cover
Contact Name
Wahjono
Contact Email
infokam.amikjtc@gmail.com
Phone
+6281227192665
Journal Mail Official
infokam.amikjtc@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kelud Raya No. 19 Kec. Gajahmungkur Kota Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
INFOKAM
ISSN : 18299458     EISSN : 27984753     DOI : https://doi.org/10.53845
Teks naskah ditulis dalam bahasa Inggris atau Indonesia. Naskah akan ditinjau terlebih dahulu oleh dewan editorial. Teks utama naskah harus diserahkan sebagai dokumen Word (.doc) atau file Rich Text Format (.rtf). Naskah terdiri dari 5000 kata (minimal), diketik dengan baik dalam satu kolom pada kertas ukuran A4, menggunakan Tahoma 10 pt. Naskah berisi karya asli dan berpotensi memberikan kontribusi bagi kemajuan ilmu pengetahuan yang tinggi. Jurnal INFOKAM Membahas Tentang Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Manajemen dan Akuntansi
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2014): INFOKAM Edisi 2 Tahun 10 2014 (Sept)" : 8 Documents clear
PERANCANGAN GAME SIMULASI PENCARIAN KERJA BERBASIS MULTIAGEN SISTEM Kristiawan Nugroho
Jurnal Ilmiah Infokam Vol 10, No 2 (2014): INFOKAM Edisi 2 Tahun 10 2014 (Sept)
Publisher : AMIK Jakarta Teknologi Cipta Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7.732 KB) | DOI: 10.53845/infokam.v10i2.60

Abstract

Proses pencarian kerja merupakan suatu mekanisme yang dilakukan oleh seseorang dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Proses ini biasanya dilakukan dengan mulai membuat sebuah aplikasi lamaran kerja kemudian dikirimkan ke suatu instansi yang membuka lowongan kerja melalui iklan pada media cetak maupun keikutsertaan dalam suatu bursa kerja. Saat ini muncul paradigma baru untuk merekrut tenaga kerja melalui “E-Recruitment”, E-Recruitment merupakan paradigma baru dimana proses perekrutan tenaga kerja dilakukan melalui suatu website dimana pelamar bisa memilih pekerjaan kemudian mengirimkan lamaran kerjanya melalui website tersebut. Namun paradigma ini bukannya tanpa masalah karena sistem ini selalu mengharuskan pelamar ataupun penyedia kerja untuk selalu berinteraksi secara online di Internet. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu dikembangkan sebuah perangkat lunak yang bisa melakukan pekerjaan (job) secara mandiri sehingga meminimalisasi campur tangan dari pelamar ataupun penyedia pekerjaan. Penelitian ini membahas mengenai pengkajian,analisis dan pengembangan sebuah model game simulasi yang berbasis multiagen cerdas yang bersifat mandiri yang bisa membantu pelamar ataupun penyedia kerja dalam berinteraksi untuk mencapai kesepakatan kerja. Agen-agen cerdas yang dibangun disini adalah Agent Facilitator,Applicant Agent dan Company Agent yang bernegosiasi untuk mencapai suatu bentuk kesepakatan kerja.Kata Kunci : E-recruitment, Game simulasi, Multiagen cerdas.
MENGENAL FRAMEWORK ENTERPRISE ARCHITECTURE SISTEM INFORMASI UNTUK JASA BENGKEL MOBIL Sugeng Murdowo
Jurnal Ilmiah Infokam Vol 10, No 2 (2014): INFOKAM Edisi 2 Tahun 10 2014 (Sept)
Publisher : AMIK Jakarta Teknologi Cipta Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7.732 KB) | DOI: 10.53845/infokam.v10i2.62

Abstract

Kepuasan layanan pada pelanggan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam bidang jasa, dengan memperhatikan hal tersebut maka akan secara tidak langsung memiliki imbas pada peningkatan jumlah pelanggan. Salah satu usaha jasa adalah bengkel mobil, dimana pelanggan akan merasa puas jika dalam beberapa saat dapat mengetahui apa kerusakan dan estimasi biaya untuk memperbaikinya. Untuk mewujudkan hal tersebut perlu adanya sistem informasi yang baik untuk mendukung semua kegiatan yang ada di bengkel tersebut. Zachman Framework merupakan sebuah framework enterprise arsitektur yang dapat merencanakan secara jangka panjang dalam pembuatan sebuah sistem informasi.Kata Kunci :Enterprise Arsitektur, Zachman Framework, Sistem Informasi
PENGARUH MEDIASI BUDAYA ORGANISASI DALAM HUBUNGAN PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN DAN KOMITMEN ORGANISASI DENGAN KINERJA ORGANISASI Arini Novandalina
Jurnal Ilmiah Infokam Vol 10, No 2 (2014): INFOKAM Edisi 2 Tahun 10 2014 (Sept)
Publisher : AMIK Jakarta Teknologi Cipta Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7.732 KB) | DOI: 10.53845/infokam.v10i2.63

Abstract

This research test influence mediation organization culture in relationship participation of composing a budget and organization commitment with organization performance.Samples of this research is teachers SMA City in Semarang, with a quota sampling. The method of analysis used to test a questionnaire is reliabilitas and validity test. While technique regression analysis using mediation, by fit model appropriateness and test assumption classic.The result showed that only participation of composing a budget and commitment of the organization that influential positive significantly affect the organizations cultural, and organization cultural significant positive influence on the performance of the organization. While the participation of composing a budget and commitment of the organization no significant positive on the performance of the organization. But organization cultural it is proven as variable mediation relations participation of composing a budget and commitment of the organization with the performance of the organization.Keywords : Cultural mediation, budget preparation, organinizational preparation.1. PENDAHULUAN
IMPLEMENTASI FUZZY LOGIC MULTI CRITERIA DECISION MAKING (MCDM) UNTUK MENENTUKAN JENIS KAYU SEBAGAI BAHAN BAKU PRODUKSI MEBEL Sumardi Sumardi
Jurnal Ilmiah Infokam Vol 10, No 2 (2014): INFOKAM Edisi 2 Tahun 10 2014 (Sept)
Publisher : AMIK Jakarta Teknologi Cipta Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7.732 KB) | DOI: 10.53845/infokam.v10i2.65

Abstract

Dalam penelitian ini sistem pendukung keputusan akan dijalankan pada CV. Mustika Jati Jepara yang bergerak di bidang produksi kayu bertaraf internasional. Terdapat banyak jenis kayu yang dapat digunakan sebagai bahan baku produksi bagi CV. Mustika Jati Jepara. Misalnya kayu jati, merbau, bangkirai, kamper, meranti, mahoni, sungkai, sonokeling, kayu kelapa. Masing – masing kayu ini dikenal karena memiliki kriteria yang berbeda – beda, yaitu warna, corak, tekstur, arah serat, kilap, kesan raba, bau, kekerasan kayu, lingkaran tumbuh, susunan pori, ukuran pori, frekuensi pori, isi pori, bidang perforasi, golongan jari – jari, susunan jari – jari, bentuk parenkim, saluran interselular. Semua kriteria tersebut mempengaruhi kekuatan, keawetan dan keunikan dari masing – masing jenis kayu. Selain itu juga sangat mempengaruhi harga beli dan harga jualnya. Dengan Sistem pengolahan data dan informasi untuk membantu memberikan pilihan jenis kayu yang cocok sebagai bahan baku produksi bagi para karyawan CV. Mustika Jati Jepara khususnya Bagian Grading dapat meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan dan dapat memperoleh berbagai macam keuntunganyaitu mempercepat penerimaan data jenis kayu, mengurangi subjektivitas pengambilan keputusan dan penghematan tenaga, kertas dan sumber daya lainKata Kunci : Metode fuzzy MCDM, DSS, Kayu
RANCANG BANGUN SISTEM PENGELOLAAN TUGAS KULIAH MAHASISWA SECARA ONLINE Muhamad Danuri; Subianto Subianto
Jurnal Ilmiah Infokam Vol 10, No 2 (2014): INFOKAM Edisi 2 Tahun 10 2014 (Sept)
Publisher : AMIK Jakarta Teknologi Cipta Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7.732 KB) | DOI: 10.53845/infokam.v10i2.67

Abstract

Pengelolaan teknologi informasi untuk membantu di bidang Pendidikan sangat bermanfaat untuk meningkatkan efektifitas kegiatan dan efiseinsi dari semua pihak. Dosen memiliki banyak tanggung jawab dalam kegiatan pelaksanaan pemenuhan tri dharma perguruan tinggi, namun dengan adanya computer, web dan teknologi informasi semua dapat dilakukan dengan lebih cepat efektif dan efisien.Sebuah Sistem pengelolaan Tugas kuliah mahasiswa dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan efektifitas dan mengatasi permasalahan yang kadang muncul, dalam proses pendidikan dan pengajaran yang dilakukan oleh dosen khususnya dalam pengelolaan tugas-tugas mahasiswa. Sistem pengelolaan tugas mahasiswa melalui media web ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa sebagai sharing pengetahuan dan teknologi dengan mahasiswa yang lain, begitu juga masyarakat dapat memanfaatkan tugas tersebut untuk tambahan pengetahuan, dan dosen dapat dengan mudah mengevaluasi tugas yang telah dikumpulkan mahasiswa dan melakukan review tugas-tugas tersebut setiap saat.Pembangunan sistem penggelolaan tugas mahasiswa menggunakaa metode pengembangan sistem waterfall model melalui tahap identifikasi kebutuhan dosen dan mahasiswa, perancangan sistem dengan alat bantu Unified Modeling Language (UML) dan implementasi dengan bahasa pemrograman berbasis web dan MySQL sebagai pengolah databasenya.Manfaat utama dari sistem ini adalah meningkatkan media pelayanan dosen kepada mahasiswa, sebagai media menulis ilmiah bagi mahasiswa secara profesional di internet dan meningkatkan sarana penyeberluasan informasi ilmiah ke masyarakat luas.Kata Kunci : Perancangan, Kuliah, Tugas , Pengelolaan , Online
PERANAN SISTEM INFORMASI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN Wahjono Wahjono
Jurnal Ilmiah Infokam Vol 10, No 2 (2014): INFOKAM Edisi 2 Tahun 10 2014 (Sept)
Publisher : AMIK Jakarta Teknologi Cipta Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7.732 KB) | DOI: 10.53845/infokam.v10i2.69

Abstract

Peranan Sistem Informasi merupakan alat bantu untuk mempermudah manajemen dalam menentukan pengambilan suatu keputusan, namun tidak menggantikannya. Karena manajemen perusahaanlah yang menentukan hasil akhir dari sebuah keputusan. Decision Support System (DSS) adalah untuk membantu manajer dalam meningkatkan kinerjanya dalam pengambilan keputusan. Sebuah perusahaan/organisasi tetaplah harus memilih orang-orang yang terbaik untuk duduk di perusahaannya guna memutuskan yang terbaik bagi setiap penentuan kebijakanya.Kata kunci: Sistem informasi, Keputusan, DSS, Organisasi.
SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (Studi Kasus Toko Pakaian) Subianto Subianto
Jurnal Ilmiah Infokam Vol 10, No 2 (2014): INFOKAM Edisi 2 Tahun 10 2014 (Sept)
Publisher : AMIK Jakarta Teknologi Cipta Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7.732 KB) | DOI: 10.53845/infokam.v10i2.70

Abstract

Sistem informasi berbasis web digunakan untuk kegiatan akuntansi dengan tujuan mempermudah proses pencatatan transaksi, mempercepat proses penyampaian laporan keuangan kepada pihak manajemen perusahaan, mencegah terjadinya kesalahan proses pengolahan data akuntansi dan proses akuntansi yang lebih efektif dan efisien, mudah, cepat dan akurat. Analisa perancangan sistem menggunakan dengan alat bantu perancangan document flow diagram, data flow diagram, entity relationship diagram untuk perancangan dan relasi database. Software sebagai alat bantu pembuatan program menggunakan XAMPP v 1.7.1, macromedia dreamweaver, MYSQL dan PHPKata kunci : sistem informasi, akuntansi, basis web
PROGRAM INTERAKSI DAN INTEGRASI DENGAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN UNTUK MENJAGA KEBERLANGSUNGAN/EKSISTENSI PADA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN Alex Sujanto
Jurnal Ilmiah Infokam Vol 10, No 2 (2014): INFOKAM Edisi 2 Tahun 10 2014 (Sept)
Publisher : AMIK Jakarta Teknologi Cipta Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7.732 KB) | DOI: 10.53845/infokam.v10i2.71

Abstract

Dalam menjaga keberlangsungan dan eksistensi lembaga kursus dan pelatihan maka pengelola kursus harus dapat melakukan interaksi dan integrasi dengan strategi bauran pemasaran, strategi Marketing ini terdiri dari 7 macam atau (Mix-7P) yaitu: Product, Price, Promotion, Place, Personal Traits, Proses, dan Physical Evidence. Artinya adalah bahwa produk atau program yang di miliki lembaga kursus dan pelatihan harus yang banyak diminati oleh masyarakat, tempatnya atau lokasi kursus yang strategis, harganya program kursus bisa dijangkau oleh masyarakat, selalu dilakukan promosi secara terus menerus/continyu, memiliki pengelola atau karyawan yang berkinerja tinggi, komitmen melaksanakan job dengan baik, prosesnya dengan memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada pelanggan dan calon pelanggan, dan lembaga kursus hendaknya memiliki ruangan yang nyaman, asri, fisik gedung yang megah sehingga ini merupakan langkah yang tepat untuk mengembangkan lembaga kursus dan pelatihan dalam meningkatkan jumlah peserta didik, sehingga mampu menjaga keberlangsungan lembaga kursus dan pelatihan dalam memberikan pelayanan pada masyarakat.Kata Kunci : Interaksi, integrasi, strategi bauran Pemasaran, marketing mix-7P, yaitu: Product, Price, Promotion, Place, personal Traits, Process, Dan Physical Evidence

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 20, No 1 (2024): Nomor 1/Th. XX/Maret 2024 Vol 19, No 2 (2023): Nomor 2/Th XIX/September 2023 Vol 19, No 1 (2023): Nomor 1/Th. XIX/Maret 2023 Vol 18, No 2 (2022): Nomor 2/Th. XVIII/September 2022 Vol 18, No 1 (2022): Nomor 1/Th. XVIII/Maret 2022 Vol 17, No 2 (2021): Nomor 2/Th. XVII/September 2021 Vol 17, No 1 (2021): Nomor I/Th. XVII/Maret 2021 Vol 16, No 2 (2020): Nomor II/Th. XVI/September 2020 Vol 16, No 1 (2020): Nomor I/Th. XVI/Maret 2020 Vol 15, No 2 (2019): Nomor II/Th. XV /September 2019 Vol 15, No 1 (2019): Nomor I / Th. XV / Maret 2019 Vol 14, No 2 (2018): Nomor II / Th. XIV / September 2018 Vol 14, No 2 (2018): Nomor II / Th. XIV / September 2018 Vol 14, No 1 (2018): Nomor I / Th. XIV / Maret 2018 Vol 13, No 1 (2017): INFOKAM No. 1/Th. 2017/Maret/2017 Vol 13, No 2 (2017): INFOKAM No.2/September/Thn. 2017 Vol 12, No 2 (2016): INFOKAM No. II/Th. XII/September/2016 Vol 12, No 1 (2016): INFOKAM No. I/Th. XII/Maret/2016 Vol 11, No 4 (2015): INFOKAM EDISI I Tahun 10 2015 (Maret) Vol 11, No 5 (2015): INFOKAM No. II/Th. XI/September/15 Vol 11, No 5 (2015): INFOKAM No. II/Th. XI/September/15 Vol 10, No 2 (2014): INFOKAM Edisi 2 Tahun 10 2014 (Sept) Vol 10, No 1 (2014): INFOKAM Edisi 1 Tahun 10 2014 (Mar) Vol 10, No 1 (2014): INFOKAM Edisi 1 Tahun 10 2014 (Mar) Vol 9, No 2 (2013): INFOKAM Edisi 2 Tahun 9 2013 (Sept) Vol 9, No 2 (2013): INFOKAM Edisi 2 Tahun 9 2013 (Sept) Vol 7, No 1 (2011): INFOKAM Edisi 1 Tahun 7 2011 (Mar) Vol 5, No 1 (2009): INFOKAM Edisi 1 Tahun 5 2009 (Mar) Vol 4, No 2 (2008): INFOKAM Edisi 2 Tahun 4 2008 (Sept) Vol 3, No 2 (2007): INFOKAM Edisi 1 Tahun 3 2007 (Sept) Vol 2, No 1 (2006): INFOKAM Edisi 1 Tahun 2 2006 (Maret) Vol 1, No 1 (2005): INFOKAM Edisi 1 Tahun 1 2005 (Maret) More Issue