cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Fisika
ISSN : 23375973     EISSN : 24424838     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro or abbreviated JPF ( p-ISSN : 2337-5973 e-ISSN:2442-4838 ) is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and physics education. The journal reports significant new findings related to physics and education physics. JPF is firstly published in 2013 and periodically published twice per year on March and September.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2017)" : 7 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MELALUI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 1 SMAN 5 METRO Wari Prastiti
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v5i1.737

Abstract

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar  dan hasil belajar fisika yang masih relatif kurang di kelas XI IPA1 .Penelitian ini dilakukan di SMAN 5 Metro dengan subjek penelitian sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan  dianalisis dengan deskriptif kuantitatif yang selanjutnya dipersentasikan dan dikategorikan dengan kriteria, sangat aktif, aktif, cukup aktif dan kurang.Hasil penelitian adalah: (1) Terjadi peningkatan rata-rata aktivitas siswa dari siklus I sampai siklus III dengan nilai rata – rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 70,3 % tergolong cukup aktif, nilai rata-rata aktivitas pada siklus II adalah 74,4 % tergolong cukup aktif, dan nilai rata – rata aktivitas siswa pada siklus III adalah 84,0 % tergolong aktif, (2)  Terjadi penurunan rata – rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Dengan nilai rata – rata hasil belajar siswa sebesar 78 pada siklus II menjadi 52 pada siklus III, (3) Terjadi peningkatan rata – rata  hasil belajar siswa dari nilai 52 siklus II menjadi 88 siklus III. Dengan demikian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) Melalui Metode Eksperimen berhasil untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN LISTRIK DINAMIS BERBASIS VIRTUAL EXPERIMENT UNTUK KULIAH TEORI DAN PRAKTIKUM TERINTEGRASI Wayan Suana
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v5i1.747

Abstract

This development research aimed to produce effective virtual experiment-based learning tools of Electrodynamics topic for integrated Basic Physics II lecture of theory and practicum. Procedure development consists of four main stages, ie preliminary studies, product design, product development, and product validation. Learning tools developed included the syllabus and lesson plans, teaching materials, and student’s worksheets. The results of the expert assessment indicated that the product had a very good validity on the content aspects and a good validity on the design aspects. From the test results, it was found that the learning tools were effective to enhance student’s conceptual mastery of Electrodynamics. Thus, the product can be used as learning tools of integrated Basic Physics II course.
INTERPRETASI DATA ANOMALI MEDAN MAGNETIK UNTUK MENGIDENTIFIKASI PENINGGALAN KADIPATEN PASIR LUHUR DESA TAMANSARI KARANGLEWAS Riza Arfian Susanto; Sehah Sehah; Zaroh Irayani
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v5i1.758

Abstract

Magnetic surveying have been done in the area around of the Carangandul site, District of Karang lewas, Regent of Banyumas. The research purpose is for identify Kadipaten Pasir Luhur’s remainder whom maybe buried at around that sites. The total magnetic intensity data obtained, then be processed, corrected, and reduced so thatbe obtained the local magnetic anomaly data. Modeling process to magnetic anomaly data with two dimensions (2D) have been done by utilize Mag2DC for windows software. Based on the modeling results, be obtained the subsurface lithology section with magnetic susceptibility values of 0.0141 – 0.0626 cgs units. The interpretation ofmodeling resultsshow thatin the depth of 0 – 10 meters be found the sand stone, then in the depth of 10 – 125 meters befound the breccia-andesite rocks, then in the depth of 125 – 250 meters be found the andesite rocks with insert of sand, and then in the depth of 250–500 meters be found two pieces of rocks i.e. breccia-andesite and andesite-basaltic from volcanic lava boulder of Slamet Volcano which be estimated as the basement inthe research area. Based on the interpretation resultis not found available distribution of pure andesite as sites that exist on the surface.
PENGEMBANGAN PHYSICS COMPREHENSIVE CONTEXTUAL TEACHING MATERIALS BERBASIS KKNI UNTUK MENINGKATKAN HOTS DAN MENUMBUHKAN KECERDASAN EMOSIONAL Ratna Dwi Astuti; Suparno Suparno
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v5i1.739

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi kriteria kelayakan perangkat pembelajaran dan mengukur mengukur keefektifan perangkat pembelajaran PhyCCPTM yang dikembangkan selanjutnya mengetahui peningkatan HOTS dan kecerdasan emosional siswa. Jenis penelitian adalah research & development (R&D) yang mengadaptasi pada model pengembangan Borg & Gall. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA N 1, SMA N 2, dan SMA N 5 kabupaten Sorong. Keefektifan perangkat pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan menumbuhkan kecerdasan emosional dianalisis dengan skor gain dan multivariate analysis of variance (MANOVA). Hasil pada penelitian ini adalah produk perangkat pembelajaran PhyCCPTM pada materi fluida statis yang terdiri dari RPP, buku guru, buku siswa, LKPD, dan instrumen penilaian. Hasil validasi menunjukan bahwa perangkat pembelajaran PhyCCPTM layak digunakan dan hasil tes menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar fisika PhyCCTM efektif dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan menumbuhkan kecerdasan emosional siswa.
HUBUNGAN READINESS (KESIAPAN) BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 03 SUKARAJA Effendi Effendi
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v5i1.740

Abstract

Keberhasilan siswa dalam pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor, salah satunya kesiapan dalam belajar. Kesiapan belajar terdiri atas perhatian, motivasi, dan perkembangan kesiapan. Untuk dapat menjamin hasil belajar yang baik, maka peserta didik  harus mempunyai perhatian terhadap bahan yang dipelajarinya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Hubungan  kesiapan Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 03 Sukaraja. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Muhammadiyah 03 Sukaraja. Teknik pengumpulan data untuk mencari kesiapan belajar menggunakan angket, sedangkan pengumpulan data hasil belajar fisika siswa menggunakan tes.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kesiapan peserta didik terhadap hasil belajar mata pelajaran pada mata pelajaran fisika. sesuai hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung  6,62, serta memperoleh nilai ttabel 0,81. Dengan besar sumbangan (kontribusi) dari tingkat kesiapan peserta didik dengan hasil belajar Fisika peserta didik adalah sebesar 65,61% dan sisanya 34,39% disebabkan oleh faktor lain.HUBUNGAN  READINESS (KESIAPAN) BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 03 SUKARAJA 
SISTEM PENGELOLAAN LABORATORIUM FISIKA UNTUK MEWUJUDKAN PELAKSANAAN PRAKTIKUM YANG EFISIEN Nyoto Suseno; Riswanto Riswanto
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v5i1.743

Abstract

The Indeavorings’ problem of SMA physics laboratory are: lack competence human resource, coordinator of laboratory is as the second teacher job, the laboratory hasn’t been managed well, so far the laboratory cannot been used optimum. To overcame this problem, there is conducted guidance tacnical of laboratory workers, and workshop management of labarotory. The stap include: guidance tacnical for human resource, workshop of manual laboratory management, inventory and labeling, workshop of schedule arrangement, SOP and the implementation. The result are: 1) in general, the physics laboratory of SMA in Metro have fulfilled the infastruture standar, 2) lack of human resource, 2)good management can help the physics experements a run efficient based on the schedule. The problem found that the teachers are difficult to look for the materials and their spacification, so that needed improvement to laboratory management based on ICT
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BOOK DENGAN KVISOFT FLIPBOOK MAKER Neng Nenden Mulyaningsih; Dandan Luhur Saraswati
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v5i1.741

Abstract

Pemilihan media pembelajaran yang berbasis teknologi masih jarang diterapkan terutama pada beberapa mata kuliah fisika yang dianggap tidak dapat tersampaikan dengan baik jika disampaikan dengan multimedia. Pada penelitian ini diterapkan media pembelajaran fisika digital book dengan kvisoft flipbook maker untuk mengetahui pemahaman konsep mahasiswa terhadap materi kuliah Kapita Selekta Fisika Sekolah II dan mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran fisika digital book. Peneliti menggunakan analisis multivariat yaitu MANCOVA dua arah dengan satu kovariat yang memanfaatkan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan digital book terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar mahasiswa dari rata-rata 70 untuk kelas kontrol (gain ternormalisasi 0,4) menjadi 84 untuk kelas eksperimen (gain ternormalisasi 0,7).

Page 1 of 1 | Total Record : 7