cover
Contact Name
Dewi Yuliana Fitri
Contact Email
dewiyulianafitri2@gmail.com
Phone
+628116624498
Journal Mail Official
jurnallemmastkippgrisumbar@gmail.com
Editorial Address
Jln. Gunung pangilun Kec. Nanggalo Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
LEMMA: Letters Of Mathematics Education
ISSN : 24074527     EISSN : 24601047     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of LEMMA is a journal of mathematics education result written by all academics such as teacher, lecturer, researcher who has done peneitian in mathematics education.
Articles 152 Documents
PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XII TKR SMK ADZKIA PADANG DENGAN MODEL STAD Adhia, Hana
JURNAL LEMMA Vol 2, No 1 (2015): LEMMA : Letters of Mathematics Education
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.636 KB) | DOI: 10.22202/jl.2015.v2i1.525

Abstract

The implementation process of mathematics learning in schools often experience   many obstacles. One of them is the  low activity of students to learn. This phenomenon is visible at the time of the teaching-learning process. The  students tend to chat with their friend during the  process. Moreover, they often ask permission out. These behaviors show the lack of students desire to learn. It will affect the students  understanding about  the  subject  matter.  Resulting  in  student  participation in  mathematics learning is low. To help improve the quality of education, effort required of teachers in improving students' activity in teaching and learning. This study aims to explain the process of improving activity of mathematics learning and describes how high achievement activities in the class XII TKR SMK Padang Adzkia STAD model. The research is classroom action research conducted in two cycles. Data collection techniques drawn from the charging sheets observation by the observer. Technique of data analysis used alur model. This technique consists or 3 alur; data reduction,  data  of the description, and transformation raw data which  comes from field note. The data analysis used is descriptive analysis. The results showed that an increase in activities. Activities student successfully improved from all the observed indicators of the cycle I to the end of cycle II. One of factors causes improving activity achievement by using STAD model is cooperative between group member to understand the material. It can be concluded that the implementation of STAD model to increase activities mathematics learning
PENERAPAN STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X8 SMAN 9 PADANG Yusri, Radhya
JURNAL LEMMA Vol 2, No 1 (2015): LEMMA : Letters of Mathematics Education
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (157.864 KB) | DOI: 10.22202/jl.2015.v2i1.527

Abstract

Rendahnya aktivitas matematika siswa di SMAN 9 Padang disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah pembelajaran masih terpusat pada guru. Guru lebih banyak aktif, sedangkan siswa cenderung mendengar penjelasan dari guru. Siswa tidak dibiasakan untuk berdiskusi, sehingga masih banyak  ditemukan  siswa  yang  kurang  aktif,  baik  menyampaikan  ide,  bertanya  atau  memberikan tanggapan dalam proses pembelajaran. Strategi yang diperkirakan dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah strategi Questions Students Have. Strategi ini  mengharuskan siswa menulis pertanyaan yang dimilikinya, menanggapi serta menjawab pertanyaan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah aktivitas   siswa kelas X8   SMAN 9 Padang dalam   pembelajaran matematika selama diterapkan strategi Questions Students Have? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa kelas X8  SMAN 9 Padang dalam  pembelajaran matematika selama diterapkan strategi Questions Students Have. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan model rancangan The One- Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X8 SMAN 9 Padang, sedangkan sampel penelitian adalah  kelas  X8.  Instrumen yang  digunakan adalah Lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, persentase aktivitas siswa kelas X8 cenderung meningkat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Questions Students Have dapat meningkatkan aktivitas    siswa kelas X8 SMAN 9 Padang dalam pembelajaran matematika
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Tamansiswa Padang dengan Penggunaan Pendekatan Kontekstual Berbasis Tugas yang Menantang (Challenging Task) Fauziyah, Fauziyah
JURNAL LEMMA Vol 1, No 2 (2015): LEMMA : Letters of Mathematics Education
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (556.335 KB) | DOI: 10.22202/jl.2015.v1i2.531

Abstract

Hasil belajar matematika siswa di kelas XI IPS SMA Tamansiswa Padang belum memuaskan. Dari data yang ada, siswa masih mengalami kesulitan dalam pengoperasian tanda Plus (+), Min (-) pada aljabar dan memfaktorkan sebuah fungsi. Hal ini disebabkan pendekatan yang digunakan selama ini belum optimal. Untuk itu dilakukan usaha peningkatan hasil belajar dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbasis tugas yang menantang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Tamansiswa Padang dengan jumlah siswa 38.Hasil belajar matematika yang diperoleh siswa pada akhir penelitian untuk kemampuan pemahaman konsep persentase ketuntasan berdasarkan KKM, yaitu 52,6% pada siklus I, dan 76,3% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penggunaan pendekatan kontekstual berbasis tugas yang menantang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS SMA Tamansiswa Padang
ANALISIS KESULITAN MAHASISWA JURUSAN PMIPA DALAM PENGOLAHAN DATA STATISTIK Rosmiyati, Rosmiyati; Afrahamiryano, Afrahamiryano
JURNAL LEMMA Vol 1, No 2 (2015): LEMMA : Letters of Mathematics Education
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.464 KB) | DOI: 10.22202/jl.2015.v1i2.537

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami mahasiswa jurusan PMIPA dalam pengolahan data statistik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan populasi seluruh mahasiswa jurusan PMIPA yang sedang menyusun skripsi yang terdaftar pada semester ganjil tahun akademik 2013/2014 yang berjumlah ± 60 orang mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan secara random, dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan studi dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat ditarik kesimpulan, 1) Kesulitan mahasiswa dalam pengolahan data statistik disebabkan oleh latar belakang pendidikan mahasiswa di tingkat SLTA pada umumnya tidak berasal dari SMA jurusan IPA, sehingga dalam proses perkuliahan untuk mata kuliah statistik mahasiswa cenderung malas, 2) Rendahnya minat baca mahasiswa sehingga berakibat pada minimnya ilmu pengetahuan dalam berbagai hal, khususnya dalam hal pengolahan data secara statistik
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS VII SMPN 31 PADANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010 Muslim, Audra Pramitha
JURNAL LEMMA Vol 2, No 2 (2016): LEMMA : Letters of Mathematics Education
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.214 KB) | DOI: 10.22202/jl.2016.v2i2.577

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD serta hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran biasa di kelas VII SMPN 31 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan model rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 31 Padang, kecuali kelas VII1 karena termasuk kelas unggul dan sampel dalam penelitian ini adalah Kelas VII4 dengan 39 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII6 dengan38 orang siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar. Pengolahan data hasil tes akhir dilakukan melalui uji hipotesis yang menggunakan uji-t. Pada selang kepercayaan 95% dengan α = 0,05 diperoleh nilai thitung = 4,43 dan ttabel = 1,67. Rata-rata hasil tes akhir siswa kelas eksperimen adalah 71,85 sedangkan rata-rata hasil tes akhir siswa kelas kontrol adalah59,42, karena thitung > ttabel berarti hipotesis penelitian ini diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran biasa
VARIASI PEMBAYARAN ANUITAS DENGAN POLA DERET ARITMATIKA Sari, Devni Prima
JURNAL LEMMA Vol 1, No 1 (2014): LEMMA : Letters of Mathematics Education
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (656.666 KB) | DOI: 10.22202/jl.2014.v1i1.585

Abstract

Anuitas  adalah  rangkaian  pembayaran atau  penerimaan dalam  jumlah  tertentu  yang dilakukan secara berkala pada jangka waktu tertentu. Konsep anuitas dapat dimulai dengan ketersedian sejumlah dana yang digunakan untuk membayar angsuran dalam suatu jangka waktu sampai dana tersebut habis. Pembayaran anuitas biasanya dilakukan dalam jumlah tetap setiap tahunnya. Oleh karena itu penulis  mencoba  menganalisa  secara  matematika  mengenai  nilai  sekarang  dan  nilai  akhir  dari pembayaran anuitas  yang  dilakukan berbeda setiap  tahunnya, baik  pembayaran naik  maupun turun dengan skema pembayaran anuitas mengikuti pola deret aritmatika. Pembayaran anuitas yang seperti ini bisa dijadikan pilihan bagi para annuitant.
PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE TERHADAP PERILAKU METAKOGNITIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA Pratiwi, Reno Warni
JURNAL LEMMA Vol 1, No 1 (2014): LEMMA : Letters of Mathematics Education
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.207 KB) | DOI: 10.22202/jl.2014.v1i1.590

Abstract

Penelitian ini untuk mengeksplorasi perilaku metakognitif siswa dalam memecahkan masalah matematika dengan menggunakan pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share di SMPN 1 Kecamatan Situjuh Limo Nagari. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui: 1) bagamana perilaku metakognitif siswa  laki-laki  dalam  memecahkan masalah  matematika? 2)  bagamana perilaku  metakognitif siswa perempuan dalam memecahkan masalah matematika? Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN  1  Kecamatan  Situjuh  Limo  Nagari  tahun  akademik  2010/2011. Peneitian  ini  menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui observasi dan mewawancarai siswa untuk mengukur perilaku metakognitif mereka dalam memecahkan masalah. Hasil dari penelitian ini adalah: 1)beberapa perilaku metakogntif siswa laki-laki dalam memecahkan masalah matematika adalah: mereka  telah  memiliki kepercayaan sebelum mengawali pemecahan masalah, mereka mampu untuk mendapatkan informasi dari beberapa item, mampu untuk menjalankan langkah-langkah dari pemecahan masalah, tapi mereka yang tidak   mempunyai   kemampuan   untuk   menyimpulkan  dalam   pemecahan   masalah;   mereka   tidak mempunyai  pengorganisasian diri  baik  dalam  memahami  masalah,  dan  dalam  mengevaluasi dalam memecahkan masalah; 2) Beberapa perilaku metakognitif siswa perempuan dalam memecahkan masalah matematika adalah: mereka punya intuisi sebelum memulai memecahkan masalah matematika; Mereka mendapatkan informasi dari beberapa item, dapat menjalankan langkah-langkah dari pemecahan masalah, tapi mereka tidak mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan dan menyimpulkan masalah; Mereka punya pengorganisasian diri baik di dalam memahami masalah, kepercayaan diri untuk mengevaluasi dalam memecahkan masalah
PRAKTIKALITAS PENGEMBANGAN MODUL KONTRUKTIVISME DAN WEBSITE PADA MATERI LINGKARAN DAN BOLA Hamdunah, Hamdunah
JURNAL LEMMA Vol 2, No 1 (2015): LEMMA : Letters of Mathematics Education
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (737.113 KB) | DOI: 10.22202/jl.2015.v2i1.524

Abstract

Lingkaran dan bola merupakan bagian dari pembelajaran geometri analitik yang sangat diperlukan bagi mahasiswa. Pada saat mempelajari materi lingkaran dan bola mahasiswa kesulitan dalam memahaminya, hal ini disebabkan karena selama ini proses perkuliahan masih menggunakan metode ceramah sehingga mahasiswa hanya sebagai penerima pasif dan belum bisa mengkontruksi pengetahuan materi dengan baik. Selain itu, buku teks yang dipakai belum sesuai dengan karakteristik mahasiswa tempat peneliti mengajar. Sehingga diperlukan bahan ajar berupa modul kontruktivisme yang sesuai dengan karakteristik mahasiswa tempat peneliti mengajar. Saat sekarang ini, internet juga sangat besar pengaruhnya terhadap komunikasi dan gaya belajar mahasiswa, sehingga perlu ditambahkan komunikasi bahan ajar tersebut lewat media internet. Internet membantu memberikan pengetahuan generatif kepada mahasiswa, sebab mahasiswa tidak cukup hanya diberi pengetahuan reproduktif seperti menghafal konsep materi yang diberikan dosen, tetapi juga pengetahuan generatif, yaitu mengembangkan pelajaran tersebut. Melihat kondisi itu, perlu dipikirkan pemanfaatan beberapa fasilitas internet yaitu untuk mendukung perangkat pembelajaran berbasis web. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul kontruktivisme dan website pada materi  lingkaran dan bola yang sesuai dengan karakteristik  mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan rancangan penelitian ADDIE (analys, design, develop, implement and evaluate). Penelitian ini dibatasi pada tahap implement untuk melihat kepraktisan pengembangan modul kontruktivisme dan  website pada materi lingkaran dan bola. Tahap analys, design, develop telah dilakukan pada penelitian terdahulu, dan tahap evaluate akan dilakukan pada penelitian berikutnya
EFEKTIVITAS MODUL BERBASIS MASALAH PADA PERKULIAHAN KPB 2 TERHADAP AKTIVITAS MAHASISWA DI STKIP PGRI SUMATERA BARAT Rahima, Rahima
JURNAL LEMMA Vol 2, No 1 (2015): LEMMA : Letters of Mathematics Education
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.103 KB) | DOI: 10.22202/jl.2015.v2i1.528

Abstract

Kalkulus Peubah Banyak 2 (KPB 2) merupakan Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan pada Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatera Barat. Proses perkuliahan masih menggunakan metode ceramah dan hanya mengacu pada 1 buku teks. Karena buku teks yang digunakan sulit dipahami, akibatnya mahasiswa tidak termotivasi untuk belajar mandiri. Oleh karena itu, dikembangkan modul yang mendukung kemandirian mahasiswa dalam belajar dan dapat memberikan kondisi belajar aktif.  Modul  yang  dikembangkan telah  diuji kevalidannya dan  kepraktikalitasannya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis masalah yang efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D. Tahap yang telah dilakukan adalah tahap define, design, dan develop berupa validitas dan praktikalitas. Tahap develop yang dilakukan berupa efektivitas yaitu aktivitas belajar mahasiswa. Data dikumpulkan melalui lembar observasi kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul berbasis masalah untuk perkuliahan KPB 2 efektif karena sudah dapat meningkatkan aktivitas mahasiswa selama perkuliahan KPB 2
PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING YANG VALID PADA PERKULIAHAN KALKULUS PEUBAH BANYAK I Melisa, Melisa
JURNAL LEMMA Vol 1, No 2 (2015): LEMMA : Letters of Mathematics Education
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (134.174 KB) | DOI: 10.22202/jl.2015.v1i2.533

Abstract

Salah satu bahan ajar yang digunakan dalam perkuliahan Kalkulus Peubah Banyak 1 adalah buku teks. Perkuliahan menggunakan buku teks tidak mampu melibatkan mahasiswa secara aktifdalam melakukan penemuan-penemuan guna membangun pemahaman konsep terhadap materi yang dipelajarinya. Akibatnya, mahasiswa mudah lupa terhadap materi tersebut. Hal ini berimplikasi pada hasil belajar yang rendah. Oleh karena itu dibutuhkan suatu bahan perkuliahan yang dapat membantu mahasiswa, yakni berupa modul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul berbasis penemuan terbimbing yang validpada mata kuliah Kalkulus Peubah Banyak 1 di STKIP PGRI Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari 3 tahap yaitu: tahap pendefinisian (define) atau analisis kebutuhan, perancangan (design) dan pengembangan (develop). Validasi modul merupakan salah satu bagian dari tahap develop. Untuk menghasilkan modul yang valid, dilakukan kegiatan memvalidasi modul. Dalam kegiatan ini, validasi modul melibatkan 4 orang validator, yakni 3 orang sebagai ahli pada matakuliah Kalkulus Peubah Banyak 1 dan 1 orang ahli bahasa. Validitas modul mencakup 3 aspek yaitu materi, penyajian dan bahasa. Data diperoleh dari lembar validasi yang diisi oleh validator. Data tersebut diolah secara kuantitatif dan dianalisis secara deskriptif.  Kesimpulan  yang  diperoleh  dari  hasil  analisis  data  adalah  modul  berbasis  penemuan terbimbing pada perkuliahan Kalkulus Peubah Banyak 1  yang dikembangkan telah valid digunakan sebagai bahan ajar untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatera Barat

Page 1 of 16 | Total Record : 152