cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
JURNAL KONFIKS
ISSN : 23552638     EISSN : 27461866     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2015): KONFIKS" : 8 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF DENGAN MENGGUNAKAN METODE SQ4R( Survey, Read, Review, Recite, Reflect ) DI KELAS VIII SMP. GUPPI SAMATA GOWA Aliem Bahri; Mila Karmila
JURNAL KONFIKS Vol 2, No 1 (2015): KONFIKS
Publisher : LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.849 KB) | DOI: 10.26618/konfiks.v2i1.402

Abstract

AbstractThis research was a classroom action research (PTK) with the presentation of data and descriptions kuantitatif. Qualitative research descriptions was conducted in two cycles. Each cycle consists of four phases: planning, action, observation, and reflection. Data learning process of each cycle were analyzed descriptively qualitative. The data were analyzed descriptively learning outcomes kuantitatif.Subjek this research is class VIII totaling 16 orang.Tindakan given is intended to determine the increase in the learning process and learning outcomes in cycle I. As for the second cycle in the form of corrective actions against deficiencies experienced in cycle I. Results of the data analysis of the results of the study in the first cycle and the second cycle is concluded that, teaching intensive reading in class VIII SMP-I Guppi Samata Gowa by using SQ4R method can improve the learning process and learning outcomes intensive reading. Conclusions based on these results, the researchers suggested to the teachers to always use the methods that can stimulate students' attention so that the students were interested in learning. For other researchers and students who pursue teaching Indonesian language and literature are expected to conduct research in the areas of reading by using other methods, as well as in intensive reading so it can be found a variety of learning methods that can be used as learning in school.Keywords: Intensive Reading, Methods SQ4R AbstrakPenelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pemaparan data deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data proses pembelajaran setiap siklus dianalisis secara deskriptif kualitatif. Adapun data hasil pembelajaran dianalisis secara deskriptif kuantitatif.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 16 orang.Tindakan yang diberikan dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan proses pembelajaran dan hasil pembelajaran pada siklus I. Adapun siklus II berupa tindakan perbaikan terhadap kekurangan-kekurangan yang dialami pada siklus I.Hasil analisis data yang dilakukan terhadap hasil penelitian pada siklus I dan siklus II disimpulkan bahwa, pembelajaran membaca intensif pada siswa kelas VIII-I SMP Guppi Samata Gowa dengan menggunkan metode SQ4R dapat meningkatkan kemampuan pada proses pembelajaran dan hasil pembelajaran membaca intensif. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada guru agar senantiasa menggunakan metode yang dapat merangsang perhatian siswa sehingga siswa merasa tertarik untuk belajar. Bagi peneliti lain dan mahasiwa yang menekuni pengajaran bahasa dan sastra Indonesia diharapkan melakukan penelitian dalam bidang membaca dengan menggunakan metode lain, demikian pula dalam membaca intensif sehingga dapat ditemukan berbagai metode pembelajaran yang dapat digunakan sebagai pembelajaran di sekolah. Kata Kunci: Membaca Intensif, Metode SQ4R
PENGGUNAAN METODE POSTER COMENTDALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MURID KELAS VI SD NEGERI NO. 47 JOALAMPE KECAMATAN SINJAI SELATAN KABUPATEN SINJAI Muliaman Muliaman
JURNAL KONFIKS Vol 2, No 1 (2015): KONFIKS
Publisher : LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.292 KB) | DOI: 10.26618/konfiks.v2i1.408

Abstract

AbstractThis research is a class act (Class room action research), which aims to determine the increase in the skill of writing sentences using the comment poster. With the number of students 35 people. Data collection techniques used in this research are: (a) the results of Indonesian students study were collected by delivering a test write sentences on each end of the cycle, (b) data on the learning process collected using observation sheet. The collected data were analyzed quantitatively and qualitatively. The analysis showed an increase learning outcomes quantitatively characterized by increasing the average score of students, namely from 69.28 into 76.71 of the ideal score of 100. In qualitative terms, an increase in the quality of the learning process that changes the attitude of the students are characterized by: (a) Increased frequency of attendance of students, (b) active participation by students in the learning process, (c) the number of students who pay attention to the teacher's explanation, (d) Increasing number of students asking questions and answering the task correctly, (e) the decreasing of students who ask for guidance and ask about a concept explained. It can be concluded that the application of the use of learning strategies can improve the ability to write complete sentences sixth grade elementary school pupils No. 1 Sasende Malunda District of Majene. And suggested to the teachers, to improve learning outcomes Indonesian students should be involved in the learning process so as to create self-reliance to solve problems at home about the material that has been studied and materials to be studied further, so learning to use complete learning strategy is one of the alternative methods Keywords: Poster Comment, Indonesian and Writing ABSTRAKPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class room action research) yang bertujuan Untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis kalimat dengan menggunakan metode poster comment. Dengan jumlah siswa 35 orang. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan  dalam penelitian ini adalah: (a) hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dikumpulkan dengan memberikan tes menulis kalimat pada setiap akhir siklus, (b) data tentang proses belajar mengajar dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar secara kuantitatif ditandai dengan meningkatnya skor rata-rata siswa yaitu dari 69,28 menjadi 76,71 dari skor ideal 100. Secara kualitatif, terjadi peningkatan kualitas proses belajar yaitu perubahan sikap siswa yang ditandai dengan: (a) Meningkatnya frekuensi kehadiran siswa, (b) Keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar, (c) Semakin banyaknya siswa yang memperhatikan penjelasan guru, (d) Semakin banyaknya siswa yang mengajukan pertanyaan dan menjawab tugas dengan benar, (e) Semakin berkurangnya siswa yang meminta bimbingan dan meminta dijelaskan tentang suatu konsep. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan penggunaan strategi belajar tuntas dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat murid kelas VI SD Negeri No. 1 Sasende Kecamatan Malunda Kabupaten Majene. Dan disarankan kepada guru, untuk meningkatkan  hasil belajar Bahasa Indonesia siswa harus dilibatkan dalam proses pembelajaran sehingga tercipta kemandirian untuk menyelesaikan  soal di rumah tentang materi yang telah dipelajari dan materi yang akan dipelajari selanjutnya, sehingga pembelajaran dengan penggunaan strategi belajar tuntas merupakan salah satu metode alternativeKata Kunci: Poster Comment, Bahasa Indonesia dan Menulis
TILISTIKA DALAM PUISI “KERIKIL TAJAM DAN YANG TERAMPAS DAN YANG PUTUS” KARYA CHAIRIL ANWAR Tjodding Tjodding; Inayah Januarti
JURNAL KONFIKS Vol 2, No 1 (2015): KONFIKS
Publisher : LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.186 KB) | DOI: 10.26618/konfiks.v2i1.395

Abstract

Abstract The problems addressed in this study, namely: (1) How is the form of assonance and alliteration in poetry collection of sharp gravel and deprived and the Disconnect work of Anwar? (2) How does the selection of the connotation and denotation in diction contained in a collection of poems sharp gravel and deprived and the Disconnect work of Anwar? (3) What is the meaning of style in a collection of poems sharp gravel and deprived and the Disconnect work of Anwar. The method  in this research used deskriptiva qualitative. Data collection techniques used technique of record, because the data in the form of text. Based on this analysis we can conclude several things, namely: (1) The use or selection of language sounds used in Poetry Gravel sharp and deprived and the Disconnect work of Anwar, discovered the existence of assonance 'equation vowel' a widely used sound a, i, u, e, o. Alliteration 'equation consonant sounds used dalamPuisi Gravel sharp and deprived and the Disconnect work of Anwar is consonant / p /, / s /, / g /, / k /, / t /, / l /, / k /. / m / and /b/.(2) Diction in poetry sharp gravel and deprived and the Disconnect Anwar's work can be viewed in terms of vocabulary, diction, and denotation and connotation. (3) The use of force contained in the language of poetry Gravel sharp and deprived and the Disconnect work Chairil Anwaradalah (a) metaphor, (b) allusion, (c) hyperbole, (d) synesthesia, (e) allegory, (f) the personification, (g) fable (h) the symbolic, ( i) reps. Keywords: Stilistika, diction, style, sound aspects Abstrak Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana bentuk asonansi dan aliterasi dalam kumpulan puisi Kerikil tajam dan yang terampas dan yang Putus karya Chairil Anwar? (2) Bagaimana pemilihan konotasi dan denotasi dalam diksi yang terdapat dalam kumpulan puisi Kerikil tajam dan yang terampas dan yang Putus karya Chairil Anwar? (3)Bagaimanakah makna gaya bahasa dalam kumpulan puisi Kerikil tajam dan yang terampas dan yang Putus karya Chairil Anwar.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptifkualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik catat, karena data-datanya berupa teks.  Berdasarkan analisis ini dapat disimpulkan beberapa hal, yaitu: (1)Pemanfaatan atau pemilihan bunyi-bunyi bahasa yang dipergunakan dalam Puisi Kerikil tajam dan yang Terampas dan yang Putus karya Chairil Anwar, ditemukan adanya asonansi ‘persamaan bunyi vokal’ yang banyak dipakai bunyi a, i, u, e, o. Aliterasi ‘persamaan bunyi konsonan yang digunakan dalamPuisi Kerikil tajam dan yang Terampas dan yang Putus karya Chairil Anwar adalah bunyi konsonan /p/, /s/, /g/, /k/, /t/,/l/,/k/./m/ dan /b/.(2) Diksi dalam puisi Kerikil tajam dan yang Terampas dan yang Putus karya Chairil Anwar dapat ditinjau dari segi kosakata, pemilihan kata, dan denotasi serta konotasinya.(3)Pemakaian gaya bahasa yang terdapat dalam puisi Kerikil tajam dan yang Terampas dan yang Putus karya Chairil Anwaradalah (a) metafora, (b) alusio, (c) hiperbola, (d) sinestesia, (e) alegori, (f) personifikasi, (g) fabel (h) simbolik, (i) repetisi.Kata kunci: Stilistika, diksi, gaya bahasa, aspek bunyi
ANALISIS BENTUK DAN FUNGSI REFERENSI PERSONAL DALAM NOVEL REMBULAN TENGGELAM DIWAJAHMU KARYA TERE LIYE Muh Ali Imran; Nur Resky Evawanti
JURNAL KONFIKS Vol 2, No 1 (2015): KONFIKS
Publisher : LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (523.114 KB) | DOI: 10.26618/konfiks.v2i1.403

Abstract

AbstractThe main problem in this research  how to find out about the form and function of personal references in the novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu in order to determine the differences contained in the novel especially those on personal references contained therein. This research was a literature review of research that contains one topic that contains some ideas or propositions related and must be supported by the data obtained from literature sources. This research procedure included planning, action and analysis. Subjects in this study was the novel of  Rembulan Tenggelam di Wajahmu. The results showed that the observation of novel moon sinking in the face are analyzed on personal references indicate that there are a lot of words including personal references such as personal pronoun first (referring to himself), pronouns second person (referring to the speaker) , and the third person pronoun (which refers to the person in question). Based on these results above, it can be concluded that the words include references persona there are differences both in writing and in speech.Keywords: Novel, personal referencesAbstrakMasalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana mengetahui tentang bentuk dan fungsi referensi personal di dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan yang terdapat di dalam novel tersebut terkhusus pada referensi personal yang terdapat di dalamnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kajian pustaka yang berisi satu topik yang memuat beberapa gagasan atau proposisi yang berkaitan dan harus didukung oleh data yang diperoleh dari sumber pustaka. Prosedur penelitian ini meleputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan analisis. Subjek dalam penelitian ini adalah novel rembulan tenggelam di wajahmu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pengamatan terhadap novel rembulan tenggelam di wajahmu yang menganalisis tentang referensi personal menunjukkan bahwa terdapat banyak kata-kata yang termasuk referensi personal seperti pronomina persona pertama( yang mengacu pada diri sendiri), pronomina persona kedua (yang mengacu pada lawan bicara), dan pronomina persona ketiga (yang mengacu pada orang yang dibicarakan). Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa kata-kata yang mencakup referensi persona terdapat perbedaan baik didalam penulisan maupun didalam tuturan.  Kata kunci: Novel,referensi personal
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IX SMP UNISMUH MAKASSAR Syekh Adiwijaya; Irmawati Irmawati
JURNAL KONFIKS Vol 2, No 1 (2015): KONFIKS
Publisher : LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (633.584 KB) | DOI: 10.26618/konfiks.v2i1.397

Abstract

Abstract The research was a classroom action research aimed at improving the quality of students learning Indonesian Makassar Unismuh junior class IXA through contextual approach. This study consisted of two cycles of the first cycle for 4 meetings and the second cycle for 4 meetings. The subjects were students of class IXA Makassar Junior Unismuh the number of 30 students in the first semester of the 2015/2016 school year on the subject of short stories. Collecting data through the test results of this research study, observation sheet activities of students and teachers as well as student questionnaire responses. Data were analyzed by descriptive quantitative and qualitative. Based on the analysis, the results of studying Indonesian students has increased, which includes the average score Indonesian learning outcomes of students in the first cycle was 75.5 with a standard deviation of 9.87. In the second cycle the average score Indonesian student learning outcomes is 85.2 with a standard deviation of 12.36. The percentage of students who achieve mastery minimum is 23 or 76.66% in the first cycle and 27 or 90% in the second cycle. While data on the observation of activity of students and teachers were analyzed qualitatively also increased for applied learning with contextual approach in class IXA Unismuh SMP. In addition, the students' response to the contextual approach was generally positive with the average number of 95.18. So in general it can be concluded that the quality of learning Indonesian students has increased.Keywords: Quality of Learning, Contextual Approach. Abstrak Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IXA SMP Unismuh Makassar melalui pendekatan kontekstual. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I selama 4 kali pertemuan dan siklus II selama 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IXA SMP Unismuh Makassar dengan jumlah siswa 30 pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 dengan pokok bahasan cerita pendek. Pengambilan data penelitian ini melalui tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa dan guru serta angket respon siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis, hasil belajar bahasa Indonesia siswa mengalami peningkatan, yang meliputi skor rata-rata hasil belajar bahasa Indonesia siswa pada siklus I adalah 75,5 dengan standar deviasi 9,87. Pada siklus II skor rata-rata hasil belajar bahasa Indonesia siswa adalah 85,2 dengan standar deviasi 12,36. Persentase siswa yang mencapai ketuntasan minimal adalah 23 atau 76,66 % pada siklus I dan 27 atau 90% pada siklus II. Sedangkan data hasil observasi aktivitas siswa dan guru yang dianalisis secara kualitatif juga mengalami peningkatan selama diterapkan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas IXA SMP Unismuh. Selain itu, respon siswa terhadap pendekatan kontekstual secara umum positif dengan jumlah rata-rata sebesar 95,18. Sehingga secara umum dapat disimpulkan bahwa kualitas pembelajaran bahasa indonesia siswa mengalami peningkatan.Kata Kunci : Kualitas Pembelajaran, Pendekatan Kontekstual.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PENGALIRAN PROGRAM IMAS (IMAGE STREAMING) DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARATIF PADA SISWAKELAS X SMA NEGERI I POLUT KABUPATEN TAKALAR Nur Ahmadi; Yuliana Yuliana
JURNAL KONFIKS Vol 2, No 1 (2015): KONFIKS
Publisher : LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (485.342 KB) | DOI: 10.26618/konfiks.v2i1.405

Abstract

Abstract This research aimed to improve the ability to write narrative through IMAS learning model (image streaming) Grade Students of SMA X.5 I Polut KabupatenTakalar totaling 29 students. Data collection technique used a model observation, documentation and testing. The data analysis technique used the model descriptive analysis to measure the ability to write the test results of the study (1 time giving the test) every cycle by using the distribution frequency of and the percentage of the first is that there is an increase in the quality of the learning process to write a paragraph of narrative once held a class action learning model IMAS ( Image Streaming). The results showed an increase in student learning outcomes. The average score of the first cycle of 69.59 with classical completeness 16 (55.17%) completed, are in the low category and increased in the second cycle 83.13 with classical completeness 29 (100%) completed. This is supported by the increase in activity and creativity of the students in the learning process of the first cycle increased in the second cycle. This means the application of learning models IMAS (Iamge Stream) in learning Indonesian can improve the ability to write a narrative paragraph X.5 grade students of SMA I Polut Takalar. Keywords: Writing paragraphs of narrative, learning model IMAS (Image Streaming) AbstrakPenelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis naratif melalui model pembelajaran IMAS (image streaming) pada siswa kelas X.5 SMA Negeri I Polut Kabupaten Takalar yang berjumlah 29 siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah model observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis deskriptif untuk mengukur kemampuan menulis hasil tes penelitian (1 kali pemberian tes) setiap siklus dengan menggunakan distribusi frekuansi dan persentase yang pertama bahwa ada peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis paragraf naratif setelah diadakan tindakan kelas dengan model pembelajaran IMAS (Image Streaming). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Skor rata-rata siklus I 69,59 dengan ketuntasan klasikal 16 orang (55,17%) tuntas, berada pada kategori rendah dan meningkat pada siklus II 83,13 dengan ketuntasan klasikal 29 orang (100%) tuntas. Hal ini didukung oleh peningkatan keaktifan dan kreatifitas siswa dalam proses belajar mengajar dari siklus I meningkat pada siklus II. Ini berarti penerapan model pembelajaran IMAS (Iamge Streaming) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf naratif siswa kelas X.5 SMA Negeri I Polut Kabupaten Takalar.Kata kunci: Menulis paragraf naratif, model pembelajaran IMAS (Image Streaming)
ANALISIS KOHESI DALAM KARANGAN SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH TAKKALASI KABUPATEN BARRU Iskandar Iskandar; Sri Wahyuni
JURNAL KONFIKS Vol 2, No 1 (2015): KONFIKS
Publisher : LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (642.743 KB) | DOI: 10.26618/konfiks.v2i1.406

Abstract

Abstract This study aimed to describe the use of cohesion in the junior class VIII student essay MuhammadiyahTakkalasi Barru terms of discourse analysis. This research is descriptive quantitative analysis design cohesion. From the analysis obtained by tabulating the frequency and percentage analysis results. Efforts to achieve these objectives pursued by analysis on 25 samples of fruit bouquets of all eighth grade students of SMP Muhammadiyah Takkalasi Barru. The type of cohesion that used by students seem fraction only use four, five, nine to ten types and mostly used six, seven or eight species. Frequency of use of the types of cohesion was found to differ from each other. The average frequency of use of cohesion in general distribution  found from 0.28 to 20.04, while the level of discourse cohesion proportion of students found an average of 0.38% -48.57%. With this fact can be seen that the level of harmony cohesion student remains low or in sufficient to serve as the foundation of a coherent essay. Based on these findings, it  suggested that the results used as input for the reader to better understand the discourse primarily on the theory of cohesion in analyzing an essay / article, in order to improve the quality of their writing specifically for students of class VIII SMP Muhammadiyah Takkalasi Barru and all levels students in general, and the need for cohesion in a research essay by the same method, the same language, the different types of discourse. Keywords: bouquet, analysis of cohesion. AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan kohesi dalam karangan siswa kelas VIII SMP MuhammadiyahTakkalasi Kabupaten Barru ditinjau dari analisis wacana. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan analisis kohesi. Dari analisis tersebut diperoleh tabulasi frekuensi dan persentase hasil analisis. Usaha untuk mencapai tujuan tersebut ditempuh dengan melakukan analisis pada sampel 25 buah karangan dari seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Takkalasi Kabupaten Barru. Jenis kohesi yang digunakan oleh siswa tampaknya sebagian kecil hanya menggunakan empat, lima, Sembilan sampai sepuluh jenis dan sebagian besar menggunakan enam, tujuh sampai delapan jenis. Frekuensi penggunaan jenis-jenis kohesi ditemukan berbeda satu sama lain. Frekuensi rata-rata dari penggunaan distribusi kohesi secara umum ditemukan dari 0,28-20,04, sedangkan tingkat proporsi kohesi wacana siswa ditemukan  rata-rata 0,38%-48,57%. Dengan kenyataan tersebut dapat diketahui bahwa tingkat keharmonisan kohesi siswa masih rendah atau belum memadai untuk dijadikan pondasi karangan yang koheren. Berdasarkan temuan penelitian ini, disarankan agar hasilnya dijadikan sebagai bahan masukan bagi pembaca agar dapat lebih memahami wacana utamanya mengenai teori kohesi dalam menganalisis suatu karangan/tulisan, dalam rangka meningkatkan kualitas tulisan mereka secara khusus bagi pelajar kelas VIII SMP Muhammadiyah Takkalasi Kabupaten Barru dan seluruh tingkatan pelajar pada umumnya, dan perlunya dilakukan penelitian kohesi dalam karangan dengan metode yang sama, bahasa yang sama, pada jenis wacana yang berbeda.Kata kunci: karangan, analisis kohesi.
ANALISIS NILAI MORAL BAHASA GAUL (ALAY) TERHADAP PENDIDIKAN REMAJA PADA MEDIA SOSIAL Hanana Muliana; Sumarni Sumarni
JURNAL KONFIKS Vol 2, No 1 (2015): KONFIKS
Publisher : LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.359 KB) | DOI: 10.26618/konfiks.v2i1.407

Abstract

Abstract The problems of study related to moral values in Alay language. The problem seen through the formulation of the problem, namely the moral values of what are contained in slang (Alay) on social media against youth education? The purpose of this study was to describe about moral values slang (Alay) on social media on youth education. In order to contribute to the community that over the times, good language and appropriate arrangements to speak not as a language Alay rampant in social networks. This research was a study that contains some excerpts or statements contained in Alay language socially mediated. As for this research technique used in this study is documentation technique to collect the articles and surveys of the print media. The results showed that the value penddikan contained in bahsa Alay are: (1) the value of religious education include: ethics speak, the ethical use of the time (2) the value of cultural education includes: the value of Indonesian, the value of the mother tongue, language scores Alay and value slang (3) the value of psychological education include: lifestyle and mindset Keywords: moral values, language Alay, social media Abstrak Masalah dalam penelitian ini berkaitan dengan nilai-nilai moral dalam bahasa Alay. Masalah tersebut dilihat melalui rumusan masalah, yaitu Nilai-nilai moral apa sajakah yang terdapat dalam bahasa gaul (Alay) pada media sosial terhadap pendidikan remaja? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang nilai-nilai moral bahasa gaul (Alay) pada media sosial terhadap pendidikan remaja. Guna memberikan sumbangsih kepada masyarakat bahwa seiring perkembangan zaman, bahasa yang baik dan sesuai tatanan berbahasa bukan seperti bahasa Alay yang marak dalam jejaring  sosial . Jenis penelitian ini adalah penelitian yang berisi kutipan beberapa atau pernyataan yang terdapat dalam bahasa Alay dimedia sosial. Adapun teknik penelitian ini yang digunakan  dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dengan jalan mengumpulkan artikel-artikel dan hasil survei dari media cetak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai penddikan yang terdapat dalam bahsa Alay adalah: (1) nilai pendidikan agama meliputi: etika berbicara, etika menggunakan waktu (2) nilai pendidikan budaya meliputi: nilai bahasa Indonesia, nilai bahasa ibu, nilai bahasa Alay dan nilai bahasa prokem  (3) nilai pendidikan psikologis meliputi: gaya hidup dan pola pikirKata Kunci: nilai moral, bahasa Alay, media sosial

Page 1 of 1 | Total Record : 8