cover
Contact Name
Eko Yuliyanto
Contact Email
ekoyuliyanto@unimus.ac.id
Phone
+6285643557497
Journal Mail Official
jps@unimus.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/about/editorialTeam
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JPS Unimus
ISSN : 23390786     EISSN : 25021443     DOI : 10.26714/jps.Vol.No.Tahun.hal
The focus and scope of JPS includes the following topics: Science Education Chemistry Education Biology Education Physics Education Enviromental Education Educational evaluation and measurement
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)" : 2 Documents clear
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA/ SMK PADA MATERI REAKSI REDOKS Laily Yunita Susanti
JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 6, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.6.2.2018.32-40

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan media pembelajaran terintegrasi berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk meningkatkan hasil belajar kimia pada materi reaksi redoks. Rancangan penelitian berupa penelitian eksperimen yang terdiri dari validasi dan implementasi media pada pembelajaran kimia SMA/SMK. Media pembelajaran STEM yang dikembangkan berupa sensor gas CO2 dilengkapi dengan modul ajar. Hasil validasi menunjukkan media pembelajaran kimia terintegrasi berbasis STEM memperoleh kriteria valid. Uji coba lapangan dilakukan pada 66 siswa kelas eksperimen dan kontrol di SMKN 5 Surabaya. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan baik aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING ) DALAM MATA KULIAH MANAJEMEN LIMBAH B3 Hans Kristianto; Tedi Hudaya
JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 6, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS)
Publisher : Pendidikan Kimia Unimus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26714/jps.6.2.2018.41-47

Abstract

Perubahan metode pembelajaran yang sebelumnya berpusat pada pengajar (teacher-centered learning) menjadi berpusat pada siswa (student-centered learning), menuntut penggunaan berbagai model pembelajaran yang inovatif. Dalam penelitian ini dipaparkan penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning; PBL) dalam mata kuliah Manajemen Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3) di Program Studi Teknik Kimia UNPAR pada semester genap 2016/2017, dengan tujuan mengamati  perubahan gaya belajar mahasiswa sebelum dan setelah pembelajaran dengan model PBL dengan menggunakan kuesioner Grasha. Selain itu mahasiswa diminta untuk mengisi kuesioner evaluasi pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Teramati perubahan gaya belajar mahasiswa, yaitu pada menurunnya gaya belajar avoidant, kenaikan pada gaya belajar competitive dan collaborative. Sekalipun terlihat perubahan, hasil tersebut belum signifikan secara statistik. Hasil umpan balik dari mahasiswa peserta kuliah pun cukup positif, karena mahasiswa merasa lebih aktif, belajar bekerja dalam tim, dan berkomunikasi. Hasil-hasil positif yang ditunjukkan dalam penerapan model PBL pada mata kuliah ini membuka peluang untuk menerapkan model pembelajaran serupa pada berbagai mata kuliah lain.

Page 1 of 1 | Total Record : 2


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 11, No 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 10, No 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 10, No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 10, No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 9, No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 9, No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 9, No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN SAINS(JPS) Vol 9, No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 8, No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 8, No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 8, No 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 8, No 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 7, No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 7, No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 7, No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 7, No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 6, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 6, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 6, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 6, No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 5, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 5, No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 5, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 4, No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 4, No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 4, No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 4, No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN SAINS(JPS) Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 3, No 2 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 3, No 1 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 3, No 1 (2015): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 2, No 2 (2014): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 2, No 2 (2014): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 2, No 1 (2014): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG Vol 2, No 1 (2014): JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) Vol 1, No 1 (2013): JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG More Issue