cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam
ISSN : 23388544     EISSN : 24772046     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2023): Juni 2023 (Article in Press)" : 5 Documents clear
Pemanfaatan Akun Instagram @farahqoonita dalam Meningkatkan Etika Komunikasi Islam di Kalangan Remaja Desa Sei Apung Jaya Kecamatan Tanjungbalai Asahan
AT-TABSYIR Vol 10, No 1 (2023): Juni 2023 (Article in Press)
Publisher : Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/at-tabsyir.v10i1.20152

Abstract

Media sosial Instagram menjadi salah satu media komunikasi yang memiliki banyak penggunanya yang didominasi oleh para remaja. Bahkan kini Instagram sudah menjadi salah satu faktor pertumbuhan gaya hidup dan didalamnya terdapat etika yang positif maupun sebaliknya. Tergantung pada pemanfaatan yang dilakukan oleh masing-masing individu dalam menggunakan akun pribadinya. Etika komunikaasi islam memilliki peranan penting agar pemanfaatan berjalan dengan benar. Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang beretika, maka beruntunglah kita sebagai ummat nabi dapat mempelajari etika komunikasi islam yang baik dan benar hanya dengan mengikuti tuntunan Rasulallah. Komunikasi yang akan dilakukan tersebut harus didasarkan pada nilai-nilaial-qur’andan sunnah Nabi Muhammad saw., meliputi nila-nilai kejujuran (kebenaran). Nilai kejujuran ini meliputi nilai-nilai keadilan, kewajaran dan kepatuhan. Penelitan ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial Instagram dalam meningkatkan etika komunikasi islam dikalangan remaja Desa Sei Apung Jaya, terkhusus pada akun instagram @farahqoonita dalam berbagai postingan pribadinya di laman media sosisal instagramnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifatkan deskriftif dengan pemilihan informannya langsung remaja desa dan pemilik akun instagram @farahqoonita sebagai sumber informasi kajian bagi peneliti. Hasil dari penelitian ini adalah pemanfaatan akun instagram @farahqoonita dalam meningkatkan etika komunikasi islam dikalangan remaja Desa Sei Apung Jaya Kecamatan Tanjungbalai Asahan.
Ideologi Tikus dalam Kover Majalah Tempo Edisi 2021
AT-TABSYIR Vol 10, No 1 (2023): Juni 2023 (Article in Press)
Publisher : Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/at-tabsyir.v10i1.19671

Abstract

Ideologi tikus dalam sampul majalah Tempo edisi 2021. Kajian ini berupaya mengkaji ideologi tikus dalam kover majalah tempo edisi 2021. Perspektif ideologi ini diperoleh dari identifikasi karakter tikus dengan sifat manusia. Hal ini digunakan sebagai kritik terhadap isu politik. Penelitian ini menggunakan teori Semiotika Roland Barthes, yaitu Makna Denotasi, Makna Konotasi dan Mitos. Tiga kover majalah Tempo yang diteliti adalah Edisi 30 Januari 2021, 13 Februari 2021, dan 6 Maret 2021. Kajian ini menunjukkan bahwa ideologi tikus yang dibangun dalam majalah tempo menunjukkan fenomena manusia yang kehilangan nurani, rasa tanggung jawab dan idealisme mereka.
Analisis Feminisme Islam dalam Video Dakwah Ustazah Oki Setiana Dewi (Model Semiotika Charles Sanders Peirce)
AT-TABSYIR Vol 10, No 1 (2023): Juni 2023 (Article in Press)
Publisher : Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/at-tabsyir.v10i1.19552

Abstract

Selama bertahun-tahun, perempuan seringkali menjadi korban penindasan baik dalam masyarakat maupun dalam keluarga. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa banyak perempuan yang memperoleh perlakuan berbeda dibandingkan laki-laki. Fenomena ini bermula pada awal tahun 2022, Komnas HAM menyatakan Oki Setiana Dewi diduga mendukung tindakan kekerasan dalam rumah tangga. Penelitian dengan metode kualitatif ini bertujuan mengetahui feminisme Islam dalam tiga video dakwah yang diposting oleh Oki Setiana Dewi, yaitu: 'Peran Wanita Dalam Keluarga', 'Muslimah Membawa Perubahan Menjadi Lebih Baik,' dan 'Sebaik-baik Perhiasan Dunia'. Hasil penelitian menunjukkan bahwa feminisme Islam dalam video dakwah tersebut telah sejalan dengan apa yang tertuang dalam Al-Qur’an dan Hadits. Ketiga video dakwah ini membantah tudingan masyarakat bahwa Oki Setiana Dewi mendukung kekerasan dalam rumah tangga
Marketing Public Relations pada Startup dalam Membangun Kepercayaan Konsumen di Era Marketing 4.0
AT-TABSYIR Vol 10, No 1 (2023): Juni 2023 (Article in Press)
Publisher : Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/at-tabsyir.v10i1.21447

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi di Indonesia hari ini semakin banyak startup bermunculan dan tumbuh. Berbicara mengenai keberhasilan startup, tak dapat dipungkiri ada peran besar public relations di sana. Ada strategi tertentu pada kegiatan public relations yang bisa dimanfaatkan untuk mencapai target marketing. Hal tersebut tercatat mampu meningkatkan perkembangan startup lebih cepat dan mencapai target. Di tengah isu regulasi, startup Indodax.com berupaya memberikan edukasi kepada publik melalui berbagai kegiatan yang menyampaikan konsep blockchain dan aset-aset kripto. Mungkinkah ini menjadi bagian dari strategi marketing public relations mereka? Peneliti menggunakan konsep marketing public relations Thomas L. Harris. Tujuan penelitian ini untuk memberikan gambaran strategi marketing public relations yang digunakan Indodax.com dalam membangun kepercayaan konsumen di era marketing 4.0. Penelitian ini bersifat deskriptif, menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian menyatakan, dalam  proses membangun kepercayaan konsumen Indodax.com menggunakan tiga strategi utama sebagai pilar dalam kegiatan marketing public relations: 1)strategi dorong (power); 2)strategi tarik (public relations); 3)strategi melewati (power+corporate public relations). Indodax.com menggunakan tools tertentu pada setiap strategi sesuai dengan publik yang mereka hadapi. Di antara tools tersebut: forum online dan media sosial (strategi dorong); seminar/konferensi dan ekshibisi (strategi tarik); menilai masalah, tindakan menasihati, dan komunikasi (strategi melewati).
Analisis Pemikiran Zainal Arifin Terhadap Moderat Sebagai Prinsip Dasar Komunikasi Islam dalam Menciptakan Komunikasi Harmonis
AT-TABSYIR Vol 10, No 1 (2023): Juni 2023 (Article in Press)
Publisher : Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/at-tabsyir.v10i1.18586

Abstract

Islam menampilkan konsep penyatuan perbedaan yang sudah menjadi kodrat. Namun banyak kelompok yang bersikeras pada kebenaran yang mereka yakini sehingga memunculkan sikap radikal. Pemahaman radikal yang berujung pada aksi kekerasan dan teror banyak terjadi di banyak negara, termasuk Indonesia. Hal ini terjadi akibat kesalahpahaman terhadap ajaran agama. Zainal Arifin telah merumuskan prinsip-prinsip dasar komunikasi Islami, salah satunya adalah moderasi sebagai prinsip dasar komunikasi Islami. Komunikasi yang moderat dinilai mampu menciptakan nuansa komunikasi harmonis yang dapat berujung pada kenyamanan dan kebahagiaan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lima kriteria moderasi sebagai prinsip dasar komunikasi Islami menjadi landasan dalam membangun paradigma komunikasi Islami dan mampu menciptakan komunikasi harmonis yang mampu menyelamatkan manusia dari tindakan kekerasan bahkan perang. Moderasi sebagai salah satu prinsip dasar komunikasi Islam menetapkan bahwa media komunikasi tidak berlebihan, tidak memaksa, menjadi saksi kebenaran, mampu menghargai perbedaan, mampu menjaga keimanan dan menjadi pintu petunjuk bagi orang lain serta mengamalkan sopan santun dan menyebarkan kasih sayang.

Page 1 of 1 | Total Record : 5