cover
Contact Name
Herlina
Contact Email
herlina.untad@gmail.com
Phone
+6282213291970
Journal Mail Official
herlina.untad@gmail.com
Editorial Address
PGSD, FKIP, Universitas Tadulako. Jl. Soekarno Hatta KM 9 Tondo, Mantikulore, Palu Timur Sulawesi Tengah
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Jurnal Dikdas
Published by Universitas Tadulako
ISSN : 23023945     EISSN : 26215217     DOI : -
Basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods, and instructional media
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 149 Documents
IMPLEMENTATION OF MULTI COMMUNICATION DIRECTIONS IN ISLAMIC EDUCATION FOR IMPROVING LEARNING OUTCOMES Hamlan Andi Baso Malla; Muhammad Atfal
Jurnal Dikdas Vol 7, No 2 (2019): JURNAL DIKDAS
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.059 KB)

Abstract

Multidirectional is communication that do not only involve dynamic interaction between one learner and another. The teaching and learning process with this communication pattern leads to the teaching process that develops the optimal activities of learners, so that it fosters active learning learners. There are five strategies that can be developed in an effort to create / build effective communication, namely: respect, empathy, audible, clear meaning, humble. in the learning process at the classroom to use multi-directional communication in Islamic education subjects in SMP Negeri 2 Palu, there are several steps that must be passed by the teacher, including the following: 1) Explaining the material to be taught, 2) Making groups if needed, 3) Sharing material to facilitate students, 4) Discussion here is where multi-direction communication occurs, 5) Evaluation, by giving practice questions to measure student learning outcomes.
PENGGUNAAN GARIS BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DI KELAS V SD INPRES 3 BESUSU Sitti Adha; Baharuddin Paloloang; Akina Akib
Jurnal Dikdas Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (790.791 KB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peningkatan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas V SD Inpres 3 Besusu Palu melalui penggunaan garis bilangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.Untuk menjawab permasalahan di atas, peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Inpres 3 Besusu sebanyak 26 siswa yang terdiri dari laki-laki 14 orang dan perempuan 12 orang. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan/observasi siswa dan guru, serta evaluasi tes yang akan diajarkan pada setiap siklus. Kemudian data dianalisis secara kuantitatif dan kualitataif. Indikator kinerja secara klasikal adalah minimal 80% dan secara individu minimal 70. Jika sudah mencapai target yang direncanakan dianggap berhasil dan selesai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat yaitu peningkatan pada aktivitas belajar siswa dengan perolehan nilai siklus I yaitu 62,50% pada siklus II naik menjadi 72,50%. Kemudian daya serap klasikal pada siklus I sebesar 70,38% pada siklus II naik menjadi 81,92%. Serta ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 69,23% kemudian pada siklus II naik menjadi 84,62%. Hasil lembar observasi berdasarkan perolehan hasil penelitian tindakan kelas ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas V SDN Inpres 3 Besusu. Kata Kunci: Garis Bilangan, Hasil Belajar, Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS V MELALUI METODE DISKUSI DI SDN NO 1 LOLI DONDO Andriani Andriani; Anthonius Palimbong; Rizal Rizal
Jurnal Dikdas Vol 2, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (919.787 KB)

Abstract

Masih rendahnya hasil belajar PKn di SDN No 1 Loli Dondo, terkait kurangnya variasi metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn melalui metode Diskusi di Kelas V SDN No 1 Loli Dondo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan  kelas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 32,35% dan daya serap klasikal sebesar 54,55%. Sedangkan pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 82,35% dan daya serap klasikal 85,29%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan daya serap klasikal minimal 65% dan ketuntasan belajar klasikal minimal 80%. Berdasarkan daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas V SDN No 1 Loli Dondo. Kata Kunci :  Peningkatan Hasil Belajar, PKn, Metode  Diskusi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GLOBALISASI DI KELAS IV SDN NO. 1 BONEOGE Hijrah Hijrah; Dahlia Syuaib; Asep Mahfudz
Jurnal Dikdas Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1008.751 KB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN No. 1 Boneoge pada mata pelajaran PKn, khususnya pada materi globalisasi. Salah satu faktor yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah adalah metode mengajar yang selama ini digunakan cenderung membuat siswa pasif dan berpusat pada guru (teacher oriented). Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, maka peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam mengajarkan materi globalisasi. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Data yang diambil dari penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Dari tindakan siklus I dengan materi globalisasi diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 66, 67 % dengan nilai rata-rata 6, 75. Sementara tindakan siklus II dengan materi globalisasi diperoleh ketuntasan belajar klasikal 91 ,67 % dengan nilai rata-rata 8, 63. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi globalisasi. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Globalisasi
PENGGUNAAN BUKU PAKET TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN INPRES I TONDO Elfika Elfika; Huber Yaspin Tandi; Arif Firmansyah
Jurnal Dikdas Vol 2, No 2 (2014)
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1103.378 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku paket terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SDN Inpres 1 Tondo. Masalah masih kekurangan buku paket terhadap bidang studi PKn, yang diteliti adalah bagaimana penggunaan buku paket terhadap mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan, Subyek penelitian adalah siswa kelas IV  SDN Inpres 1 Tondo, dengan jumlah siswa 42 orang. Data dikumpulkan melalui pemberian tes dan wawancara pada siswa kelas IV SDN Inpres 1 Tondo. Tes kemampuan berupa tes uraian. Wawancara digunakan untuk mengetahui apakah siswa lebih suka menggunakan buku paket atau tidak pada proses pembelajaran. Penggunaan buku paket dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarga negaraan pada siswa kelas IV SDN Inpres 1 Tondo. Hal ini dapat dilihat pada persentase hasil belajar siswa setelah menggunakan buku paket yaitu: untuk rentang 70-80 sebesar 38,09%, untuk rentang 81-90 sebesar 19,05% dan untuk rentang 91-100 sebesar 42,86% pada pertemuan kedua. Hasil observasi aktivitas siswa pada pertemuan 1 berada pada kriteria baik, sedangkan pada pertemuan kedua aktivitas siswa berada pada kriteria baik dan sangat baik. Peningkatan mutu pendidikan pada saat ini masih diperlukan untuk mengetahui sampai sejauh mana penggunaan buku paket terhadap prestasi belajar siswa disekolah yang berkualitas. Pada berbagai bidang kehidupan, sebagai salah satu bidang pendidikan atau pembelajaran di sekolah, penggunaan buku paket telah dilibatkan sebagai sarana pembelajaran disekolah. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penggunaan buku paket terhadap respon belajar pemahaman konsep pendidikan kewarganegaraan pada siswa. Kata Kunci: buku paket, hasil belajar siswa.
MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN PKn DI KELAS IV SDN TOBOLI Nurfarida Siti; Karningsih Euis; Harun Abduh
Jurnal Dikdas Vol 2, No 3 (2014): JURNAL DIKDAS
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SDN Toboli pada materi pemerintahan desa dan kecamatan melalui penggunaan mind mapping. Desain penelitian mengacu pada model yang dikemukakan oleh Kemmis dan McTaggart 4 komponen, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi . Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN Toboli dengan jumlah siswa 20  orang, terdiri dari laki-laki 7 orang dan perempuan 13 orang. Hasil PTK yang dilakukan di kelas IV SDN Toboli sebanyak dua kali, pada dasarnya penggunaan mind mapping dapat meningkatkan minat belajar siswa, didasari pada perolehan siklus satu, akan tetapi untuk peningkatan lebih berarti didasarkan pada siklus kedua, dimana tidak ada lagi siswa terlambat masuk kelas, keluar masuk kelas pada saat pembelajaran berkurang 5%, mengganggu teman berkurang 10%, tidak ada lagi siswa yang tidak lengkap alat belajar, siswa yang serius memperhatikan mencapai 90%, bekerjasama dalam kelompok 85%, keterbukaan mencapai 85%, kemampuan menjelaskan konsep pada mind mapping mencapai 75%, kemampuan memahami materi pada mind mapping 85%, mencatat penjelasan guru dan catatan guru dipapan tulis mencapai 90%, menyimak penjelasan guru dan teman ketika diskusi 85%, mengajukan pertanyaan mencapai 40%, merespon pertanyaan guru dan teman mencapai 40%, dan mengikuti postes dengan baik mencapai 100%.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN PAKEM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PALU Abubakar Ridwan; Kapile Charles; Gagarumusu Yusdin
Jurnal Dikdas Vol 2, No 3 (2014): JURNAL DIKDAS
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan pendekatan PAKEM, hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS dapat meningkat?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui pendekatan PAKEM pada siswa kelas V SD Negeri 1 Palu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan menggunakan metode deskritif dengan pendekatan kualitatif, yang menggambarkan keadaan di lapangan tentang peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS melalui pendekatan PAKEM. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Palu yang berjumlah 26 orang. Berdasakan analisi data, diperoleh aktifitas siswa dalam proses pembelajran IPS pada materi “Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia” dengan pendekatan PAKEM yang paling dominan adalah bekerja dengan sesama anggota kelompok, mendengarkan/ memperhatikan penjelasan guru. Jadi dapat dikatakan bahawa aktifitas siswa dikategorikan aktif, sedangkan untuk aktifitas guru selama pembelajaran telah melaksanakan langkah-langkah kegiatan belajar mengajar dan menerapkan pendekatan PAKEM  dengan baik. Hal ini terlihat dari aktivitas guru yang mencapai persentase sebesar 84%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pendekatan PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 1 Palu. Hal tersebut dibuktikan dari beberapa hasil sebagai berikut yaitu pada siklus I dan siklus II nilai persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 46% menjadi 76,9%, hasil tersebut sudah mencapai KKM dan telah mencapai kriteria keberhasilan dimana lebih dari 75% siswa memperoleh nilai ≥ 70  dan nilai rata-rata  pada siklus 1 dan siklus II mengalami peningkatan 68,2 menjadi 77,9.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS IV Juraid Juraid; Andi Imrah Dewi
Jurnal Dikdas Vol 3, No 3 (2015): JURNAL DIKDAS
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dan guru serta analisis hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode Pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD Inpres Pombewe.. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dengan perolehan ketuntasan belajar klasikal 68,75% dan daya serap klasikal 64,35% menjadi 93,75% untuk ketuntasan belajar siswa dan 78,25% untuk daya serap klasikal pada siklus II. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama mencapai 56,25% dan pada pertemuan kedua mencapai 62,50% dengan kategori cukup, pada siklus II terjadi peningkatan pada pertemuan pertama mencapai 78,13% dan pada pertemuan kedua mencapai 87,50% dengan kategori sangat baik. Sedangkan  aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama mencapai 50% dan pada pertemuan kedua 56,25% dengan kategori cukup, pada siklus II terjadi peningkatan pada pertemuan pertama yaitu 75% dan pada pertemuan kedua mencapai 90,63% dengan kategori sangat baik.
PEMANFAATAN SURAT KABAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN NO.3 MALEI Djafar Rahman; Yusdin Bin Gagaramusu; Yun Ratna Langandesa
Jurnal Dikdas Vol 3, No 3 (2015): JURNAL DIKDAS
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dapat ditingkatkan melalui penggunaan media surat kabar di kelas IV SDN No.3 Malei. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui penggunaan media surat kabar di kelas IV SDN No.3 Malei. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa, hasil observasi aktivitas guru dan siswa yang diambil dari lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 46,6%, namun hasil belajar tersebut belum mencapai indikator capaian yakni 80%, maka dilanjutkan pada siklus II. Pada tindakan pelaksanaan siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 93,3%, terdapat 14 siswa yang tuntas dari 15 siswa yang mengikuti tes dan terjadi peningkatan sebesar 46,7% dari hasil pelaksanaan siklus I. Aktivitas guru, meningkat dari 71,43% pada siklus I menjadi 94,28% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa meningkat dari 73,33% pada siklus I menjadi 96,67% pada siklus II. Dengan demikian, dapat  disimpulkan bahwa melalui penggunaan media surat kabar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi persebaran sumber daya alam di Indonesia di kelas IV SDN No.3 Malei
PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DI KELAS IV SD INPRES BALAROA Purnama Kadir; Moh. Tahir; Andi Imrah Dewi
Jurnal Dikdas Vol 3, No 3 (2015): JURNAL DIKDAS
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh media gambar terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas IV SD Inpres Balaroa? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh media gambar terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dan bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara dua atau lebih variabel. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV SD Inpres Balaroa. Adapun jumlah siswa kelas IV yaitu berjumlah 29 orang, yang terdiri dari 22 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Analisis data yang digunakan adalah perhitungan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan rumus treatment (t). Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan dalam analisis data, maka diperoleh thitung > ttabel (6,27 > 2,048) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian hipotesis penelitian ini yaitu “ada pengaruh media gambar terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas IV SD Inpres Balaroa” ternyata “diterima”. Ini berarti terdapat pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat atau ada pengaruh media gambar terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa.

Page 1 of 15 | Total Record : 149