cover
Contact Name
Rizki Wahyudi
Contact Email
rizki.key@gmail.com
Phone
+6281329125484
Journal Mail Official
telematika@amikompurwokerto.ac.id
Editorial Address
The Telematika, with registered number ISSN 2442-4528 (online) ISSN 1979-925X (print) is a scientific journal published by Universitas Amikom Purwokerto. The journal registered in the CrossRef system with Digital Object Identifier (DOI) prefix 10.35671/telematika. The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of Information Technology and Computer Science. Every article that goes to the editorial staff will be selected through Initial Review processes by the Editorial Board. Then, the articles will be sent to the Mitra Bebestari/ peer reviewer and will go to the next selection by Double-Blind Preview Process. After that, the articles will be returned to the authors to revise. These processes take a month for a minimum time. In each manuscript, Mitra Bebestari/ peer reviewer will be rated from the substantial and technical aspects. The final decision of articles acceptance will be made by Editors according to Reviewers comments. Mitra Bebestari/ peer reviewer that collaboration with The Telematika is the experts in the Information Technology and Computer Science area and issues around it.
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Telematika
ISSN : 1979925X     EISSN : 24424528     DOI : 10.35671/telematika
Core Subject : Education,
Jl. Letjend Pol. Soemarto No.126, Watumas, Purwanegara, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53127
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2: Agustus (2012)" : 6 Documents clear
WEB E-COMERCE PADA TRIPIO KOMPUTER MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS TO CUSTEMER (B2C) Rizal Arifin Hidayat
Telematika Vol 5, No 2: Agustus (2012)
Publisher : Universitas Amikom Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.292 KB) | DOI: 10.35671/telematika.v5i2.226

Abstract

E-Comerce merupakan extension dari commerce dengan mengeksploitasi media elektronik. Meskipun penggunaan media elektronik ini belum dimengerti, akan tetapi desakan bisnis menyebabkan para pelaku bisnis mau tidak mau harus menggunakan media elektronik ini. Banayak perusahaan yang telah berpindah ke e-comerce denagn berbagai alasan. Dengan menggunakan internet untuk menjual dan memasarkan produkproduknya, sehingga dapat menjangkau banyak pelanggan di berbagai wilayah manapun. Tripio Komputer sebagai salah satau perusahaan yang bergerak dibidang jasa penjualan dan pembelian khususnya penjualan dan pembelian yang berkaitan dengan komputer. Aplikasi dikembangkan dengan menggunakan metode Prototype. Aplikasi yang dirancang terdiri dari desain tabel, desain halaman website, desain halaman panel admin, pembuatan berita hasil transaksi baik yang berupa harian maupaun priode tertentu. Kesimpulan dari penelitian ini dapat membantu Pihak Tripio Komputer dalam mengembangkan usahanaya di bidang jasa penjualan dan pembelian
PERANCANGAN WEBSITE SEBAGAI SARANA PROMOSI PADA MTs MA’ARIF NU 1 AJIBARANG Lina Rahmawati
Telematika Vol 5, No 2: Agustus (2012)
Publisher : Universitas Amikom Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.356 KB) | DOI: 10.35671/telematika.v5i2.224

Abstract

Penelitian ini berjudul ”Perancangan Website Sebagai Sarana Promosi pada MTs Ma’arif NU 1 Ajibarang”, tujuan dari penelitian ini adalah perancangan website sebagai sarana promosi pada MTs Ma’arif NU 1 Ajibarang. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk membuat website ini adalah metode survey, observasi, studi kepustakaan serta dokumentasi. Untuk pengembangan sistem dalam penelitian ini menggunakan metode waterfall. Hasil dari penelitian ini berupa website MTs Ma’arif NU 1 Ajibarang yang dapat memberikan informasi secara online tanpa terikat oleh ruang dan waktu. Website ini dibuat dengan menggunakan PHP sedangkan untuk databasenya menggunakan My SQL, untuk desain interfacenya menggunakan Dreamweaver dan untuk server localnya menggunakan Apache Thriad. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu : dapat mengetahui identifikasi masalah, analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, testing, penggunaan dan pemeliharaan
MERANCANG FRAMEWORK POLICY INTERNET SEHAT PERGURUAN TINGGI Barka Satya
Telematika Vol 5, No 2: Agustus (2012)
Publisher : Universitas Amikom Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.585 KB) | DOI: 10.35671/telematika.v5i2.225

Abstract

Understanding the concept of a healthy internet policy framework in the context of this study is to analyze all forms of the level of interest in the use of internet in the college environment is properly used, as an analysis in determining or How to compile, Implementing, And Effectively And Efficiently manage, order objective Optimization Performance can be achieved
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DI SMK NEGERI 2 PURWOKERTO Karsukmia Nandja
Telematika Vol 5, No 2: Agustus (2012)
Publisher : Universitas Amikom Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.723 KB) | DOI: 10.35671/telematika.v5i2.222

Abstract

Classroom Action Research (Classroom Action Research) aims to improve learning outcomes of students through the use of three-dimensional animation media in direct learning. The subject of this study is 32 Class XI students of SMK Negeri 2 Purwokerto Semester I Year Lessons2011/2012. Implementation of this study consisted of two cycles, each cycle consists of phases: planning (planning), implementation (acting); observation (observing), reflections (reflecting). The data collected in the form of learning outcomes of students were analyzed using descriptive statistical analysis, while data in the form of learner activity collected using observation sheets were analyzed qualitatively. The results of data analysis are as follows: (1) Concrete Construction Percentage learning outcomes are grouped into five categories after the cycle I are both very good 29,03%, good 32,25%, sufficient 26,82%, and less 12,90%, with an average value 69,35, score the highest 88,45, the lowest value 50,25, standard deviation 11,752, and exhaustiveness class 58,06%. (2) Percentage of Concrete Construction learning outcomes are grouped into five categories after the second cycle is 43,750% excellent, good 53,125%, enough 03,125%, with an average value 80,82, the highest score 96,65, lowest score 65,00, standard deviation 9,018, and exhaustiveness class 90.63%. From the results of this study can be concluded that the use of three-dimensional animation media can improve learning outcomes learners Concrete Construction TKBB class XI-1 SMK Negeri 2 Purwokerto, from the average value 69,35becomes 80,82
MANAJEMEN INSIDEN DALAM PENGELOLAAN INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI INFORMASI (Studi Kasus UPT Laboratorium STMIK AMIKOM YOGYAKARTA) Tri Susanto
Telematika Vol 5, No 2: Agustus (2012)
Publisher : Universitas Amikom Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.763 KB) | DOI: 10.35671/telematika.v5i2.227

Abstract

Membangun kontrol internal yang kuat dalam Teknologi Informasi (TI) dapat membantu organisasi untuk meningkatkan pemahaman tentang TI di kalangan eksekutif, membuat keputusan bisnis yang lebih baik dalam kualitas yang lebih tinggi dan informasi lebih tepat waktu, menyelaraskan berbagai inisiatif proyek dengan kebutuhan bisnis, mencegah hilangnya sumber daya dan kemungkinan pelanggaran sistem. Pengukuran layanan IT dengan menggunakan maturity level pada insiden, dengan menggunakan metode deskriptif dan metode kuantitaif (kusioner). Dilakukan sebagai langkah untuk melihat tingkatan kematangan dari divisi Technical support. Dengan diketahuinya tingkatan/level tersebut akan mudah menentukan proses selanjutnya guna meningkatkan layanan TI tersebut. Pengukuran difokuskan pada manajeman insiden pada divisi Technical Support. Pembuatan dokumen tatalaksana dikembangkan sebagaitujuan utama untuk membantu divisi helpdesk dalam melakukanpendokumentasian dan mendukung layanan IT yang terdiri dari 10 aktifitas,yang dibangun untuk menjadi kesimpulan keseluruhan proses program. Matriks dalamdokumen tatalaksanan yang dibuat berisikan masing-masing aktifitas dalam program berikut dengan tujuan, indicator kinerja, formulir dan dokumen yang diperlukan untuk pelaksanaan aktifitas,yang digunakan untuk menilai terhadapsetiap prosedur dalam pelaksanaan manajemen insiden di UPT STMIK AMIKOM Yogyakarta
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 BAWANG KABUPATEN BANJARNEGARA Elisa Usada
Telematika Vol 5, No 2: Agustus (2012)
Publisher : Universitas Amikom Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (668.921 KB) | DOI: 10.35671/telematika.v5i2.223

Abstract

Perpustakaan SMA Negeri 1 Bawang belum memiliki SIM Perpustakaan untuk memudahkan pengelolaan dan pengaksesan data. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang bangun SIM Perpustakaan dengan menggunakan Visual Basic 6.0 berbasis client server pada Local Area Network (LAN) dengan topologi star. Metode yang digunakan adalah metode waterfall karena mempunyai struktur yang jelas dan terarah dalam setiap tahapan perancangan dan implementasi.Hasil pengujian dapat disimpulkan siswa dapat mengakses data buku secara bersama-sama dan petugas lebih mudah dalam mengolah data dengan fasilitas manipulasi data yang ada. Kekurangan dari program aplikasi sistem informasi manajemen perpustakaan adalah belum adanya fasilitas barcode dan cetak kartu anggota.

Page 1 of 1 | Total Record : 6