cover
Contact Name
ramlan
Contact Email
ramlan.mm@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ramlan.mm@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Daya Matematis
ISSN : 23547146     EISSN : 25414232     DOI : -
Core Subject : Education,
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika is a journal that provides an authoritative source of scientific information for researchers and academics, research institutions, government agencies, and teacher education.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 3 (2015): Desember" : 10 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN PERSEPSI TENTANG MATEMATIKA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI DI KECAMATAN SALOMEKKO KABUPATEN BONE abdul gani
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol 3, No 3 (2015): Desember
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (125.041 KB) | DOI: 10.26858/jds.v3i3.1700

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan persepsi siswa tentang matematika terhadap minat dan hasil belajar matematika (2) Apakah ada perbedaan minat belajar matematika, siswa yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan siswa yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (3) Apakah ada perbedaan hasil belajar matematika, siswa yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan siswa yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (4) Apakah ada perbedaan minat belajar matematika, siswa yang memiliki persepsi positif dengan siswa yang memiliki persepsi negatif tentang matematika (5) Apakah ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang memiliki persepsi positif dengan siswa yang memiliki persepsi negatif tentang matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Salomekko tahun pelajaran 2014-2015 di Kabupaten Bone. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Salomekko dan SMP Negeri 3 Salomekko, banyaknya sampel dalam penelitian ini adalah 47 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket persepsi tentang matematika, minat belajar, dan tes hasil belajar matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisis Multivariate Analysis of Varians. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa: (1) Tidak terdapat interaksi model pembelajaran kooperatif dengan persepsi siswa tentang matematika terhadap minat dan hasil belajar (2) Terdapat perbedaan minat belajar matematika siswa yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan siswa yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (3) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan siswa yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (4) Terdapat perbedaan minat belajar matematika, siswa yang memiliki persepsi positif dengan siswa yang memiliki persepsi negatif tentang matematika (5) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang memiliki persepsi positif dengan siswa yang memiliki persepsi negatif tentang matematika.
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA DALAM MATERI SEGI EMPAT MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERINTEGRASI TEORI DIENES DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KELAS VII-A SMP NEGERI 1 TAWALIAN KABUPATEN MAMASA Lakkiran, Dewi
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol 3, No 3 (2015): Desember
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (122.843 KB) | DOI: 10.26858/jds.v3i3.1705

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimanakah proses pembelajaran matematika siswa dalam materi segiempat melalui model kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT)  terintegrasi Teori Dienes dengan pendekatan saintifik pada kelas VII-A SMP Negeri 1 Tawalian Kabupaten Mamasa, untuk mengetahui apakah melalui Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) terintegrasi Teori Dienes dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dalam materi segiempat siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Tawalian Kabupaten Mamasa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action) yang mengacu pada aktivitas aksi refleksi siklus-spiral. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Tawalian Kabupaten Mamasa. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar matematika siswa, lembar observasi aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran, dan angket respon siswa  terhadap pembelajaran matematika. Prosedur penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru yang lebih produktif dan aktivitas siswa yang lebih aktif dalam proses pembelajaran  matematika, dan terjadi peningkatan jumlah ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I  ke siklus II, sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pembelajaran matematika siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Tawalian Kabupaten Mamasa dalam materi segiempat dapat ditingkatkan  melalui model kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terintegrasi Teori Dienes dengan Pendekatan Saintifik. Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe TGT, Teori Dienes, Pendekatan Saintifik, dan Kualitas Pembelajaran Matematika   
PENGARUH PERSEPSI TENTANG KUALITAS PELAYANAN SEKOLAH, PARTISIPASI DALAM PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Syam, Ardi
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol 3, No 3 (2015): Desember
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.557 KB) | DOI: 10.26858/jds.v3i3.1696

Abstract

Kemampuan matematika anak–anak Indonesia masih rendah. kemampuan matematika tercermin dalam hasil belajar matematika. Persepsi siswa tentang kualitas pelayanan sekolah, gaya belajar dan partisipasis siwa dalam pembelajaran adalah beberapa variabel yang mempengaruhi hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas yang bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui gambaran persepsi siswa tentang kualitas pelayanan sekolah, gaya belajar, partisipasi siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar matematika, (2) Untuk mengetahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh persepsi siswa tentang kualitas pelayanan sekolah dan gaya belajar  terhadap hasil belajar matematika siswa baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui partisipasi siswa dalam pembelajaran). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa–siswa SMK Negeri di Kabupaten Sinjai. Data dikumpulkan melalui 214 orang sampel yang terpilih dengan menggunakan teknik proporsional stratified random sampling, dengan menggunakan skala penilaian persepsi siswa tentang kualitas pelayanan sekolah, gaya belajar dan partisipasi siswa dalam pembelajaran serta tes hasil belajar matematika yang terstruktur sebagai instrumen penelitian. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sebagian besar  pelayanan sekolah dengan kategori tinggi, gaya belajar dengan kategori sedang, partisipasi dalam pembelajaran kategori sedang, dan hasil belajar matematika dengan kategori rendah; (2) Persepsi siswa tentang kualitas pelayanan sekolah yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui partisipasi siswa dalam pembelajaran), dan gaya belajar yang secara langsung berpengaruh berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika dan secara tidak langsung (melalui partisipasi dalam pembelajaran) gaya belajar berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap hasil belajar matematika. 
KOMPARASI KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SAINTIFIK, PROBLEM SOLVING, DAN OPEN ENDED SETTING DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 SINJAI TIMUR Darwis dan Hisyam Ihsan, Nurlidia, M.
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol 3, No 3 (2015): Desember
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.698 KB) | DOI: 10.26858/jds.v3i3.1701

Abstract

adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk:(1) mendeskripsikan keefektifan Pendekatan saintifik setting discovery learning dalam pembelajaran matematika materi lingkaran pada kelas VIII SMP negeri 2 Sinjai Timur (2) mendeskripsikan keefektifan Pendekatan problem Solving setting discovery learning dalam pembelajaran matematika materi lingkaran pada kelas VIII SMP negeri 2 Sinjai Timur (3) mendeskripsikan keefektifan Pendekatan open ended setting discovery learning dalam pembelajaran matematika materi lingkaran pada kelas VIII SMP negeri 2 Sinjai Timur (4) Mengetahui Pendekatan saintifik setting discovery learning lebih efektif daripada Pendekatan problem Solving setting discovery learning dalam pembelajaran matematika materi lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sinjai Timur (5) Mengetahui problem Solving setting discovery learning lebih efektif daripada Pendekatan open ended setting discovery learning dalam pembelajaran matematika materi lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sinjai Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Mengetahui Pendekatan saintifik setting discovery learning lebih efektif daripada Pendekatan problem Solving setting discovery learning dalam pembelajaran matematika materi lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sinjai Timur dan sampel terdiri dari tiga kelas yakni kelas eksperimen I  diajarkan menggunakan pendekatan saintifik setting discovery learning, kelas eksperimen II diajarkan menggunakan Pendekatan problem Solving setting discovery learning, dan kelas eksprimen III diajarkan menggunakan Pendekatan open ended setting discovery learning  yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri data atas prestasi belajar siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan data respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan Pembelajaran dengan Pendekatan saintifik, Pendekatan Problem Solving, dan pendekatan Open Ended setting discovery learning dalam materi lingkaran terlaksana dengan baik. (2) penerapan Pendekatan saintifik, Pendekatan Problem Solving, dan pendekatan Open Ended setting discovery learning dalam pembelajaran matematika materi lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sinjai Timur efektif ditinjau dari aspek: (a) prestasi belajar siswa; (b) aktivitas belajar siswa; dan (c) respons siswa. Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikan  dengan uji-t menunjukan Pendekatan saintifik setting discovery learning lebih efektif dari pada Pendekatan Problem Solving dan pendekatan Open Ended setting discovery learning materi lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sinjai Timur. Kata Kunci: Penerapan Pendekatan Saintifik setting Discovery Learning dalam Pembelajaran
PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KELAS X SMA NEGERI 11 MAKASSAR habriah ahmad
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol 3, No 3 (2015): Desember
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (116.278 KB) | DOI: 10.26858/jds.v3i3.1697

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan proses pembelajaran matematika melalui penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik pada materi trigonometri siswa kelas X SMA Negeri 11 Makassar, (2) meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa kelas X SMA Negeri 11 Makassar dengan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik pada materi trigonometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri atas dua siklus dimana tiap siklus enam kali pertemuan yang melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas guru dan siswa, pemberian angket respons siswa, dan tes kemampuan penalaran matematika disetiap akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-7 SMA Negeri 11 Makassar yang berjumlah 38 orang. Penelitian ini dilakukan pada semester genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaran matematika melalui model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik siswa kelas X SMA Negeri 11 Makassar mencapai keberhasilan yaitu aktivitas yang mendukung proses belajar mengajar terus mengalami peningkatan dan aktivitas yang tidak relevan dengan kegiatan proses belajar mengajar berkurang dari pertemuan ke pertemuan berikutnya, bahkan di akhir siklus II sudah tidak tampak aktivitas yang tidak relevan dengan kegiatan proses belajar mengajar, (2) penerapan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan penalaran siswa kelas X SMA Negeri 11 Makassar dalam pembelajaran matematika, hal ini terlihat dari hasil tes kemampuan penalaran matematika yang tergolong dalam kategori tinggi. Kata Kunci: Discovery Learning, penalaran, saintifik. 
MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA TOPIK DIMENSI TIGA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK REALISTIK SISWA KELAS X-1 SMA NEGERI 16 MAKASSAR suprapti suprapti
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol 3, No 3 (2015): Desember
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.277 KB) | DOI: 10.26858/jds.v3i3.1702

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas proses pembelajaran matematika pada topik Dimensi Tiga melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan Saintifik Realistik pada kelas X-1 SMA Negeri 16 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research) Subyek penelitian adalah semua siswa pada kelas X-1 (36 siswa) yang terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Instrumen yang dgunakan: (1) Lembar Observasi Aktivitas Siswa, (2) Lembar Observasi Aktivitas Guru, (3) Hasil Belajar dan (4) Angket Respon Siswa. Teknik Pengumpulan data meliputi: (1) Data tentang Proses Pembelajaran, (2) Data tentang Hasil Belajar, dan (3) Data tentang Respons Siswa. Data aktivitas guru/siswa dan respons siswa dianalisis menggunakan persentase sedangkan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I aktivitas siswa dalam pembelajaran berada pada kategori aktif  dengan skor rata-rata 3,8 dari skor ideal maksimal 5,0. Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran berada pada kategori terlaksana dengan skor rata-rata 3,7dari skor ideal maksiamal 5,0. Hasil belajar siswa berada pada kategori sedang dengan mean 79,9 dari skor ideal maksimal 100 dan ketuntasan secara klasikal sebesar 69%  dengan simpangan baku 6,8 dan respons siswa terhadap pembelajaran berada pada kategori cenderung positif dengan skor rata-rata 3,2 dari skor ideal maksimal 4,0 . Pada siklus II aktivitas siswa dalam pembelajaran berada pada kategori sangat aktif  dengan skor rata-rata 4,5 dari skor ideal maksimal 5,0. Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran berada pada kategori terlaksana dengan skor rata-rata 4,4 dari skor ideal maksimal 5,0 Hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi dengan mean 86,5 dari skor ideal maksimal 100 dan ketuntasan secara klasikal sebesar 88%  dengan simpangan baku 7,6 dan respons siswa terhadap pembelajaran berada pada kategori  positif dengan skor rata-rata 3,9 dari skor ideal maksimal 4,0.Secara umum dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan Saintifik  Realistik  dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan kualitas hasil belajar matematika materi Dimensi Tiga dikelas X-1 SMA Negeri 16 Makassar.
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SD INPRES KARUNRUNG MAKASSAR Pratiwi Ayu Lestarih
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol 3, No 3 (2015): Desember
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.923 KB) | DOI: 10.26858/jds.v3i3.1698

Abstract

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik pada perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian, aktivitas siswa dalam pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan/mengolah informasi/menalar dan mengkonsumsikan) dan pencapaian kompetensi pengetahuan matematika pada pembelajaran tematik oleh guru SD Inpres Karunrung Makassar. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) perencanaan pembelajaran (lembar observasi dan wawancara), (2) pelaksanaan aktivitas guru (lembar observasi dan wawancara) serta aktivitas siswa (lembar pengamatan), pada kegiatan pembelajaran (3) penilaian kegiatan pembelajaran (lembar observasi dan wawancara), dan tes hasil belajar yang dibuat oleh guru. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V di SD Inpres Karunrung Makassar sebanyak 1 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan uji kredibilitas data melalui triangulasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu 1)dalam tahap perencanaan, guru dalam penerapan pendekatan saintifik hanya tiga dari lima kegiatan saintifik yang dilakukan, yaitu mengamati, mengumpulkan informasi dan mengkomunikasikan, 2) pada tahap pelaksanaan aktivitas guru seluruh kegiatan dari penerapan pendekatan saintifik (5M) terlaksana dan pada tahap aktivitas siswa pada pembelajaran tematik dengan penerapan pendekatan saintifik, untuk kegiatan mengamati melalui penggunaan LCD ataupun buku paket yang dimiliki oleh siswa, kegiatan menanya pertanyan yang diajukan siswa masih sekitar pada materi yang diajarkan oleh subjek dan tidak dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik, kegiatan mengumpulkan informasi masih terbatas pada buku paket siswa dan subjek tidak pernah memberikan informasi keluar dari buku paket siswa sendiri sehingga informasi yang dikumpulkan tidak meluas dan tidak bersifat menambah tetapi bersifat terbatas, kegiatan mengasosiasikan/mengolah informasi/menalar siswa dalam melakukan pengolahan informasi didasarkan hanya untuk menjawab soal yang diberikan subjek pada tiap kelompoknya, dan kegiatan mengkomunikasikan subjek dikatakan berhasil karena siswa pada setiap kelompok tampil dengan berani dan percaya diri tanpa rasa canggung mempresentasekan hasil/kesimpulan pengamatan/aktivitas dari kelompoknya masing-masing 3) Pada tahap penilaian, guru dalam penerapan pendekatan saintifik hanya dua dari lima kegiatan saintifik yang dilakukan, yaitu mengumpulkan informasi dan mengkomunikasikan.
KEEFEKTIFAN PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS V SDN WILAYAH I KECAMATAN TANRALILI KABUPATEN MAROS sri sugianti
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol 3, No 3 (2015): Desember
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.456 KB) | DOI: 10.26858/jds.v3i3.1703

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain one-group pretest-postes. Unit eksperimen dalam penelitian ini adalah keseseluruhan siswa Kelas V SDN Wilayah I Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 161 orang yang tersebar di tujuh sekolah. Dari tujuh sekolah, terpilih satu sekolah sebagai sekolah eksperimen yaitu kelas V SDN 38 Biringkaloro Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros dengan dengan jumlah 40 orang siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik random. Kelas eksperimen diberikanpembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah pendekatan matematika realistik dengan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika. Data dalam penelitian ini berupa data hasil belajar, aktivitas, dan respons siswa yang diperoleh dengan menggunakan instrumen tes, lembar observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah   teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan program SPSS 20. Kriteria keefektifan yang ditentukan dalam penelitian ini yakni: hasil belajar siswa dengan KKM ≥ 70 dan rata-rata nilai gain ≥ 0,29 serta ketuntasan ≥ 80%, untuk aktivitas siswa lebih dari 2,4 dan respons siswa lebih dari 3,4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan model pembelajaran berbasis masalah pendekatan matematika realistik dengan metode penemuan terbimbing terlaksana dengan baik. (2) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pendekatan matematika realistik dengan metode penemuan terbimbing pada materi pecahan pada siswa kelas V SDN 38 Biringkaloro efektif ditinjau dari aspek : (a) hasil belajar siswa dengan rata-rata skor posttes lebih besar dari rata-rata skor pretes, rata-rata skor posttes adalah 81,25 ≥ KKM, rata-rata gain adalah 0,781 dan siswa yang tuntas sebanyak 92,50% ≥ 80%; (b) aktivitas belajar siswa dengan rata-rata aktivitas 3,30; dan (c) respon siswa dengan rata-rata 3,51 (kategori positif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah pendekatan matematika realistik dengan metode penemuan terbimbing efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika materi pecahan pada siswa Kelas V SDN 38 Biringkaloro Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Pendekatan Matematika Realistik dengan Metode Penemuan Terbimbing dalam pembelajaran
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEBELUM DAN SETELAH PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK nurlia nurlia
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol 3, No 3 (2015): Desember
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.252 KB) | DOI: 10.26858/jds.v3i3.1699

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan profil kemampuan berpikir kritis siswa SMA yang memiliki kecenderungan tipe kepribadian Rational dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini dikategorikan sebagai studi eksploratif dengan pendekatan kualitatif, dimana peneliti sendiri sebagai instrumen utama. Teknik pengumpulan data melalui pemberian tes kemampuan berpikir kritis dan wawancara kepada dua orang subjek berkepribadian Rational. Pemilihan subjek dilakukan dengan memilih dua orang siswa yang memiliki kecenderungan kepribadian Rational berdasarkan hasil tes penggolongan kepribadian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dalam mengidentifikasi asumsi SR mampu menentukan asumsi secara visual atau melalui gambar. (2) dalam menentukan akibat dari suatu ketentuan/keputusan, SR memahami dan mampu menggunakan segala asumsi ataupun ketentuan/keputusan/kesimpulan yang dibuatnya dalam penyelesaian masalah akan tetapi tidak dapat menjelaskannya secara rinci. (3) dalam mengungkap data/fakta/teorema yang dibutuhkan dalam penyelesaian masalah (a) SR merepresentasikan atau memvisualkan informasi yang ada dalam bentuk gambar. (b) SR tidak menuliskan hal-hal yang ditanyakan secara jelas akan tetapi memvisualkannya dalam bentuk gambar. (c) dalam menyusun rencana penyelesaian masalah SR selalu memperhatikan informasi yang ada sehingga penyelesaian masalah yang dipilihnya selalu berdasarkan informasi tertentu/beralasan bukan hanya berdasarkan intuisi belaka. (d) dalam menentukan langkah penyelesaian masalah begitu juga saat melakukan manipulasi matematika, SR selalu memperhatikan tujuan yang ingin dicapai (hal yang ditanyakan). (e) SR melakukan pengecekan terhadap hasil pekerjaannya. (4) dalam menganalisis informasi SR menguraikan, menghubungkan dan menyusun kembali informasi tersebut untuk digunakan dalam penyelesaian masalah. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah Matematika, Kepribadian Rational.   
DESKRIPSI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 3 MAROS KABUPATEN MAROS Ibrahim Ibrahim
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol 3, No 3 (2015): Desember
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (145.879 KB) | DOI: 10.26858/jds.v3i3.1704

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dilakukan di SMA Negeri 3 Maros pada Semester Genap tahun pelajaran 2014/2015. Sumber data yang digunakan guru matematika kelas X dan kelas XI SMA Negeri 3 Maros dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, telaah dokumen RPP, dan observasi pelaksanaan pembelajaran di kelas. Teknk analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data meliputi perpanjangan pengamatan, triangulasi, member check. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan implementasi Kurikulum 2013 yang dilakukan guru matematika di SMA Negeri 3 Maros dalam perencanaan pembelajaran matematika, (2) mendeskripsikan implementasi Kurikulum 2013 yang dilakukan guru matematika di SMA Negeri 3 Maros dalam pelaksanaan pembelajaran matematika, (3) mendeskripsikan implementasi Kurikulum 2013 yang dilakukan guru matematika di SMA Negeri 3 Maros dalam penilaian pembelajaran matematika.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru matematika SMA Negeri 3 Maros menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sesuai RPP Kurikulum 2013 yakni mengembangkan setiap komponennya sesuai arah penngembangannya namun merupakan satu kesatuan dengan memperhatikan prinsip-prinsip pengembangan RPP Kurikulum 2013, (2) Guru matematika dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada pelaksanaan pembelajaran matematika untuk pembentukan kompetensi dan karakter peserta didik belum melibatkan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran secara optimal, (3) Guru matematika di SMA  Negeri 3 Maros dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada penilaian pembelajaran matematika belum didasarkan pada pendekatan penilaian otentik (Authentic Assesment). Kata kunci: Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Penilaian Pembelajaran, Kurikulum 2013.

Page 1 of 1 | Total Record : 10