendukung penerapan standar proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian naturalistik atau kualitatif dimana penelitian dilakukan pada kondisi obyek yang alamiah dan peneliti sebagai instrumen kunci.  Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa keterlaksanaan  standarproses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Gorontalo persentasi akhir mencapai 92,4%. Hal ini berarti implementasi standar  proses sudah sangat baik. Hal ini sejalan dengan peringkat akreditasi A yang diperoleh pada tahun 2013. Walaupun demikian, masih diperlukan penyempurnaan dan penguatan dalam beberapa  aspek.  Aspek yang perlu mendapat perhatian adalah pada jumlah peserta didik pada setiap rombongan belajar belum memenuhi persyaratan yang ditetapkan.Supervisi kepala sekolah perlu untuk dioptimalkan dengan penerapan pemberian contoh, diskusi bersama.Hasil pemantauan supervisi sebaiknya disampaikan kepada pihak-pihak yang berkompoten seperti pengawas dan komite sekolah.
APLIKASI TEORI PERKEMBANGAN BAHASA MENURUT VYGOTSKY DALAM PENDIDIKAN Adam, Sumarlin
Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 2, No 2 (2014): Tadbir, Agustus
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bahasa pada dasarnya merupakan suatu bentuk komunikasi antar manusia. Namun sewaktu-waktu perkembangan berlangsung, perkembangan tersebut terinternalisasi dan dilaksanakan oleh kemampuan intelektual. Hubungan anak dengan lingkungannya pun berubah dengan meningkatnya usia dan oleh karena itu peran dari lingkungan dalam perkembangan berubah pula. Lingkungan harus dianggap sebagai hal yang relatif. Karena pengaruh dari lingkungan ditentukan oleh pengalaman si anak. Untuk menyoroti interaksi yang berubah ini, Vygotsky mengajukan gagasan pengalaman-pengalaman yang pokok.  Konsep pengalaman  dari Vygotsky merupakan realitas psikologi yang paling penting. Pengalaman harus dimulai dengan penelitian tentang peranan lingkungan dalam perkembangan anak. Pengalaman merupakan inti dari semua pengaruh yang berbeda-beda dari keadaan-keadaan internal dan ekstrnal.

Page 1 of 2 | Total Record : 17