cover
Contact Name
Eko Yuliyanto
Contact Email
ekoyuliyanto@unimus.ac.id
Phone
+6285643557497
Journal Mail Official
jps@unimus.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/about/editorialTeam
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JPS Unimus
ISSN : 23390786     EISSN : 25021443     DOI : 10.26714/jps.Vol.No.Tahun.hal
The focus and scope of JPS includes the following topics: Science Education Chemistry Education Biology Education Physics Education Enviromental Education Educational evaluation and measurement
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)" : 2 Documents clear
ANALISIS LINGKUNGAN SMA 02 BATANG TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN KIMIA Anisa Nur Khasanah
JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 3, No 1 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.3.1.2015.23-29

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SMA Negeri 2 Batang pada mata pelajaran kimia masih tergolong rendah yaitu rata-rata 45 masih jauh dari kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan di sekolah tersebut yaitu 65. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran kimiadengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar melalui penerapan model pembelajaran investigasi kelompok. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui konsentrasi belajar dan aktivitas belajar siswa SMA Negeri 2 Batang dengan kondisi lingkungan sekitar sekolah yang bersih dan nyamandalammata pelajaran kimia.Populasi penelitian ini adalah siswa siswi SMA Negeri 02 Batang dari kelas XI MIA 2 yang berjumalah 16 siswa dan X MIA 4 yang berjumlah 16 siswa.Pengambilan sampel secara Purposive Sample. Variabel yang diteliti adalah hasil belajar dan aktivitas siswa. Data penelitian diambil denganmenggunakan tes,lembar observasi dan wawancara. Selanjutnya data dianalisis menggunakan deskriptif grafik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kondisi kebersihan lingkungsn SMA Negeri 02 Batang masih tergolong belum sepenuhnya bersih, karena masih ditemukan sampah didalam kelas atau sekitar lingkungan sekolah. Kebanyakan siswa masih berlaku acuh takacuh terhadap kebersihan lingkungan sekolah. Hal ini bisa dilihat dari coretan-coretan di bangku sekolah.Masih kurangnya tingkat kesadaran akan pentingnya kebersihan di kalangan siswa siswi SMA Negerti 02 Batang. Hal ini juga mengakibatkan konsentrasi siswa dalam belajar menurun karena kebersihan di kelas yang kurang mengakibatkan tidak nyaman.Kata Kunci: Lingkungan, SMA, pembelajaran kimia
PENGARUH TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR SISWA TERHADAP DAYA PEMAHAMAN MATERI PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 2 BATANG Ria Aviana; Fitria Fatichatul Hidayah
JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 3, No 1 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.3.1.2015.30-33

Abstract

Konsentrasi belajar adalah pemusatan perhatian dalam proses perubahan tingkah laku yang dinyatakan dalam bentuk penguasaan, penggunaan, dan penilaian terhadap atau mengenai sikap dan nilai-nilai, pengetahuan dan kecakapan dasar yang terdapat dalam berbagai bidang studi. Prosespembelajaran dikatakan berhasil apabila tujuan pembelajaran itu tercapai. Berhasil tidaknya pencapaian tujuan pembelajaran tergantung pada proses pembelajaran yang dijalani oleh siswa. Jika konsentrasi siswa rendah, maka akan menimbulkan aktivitas yang berkualitas rendah pula serta dapat menimbulkan ketidakseriusan dalam belajar dan daya pemahaman terhadap materi pun menjadi berkurang. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi rendahnya daya pemahaman siswa adalahkonsentrasi. Konsentrasi merupakan modal utama bagi siswa dalam menerima materi ajar serta menjadi indikator suksesnya pelaksanaan pembelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi siswa yaitu dengan mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam belajar. Dengan mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam belajar diyakini akan membuat siswa aktif dalam mengkonstruksikan pengetahuannya, sehingga siswa menjadi fokus atau konsentrasi terhadap apa yang dipelajarinya.Kata kunci: konsentrasi belajar, daya pemahaman, pembelajaran kimi

Page 1 of 1 | Total Record : 2


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 11, No 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 10, No 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 10, No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 10, No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 9, No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 9, No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 9, No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 9, No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN SAINS(JPS) Vol 8, No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 8, No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 8, No 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 8, No 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 7, No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 7, No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 7, No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 7, No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 6, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 6, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 6, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 6, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 5, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 5, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 4, No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 4, No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 4, No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 4, No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN SAINS(JPS) Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 3, No 1 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 3, No 1 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 2, No 2 (2014): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 2, No 2 (2014): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 2, No 1 (2014): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 2, No 1 (2014): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 1, No 1 (2013): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG More Issue