cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Sosial Budaya
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Sosial Budaya (Online ISSN 2407-1684 | Print ISSN 1979-2603), merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UIN Sultan Syarif Kasim Riau sejak tahun 2007. Jurnal Sosial Budaya ini merupakan media yang memuat kajian-kajian ilmiah dalam bentuk hasil riset dalam bidang ilmu sosial/humaniora, seperti pernaskahan, pranata-sosial dan sejarah untuk membangun dan membangkitkan kembali kejayaan Tamaddun Melayu dalam kawasan regional Asia Tenggara. Jurnal Sosial Budaya diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan Juli dan Desember yang berusaha menempatkan hasil penelitian para peneliti, akademisi, pemerhati dalam keilmuan terkait. Jurnal Sosial Budaya juga memberi perhatian bagi publikasi hasil penelitian interdisipliner berbagai pihak yang memiliki perhatian serius untuk merancang, dan merajut tatanan dunia baru Tamadun Melayu.
Arjuna Subject : -
Articles 1 Documents
Search results for , issue " Vol 11, No 2 (2014): Juli - Desember 2014" : 1 Documents clear
ANALISIS KONTRASTIF PENULISAN ARAB MELAYU RIAU DAN PENULISAN BAHASA ARAB SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PENGAJARAN BAHASA ARAB (Analisis Kontrastif Penulisan Kosa Kata Bahasa Indonesia yang Diadobsi dari Bahasa Arab) Efendi, Aprijon
Sosial Budaya Vol 11, No 2 (2014): Juli - Desember 2014
Publisher : Lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyrakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada kaedah penulisan Arab Melayu klasik, semua kosa-kata yang berasal dari bahasa Arab mesti ditulis sesuai dengan tulisan bahasa asalnya yaitu bahasa Arab itu sendiri. Namun, pada kaedah penulisan Arab Melayu Riau saat ini, semua kosa-kata ditulis sesuai dengan konsonannya tanpa membedakan antara kosa-kata yang berasal dari bahasa Arab atau bukan bahasa Arab. Implikasi dari pergeseran kaedah penulisan ini, banyak kosa kata yang diadobsi dari bahasa Arab berbeda penulisannya dari bentuk asalnya. Perbedaan penulisan yang kontras ini menyebabkan banyak peserta didik, baik di tingkat sekolah menengah maupun perguruan tinggi salah dalam menulis nama sendiri, nama pahlawan, nama jalan, nama instansi, yayasan, dan kosa kata lainnya yang berasal dari bahasa Arab. Akibat dari kesalahan tersebut tidak hanya sekedar salah dilihat dari segi kaedah, bahkan juga dapat merubah makna kata dari makna asalnya dalam bahasa Arab. Jika hal ini tidak dikaji ulang, maka misi penulisan Arab Melayu tidak lagi untuk mendekatkan penggunanya agar mudah mempelajari bahasa Arab, akan tetapi keberadaannya akan mengganggu kesuksesan pengajaran bahasa Arab di bumi Lancang Kuning

Page 1 of 1 | Total Record : 1