cover
Contact Name
Renaningsih
Contact Email
ren186@ums.ac.id
Phone
+6285713971227
Journal Mail Official
dintek_sipil@ums.ac.id
Editorial Address
Gedung Induk Siti Walidah lt. 5, Pabelan, Kartasura, Kab. Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah, 57169
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Dinamika Teknik Sipil
ISSN : 14118904     EISSN : 28282876     DOI : 10.23917/dts
Core Subject : Engineering,
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil is a journal managed by Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering Universitas Muhammadiyah Surakarta. It focuses on the dissemination of conceptual ideas, design, analysis, and application of civil engineering in the development of sustainable infrastructure which will give a real contribution to solve the real-world problems, particularly problems regarding infrastructures and disasters.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 15/No.2/Desember 2022" : 5 Documents clear
Pengaruh Penggunaan Cangkang Buah Kelapa Sawit Sebagai Substitusi Agregat Kasar Terhadap Karakteristik Marshall Campuran Asphalt Concrete - Binder Course (Ac-Bc) Lala Riyadi Yansyah
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 15/No.2/Desember 2022
Publisher : Departement of Civil Engineering, Faculty of Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dts.v15i2.18718

Abstract

Penggunaan Agregat dalam campuran laston dengan harga yang cukup mahal. Sehingga perlu adanya alternatif yang lebih murah dengan kualitas yang memadai. Limbah cangkang kelapa sawit ini mudah dan murah didapat karena merupakan limbah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik marshall AC-BC dengan penggunaan pecahan cangkang buah kelapa sawit sebagai substitusi agregat kasar serta mengetahui apakah AC-BC yang menggunakan pecahan cangkang buah kelapa sawit dapat digunakan pada perkerasan jalan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan metode pengujian marshall di laboratorium. Pengujian yang dilakukan dengan variasi 1 (cangkang kelapa sawit 0%), variasi 2 (cangkang kelapa sawit 2,5%), variasi 3 (cangkang kelapa sawit 5%), variasi 4 (cangkang kelapa sawit 0%). Pengujian dilakukan dengan perendaman selama 30 menit.  Berdasarkan hasil pengujian didapat nilai stabilitas maksimum pada variasi 1 sebesar 1601 kg, nilai flow maksimum pada variasi 2 sebesar 3,45 mm, nilai VMA maksimum pada variasi 3 sebesar 15,41 %, nilai VFA maksimum pada variasi 1 sebesar 67,25%, nilai VIM maksimum pada variasi 3 sebesar 8,03 mm, nilai marshall quotient maksimum pada variasi 1 sebesar 546 kg. Hasil penelitian menunjukan bahwa campuran AC – BC dengan kombinasi cangkang kelapa sawit perlu pertimbangan karena sebagian parameter marshall tidak memenuhi Spesifikasi Umum Bina Marga 2018 devisi 6. 
Pengaruh Campuran Styrofoam Terhadap Kuat Tekan Beton Ringan Dengan Tambahan Superplasticizer Rizka Damayanti
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 15/No.2/Desember 2022
Publisher : Departement of Civil Engineering, Faculty of Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dts.v15i2.18736

Abstract

Beton ringan adalah beton yang mempunyai berat kurang dari dibawah 1800 kg/m3. Penggunaan beton ringan adalah untuk mengurangi berat sendiri beton. Aggregat kasar yang dipergunakan adalah batu apung Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan styrofoam dengan variasi 0%, 0,5%, 2% dan 3,5% dan penambahan 1% superplasticizer terhadap kuat tekan beton ringan. Untuk menghitung komposisi campuran menggunakan metode ACI 211.2-98. Penelitian ini menggunakan benda uji kubus 15 × 15 × 15 cm sebanyak 36 buah. Pengujian dilakukan pada umur beton 7 hari, 14 hari dan 28 hari. Dari hasil penelitian diketahui hasil paling maksimum terjadi pada umur beton 28 hari didapatkan hasil kuat tekan berturut-turut, yaitu 6,93 MPa, 4,76 MPa, 2,46 MPa dan 3,32 MPa.
Pengaruh Penggunaan Limbah Botol Plastik Terhadap Karakteristik Marshall Campuran Lapis Aspal Beton (LASTON) Novita Sariani Ngabar
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 15/No.2/Desember 2022
Publisher : Departement of Civil Engineering, Faculty of Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dts.v15i2.18748

Abstract

Untuk meningkatkan kualitas permukaan jalan dapat dilakukan perubahan campuran aspal beton (LASTON) yang diharapkan memiliki kualitas aspal yang sesuai dengan standar. Contoh penelitian sering menggunakan bahan limbah kota sebagai alternatif untuk memodifikasi campuran perkerasan. Limbah botol plastik PET (polyethylene terephthalate) digunakan sebagai bahan dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan sifat dan membandingkan nilai parameter Marshall. Proses pencampuran menggunakan proses kering dimana ditambahkan plastik dan agregat, kemudian dipanaskan dan kemudian ditambahkan aspal panas. Kandungan PET yang ditambahkan adalah 0%, 2%, 5%, 8% dari berat aspal. Berdasarkan analisis data perhitungan dan percobaan laboratorium, penambahan kepingan botol plastik PET (polyethylene terephthalate) terhadap pengendalian campuran AC-WC menyebabkan penurunan skor stabilitas sebesar 13,82%. Nilai VFA (Void Filled with Asphalt) mengalami penurunan sebesar 5,22 persen, sedangkan kuat luluh mengalami penurunan sebesar 15,522 %. Nilai VMA (Void in Mineral Aggregate) meningkat sebesar 1,196%, namun nilai VIM (Void in Mix) meningkat sebesar 0,540, sedangkan Marshall Ratio meningkat sebesar 0,452%. Hasil Uji Parameter Marshall menunjukkan penggunaan limbah botol plastik PET dengan variasi kandungan plastik 0%, 2%, 5 ± 8% masih belum optimal untuk digunakan sebagai bahan tambahan AC-WC Laston Bina Marga 2018 dibawah kondisi yang ditentukan pada spesifikasi umum Divisi 6, karena nilai VFA dan VIM yang ditentukan pada penelitian tidak memenuhi persyaratan.
Pengaruh Geometri terhadap Kestabilan Lereng Athar Apriansyah; Nurly Ghofar
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 15/No.2/Desember 2022
Publisher : Departement of Civil Engineering, Faculty of Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dts.v15i2.19622

Abstract

Faktor utama yang mempengaruhi kestabilan lereng adalah geometri lereng itu sendiri. Penelitian ini difokuskan pada evaluasi kestabilan lereng sepanjang ruas jalan Batas Muara Enim dan Sugih Waras yang terletak di Sumatra Selatan. Data lapangan didapatkan dari laporan inventarisasi lereng dan studi lapangan untuk mengevaluasi data tanah yang terdapat pada ruas jalan tersebut.  Pengukuran menunjukkan bahwa lereng di sepanjang ruas jalan yang diteliti mempunyai sudut lereng berkisar 11o – 48odan tinggi 5 m – 18,8 m Analisis stabilitas dilakukan dengan menggunakan metode kesetimbangan batas Bishop yang diaplikasikan pada Microsoft Excel dan menggunakan program SLOPE/w. Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan sudut lereng mengakibatkan berkurangnya stabilitas lereng. Demikian juga pada sudut lereng yang sama, penambahan tinggi mengakibatkan pengurangan stabilitas. Dengan demikian, pada lereng yang direkayasa untuk keperluan konstruksi perlu diperhatikan pembatasan tinggi lereng pada sudut kemiringan tertentu sehingga stabilitas lereng dapat terjaga. Metode terasering atau lereng bertingkat dapat di adopsi untuk lereng yang di rekayasa 
Studi Komparasi Perilaku Gedung Beton Bertulang dengan Ketidakberaturan Vertikal Tipe 2 Menggunakan Dinding Geser dan Rangka Bresing Konsentrik Inverted-V Daniel Jason Tatang; Lidya Fransisca Tjong
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 15/No.2/Desember 2022
Publisher : Departement of Civil Engineering, Faculty of Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dts.v15i2.19715

Abstract

Dinding geser umumnya digunakan pada struktur rangka beton bertulang, sedangkan bresing baja paling sering digunakan pada struktur baja. Pemberian bresing baja internal pada rangka beton bertulang mampu menahan beban lateral lebih tinggi dibandingkan rangka tanpa bresing. Maheri (2009), dalam studi bresing internal yang disambung secara langsung pada rangka beton bertulang menyimpulkan bahwa bresing tidak hanya cocok untuk meretrofit bangunan yang sudah ada, tetapi dapat menjadi alternatif yang kompeten sebagai pengganti dinding geser pada bangunan yang baru dibangun. Dalam studi ini dilakukan komparasi perilaku struktur untuk mengetahui perbedaan perilaku gedung yang memiliki ketidakberaturan massa dengan menggunakan dinding geser (Model 1) dan Sistem Rangka Bresing Konsentrik (SRBK) inverted – V (Model 2). Dari analisis linear dinamik diperoleh hasil: Periode struktur untuk ragam pertama yang diperoleh menunjukkan model 1 bernilai lebih kecil 7.65 % dari model 2.  Model 1 memiliki kinerja yang baik terhadap simpangan tingkat karena memiliki nilai simpangan elastik lantai teratas lebih kecil 11.22 % dibandingkan dengan model 2. Dari segi gaya geser dasar yang dianalisis menunjukkan bahwa gaya geser dasar pada model 1 lebih besar 1.81 % dibandingkan gaya geser dasar model 2. Model 1 memliki kekakuan pada tingkat dasar lebih besar 31.62 % dibandingkan dengan model 2.   

Page 1 of 1 | Total Record : 5