cover
Contact Name
Wahjono
Contact Email
infokam.amikjtc@gmail.com
Phone
+6281227192665
Journal Mail Official
infokam.amikjtc@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kelud Raya No. 19 Kec. Gajahmungkur Kota Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
INFOKAM
ISSN : 18299458     EISSN : 27984753     DOI : https://doi.org/10.53845
Teks naskah ditulis dalam bahasa Inggris atau Indonesia. Naskah akan ditinjau terlebih dahulu oleh dewan editorial. Teks utama naskah harus diserahkan sebagai dokumen Word (.doc) atau file Rich Text Format (.rtf). Naskah terdiri dari 5000 kata (minimal), diketik dengan baik dalam satu kolom pada kertas ukuran A4, menggunakan Tahoma 10 pt. Naskah berisi karya asli dan berpotensi memberikan kontribusi bagi kemajuan ilmu pengetahuan yang tinggi. Jurnal INFOKAM Membahas Tentang Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Manajemen dan Akuntansi
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 1 (2022): Nomor 1/Th. XVIII/Maret 2022" : 8 Documents clear
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Cherry Pet Shop Purwokerto Rokhmad Budiyono; Sarbullah Sarbullah; Arini Novandalina
Jurnal Ilmiah Infokam Vol 18, No 1 (2022): Nomor 1/Th. XVIII/Maret 2022
Publisher : AMIK Jakarta Teknologi Cipta Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53845/infokam.v18i1.313

Abstract

Cherry Pet Shop adalah perusahaan retail yang menjual berbagai macam kebutuhan hewan peliharaan seperti makanan, asesoris, snack, shampo dan obat kutu. Selain menjual kebutuhan untuk hewan, Cherry Pet Shop juga tersedia pelayanan kesehatan hewan yang langsung ditangani oleh dokter  hewan dan juga menyediakan jasa grooming, dan jasa penitipan untuk hewan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan produk jasa Cherry Pet Shop Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitan ini seluruh pelanggan Cherry Pet Shop Purwokerto yang tidak terhingga atau tidak bisa ditentukan. Dalam penelitian ini sampel diambil dengan cara nonprobability sampling yaitu dengan teknik accidental sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 103 orang responden. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner. Sedangkan alat analisis dalam penelitan ini menggunakan analisis regresi berganda menggunakan software SPSS. Berdasarkan analisis data menunjukan bahwa: kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, harga tidak berpengaruh kepuasan pelanggan, kepercayaan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Dari hasil analisis data pada penelitian ini maka penulis menyarankan kepada perusahaan untuk dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan dan terus mempertahankan kepercayaan pelanggan.
Sistem Informasi Self Assesment Covid 19 Berbasis Web Subianto Subianto
Jurnal Ilmiah Infokam Vol 18, No 1 (2022): Nomor 1/Th. XVIII/Maret 2022
Publisher : AMIK Jakarta Teknologi Cipta Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53845/infokam.v18i1.319

Abstract

Pemantauan kondisi kesehatan terkait dengan kasus Covid-19, sangat perlu dilakukan sebagai langkah pencegahan penularan. Sistem Informasi Self Assesment Covid 19 ini dibangun untuk memudahkan pemantauan secara mandiri, meminimalisir penularan dan sebagai langkah antisipasi terhadap dampak resiko yang lebih besar bagi lingkungan. Untuk meneliti dan mengambil data yang diperlukan peneliti menggunakan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dan studi pustaka. Sistem Informasi ini menggunakan perancangan sistem berbasis web online.
Analisis Produk, Harga, Promosi Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Secara Online Pada PT Natural Nusantara Di Kecamatan Todanan Blora Eko Sasono; Rida Uswatun Hasanah; Zumrotun Nafi’ah; Sopi Sopi
Jurnal Ilmiah Infokam Vol 18, No 1 (2022): Nomor 1/Th. XVIII/Maret 2022
Publisher : AMIK Jakarta Teknologi Cipta Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53845/infokam.v18i1.314

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis produk, harga, promosi yang mempengaruhi keputusan pembelian secara Online (Studi pada PT. Natural usantara Di.Kec Todanan Kab.Blora)”. Populasi yang digunakan adalah orang yang pernah melakukan pembelian produk NASA secara online yang berjumlah 50 responden, data diperoleh dengan kuesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling menggunakan rumus teknik pengambilan sampel dengan rumus slovin. Variabel bebas (Independen) dalam penelitian ini adalah Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3) dan yang menjadi variabel terikat (dependen) adalah : Keputusan Pembelian (Y).  Analisis ini meliputi uji instrumen (Uji Validitas dan Uji Reliabilitas), uji asumsi klasik meliputi (Uji Normalitas, Multikolinieritas, Heteroskedastisitas), analisi regresi berganda, uji kelayakan model, uji T dan uji Koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian maka nilai t hitung produk adalah 2,602 t-tabel 2,013. Tingkat signifikansi sebesar 0,012 sedangkan level of significance (taraf signifikansi) sebesar 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap pembelian, sedangkan t hitung harga adalah 3,466 t-tabel 2,013. Tingkat signifikansi sebesar 0,001 sedangkan level of significance (taraf signifikansi) sebesar 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap pembelian dan nilai t hitung promosi adalah 2,816 t-tabel 2,013. Tingkat signifikansi sebesar 0,007 sedangkan level of significance (taraf signifikansi) sebesar 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel promosi (X3) berpengaruh signifikan terhadap pembelian. Angka koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,775. Hal ini berarti bahwa variabel produk, harga dan promosi mempunyai peranan 77,5% secara bersama-sama untuk dapat menjelaskan atau menerangkan variabel pembelian sehingga masih ada sisa 22,5 % memerlukan variabel lain yang tidak diteliti. Disarankan untuk meningkatkan pembelian produk PT. Natural Nusantara perlu adanya variasi produk, tingkat harga yang bisa dijangkau konsumen serta berbagai bentuk promosi seperti iklan yang lebih menarik untuk meningkatkan keputusan pembelian.
Pengaruh Layanan Automatic Teller Machine (ATM), Internet Banking, Dan Mobile Banking Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Siti Rochmah; Fidyah Yuli Ernawati
Jurnal Ilmiah Infokam Vol 18, No 1 (2022): Nomor 1/Th. XVIII/Maret 2022
Publisher : AMIK Jakarta Teknologi Cipta Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53845/infokam.v18i1.315

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh signifikan Automatic Teller Machine (ATM), Internet Banking dan Mobile Banking terhadap tingkat kepuasan nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Pati baik secara parsial.Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dengan metode accidental sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil pengisian kuesioner sebanyak 97 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial (1) Variabel Automatic Teller Machine (ATM) berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Pati. (2) Variabel Internet Banking berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Kediri. (3) Variabel Mobile Banking berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Pati.Berdasarkan hasil uji T Parsial, diketahui bahwa nilai Sig. untuk variabel Automatic Teller Machine yaitu 0,011. Kemudian nilai Sig. untuk variabel Internet Banking yaitu 0,000. Sedangkan nilai Sig. untuk Mobile Banking yaitu 0,001. Nilai dari masing-masing variabel lebih kecil dari 0,05 sehingga Automatic Teller Machine (ATM), Internet Banking dan Mobile Banking berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah. Berdarkankan hasil uji F terlihat bahwa nilai signifikansi regresi data penelitian penulis yaitu sebesar 0,000. Nilai ini kurang dari 0,05. Nilai F pada regresi bersifat positif yang artinya Automatic Teller Machine, Internet Banking, dan Mobile Banking berpengaruh positif terhadap Kepuasan Nasabah. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi, diketahui koefisien determinasi atau R Square adalah sebesar 0,899. Nilai R Square 0,899 ini berasal dari pengkuadratan nilai koefisien korelasi atau R, yaitu 0,948 x 0,948 = 0,899. Besarnya angka koefisien determinasi (R Square) adalah 0,899 atau sama dengan 90%. Angka tersebut mengandung arti bahwa variabel Automatic Teller Machine (X1), Internet Banking (X2), dan Mobile Banking (X3) secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap variabel Kepuasan Nasabah (Y) sebesar 90%. Sedangkan sisanya yaitu 100% - 90% = 10% dipengaruhi oleh variabel lain di luar persamaan regresi ini atau variabel yang tidak diteliti.
Dampak Operasional Budaya Kerja Diberbagai Sektor Industri Setelah Pandemi Covid-19 Mereda Wahjono Wahjono
Jurnal Ilmiah Infokam Vol 18, No 1 (2022): Nomor 1/Th. XVIII/Maret 2022
Publisher : AMIK Jakarta Teknologi Cipta Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53845/infokam.v18i1.318

Abstract

Budaya Organisasi di sektor industri mempunyai dampak yang sangat signifikan bagi perkembangan industri dimasa setelah pandemi covid-19 karena adanya prinsip prinsip budaya organisasi seperti adanya Inovasi dan Pengambilan Resiko. Tujuannya, agar perusahaan tetap berinovasi dalam menghasilkan dan mendistribusikan produk serta menata tatanan dalam berorganisasi, budaya untuk memperhatikan secara mendetail dalam semua kegiatan. Karakteristik budaya organisasi perusahaan menuntut agar anggota organisasi diminta fokus dan cermat dalam bekerja serta ketepatan dalam menganalisis hasil pekerjaan. Budaya organsisasi juga berorientasi pada kebermanfaatan, berorientasi pada tim. Kegiatan kerja yang diorganisasikan dalam tim-tim bukan dalam individu-individu dengan melakukan kolaborasi merupakan karakteristik budaya organisasi perusahaan yang strategis. Budaya untuk bersifat agresif dan Memiliki inisiatif dan adanya semangat berkompetisi dalam bekerja serta membuat anggota bertindak agresif merupakan karakteristik yang berguna untuk mempertahankan keberadaan organisasi di sektor industri.
Klasifikasi Jenis Hewan Pada Kebun Binatang Dengan Menggunakan Metode Deep Neural Network Kristiawan Nugroho; Sugeng Murdowo
Jurnal Ilmiah Infokam Vol 18, No 1 (2022): Nomor 1/Th. XVIII/Maret 2022
Publisher : AMIK Jakarta Teknologi Cipta Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53845/infokam.v18i1.317

Abstract

Pariwisata merupakan sektor yang sangat penting bagi pemerintah Indonesia, Salah satu bagian dari industri kepariwisataan adalah kebun binatang. Namun dengan semakin banyaknya jumlah kebun binatang di Indonesia pemerintah mengalami kesulitan dalam mengklasifikasikan jenis binatang terutama saat terjadi penambahan hewan baru. Berbagai maca teknologi informasi telah membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan. Saat ini Machine Learning yang merupakan pendekatan dalam melakukan analisis prediksi terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi manusia berkembang dengan pesat. Neural Network merupakan suatu algoritma machine learning yang terbukti tepat dalam memprediksi dan banyak dipergunakan peneliti. Penelitian ini menggunakan Neural Network dalam memprediksi jenis hewan yang ada di kebun binatang sebagai salah satu upaya membantu pemerintah dalam menyediakan informasi yang dibutuhkan. Menggunakan Neural Network diperoleh hasil akurasi sebesar 98% dengan tingkat presisi sebesar 98.1% dan Recall sebesar 98 %.
Tantangan Bagi Information Technology Leader Cut Zurnali; Alex Sujanto
Jurnal Ilmiah Infokam Vol 18, No 1 (2022): Nomor 1/Th. XVIII/Maret 2022
Publisher : AMIK Jakarta Teknologi Cipta Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53845/infokam.v18i1.311

Abstract

Teknologi informasi merupakan faktor penting bagi keberhasilan suatu organisasi karena akan menyelaraskan dan mengkoordinasikan organisasi ke jalur yang benar untuk mencapai tujuan organisasi. Seorang pemimpin teknologi informasi adalah orang yang dapat memimpin orang, tim dan memimpin dengan memberi contoh, dengan keahlian yang dimiliki, dan dengan motivasi untuk mencapai serangkaian tujuan tertentu dalam perusahaan yang dilakukan secara efektif. Terdapat 7 tantangan bagi IT leader, yaitu: persaingan bagi pekerja berbakat, ketidakcocokan keahlian, memelihara lingkungan hibrida, memerangi penjahat dunia siber, kekurangan teknologi, kelelahan fisik dan mental akibat pekerjaan, dan mendorong perubahan. Keseluruhan tantangan ini dapat diatasi oleh seorang IT Leader dengan keahlian yang dimiliki, kemampuan memberikan motivasi dan komunikasi yang baik pada pihak-pihak terkait di dalam aktivitas perusahaan.
Decision Support System Panduan Berat Badan Ideal Dengan Metode Logika Fuzzy Sumardi Sumardi
Jurnal Ilmiah Infokam Vol 18, No 1 (2022): Nomor 1/Th. XVIII/Maret 2022
Publisher : AMIK Jakarta Teknologi Cipta Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53845/infokam.v18i1.316

Abstract

Kekurangan dan kelebihan gizi umumnya terjadi akibat perubahan pola makan yang tidak bergizi seimbang. Kekurangan gizi ditandai dengan lambatnya pertumbuhan tubuh (terutama pada anak), daya tahan tubuh rendah, kurangnya tingkat intelegensia (kecerdasan), dan produktivitas yang rendah. Ini terjadi akibat asupan gizi di bawah kebutuhan. Sementara kelebihan gizi ditandai dengan kelebihan berat badan. Akan tetapi, kekurangpahaman masyarakat mengenai ilmu gizi membuat mereka malas dan jarang mengkonsultasikan masalah berat badan. Tujuan dari penelitian membangun system decision support system berat badan ideal yang dapat digunakan sebagai pedoman untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan mencegah timbulnya penyakit akibat kelebihan atau kekurangan berat badan. Metode pengembangan sisten yang digunakan adalah metode prototype.  Dari hasil penelitian menghasilakn Decision Support System berat badan ideal adalah perhitungan pengurangan atau penambahan kalori yang digunakan untuk diet antara logika tegas dan logika fuzzy mempunyai nilai yang sama

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 20, No 1 (2024): Nomor 1/Th. XX/Maret 2024 Vol 19, No 2 (2023): Nomor 2/Th XIX/September 2023 Vol 19, No 1 (2023): Nomor 1/Th. XIX/Maret 2023 Vol 18, No 2 (2022): Nomor 2/Th. XVIII/September 2022 Vol 18, No 1 (2022): Nomor 1/Th. XVIII/Maret 2022 Vol 17, No 2 (2021): Nomor 2/Th. XVII/September 2021 Vol 17, No 1 (2021): Nomor I/Th. XVII/Maret 2021 Vol 16, No 2 (2020): Nomor II/Th. XVI/September 2020 Vol 16, No 1 (2020): Nomor I/Th. XVI/Maret 2020 Vol 15, No 2 (2019): Nomor II/Th. XV /September 2019 Vol 15, No 1 (2019): Nomor I / Th. XV / Maret 2019 Vol 14, No 2 (2018): Nomor II / Th. XIV / September 2018 Vol 14, No 2 (2018): Nomor II / Th. XIV / September 2018 Vol 14, No 1 (2018): Nomor I / Th. XIV / Maret 2018 Vol 13, No 1 (2017): INFOKAM No. 1/Th. 2017/Maret/2017 Vol 13, No 2 (2017): INFOKAM No.2/September/Thn. 2017 Vol 12, No 2 (2016): INFOKAM No. II/Th. XII/September/2016 Vol 12, No 1 (2016): INFOKAM No. I/Th. XII/Maret/2016 Vol 11, No 4 (2015): INFOKAM EDISI I Tahun 10 2015 (Maret) Vol 11, No 5 (2015): INFOKAM No. II/Th. XI/September/15 Vol 11, No 5 (2015): INFOKAM No. II/Th. XI/September/15 Vol 10, No 2 (2014): INFOKAM Edisi 2 Tahun 10 2014 (Sept) Vol 10, No 1 (2014): INFOKAM Edisi 1 Tahun 10 2014 (Mar) Vol 10, No 1 (2014): INFOKAM Edisi 1 Tahun 10 2014 (Mar) Vol 9, No 2 (2013): INFOKAM Edisi 2 Tahun 9 2013 (Sept) Vol 9, No 2 (2013): INFOKAM Edisi 2 Tahun 9 2013 (Sept) Vol 7, No 1 (2011): INFOKAM Edisi 1 Tahun 7 2011 (Mar) Vol 5, No 1 (2009): INFOKAM Edisi 1 Tahun 5 2009 (Mar) Vol 4, No 2 (2008): INFOKAM Edisi 2 Tahun 4 2008 (Sept) Vol 3, No 2 (2007): INFOKAM Edisi 1 Tahun 3 2007 (Sept) Vol 2, No 1 (2006): INFOKAM Edisi 1 Tahun 2 2006 (Maret) Vol 1, No 1 (2005): INFOKAM Edisi 1 Tahun 1 2005 (Maret) More Issue