cover
Contact Name
Dede Kurniadi
Contact Email
dede.kurniadi@sttgarut.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
informatika@sttgarut.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Algoritma
ISSN : 14123622     EISSN : 23027339     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Algoritma merupakan media publikasi hasil penelitian dosen maupun mahasiswa dalam kajian bidang Teknologi Informasi, Sistem Informasi, dan Rekayasa Perangkat Lunak.
Arjuna Subject : -
Articles 1,124 Documents
RANCANG BANGUN APLIKASI SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN STOK BARANG DI TOKO WIDARI GARUT Maulana, Kiki Rizky
Jurnal Algoritma Vol 12, No 1 (2015): Jurnal Algoritma
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem adalah Suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu. Informasi merupakan data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya. sistem Informasi merupakan Suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan. Toko Widari Garut merupakan salah satu toko pakaian bordir yang berada di kabupaten Garut yang bergerak pada bidang penjualan baju muslim penjualan yang dilakukan secara tunai. Kegiatan pengolahan pencatatan barang masuk, barang keluar dan penjualan menjadi sesuatu yang sangat penting untuk kemajuan toko tersebut. Hampir di setiap harinya, kegiatan pencatatan barang masuk, barang keluar dan penjualan ini dilakukan. namun dalam kegiatan pemrosesan masih ditemukan banyak permasalahan yang timbul. pekerjaan yang dilakukan selama ini hanya menggunakan manual yang dimana penjualan, pencatatan barang masuk,barang keluar masih menggunakan pencatatan dalam sebuah buku, sehingga penumpukan berkas / catatan menjadi hal yang sangat tidak efisien. Dalam mendukung kegiatan sistem penjualan, barang masuk dan barang keluar, dibutuhkan suatu sistem yang lebih terkomputerisasi agar dapat memperlancar serta mempermudah proses penjualan, pencatatan barang masuk dan barang keluar. Metode perancangan sistem yang digunakan dalam Laporan Tugas Akhir ini adalah menggunakan metodologi sekuensial linier pendekatan waterfall, Model ini mengusulkan sebuah pendekatan kepada perkembangan software. Dimodelkan setelah siklus rekayasa konvensional, model sekuensial linier melingkupi aktivitas-aktivitas. Berdasarkan hasil penelitian Tugas Akhir ini, diharapkan dengan adanya Sistem Informasi penjualan, pencatatan barang masuk dan barang ini dapat membantu Toko Widari Garut dalam melakukan transaksi penjualan, pencatatan barang masuk dan barang keluar yang lebih terkomputerisasi, efisien dan akurat.
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI NILAI AKADEMIK SISWA BERBASIS WEB DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGRI III GARUT Ramdhan Muhammad Zaki; Asep Deddy Supriatna
Jurnal Algoritma Vol 12 No 2 (2015): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (666.135 KB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi diantaranya tidak sedikit kertas ulangan, tugas, ujian tengah semester dan ujian akhir semester siswa hilang akibat terselip atau bahkan ada yang hilang karena tidak sengaja terbuang. Siswa juga harus menunggu terlalu lama untuk mengetahui nilai mereka, karena harus menunggu wali kelas membagikan kertas ulangan harian dan kertas tugas yang sudah siswa kerjakan. Setelah itu guru mata pelajaran memberikan nilai tersebut kepada wali kelas untuk dimasukkan ke lager dan rapor siswa. Lager yang sudah diisi oleh wali kelas diserahkan kepada bagian kurikulum dan tata usaha untuk diarsipkan. Oleh karena itu perlu adanya sistem informasi berbasis Web untuk mengolah data-data tersebut. Sehingga dengan adanya sistem informasi ini memudahkan siswa untuk melihat hasil nilai pembelajaran seperti nilai harian, tugas, ujian tengah semester dan ujian akhir semester dapat dilihat oleh siswa secara online menggunakan ID dan password mereka masing-masing.. Nilai yang dimasukkan akan membentuk lager secara otomatis yang dapat dilihat oleh wali kelas. Dengan adanya sistem informasi ini diharapkan akan mempermudah kerja guru dan tata usaha dalam mengolah data nilai siswa. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam laporan tugas akhir ini merupakan metodologi berorientasi objek yaitu Unified Approach (UA) dengan menggunakan Unified  Modeling language (UML) untuk memodelkan kebutuhan sistem. Tahapan–tahapan yang dilalui dalam proses perancangan sistem antara lain Identifikasi aktor, Pengembangan activity diagram, Pengembangan use case diagram, Pengembangan Interaction diagram menggunakan Squence diagram, Diagram collaborations, Design class diagram, dan Design access layer.Proses analisis yang digunakan ini adalah dengan menggunakan pendekatan berorientasi objek dengan Unified Approach (UA) yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu identifikasi actor, use case diagram activity diagram, sequence diagram, diagram kolaborasi serta class diagram.
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI NILAI AKADEMIK SISWA BERBASIS WEB DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGRI III GARUT Ramdhan Muhammad Zaki; Asep Deddy Supriatna
Jurnal Algoritma Vol 12 No 2 (2015): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan yang terjadi diantaranya tidak sedikit kertas ulangan, tugas, ujian tengah semester dan ujian akhir semester siswa hilang akibat terselip atau bahkan ada yang hilang karena tidak sengaja terbuang. Siswa juga harus menunggu terlalu lama untuk mengetahui nilai mereka, karena harus menunggu wali kelas membagikan kertas ulangan harian dan kertas tugas yang sudah siswa kerjakan. Setelah itu guru mata pelajaran memberikan nilai tersebut kepada wali kelas untuk dimasukkan ke lager dan rapor siswa. Lager yang sudah diisi oleh wali kelas diserahkan kepada bagian kurikulum dan tata usaha untuk diarsipkan. Oleh karena itu perlu adanya sistem informasi berbasis Web untuk mengolah data-data tersebut. Sehingga dengan adanya sistem informasi ini memudahkan siswa untuk melihat hasil nilai pembelajaran seperti nilai harian, tugas, ujian tengah semester dan ujian akhir semester dapat dilihat oleh siswa secara online menggunakan ID dan password mereka masing-masing.. Nilai yang dimasukkan akan membentuk lager secara otomatis yang dapat dilihat oleh wali kelas. Dengan adanya sistem informasi ini diharapkan akan mempermudah kerja guru dan tata usaha dalam mengolah data nilai siswa. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam laporan tugas akhir ini merupakan metodologi berorientasi objek yaitu Unified Approach (UA) dengan menggunakan Unified  Modeling language (UML) untuk memodelkan kebutuhan sistem. Tahapan–tahapan yang dilalui dalam proses perancangan sistem antara lain Identifikasi aktor, Pengembangan activity diagram, Pengembangan use case diagram, Pengembangan Interaction diagram menggunakan Squence diagram, Diagram collaborations, Design class diagram, dan Design access layer.Proses analisis yang digunakan ini adalah dengan menggunakan pendekatan berorientasi objek dengan Unified Approach (UA) yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu identifikasi actor, use case diagram activity diagram, sequence diagram, diagram kolaborasi serta class diagram.
Perancangan Sistem Pakar Permasalahan Siswa di Sekolah Dini Destiani Siti Fatimah; Irpan Maulana
Jurnal Algoritma Vol 14 No 1 (2017): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33364/-

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi yang berjalan, dikembangkan pula sistem yang dapat meniru proses pemikiran dan pengetahuan untuk menyelesaikan masalah yang lebih spesifik, sistem ini merupakan bagian dari kercerdasan buatan atau artifical intellenge yang sering disebut sebagai sistem pakar, salah satunya dapat kita implrmentasikan di sekolah. Persoalan dalam mengahadapi permasalahan siswa di sekolah yang sering kali merugikan guru – guru maupun staf sekolah. Faktor kurangnya mengetahui cara mengatasi permasalahan siswa yang sedang menempuh pendidikan dimana ketidaksesuaian pemberian tindakan yang pantas bagi setiap siswa denganpermasalahan yang satu dengan yang masalah lain. Perancangan sistem pakar permasalahan siswa di sekolah ini bertujuan sebagai media untuk mempermudah proses penyuluhan pemberian tindakan yang tepat kepada siswa yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling atau seorang pakar. Proses perancangan ini menggunakan metode pengembangan sistem pakar dari Durkin [1] Perancangan aplikasi menggunakan berbasis Web Php sebagai flatform perancangan aplikasi berbasis desktop dan MySQL sebagai DBMS yang digunakan terintegrasi dalam aplikasi XAMMP. Serta kesimpulan sistem pakar ini dapat digunakan untuk kosultasi mengenai solusi yang dapat diambil dalam menangani siswa yang bermasalah.
Perancangan Sistem Pakar Permasalahan Siswa di Sekolah Dini Destiani Siti Fatimah; Irpan Maulana
Jurnal Algoritma Vol 14 No 1 (2017): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33364/-

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi yang berjalan, dikembangkan pula sistem yang dapat meniru proses pemikiran dan pengetahuan untuk menyelesaikan masalah yang lebih spesifik, sistem ini merupakan bagian dari kercerdasan buatan atau artifical intellenge yang sering disebut sebagai sistem pakar, salah satunya dapat kita implrmentasikan di sekolah. Persoalan dalam mengahadapi permasalahan siswa di sekolah yang sering kali merugikan guru – guru maupun staf sekolah. Faktor kurangnya mengetahui cara mengatasi permasalahan siswa yang sedang menempuh pendidikan dimana ketidaksesuaian pemberian tindakan yang pantas bagi setiap siswa denganpermasalahan yang satu dengan yang masalah lain. Perancangan sistem pakar permasalahan siswa di sekolah ini bertujuan sebagai media untuk mempermudah proses penyuluhan pemberian tindakan yang tepat kepada siswa yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling atau seorang pakar. Proses perancangan ini menggunakan metode pengembangan sistem pakar dari Durkin [1] Perancangan aplikasi menggunakan berbasis Web Php sebagai flatform perancangan aplikasi berbasis desktop dan MySQL sebagai DBMS yang digunakan terintegrasi dalam aplikasi XAMMP. Serta kesimpulan sistem pakar ini dapat digunakan untuk kosultasi mengenai solusi yang dapat diambil dalam menangani siswa yang bermasalah.
Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi Pembayaran Iuran Sekolah Di SMK Pasundan 1 Garut Taopik Ahmad; Asep Deddy Supriatna; Cepy Slamet
Jurnal Algoritma Vol 10 No 1 (2013): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.978 KB) | DOI: 10.33364/algoritma/v.10-1.1

Abstract

Proses pembayaran iuran sekolah di SMK Pasundan I Garut yang sedang berjalan terdapat beberara permasalahan yang diidentifikasi yaitu mengalami kesulitan untuk mendapatkan informasi pembayaran iuran sekolah per siswa yang sudah membayar atau belum karena penyimpanan data masih dalam bentuk arsip dan pembuatan laporan iuran pembayaran sekolah perhari masih dilakukan secara manual, dengan cara menulis ulang dari buku induk, sehingga kebutuhan informasi yang sifatnya segera untuk pengambilan keputusan manajemen menjadi terhambat. Tujuan dari penyusunan laporan tugas akhir ini adalah untuk membuat perangkat lunak  aplikasi pembayaran iuran sekolah di SMK Pasundan I Garut sehingga dapat memberikan peningkatan pelayanan dan pengelolaan yang lebih efektif. Aplikasi pembayaran iuran sekolah yang baru dikembangkan tersebut dapat membantu dalam menghasilkan laporan-laporan mengenai pembayaran iuran sekolah dan menghasilkan output sesuai yang diharapkan.
Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi Pembayaran Iuran Sekolah Di SMK Pasundan 1 Garut Taopik Ahmad; Asep Deddy Supriatna; Cepy Slamet
Jurnal Algoritma Vol 10 No 1 (2013): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33364/algoritma/v.10-1.1

Abstract

Proses pembayaran iuran sekolah di SMK Pasundan I Garut yang sedang berjalan terdapat beberara permasalahan yang diidentifikasi yaitu mengalami kesulitan untuk mendapatkan informasi pembayaran iuran sekolah per siswa yang sudah membayar atau belum karena penyimpanan data masih dalam bentuk arsip dan pembuatan laporan iuran pembayaran sekolah perhari masih dilakukan secara manual, dengan cara menulis ulang dari buku induk, sehingga kebutuhan informasi yang sifatnya segera untuk pengambilan keputusan manajemen menjadi terhambat. Tujuan dari penyusunan laporan tugas akhir ini adalah untuk membuat perangkat lunak  aplikasi pembayaran iuran sekolah di SMK Pasundan I Garut sehingga dapat memberikan peningkatan pelayanan dan pengelolaan yang lebih efektif. Aplikasi pembayaran iuran sekolah yang baru dikembangkan tersebut dapat membantu dalam menghasilkan laporan-laporan mengenai pembayaran iuran sekolah dan menghasilkan output sesuai yang diharapkan.
PERANCANGAN SISTEM PAKAR ZAKAT PERTANIAN DAN PETERNAKAN BERBASIS WEB Anggi Endah Purnama; Dini Destiani; Asep Setia
Jurnal Algoritma Vol 10 No 1 (2013): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.458 KB) | DOI: 10.33364/algoritma/v.10-1.10

Abstract

Zakat merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh umat muslim, zakat dibagi dalam beberapa jenis diantaranya  yaitu zakat pertanian dan zakat peternakan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk merancang sistem pakar zakat pertanian dan peternakan berbasis web agar lebih memudahkan umat muslim dalam melakukan pembayaran zakat dari hasil harta yang dimiliki. Proses perancangan ini mengacu pada metode pengembangan sistem pakar dari Durkin, dimana tahapan yang dijalankan merupakan langkah untuk membangun basis pengetahuan dalam bentuk aturan yang digunakan dalam penentuan kewajiban membayar zakat. Hasil dari perancangan sistem pakar zakat ini yaitu berupa tampilan sistem yang menyediakan fasilitas berupa halaman yang berisi mengenai definisi zakat, dalil zakat, ketentuan dan aturan zakat, serta berisi kepakaran zakat dan juga terdapat profil pakar, info penyaluran zakat dan info syarat mustahiq zakat.
PERANCANGAN SISTEM PAKAR ZAKAT PERTANIAN DAN PETERNAKAN BERBASIS WEB Anggi Endah Purnama; Dini Destiani; Asep Setia
Jurnal Algoritma Vol 10 No 1 (2013): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33364/algoritma/v.10-1.10

Abstract

Zakat merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh umat muslim, zakat dibagi dalam beberapa jenis diantaranya  yaitu zakat pertanian dan zakat peternakan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk merancang sistem pakar zakat pertanian dan peternakan berbasis web agar lebih memudahkan umat muslim dalam melakukan pembayaran zakat dari hasil harta yang dimiliki. Proses perancangan ini mengacu pada metode pengembangan sistem pakar dari Durkin, dimana tahapan yang dijalankan merupakan langkah untuk membangun basis pengetahuan dalam bentuk aturan yang digunakan dalam penentuan kewajiban membayar zakat. Hasil dari perancangan sistem pakar zakat ini yaitu berupa tampilan sistem yang menyediakan fasilitas berupa halaman yang berisi mengenai definisi zakat, dalil zakat, ketentuan dan aturan zakat, serta berisi kepakaran zakat dan juga terdapat profil pakar, info penyaluran zakat dan info syarat mustahiq zakat.
Pengembangan Aplikasi Sunda Berbasis Android Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD) Arzan Muharom; Rinda Cahyana; H. Bunyamin
Jurnal Algoritma Vol 10 No 1 (2013): Jurnal Algoritma
Publisher : Institut Teknologi Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (920.68 KB) | DOI: 10.33364/algoritma/v.10-1.19

Abstract

Budaya sunda pada saat ini semakin mulai ditinggalkan oleh masyarakat dimana dikutip dari salah satu artikel pikiran rakyat online [5],  bahwa pentingya mengenali identitas budaya lokal. Seiring semakin banyaknya pengguna smartphone berbasis android, maka dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan budaya sunda dengan  cara mengembangankan aplikasi android yang memiliki fitur budaya sunda. Sebelumnya Prasetyo [6] melakukan pengembangan aplikasi kamus bahasa sunda namun belum terdapat fitur budaya sunda, maka dalam penelitian ini akan mengembangakan aplikasi tersebut dengan menambahkan fitur budaya sunda, yang diharapkan dengan adanya fitur budaya sunda dapat membuat pengguna aplikasi sunda nantinya selain dapat belajar bahasa sunda juga dapat mengetahui serta memahami budaya lokal. Metodelogi penelitian dalam pengembangan aplikasi kamus bahasa sunda ini menggunakan metode action research dan metode survey.  Sedangkan metode pengembangan aplikasi perangkat lunak menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) dan untuk pengujian aplikasi menggunakan metode pengujian Black Box yang terdiri dari pengujian Usability serta User Statisfaction Testing. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi sunda berbasis android yang memiliki fitur budaya sunda untuk melengkapi fitur terjemahan kosa kata bahasa sunda yang telah dilakukan pada penelitian sebelumnya.

Page 1 of 113 | Total Record : 1124