cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Channel : Jurnal Komunikasi
ISSN : 23392681     EISSN : 26212579     DOI : 10.12928
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2015)" : 18 Documents clear
Pola Komunikasi Keluarga dalam Membangun Akhlakul Karimah Wijayanti, Yani Tri
CHANNEL Jurnal Komunikasi Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.829 KB)

Abstract

Keluarga adalah lingkungan sosial terkecil di dalam masyarakat dimana setiap anggotanya terikat oleh hubungan pernikahan dan darah. Dalam konteks pendidikan, keluarga adalah lingkungan utama yang pertama kalinya memberikan bekal pendidikan kepada anak dalam berbagai aspek kehidupan, terutama dalam hal pendidikan sosial-kemasyarakatan. Pendidikan dalam keluarga yang paling utama adalah dalam hal membentuk akhlak anak-anak sebagai bekal mereka dalam menghadapi kehidupannya kelak. Setiap keluarga, khususnya keluarga muslim, kedua orangtua tentu saja berharap anak-anak mereka memiliki akhlak yang baik (akhlakul karimah). Dalam hal ini, pola komunikasi dalam keluarga memegang peranan yang sangat penting. Pola komunikasi yang baik, menggabungkan antara komunikasi verbal dan non verbal, komunikasi individu dan kelompok, ikut menentukan bagaimana akhlak seorang anak dibentuk. Penelitian ini mencoba melihat bagaimana pola komunikasi dalam keluarga dalam mendidik anak agar memiliki akhlakul karimah pada keluarga muslim di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan membandingkannya dengan prinsip-prinsip komunikasi dalam Al Qur’an. Kata Kunci: Pola Komunikasi, Keluarga, Prinsip Komunikasi Al Qur’an, Akhlakul Karimah.
Al-Qur’an dan Budaya Komunikasi dalam Musyawarah: Telaah Surah Ali Imron 159 dalam Pandangan Mufassir Masduki, Anang
CHANNEL Jurnal Komunikasi Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.112 KB)

Abstract

Dalam surah Ali Imron 159 terdapat konsep musyawarah atau komunikasi dalam organisasi. Dalam ayat tersebut dijelaskan mengenai langkah-langkah musyawarah. Yaitu, bersikap lemah lembut, memaafkan peserta musyawarah yang lain, memohonkan ampun mereka dan bertawakal setelah musyawarah dilakukan. Dalam artikel ini akan disampaikan berbagai pandangan para mufassir dalam memaknai surah Ali Imron ayat 159 tersebut. Kemudian akan diungkap pula obyek dan subyek musyawarah. Sehingga diharapkan mampu menjawab problematika komunikasi organisasi khususnya mengenai budaya musyawarah selama ini.Kata Kunci: Subyek Musyawarah, Obyek Musyawarah, Mufassir
Sosialisasi Budaya Organisasi di Pondok Pesantren Muhammadiyah: Studi Kasus Sosialisasi Budaya Organisasi di Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah Farihanto, Muhammad Najih
CHANNEL Jurnal Komunikasi Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.404 KB)

Abstract

Sosialisasi budaya organisasi menjadi bagian yang wajib dilakukan bagi pengelola organisasi dalam penguatan nilai-nilai budaya organisasi. Robbins (2003) mengatakan terdapat tiga tahap dalam sosialisasi budaya organisasi yaitu tahap prakedatangan, tahap pertemuan, dan tahap metamorfosis. Dalam penelitian ini, teori sosialisasi budaya organisasi tersebut diujikan dalam organisasi pondok pesantren Muhammadiyah yaitu Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM). Dalam penelitian ini menghasilkan fakta bahwa teori sosialisasi budaya organisasi yang dikemukakan oleh Robbins dapat direalisasikan di PUTM. Dalam penelitian ini juga membahas tentang berbagai temuan tentang fenomena komunikasi yang terjadi dalam sosialisasi budaya organisasi di PUTM. Penelitian ini menggunakan studi kasus, agar lebih terfokus kepada objek kajian serta mampu menjelaskan objek-objek di sekitar kajian. Juga dalam makalah ini menggunakan motode wawancara, penelususan dokumen dan observasi langsung dalam proses pengumpulan data.Kata kunci: Sosialisasi, Budaya Organisasi, Pondok Pesantren
Corporate Social Responsibility PT. Madubaru 2010-2015 Fajri, Choirul
CHANNEL Jurnal Komunikasi Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (681.022 KB)

Abstract

Program Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan sebuah program yang wajib dijalankan oleh suatu perseroan terbatas (PT).CSR sebagai sebuah tanggung jawab sosial perusahaan, merupakan sebuah terobosan untuk menjalin hubungan baik dengan masyarakat.Pemerintah sendiri telah mewajibkan dan mengatur pelaksanaan program CSR ini melalui Undang-Undang Perseoran Terbatas Tahun 2002.Sebagai badan usaha milik negara (BUMN), PT Madubaru tentunya juga melaksanakan program ini.Penelitian ini sendiri merupakan penelitian lanjutan yang pernah peneliti lakukan di tahun 2010 lalu, yakni mengenai Community Relations PG/PS Madukismo. Di mana dalam penelitian ini, melihat bagaimana strategi-strategi yang dilakukan oleh PG/PS Madukismo dalam melaksanaan program ini, sebuah sebuah cara untuk memberikan kemanfaatan bagi masyarakat. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti memilih menggunakan metode studi kasus, guna menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai bagaimana proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program CSR tersebut. Dari hasil penelitian di dapatkan data, bahwa PT Madubaru telah melaksanakan program CSR tersebut dengan baik, adanya keterlibatan dari masyarakat, dan upaya-upaya pengembangan masyarakat. Hanya saja, upaya untuk membuat pelaporan kegiatan dengan memanfaatkan teknologi komunikasi seperti sekarang ini masih belum tampak.Padahal upaya tersebut, dapat digunakan untuk mencari feedback terkait dengan program yang telah dilaksanakan kepada masyarakat luas. Kata kunci: CSR, PT Madubaru, Strategi
Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam Membentuk Identitas Ayun, Primada Qurrota
CHANNEL Jurnal Komunikasi Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.38 KB)

Abstract

The Internet and teens are the two things are interrelated. Survey from the Ministry of Communications and Information in Indonesia showed that the largest internet usage is to access social media. In Indonesia, the phenomenon of young people in using social media is quite interesting to study. Teens build their self-identity to obtain the image they want and express private problem into a social media issues raised in this study. The theory used in this research is the Social Identity Theory, Symbolic Interaction and Media Ecology. This study is a qualitative study using phenomenological method. Results from this study showed that adolescents show identity vary in their social media and they express personal problems in social media, but in the form implied.Keywords: Social Media, Teens, Identity.
Evaluasi Strategi Komunikasi Konselor BP4 dalam Mencegah Perceraian Utami, Yenni Sri
CHANNEL Jurnal Komunikasi Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.497 KB)

Abstract

The divorce rate in the of Yogyakarta city also increased in this two last years, while the KUA strives to improve the quality of marriage according teaching of islamic.through counseling and marriage counseling continuously and consistently. It is inteded that can to realize home stairs that harmonious. BP4 (Badan Penasihat Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan) through counseling and mediation serve consultations marriage against the family problematic. The Capacity of communicating a BP4 counselors play an important role in carrying out its duties to prevent divorce. This reasearch was conducted to evaluate the communication strategy executed BP4 counselors Mergangsan District of Yogyakarta in preventing divorce. Through research kualitatif with approaches to case study (studi kasus) is used to solve the existing problems in this study. The results of the research showed that the BP4 as a semi-official agency under the coordination KUA role in mediating and preventing divorce is merely to help resolve the problems faced by married couples who disagree so peaceful. However, in practice communication BP4 less able to function properly to prevent divorce. This is due to personal ability BP4 who do not have the ability as a mediator. The counselor BP4 at KUA Mergangsan district of Yogyakarta besides there is only one person, and even then did not have the educational background of competent, well in carrying out its duties do not have a Standard Operating Procedure (SOP) a counselor. Thus the need for reform and improvement of the quality of existence BP4 counselors at KUA Mergangsan district of Yogyakarta since there are many who need it.Key words: Marriage, KUA, Counseling.
Analisis Isi pada Official Website PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Syah, Dedi Kurnia
CHANNEL Jurnal Komunikasi Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (922.412 KB)

Abstract

Komunikasi CSR adalah proses mengantisipasi harapan stakeholders, artikulasi terhadap kebijakan CSR, dan menata berbagai media komunikasi perusahaan untuk mengelola informasi CSR yang benar dan transparan (Podnar dalam Nwagbara dan Reid, 2013: 409-410). Di era digital, official Website merupakan salah satu media komunikasi yang banyak digunakan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan CSR. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat & Banten Tbk merupakan bank emiten yang mengkomunikasikan CSR dengan mengalokasikan menu khusus CSR pada official Website. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan komunikasi cyber CSR yang dilakukan oleh Bank BJB pada official Website. Penelitian ini menelaah analisis isi pesan CSR, penyajian informasi CSR, dan pola komunikasi CSR pada official Website perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi untuk menganalisis teks yang memuat informasi CSR Bank BJB pada official Website, analisis teks dilakukan dengan menggunakan teknik studi dokumentasi untuk mengumpulkan data yang sesuai dengan tujuan penelitian, yakni menemukan knsep utama terkait pola komunikasi CSR Bank BJB dengan pendekatan model public information, komunikasi CSR Bank BJB pada official webite bersifat one asymmetrical communication, sebagaimana official Website hanya didominasi oleh perusahaan.Kata kunci: Komunikasi Cyber CSR, Informasi Publik CSR, Analisis Isi CSR, Two
Efektivitas Komunikasi Nonverbal Supeltas dalam Mengatur Lalu-lintas di Surakarta Sukarno, Bedjo
CHANNEL Jurnal Komunikasi Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.302 KB)

Abstract

Traffic control volunteer worker motivation objective indirectly want to create traffic road conditions are not always jammed, but they were able to unravel for smooth for all road users with communication devices owned that body language and whistles. Nonverbal messages such as body language, which refers to an object used consistently by its users. Appearance and style of volunteers who served in front of the highway users make sense of something that is consistent because it pollutes the material that has been prevailing in the society. Thats when the process of formation of meaning in the minds of the road users in general.Keywords: Volunteer Officers Motive, Credibility Evective Volunteer Officers and nonverbal messages.
Gelap dalam Gemerlap: Gelapnya Akses Informasi Bagi Difabel dalam Gemerlap Era Digitalisasi Utami, Nadia Wasta
CHANNEL Jurnal Komunikasi Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.812 KB)

Abstract

Kemajuan dan kecanggihan teknologi media semakin tak terelakkan. Masuknya era digitalisasi pun merupakan keniscayaan. Sistem digital secara perlahan tapi pasti akan memasuki ranah penyiaran Indonesia, menggantikan sistem analog yang selama ini dipakai. Sistem digital yang konon memberikan lahan yang lebih luas bagi industri media, diharapkan dapat memacu adanya diversity of content dan diversity of ownership, yang selama ini tak jua terwujud dengan sistem analog. Namun semakin canggihnya teknologi rupanya tak selaras dengan keterbukaan akses informasi terlebih bagi para penyandang disabilitas. Tulisan ini akan mengupas bagaimana sebenarnya implikasi perkembangan teknologi terhadap akses informasi yang ada dan bagaimana akses informasi para difabel di tengah era digitalisasi. Karena kemajuan teknologi yang ada seharusnya justru memudahkan akses informasi terhadap semua warga, tak membeda-bedakan ras, status ekonomi, juga fisik seseorang bukan memperlebar jurang kesenjangan akses informasi.Kata Kunci: informasi, digitalisasi, difabel
Sosialisasi Budaya Organisasi di Pondok Pesantren Muhammadiyah: Studi Kasus Sosialisasi Budaya Organisasi di Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah Muhammad Najih Farihanto
CHANNEL: Jurnal Komunikasi Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.404 KB) | DOI: 10.12928/channel.v3i2.3280

Abstract

Sosialisasi budaya organisasi menjadi bagian yang wajib dilakukan bagi pengelola organisasi dalam penguatan nilai-nilai budaya organisasi. Robbins (2003) mengatakan terdapat tiga tahap dalam sosialisasi budaya organisasi yaitu tahap prakedatangan, tahap pertemuan, dan tahap metamorfosis. Dalam penelitian ini, teori sosialisasi budaya organisasi tersebut diujikan dalam organisasi pondok pesantren Muhammadiyah yaitu Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM). Dalam penelitian ini menghasilkan fakta bahwa teori sosialisasi budaya organisasi yang dikemukakan oleh Robbins dapat direalisasikan di PUTM. Dalam penelitian ini juga membahas tentang berbagai temuan tentang fenomena komunikasi yang terjadi dalam sosialisasi budaya organisasi di PUTM. Penelitian ini menggunakan studi kasus, agar lebih terfokus kepada objek kajian serta mampu menjelaskan objek-objek di sekitar kajian. Juga dalam makalah ini menggunakan motode wawancara, penelususan dokumen dan observasi langsung dalam proses pengumpulan data.Kata kunci: Sosialisasi, Budaya Organisasi, Pondok Pesantren

Page 1 of 2 | Total Record : 18