cover
Contact Name
Eko Yuliyanto
Contact Email
ekoyuliyanto@unimus.ac.id
Phone
+6285643557497
Journal Mail Official
jps@unimus.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/about/editorialTeam
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JPS Unimus
ISSN : 23390786     EISSN : 25021443     DOI : 10.26714/jps.Vol.No.Tahun.hal
The focus and scope of JPS includes the following topics: Science Education Chemistry Education Biology Education Physics Education Enviromental Education Educational evaluation and measurement
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG" : 5 Documents clear
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN KETRAMPILAN BERPIKIR RASIONAL ANAK SEKOLAH DASAR Sri Handayani
JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 4, No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.4.2.2016.35-49

Abstract

Penelitian dilakukan untuk menemukan model yang cocok dalam pembelajaran IPA sehingga dapat meningkatkan keterampilan berpikir rasional anak. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan proses pembelajaran IPA masih berpusat pada guru dan kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk membangun pengetahuan sendiri melalui keterampilan berpikir rasional. Kemampuan berpikir rasional perlu dikembangkan sejak dini karena merupakan dasar dari kemampuan berpikir kompleks untuk memahami masalah sains dan matematika.Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan analisis GBPP, bahan ajar dan teori-teori belajar IPA.Selanjutnya merancang model pembelajaran yang cocok yaitu model siklus belajar yang dilandasi pandangan konstruktivisme sehingga dapat meningkatkan keterampilan berpikir rasional anak.Model pembelajaran yang berpusat pada siswa, memperhatikan konsepsi awal siswa dan menggunakan lingkungan siswa sebagai sumber belajar. Ciri khas dari model ini adalah dalam melaksanakamn proses pembelajaran dalam tiga tahap mulai dari explorasi, pengenalan konsep dan penerapan konsep.Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi dan wawancara. Selanjutnya data dilakukan analisis normalitas , homogenitas dan uji t terhadap hasil tes. Presentase penguasaan konsep, keterampilan berpikir rasional, keterampilan prose IPA dan hasil wawancara didiskripsikan kemudian disimpulkan. Hasil uji coba tersebut menunjukan bahwa model siklus belajar yang dikembangkan untuk materi penyesuaian makhluk hidup meningkatkn keterampilan berpikir rasional, keterampilan proses IPA dan penguasaan konsep siswa.
PENGARUH KOMUNIKASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS GURU SMP NEGERI DI SUB-RAYON BANGSRI KABUPATEN JEPARA Rosita Pudjiastuti
JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 4, No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.4.2.2016.59-70

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi terhadap produktivitas guru SMP Negeri di Sub Rayon Bangsri Kabupaten Jepara, 2) mengetahui seberapa besar pengaruh kepuasan kerja terhadap produktivitas guru SMP Negeri di Sub Rayon Bangsri Kabupaten Jepara, 3) mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi dan kepuasan kerja secara bersama-sama terhadap produktivitas guru SMP Negeri di Sub Rayon Bangsri Kabupaten Jepara. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh guru PNS dari SMP Negeri di Sub Rayon Bangsri Kabupaten Jepara yang berjumlah 135 orang dan diperoleh sampel sebanyak 100 orang yang diambil menggunakan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan memberikan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan 1) analisis deskriptif, 2) uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linieritas, 3) uji hipotesis yang meliputi uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa rata-rata variabel komunikasi sebesar 99,5 masuk dalam kategori tinggi, rata-rata kepuasan kerja sebesar 112,31 masuk dalam kategori tinggi, rata-rata produktivitas guru 101,11 masuk dalam kategori tinggi. Hasil uji prasyarat dikelahui bahwa sampel berdistribusi normal, bersifat homogen dan linier. Berdasarkan dari hasil uji hipotesis diketahui bahwa komunikasi berpengaruh terhadap produktivitas dengan persamaan regresi =1,759 +0,998X1 dengan signifikansi model hubungan nilai F sebesar 66,885, kekuatan korelasi sebesar 0,637 dengan kontribusi sebesar 40,6%. Kepuasan kerja berpengaruh terhadap produktivitas dengan persamaan regresi = 44,529 +0,504X2 dengan signifikansi model hubungan nilai F sebesar 65,720, kekuatan korelasi sebesar 0,634 dengan kontribusi sebesar 40,1%. Komunikasi dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap produktivitas dengan persamaan regresi = 8,188 +0,600X1+0,296X2 dengan signifikansi model hubungan nilai F sebesar 44,676, kekuatan korelasi sebesar 0,692 dengan kontribusi sebesar 46,9%. Berdasarkan dari hasil penelitian ini merekomendasikan bahwa guru hendaknya berupaya meningkatkan produktivitasnya, kepala sekolah memberikan alokasi dana untuk meningkatkan produktivitas guru, instansi terkait menerbitkan jurnal pendidikan untuk publikasi karya ilmiah guru.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HAND TOGETHER (NHT) PADA MATERI KIMIA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR Anisa Nur Khasanah
JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 4, No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.4.2.2016.50-58

Abstract

Motivasi adalah salah satu hal yang berpengaruh pada kesuksesan aktifitas pembelajaran siswa. Tanpa motivasi, proses pembelajaran akan sulit mencapai kesuksesan yang optimum. Artikel ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran NHT (Number Hand Together) terhadap motivasi belajar.Terdapat total 30 siswa kelas X MIA disalah satu SMA Teuku Umar Semarang yang dijadikan sample dalam penelitian ini.Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitianQuasi eksperimen. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan pembagian angket.Hasil dari data-data diproses melalui perhitungan statistik, didapat melalui penggunaan SPSS. Data menunjukkan interprestasi tingkat reliabilitas tinggi, besarnya pengaruh dengan nilai sign 0.30 lebih besar dari nilai alfa 0.05 terhadap model pembelajaran Number Hand Together (NHT) yang digunakan oleh guru.
KAJIAN INTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER ISLAMI DENGAN KIMIA DALAM MATERI KIMIA KARBON Anjar Purba Asmara
JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 4, No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.4.2.2016.1-11

Abstract

Kajian tentang nilai-nilai karakter Islami yang terkandung di dalam kimia karbon telah dilakukan melalui penggalian muatan-muatan filosofi dalam materi kekhasan atom karbon, ikatan dalam senyawa karbon, klasifikasi, dan reaksi dalam senyawa karbon. Kajian ini mengintegrasikan nilai-nilai karakter Islami untuk menguatkan dan dikuatkan oleh gagasan utama yang diangkat dalam kimia karbon. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang menggunakan teknik analisis isi, analisis dengan pendekatan filosofis, analisis dengan model triadik, dan analisis dengan pola konfirmasi. Hasil yang diperoleh dari kajian ini adalah:(1) berzikir kepada Allah SWT dalam materi kekhasan atom karbon dengan 4 elektron valensi, (2) menjaga silaturahmi dari sifat atom karbon yang dapat berkatenasi, (3) senang bersedekah dan menolong dari ikatan kimia karbon, (4) bijak dan adil saat menjumpai perbedaan dari materi klasifikasi senyawa karbon, (5) memperbaiki diri dan meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat dari reaksi substitusi, (6) ikhlas dalam membantu orang lain dari reaksi adisi, (7) sabar dan berserah diri pada Allah SWT dari reaksi eliminasi.
VERTIKULTUR MEDIA PRALON SEBAGAI UPAYA MEMENUHI KEMANDIRIAN PANGAN DI WILAYAH PERI URBAN KOTA SEMARANG Nurmawati Nurmawati
JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 4, No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.4.2.2016.19-25

Abstract

Keterbatasan lahan pekarangan di pemukiman wilayah urban maupun peri urban menjadi hambatan untuk kemandirian pangan (food self sufficiency) karena luas lahan yang tidak memungkinkan untuk bercocok tanam. Realita ini dijumpai di salah satu wilayah peri urban yaitu Kelurahan Wonosari, Ngaliyan, Semarang. Walaupun berlokasi di pinggiran kota, namun Ngaliyan mendapat pengaruh aktivitas perkotaan yang cukup pesat. Salah satu pengaruhnya adalah semakin banyaknya perumahan berciri perkotaan dengan luas lahan sempit, seperti pada perumahan Beringin Lestari RT 05, RW XV Wonosari.Berdasarkan kondisi keterbatasan lahan pekarangan tersebut, TimAbdimas UPBJJ-UT Semarang menginisiasi pembuatan vertikultur sebagai upaya memenuhi kemandirian pangan terutama sayuran.Penanaman aneka ragam sayuran produktif menjadi fokus utama dengan alasan mudah perawatannya. Adapun tujuan pembuatan vertikultur adalah: 1. memotivasi masyarakat dalam mengoptimalkan pekarangan sempit di rumah tinggalnya untuk menciptakan ketahanan pangan; 2. pembuatan media untuk tempat menanam aneka ragam sayuran menggunakan pralon;dan 3. penanaman, pemeliharaan, dan pengembangan budidaya aneka ragam sayuran yang dibutuhkan sehari-hari. Hasil yang dicapai adalah semua keluarga di lingkungan RT 05, RW XV Wonosari sudah menikmati hasil panen sayuran secara bervariasi, seperti: bayam, kangkung, cabai, terong, sawi, dan tomat. Selain itu, juga diperoleh hasil bahwa terjadi persaingan yang sehat antara warga masyarakat, yaitu warga yang hasil panennya kurang baik bertanya pada warga yang hasil panennya baik, dan muncul minat warga untuk selalu memperbaharui bibit tanaman yang diusahakan secara swadaya melalui pembibitan berkelanjutan. Penanaman secara vertikultur dapat menciptakan lingkungan rumah yang produktif sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga di wilayah peri urban kota Semarang.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 11, No 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 10, No 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 10, No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 10, No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 9, No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 9, No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 9, No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 9, No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN SAINS(JPS) Vol 8, No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 8, No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 8, No 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 8, No 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 7, No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 7, No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 7, No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 7, No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 6, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 6, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 6, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 6, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 5, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 5, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 4, No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 4, No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 4, No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 4, No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN SAINS(JPS) Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 3, No 1 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 3, No 1 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 2, No 2 (2014): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 2, No 2 (2014): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 2, No 1 (2014): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 2, No 1 (2014): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 1, No 1 (2013): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG More Issue