cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam
ISSN : 23388544     EISSN : 24772046     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2022): Desember 2022" : 10 Documents clear
Manajemen Penyiaran Program Siaran Dakwah “Obrolan Santri” di Radio Nur FM Rembang
AT-TABSYIR Vol 9, No 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/at-tabsyir.v9i2.16859

Abstract

Dakwah dapat dilakukan dengan menggunakan media yang beragam, salah satunya adalah radio. Nur FM Rembang adalah radio yang memiliki program siaran “Obrolan Santri” berupa dakwah anak muda yang membahas isu-isu dan kejadian yang sedang hangat diperbincangkan di masyarakat dan di media sosial. Tujuan penulisan untuk mengetahui proses pra produksi siaran dakwah “Obrolan Santri” di Radio Nur FM Rembang, mengetahui proses produksi siaran dakwah “Obrolan Santri” di Radio Nur FM Rembang, dan mengetahui proses pasca produksi siaran dakwah “Obrolan Santri” di Radio Nur FM Rembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pra produksi program siaran “Obrolan Santri”, yang meliputi penemuan ide, perencanaan, narsumber yang dihadirkan di setiap episode dan persiapan setting tempat serta alat-alat yang akan digunakan saat proses produksi. Proses produksi dengan sistem talkshow on-air atau siaran langsung yang disiarkan melalui frekuensi 88,5 FM, live streaming audio di laman website dan video di Facebook dan Youtube Radio Nur FM Rembang. Dan tahapan akhir dari proses produksi, dilakukan tahapan evaluasi pelaksanaan produksi program.
Plengkung Kubah: Mengungkap Makna Pesan Dakwah Pada Seni Ukir Gebyok Kudus Berdasarkan Analisis Semiotika Charles Sander Peirce
AT-TABSYIR Vol 9, No 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/at-tabsyir.v9i2.16928

Abstract

Artikel ini bertujuan menganalisis bentuk seni ukir gebyok Kudus yang berbentuk Plengkung Kubah berdasarkan analisis Charles Sander Peirce beserta mengungkap makna pesan dakwah yang terdapat di dalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Secara eksplisit, permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini adalah; Bagaimana seni ukir gebyok Kudus Plengkung Kubah berdasarkan analisis Semiotika Charles Sanders Pierce? Apa pesan dakwah yang terkandung dalam seni ukir gebyok Kudus Plengkung Kubah? Lokus penelitian ini adalah di Desa Klumpit Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus Propinsi Jawa Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, seni ukir gebyok Kudus bentuk Plengkung Kubah berdasarkan analisis semiotika Charles Sander Peirce adalah a. ikon yakni bentuknya yang serupa dengan bentuk kubah masjid. b. Indeks: makna yang tersirat didalamnya adalah pesan bagi orang muslim agar memakmurkan masjid. c. Simbol pada ornament Plengkung Kubah yakni berbentuk kubah yang bermakna anjuran kepada orang muslim agar terus menjalankan ibadah dan wujud plengkungan kubah menyimbolkan anjuran untuk senantiasa memakmurkan masjid. Kedua, bahwa sudah seharusnya bagi  kaum muslim berkontribusi dalam memakmurkan masjid dengan beragam aktivitas keagamaan merupakan makna pesan dakwah yang terdapat dalam seni ukir gebyok kudus bentuk plengkung kubah
Komunikasi Dakwah dalam Buku Esai “Tak Ada Ikan Asin di Lautan” Karya Edi Ah Iyubenu
AT-TABSYIR Vol 9, No 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/at-tabsyir.v9i2.14843

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui materi dan komunikasi dakwah dalam buku esai Tak Ada Ikan di Lautan yang digunakan oleh Edi Ah Iyubenu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan data primer berupa buku esai Tak Ada Ikan Asin di Lautan. Peneliti melakukan penyederhanaan data, penentuan kategori yang telah diklasifikasikan dan analisis data. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam buku esai Tak Ada Ikan Asin di Lautan karya Edi AH Iyubenu terdapat beberapa materi dakwah, yaitu tauhid/keimanan, syukur, sabar, tawakal, tawadhu’, dan istidraj. Tiga teknik komunikasi yang identik dengan dakwah, teknik komunikasi informatif, teknik komunikasi persuasif, dan teknik komunikasi instruktif menghasilkan mentalitas yang moderat sehingga upaya tersebut mampu mengurangi problematika dakwah yang bias.
Ethnometodologi dengan Pendekatan Analisis Percakapan Dakwah dalam Channel Youtube Journey of Religion
AT-TABSYIR Vol 9, No 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/at-tabsyir.v9i2.18056

Abstract

Percakapan penting dalam dakwah, karena di dalamnya terjadi proses penyampaian informasi melalui komunikasi verbal antara da'i dan mad'u. Menggunakan pendekatan etnometodologi dengan analisis percakapan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau memahami manusia dalam kehidupan sehari-hari. Susunan dalam analisis percakapan dalam penelitian ini meliputi pergantian pergantian tuturan, susunan urutan, dan pesan dakwah yang terkandung dalam sebuah percakapan. Berdasarkan percakapan di kanal YouTube “Journey of Religions”, peneliti menemukan bahwa percakapan yang terjadi didominasi oleh satu orang. Peran da'i dan mad'u memiliki porsi yang sama dalam mewujudkan sistem dakwah. Bentuk percakapan dalam penelitian ini meliputi tanya jawab, dan kegiatan diskusi yang dilakukan melalui pernyataan penerimaan/persetujuan, dan permintaan penerimaan. Pesan dakwah dalam channel youtube meliputi aspek akidah, syariah dan akhlak yang dapat diambil hikmahnya oleh mad'u.
Strategi Komunikasi PT KAI dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Selama Pandemi dalam Perspektif Islam
AT-TABSYIR Vol 9, No 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/at-tabsyir.v9i2.16941

Abstract

Tingginya persaingan dalam menawarkan produk/jasa menjadi sesuatu yang tidak bisa terlekkan dalam industri bisnis. Berbagai cara ditempuh sebuah perusahaan demi menggaet atensi, kepuaan hingga rasa loyal pelanggannya. Konsumen menjadi aset brharga bagi perusahaan sebab keberlangsungan mereka tergantung dengan minat konsumen. KAI sebagai fokus penelitian ini akan mengungkap strategi yang mereka gunakan sehingga hingga saat ini KAI masih berdiri bahkan telah menguasai segmen loyalitas dari penumpangnya. Strategi komunikasi yang mereka lakukan tidak sebatas komunikasi transaksional yang berorientasi pada sisi profit saja, namun jiga melibatkan kebutuhan, kesenangan konsumen untuk memahami mereka yang berlandaskan pada komunikasi empati. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berjenis deskriptif dengan fokus pada strategi komunikasi yang dilakukan KAI demi menggaet kepuasan pelanggan. Metode kualitatif meneliti secara mendalam tentang subjek penelitian, analisis deskriptif dapat memberikan perspektif tentang strategi yang dilakukan yang berkaitan dengan subjek penelitian. Penelitian ini menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa KAI telah menerapkan strategi komunikasi yang efektif dengan jenis komunikasi empati yang berorientasi pada kebutuhan konsumen sehingga mencapai loyalitas pelanggan.
Independensi Media Massa Lokal di Madura Selama Masa Kampanye Pemilihan Presiden 2019
AT-TABSYIR Vol 9, No 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/at-tabsyir.v9i2.6157

Abstract

Media massa memiliki peran penting selama masa kampanye Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Sebagai alat komunikasi politik, media massa memiliki pengaruh kuat bagi publik. Fenomena tersebut menjadi komoditas pemberitaan pada media massa, baik lingkup nasional maupun daerah. Topik tentang pemilihan presiden menjadi tajuk berita utama di mayoritas media massa. Radar Madura, salah satu media cetak lokal di Madura, Bahkan beberapa kali menjadikan kampanye pemilihan presiden & wakil presiden sebagai tajuk berita utama. Netralitas dan independensi media massa pada masa kampanye kemudian perlu dikaji kembali. Berdasarkan fakta bahwa redaksi media massa bisa menentukan sudut pemberitaannya. Maka perlu dikaji untuk mengetahui makna pembingkaian berita. Analisis framing dengan pendekatan teori milik Pan & Kosicky digunakan untuk mengkajinya. Hasilnya adalah ditemukan fakta bahwa Radar Madura telah melakukan pembedaan tema dan konsep pemberitaan kampanye calon presiden & wakil presiden. Fakta tersebut merupakan representasi kecondongan redaksi terhadap salah satu calon Presiden & Wakil Presiden.
Analisis Metode Dakwah Husain Basyaiban di Media Sosial TikTok
AT-TABSYIR Vol 9, No 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/at-tabsyir.v9i2.17853

Abstract

Dakwah merupakan seruan kepada masyarakat dengan mengubah keadaan menjadi lebih baik serta sempurna. Hal tersebut, baik terhadap pribadi maupun masyarakat agar dapat memeluk, beramal, dan juga mempelajari ajaran agama islam. Sehingga dapat hidup bahagia di dunia dan akhirat. Penerapan dakwah dilakukan dengan berakal, tawaduk, beradab, serta berakhlak mulia. Media dakwah berevolusi menjadi secara online dengan memanfaatkan media sosial salah satunya yaitu TikTok. Husain Basyaiban merupakan seorang da`i muda yang sukses dalam menyampaikan dakwah di salah satu platform besar media sosial TikTok. Dakwah yang disampaikan oleh Husain Basyaiban memiliki pengaruh bagi para pengguna TikTok dengan cara penyampaian dakwah yang menarik pada setiap video TikTok, penulis tertarik untuk mengkaji metode dakwah yang digunakannya. Penelitian ini berfokus pada metode dakwah dan akun TikTok Husain Basyaiban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode netnografi yang sumber data primer didapatkan dari video konten Husain Basyaiban dan sumber data sekunder dari jurnal dan artikel terdahulu. Dengan teknik pengumpulan data dengan cara dokumentasi dan observasi online download video dakwah Husain Basyaiban pada akun TikTok-nya. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa metode dakwah yang digunakan oleh Husain Basyaiban dikategorikan menjadi tiga metode, yakni metode Hikmah, Al-Mauidzah al-Hasanah dan Al-Mujadalah al-Ahsan. Kemudian dalam perkembangan akun TikTok Husain Basyaiban pada 28 September 2022 sampai 5 Oktober 2022, akun @basyaman00 memiliki 5,5 juta pengikut dan rata-rata 950 ribu viewers. Diharapkan penelitian ini dapat dikaji dan diteliti lebih dalam oleh peneliti lain, baik dengan metode maupun objek penelitian lainnya.
Dakwah Bingkai Multikultural Antara Etnis Tionghoa dan Pribumi Pecinan Surabaya
AT-TABSYIR Vol 9, No 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/at-tabsyir.v9i2.18067

Abstract

Fenomena dakwah di Indonesia perlu menyesuaikan kondisi budaya masyarakat yang multikultural, salah satu contoh keberagaman yang ada di kota Surabaya antara Muslim Jawa dan etnis Tionghoa. Keragaman antara mereka tidak menjadi sebab pertentangan seperti kasus sebelumnya pada masyarakat etnis Tionghoa di Semarang dan konflik keagamaan antara Islam-Hindu di India. Keharmonisan masyarakat Muslim Jawa dan etnis Tionghoa dapat contoh cara beragama pada masyarakat multikultural dan menjadi bingkai cara berdakwah pada masyarakat tersebut. Metode penelitian menggunakan penelitian Basic Kualitatif Induktif Empiric Based, pengumpulan data dalam penelitian ini bersumber dari wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil dari penelitian dakwah bingkai multikultural antara etnis Tionghoa dan Pribumi yaitu melaksanakan berbagai kegiatan sosial antar umat beragama seperti gotong royong dan sedekah bumi. Membangun gagasan kesetaraan dari setiap perbedaan etnis Tionghoa, menggunakan pendekatan budaya seperti akupuntur dan barongsai. Pendekatan dialog tentang ide antarbudaya mengenai nilai yang dapat dilestarikan seperti perayaan Imlek, Idul Fitri dan Natal. Pada titik akhir merokonstruksi pemahaman agama sesuai dengan kondisi etnis Tionghoa akan budaya dan tradisinya yaitu pemahaman tentang Imlek bagi umat Islam. Perayaan Imlek dan Natal bagi Muslim Tionghoa dapat menimbulkan pertentangan, sehingga perlu melakukan pendalaman terkait dengan nilai kedua perayaan tersebut bagi seorang Muslim.
Islamic Communication Of Administration Of Darussalam Mosque Sumenep In Impelementing Prayers In Congratulations In The Era Of Pandemic Covid-19
AT-TABSYIR Vol 9, No 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/at-tabsyir.v9i2.18083

Abstract

Since the covid-19 pandemic, the implementation of congregational prayers at the Darussalam Sumenep mosque has changed. Covid-19 is not only a problem in the economic, social and health fields, but also in religious matters. Because covid-19 is dangerous and contagious, activities related to religion and involving many people must be limited. The goal is to suppress or stop the spread of the virus. Researchers want to know the Islamic communication of the Darussalam Sumenep Mosque management in carrying out worship in the era of the covid-19 pandemic including the policies adopted and the obstacles of the administrators in informing the procedures for congregational prayers during the covid-19 pandemic. The method used in this research is descriptive qualitative. Data collection techniques were carried out by observation, interviews and documentation. Data analysis techniques use the perspective of Miles & Huberman. Case study research approach. Mosque management research subjects. The object of Islamic communication research is the management of the Darussalam mosque in carrying out congregational prayers in the pandemic era. The result showed that the Islamic communication of the Darussalam Sumenep mosque administrators was carried out orally and in writing. The policy of the mosque’s management is to provide free masks, trash cans specifically for masks, hand washing areas, health studies and maintaining distance. The barrier to Islamic communication for mosque administrators is the existence of different school of thought or views.Keyword: Islamic Communication, Darussalam Mosque management, Covid-19 Pandemic.
Orang Jahat adalah Orang Baik Yang Tersakiti: Analisis Pesan Moral Pada Film Joker
AT-TABSYIR Vol 9, No 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/at-tabsyir.v9i2.17631

Abstract

Artikel dalam tulisan ini berusaha melihat pelajaran moral yang di dapat dari setiap adegan dalam film Joker. Film tersebut menampilkan pesan baik yang tersirat maupun tersurat. Penelitian inibertujuan mendeskripsikan pesan moral serta relevansinya terhadap kehidupan saat ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif menggunakan teori Semiotika Charles Sanders Peirce yang mengandung unsur penting yaitu representant, interpretant dan object. Data dalam penelitian diperoleh melalui teknik observasi dengan melakukan pengamatan secara langsung dan tidak terikat terhadap objek penelitian dengan cara menonton dan mengamati dengan teliti setiap dialogserta adegan dalam film Joker.Hasil penelitian ini menunjukkan film Joker mengandung beberapa pesanmoral pada scene-scene tertentu, yaknipertama pesan moral berupa norma sopan santun sangat penting untuk diterapkan, terutama dalam bermasyarakat, karena norma ini sangat erat kaitannya terhadap masyarakat. Kesopanan merupakan tuntutan dalam hidup bersama. Kedua pentingnya memiliki rasa tanggungjawab, kita sebagai manusia harus bisa bertanggung jawab atas apa yang ditelah dan akan dilakukan.Ketiga adalah bekerja keras, kita harus bekerja keras agar segala yang diinginkan dapat berjalan dengan baik serta dapat kita capai. Keempat pentingnya bersikap jujur, sebagai manusia kita harus menanamkan sikap jujur dalam diri agar menjadi orang yang lebih baik dan tidak merugikan orang lain.  Pesan moral terakhir adalah pesan moral dimana kita harus memiliki kesadaran sosial karna manusia hidup bermasyarakat.

Page 1 of 1 | Total Record : 10