cover
Contact Name
Wahyu Hartono
Contact Email
-
Phone
+628112011187
Journal Mail Official
euclid.unswagati@gmail.com
Editorial Address
Lembaga Penelitian Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ). Jalan Pemuda No. 32, Kota Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Kode Pos 45132.
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Euclid Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 23551712     EISSN : 25494937     DOI : 10.33603
The aim of Euclid, p-ISSN 2355-1712 and e-ISSN 2541-4453, is to provide a national forum for sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of pure and applied mathematics, education, teaching, development, instruction, educational projects and innovations, learning methodologies, and new technologies in mathematics education. The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in pure mathematics, applied mathematics, and mathematics education are welcome, which includes, but not limited to the following topics: Mathematics Learning Model, Assesment and Evaluation in Mathematics Teaching, Design/Development Research in Mathematics Education, Mathematics Ability, ICT in Mathematics Education, Ethnomathematics. Applied Mathematics: Environmental Mathematics, Industrial Mathematics, Computational Mathematics, Mathematical Economics, Financial Mathematics, Statistics. Pure Mathematics: Algebra, Geometry, Analysis, Discrete Mathematics/ Combinatorics.
Articles 113 Documents
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS Afridiani, Tiara; Soro, Slamet; Faradillah, Ayu
Euclid Vol 7, No 1 (2020): Edisi Januari
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/e.v7i1.2532

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model problem based learning berbasis lembar kerja peserta didik (LKPD) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik di SMPN 174 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode penelitian eksperimen jenis quasy experiment dengan tipe the nonequivalent posttest only control group design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 174 Jakarta pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Sampel yang diteliti sebanyak 71 peserta didik dari kelas VII-D dan VII-G. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode cluster random sampling. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kemampuan pemahaman konsep matematis. Instrumen terlebih dahulu diuji coba di SMPN 160 Jakarta untuk 66 peserta didik pada kelas VIII-C dan kelas VIII-D. Penelitian ini menggunakan uji normalitas, data yang diperoleh kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal serta kedua kelas tersebut memiliki data varians kelompok yang berdistribusi homogen. Sehingga dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t menghasilkan t-hitung sebesar 1,9521 yang mengakibatkan tolak H0 pada taraf signifikansi 5% dengan effect size sebesar 0,5343 yang tergolong sedang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning berbasis lembar kerja peserta didik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dengan kriteria sedang.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTU ALAT PERAGA DI KELAS VII-7 SMP NEGERI 18 TANGERANG SELATAN Kurnia, Rizqi
Euclid Vol 7, No 1 (2020): Edisi Januari
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/e.v7i1.2908

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bentuk aljabar melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning berbantu alat peraga manipulatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 18 Tangerang Selatan tahun pelajaran 2019/2020 pada bulan Agustus-Oktober 2019. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-7 SMP Negeri 18 Tangerang Selatan yang berjumlah 38 Siswa. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang terdiri dari dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum tindakan adalah 45,48 dengan persentase pencapaian KKM sebesar 15,79%. Setelah dilakukan tindakan siswa memperoleh nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada siklus I sebesar 66,91 dengan persentase pencapaian KKM sebesar 52,63% dan masih belum mencapai target. Setelah melakukan perbaikan salah satunya yaitu menumbuhkan keaktifan Siswa saat proses kegiatan pembelajaran berlangsung maka memperoleh rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada siklus II sebesar 76,31 dengan persentase pencapaian KKM sebesar 81,58%. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa melalui pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di kelas VII-7 SMP Negeri 18 Tangerang Selatan.
ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN GAYA BELAJAR VISUAL Masrifah, Nurina Happy Rina Dwi Setyowati
Euclid Vol 7, No 1 (2020): Edisi Januari
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/e.v7i1.2508

Abstract

Komunikasi matematis sangatlah penting karena dengan komunikasi matematis yang baik siswa dapat memahami tujuan dari permasalahan yang ada. Seorang guru harus mengenali karakteristik gaya belajar siswanya, karena siswa yang belajar sesuai dengan gayanya memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki gaya belajar visual. Penelitian kualitatif ini dilaksanakan pada 30 April-13 Mei 2019. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII F SMP N 28 Semarang yang memiliki gaya belajar visual, memiliki nilai pada rentang 80-85, dan sesuai saran guru sehingga diperoleh 1 subjek. Instrumen yang digunakan adalah angket gaya belajar dan tes kemampuan komunikasi matematis yang telah divalidasi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan penyebaran angket gaya belajar, tes tahap pertama dan tahap kedua, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis subjek dengan gaya belajar visual termasuk dalam kriteria sangat baik karena berhasil dalam 7 Indikator  Kemampuan Komunikasi (IKK) yakni IKK 1.1, IKK 1.2, IKK 2.1, IKK 2.2, IKK 2.3, IKK 3.1, IKK 3.3.
METODE SPARSE GRUP LASSO UNTUK MEMODELKAN KECENDERUNGAN PERILAKU SEKSUAL REMAJA PUTRI DI PROVINSI BENGKULU Muradi, Hengki
Euclid Vol 7, No 1 (2020): Edisi Januari
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/e.v7i1.2885

Abstract

Kombinasi metode seleksi peubah lasso dan grup lasso menghasilkan metode seleksi peubah yang mampu mengatasi masalah dalam metode lasso maupun grup lasso. Kombinasi ini juga dapat diterapkan pada kasus grup-grup yang tidak ortogonal seperti yang disyaratkan dalam metode grup lasso. Di dalam tulisan ini dibahas metode sparse grup lasso dengan pendekatan coordinate descent seperti yang diusulkan oleh Friedman, et.al (2010). Kasus real yang diangkat dalam penelitian ini adalah kecenderungan perilaku seksual remaja putri di provinsi Bengkulu. Karena jumlah peubah penjelas X ada 15 maka diperlukan proses seleksi peubah untuk memperoleh model yang paling sederhana. Hasilnya terseleksi sebanyak 3 peubah penjelas sehingga tersisa 12 peubah penjelas yang selanjutnya dapat dimodelkan dalam regresi logistik. Substansi dari parameter regresi yang tidak terseleksi adalah remaja putri yang berpendidikan SMA lebih, tinggal di perdesaan, jarang membaca surat kabar/majalah, jarang mengakses internet > 1 kali dalam satu bulan, dan sangat setuju dengan keperawanan lebih berpeluang melakukan aktivitas seksual dibandingkan dengan karakteristik pendidikan, tempat tinggal, intensitas membaca surat kabar, akses internet, dan sikap keperawanan lainnya.
ANALISIS GEOMETRI FRAKTAL PADA BENTUK BANGUNAN DI KOMPLEK KERATON KANOMAN CIREBON Sulaiman, Herri; Firmasari, Siska
Euclid Vol 7, No 1 (2020): Edisi Januari
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/e.v7i1.2831

Abstract

Keraton berasal dari bahasa Jawa kuno yaitu kata keratuan menunjukkan keterangan tempat, yaitu untuk bersemayamnya raja atau tempat kediaman raja. Raja sebagai kepala pemerintahan bertempat tinggal di dalam keraton yang dijadikan pusat kerajaan dan segala kegiatan politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Para pejabat tinggi kerajaan dan bangsawan juga tinggal di sekitarnya. Karena hampir semua kegiatan masyarakat terpusat di sekitar keraton, maka berkembang menjadi kota. Keraton Kanoman dibangun tahun 1588 M oleh pangeran Muhamad Badarudin Kertawijaya yang bergelar Sultan Anom I. Ia mendirikan keratonnya di rumah pangeran Cakrabuana ketika baru saja datang ke tegal alang-alang bernama Witana. Titimangsa tahun berdirinya keraton Kanoman tertulis dalam sebuah gambar yang ada di pintu masuk Jinem keraton Kanoman, yang menggambarkan matahari berarti satu, wayang darma kusuma yang berarti lima, bumi berarti satu, dan binatang kemangmang yang berarti nol. Candrasangkala tersebut menunjukkan angka tahun 1510 Saka atau 1588 M. Jadi keraton Kanoman didirikan pada tahun 1510 Saka atau 1588 M. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan geometri fraktal yang ada pada komplek keraton Kanoman yang dilihat pada aspek dimensi fraktal dari bentuk bangunan tesebut. Analisis dimensi fraktal menggunakan metode box-counting untuk mengetahui tingkat kekasaran dari bangunan di komplek keraton Kanoman dengan mensketsa beberapa skala. Metode penelitian ini ialah etnografi dan jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk bangunan dari keraton Kanoman untuk lawang seblawong, balai manguntur, dan gapura barat memiliki kedalaman dimensi fraktal dengan tingkat kekasaran cukup tinggi. Sehingga detail dari susunan bangunan tersebut tergolong tinggi.
PEMETAAN DALAM RUANG METRIK-G Wahono, Anton; Ekayanti, Arta
Euclid Vol 6, No 1 (2019): Edisi Januari
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/e.v6i1.1457

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui hubungan pemetaan kontinu-G, pemetaan kontinu Cauchy-G, dan pemetaan kontinu seragam-G dalam ruang metrik-G. (2) Mengetahui hubungan himpunam diskrit-G, himpunan diskrit Cauchy-G, dan himpunan diskrit seragam-G pada ruang metrik-G. (3) Mengetahui hubungan antara pemetaan kontinu Cauchy-G dan himpunan diskrit Cauchy-G pada ruang metrik-G. Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka. Metode yang digunakan dalam? penelitian ini adalah mengkaji berbagai literatur ilmiah seperti buku, artikel dan jurnal terkait pemetaan dalam ruang metrik-G. Referensi utama dalam penelitian ini adalah artikel berjudul ?Uniform Kontinuity and Cauchy Continuity in G-Metric Spaces?. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pemetaan yang kontinu seragam-G merupakan pemetaan kontinu Cauchy-G dan pemetaan yang kontinu Cauchy-G merupakan pemetaan kontinu-G. (2) Setiap himpunan diskrit seragam-G merupakan diskrit Cauchy-G dan setiap himpunan diskrit Cauchy-G merupakan diskrit-G (3) Hubungan pemetaan kontinu Cauchy-G dan himpunan diskrit-G pada ruang metrik-G dapat dilihat dari ekuivalensi berikut: Ruang metrik-G(X,G) merupakan ruang metrik lengkap-G ekuivalen dengan pernyataan jika ?dan ?merupakan himpunan bagian saling asing dari X maka terdapat pemetaan kontinu Cauchy-G bernilai Real pada X sehingga f(x)=0 dan f(y)=1 untuk setiap x anggota A? dan y anggota B? dan ekuivalen dengan pernyataan jika D adalah himpunan bagian tertutup diskrit-G dari X maka D? Diskrit Cauchy-G.
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS WOLFRAM MATHEMATICA PADA MATA KULIAH ALJABAR LINIER Nugroho, Aryo Andri; Harun, Lukman; Rahmawati, Noviana Dini
Euclid Vol 3, No 1 (2016): EDISI JANUARI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/e.v3i1.326

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar mahasiswapendidikan matematika semester 2 tahun 2014/2015 Universitas PGRI Semarangdengan menggunakan bahan ajar berbasis wolfram mathematica pada mata kuliahaljabar linear.Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental. Populasi dalampenelitian ini adalah mahasiswa semester 2 tahun 2014/2015. subjek penelitian initerdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pemilihan subyekpenelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Variabel penelitian yaitukreativitas dan prestasi belajar. Cara pengambilan data dengan observasi dan tesprestasi belajar.Dari hasil penelitian dapat disimpukan bahwa pembelajaran denganmenggunakan bahan ajar berbasis wolfram mathematica pada mata kuliah aljabarlinear melalui uji statistika memenuhi kriteria efektif dengan ketuntasan belajarlebih dari 65 yaitu 73,09 dan kreativitas mempunyai pengaruh terhadap hasilbelajar sebesar 17,5%. Selain itu, kelas eksperimen mempunyai rata-rata sebesar73,09 dan kelas kontrol mempunyai rata-rata sebesar 62,81. Dengan demikian,kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol.Keyword: wolfram mathematica, Aljabar linear, bahan ajar
Analisis Hubungan Kausalitas Perubahan Volume Perdagangan dan Perubahan Harga Saham Wijaya Karya Tbk Windasari, Wahyuni
Euclid Vol 5, No 2 (2018): EDISI JULI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/e.v5i2.1001

Abstract

Perubahan harga saham dan perubahan volume volume perdagangan merupakan indikator untuk mengamati reaksi pasar modal. Volume perdagangan saham yang tinggi menandakan saham sedang dalam keadaan baik dan sedang aktif diperdagangkan di pasar modal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kausalitas antara perubahan harga saham dan perubahan volume perdagangan saham Wijaya Karya (WIKA) pada masa lampau dengan perubahan volume perdagangan dan perubahan harga saham pada saat ini. Metode analisis dalam penelitian ini adalah Granger Causality Test. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan satu arah, dimana perubahan harga saham pada periode saat ini (t) dan periode t-2 berpengaruh terhadap perubahan volume perdagangan saham WIKA pada saat t, dan tidak berlaku sebaliknya. Adapun efek jangka panjang dari perubahan harga saham terhadap perubahan volume perdagangan yaitu sebesar 10.856 %.?Kata Kunci. Granger Causality Test, Volume Perdagangan, Harga, Saham.?
PENGEMBANGAN TITIK MIQUEL DALAM PADA SEBARANG SEGIEMPAT Pratiwi, Delisa; Mashadi, Mashadi; Gemawati, Sri
Euclid Vol 5, No 1 (2018): EDISI JANUARI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/e.v5i1.489

Abstract

Teorema Miquel pada umumnya hanya diberlakukan pada segitiga. Pada tulisan ini, akan diperumum titik Miquel pada segiempat. Perumuman akan dibagi pada dua kasus, yaitu untuk segiempat konveks dan segiempat tidak konveks. Pembuktian akan dilakukan dengan menggunakan konsep yang sederhana yaitu konsep lingkaran dan segiempat siklik. Sehingga teorema yang sulit ini dapat dipahami oleh siswa sekolah menengah.Kata Kunci: Teorema Miquel, segiempat konveks dan segiempat tidak konveks
MEDIA AUDIO VISUAL PADA KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS IX Ferdianto, Ferry
Euclid Vol 2, No 2 (2015): EDISI JULI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/e.v2i2.365

Abstract

ABSTRAKKurangnya kemampuan komunikasi matematis pada siswa kelas IX dalampembelajaran matematika menjadi latar belakang dari penelitian ini. Adanya kenyataanyang menunjukkan bahwasannya masih banyak guru yang kurang memaksimalkankeberadaan media dalam proses pembelajarannya. Oleh karena itu pada penelitian iniingin diketahui bagaimana penggunaan media audio visual pada komunikasi matematissiswa. Media pembelajaran yang akan digunakan adalah media audio visual denganmenyiapkan media pembelajaran yang berupa video, membagi siswa kedalam beberapakelompok dengan setiap kelompok beranggotakan 5-6 orang. Berdasarkan data hasilHasil dari penelitian terjadi peningkatan kemampuan komunikasi pada setiappertemuannya, dan prosentase aktivitas siswa setiap pertemuan pun ikut mengalamipeningkatan sehingga dapat ditarik sebuah simpulan bahwa pembelajaran denganmenggunakan media audio visual dalam pembelajaran pokok bahasan tabung terbuktidapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dan meningkatkanaktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung.Kata Kunci : Kemampuan komunikasi matematis, aktivitas siswa, media audio visual.

Page 1 of 12 | Total Record : 113