cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi
ISSN : 25030477     EISSN : 25023357     DOI : -
Core Subject : Science,
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi published by the Department of Information Systems Unipdu Jombang. Register published twice a year, in January and July, Registerincludes research in the field of Information Technology, Information Systems Engineering, Intelligent Business Systems, and others. Editors invite research lecturers, the reviewer, practitioners, industry, and observers to contribute to this journal.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2015): January" : 7 Documents clear
Sistem Informasi Absensi Haul Berbasis Web di Pondok Pesantren Muhyiddin Surabaya Jannah, Erliyah Nurul; Arifin, Agus Zainal
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi Vol 1, No 1 (2015): January
Publisher : Information Systems - Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/register.v1i1.405

Abstract

Teknologi informasi saat ini telah menjadi kebutuhan bagi hampir semua instansi, baik pemerintah maupun swasta. Tak terkecuali pondok pesantren, khususnya Pondok Pesantren Muhyiddin Surabaya. Berbagai permasalahan di pondok pesantren membutuhkan bantuan teknologi informasi dalam penyelesaiannya. Salah satunya adalah permasalahan pencatatan kehadiran peserta dalam suatu acara tertentu seperti acara Haul. Haul merupakan acara tahunan yang bertujuan untuk memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW. Acara Haul di PP. Muhyiddin mendatangkan lebih dari seribu peserta yang merupakan penghafal Quran. Panitia Haul harus mengabsen peserta satu persatu serta menempatkannya ke majelis-majelis berdasarkan urutan kedatangan dan kota asal. Sistem informasi absensi yang ada masih berbasis desktop dan hanya mampu digunakan untuk mengabsen peserta saja. Sistem tersebut belum mampu melakukan pembagian majelis peserta secara otomatis. Padahal proses pembagian majelis inilah yang menyebabkan proses absensi memakan waktu lama. Oleh sebab itu, dibuatlah sebuah Sistem Informasi Absensi Haul yang berbasis web. Sistem ini diharapkan mampu untuk membuat proses absensi pada acara Haul menjadi lebih efisien. Dari hasil pengujian sistem yang telah dilakukan, dalam satu menit sistem dapat digunakan untuk mengabsen sepuluh peserta, membagi peserta tersebut ke majelis-majelis, dan mencetak kartu peserta Haul.
Otomatisasi Peringkasan Dokumen Sebagai Pendukung Sistem Manajemen Surat Najibullah, Ahmad; Mingyan, Wang
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi Vol 1, No 1 (2015): January
Publisher : Information Systems - Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/register.v1i1.400

Abstract

Peringkasan dokumen adalah proses penyajian kembali dokumen dalam bentuk yang lebih singkat tanpa membuang informasi penting yang terdapat dalam dokumen tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode Naive Bayes untuk menghasilkan ringkasan sebuah dokumen. Objek dalam penelitian ini berupa dokumen yang berbentuk surat. Dalam proses peringkasan dokumen, penghitungan probabilitas didasarkan pada fitur teks yang ada dalam surat, diantaranya adalah frekuensi kata, kata kunci, frase kunci, dan kata yang termasuk dalam kelas entitas atau numerik. Hasil uji coba menunjukkan bahwa tingkat kompresi adalah 53.67% dengan informasi penting yang tersedia dalam ringkasan mencapai 96.67% dari dokumen asli.
Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Pegawai (SIM-Peg) Di Universitas Pesantren Tinggi Darul Balafif, Nufan; Muttaqin, Zainal
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi Vol 1, No 1 (2015): January
Publisher : Information Systems - Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/register.v1i1.406

Abstract

Perkembangan teknologi komputer yang semakin pesat mengakibatkan badan usaha maupun lembaga akademik perlu mengiplementasikan kemajuan teknologi ini untuk banyak keperluan. Sumber daya manusia dalam hal ini pegawai merupakan elemen penting dalam sebuah organisasi akademik terutama di sebuah institusi pendidikan, terutama di Unipdu Jombang. Informasi-informasi penting mengenai seluruh informasi pegawai terkandung di dalamnya. Oleh karena itu setiap aktivitas yang berkaitan dengan pegawai atau karyawan, harus dilakukan penyimpanan data dan didokumentasikan dengan baik. Dengan adanya masalah yang telah sebutkan di atas, Unipdu Jombang dirasa perlu untuk membuat sebuah dokumentasi dan arsip elektronik tentang kepegawaian. Sistem Informasi Manajemen Pegawai merupakan aplikasi berbasis web, yang dapat mengelola aktifitas pegawai di Unipdu yang meliputi: data pegawai, keluarga pegawai, pendidikan, pelatihan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, data keluarga, dokumen pribadi, data jabatan, level pegawai, serta kehadiran kegiatan rutin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Waterfall, sedangkan metode pengembangan perangkat lunak menggunakan metode USDP (Unified Software Development Process), yang mana metode ini menggunakan diagram UML (Unified Modelling Language) dengan menggunakan activity diagram, use case diagram, dan class diagram. Hasil dari aplikasi yang dibangun adalah memberikan laporan berupa keadaan pegawai secara tepat, sehingga membantu pihak kepegawaian Unipdu Jombang untuk melakukan kebijakan terhadap keadaan pegawai Unipdu Jombang, serta dapat memberikan kemudahan dalam memanajemen keadaan pegawai di Unipdu Jombang, baik itu dari proses rekrutmen pegawai maupun mutasi.
Sistem Panjaminan Mutu Pendidikan Dengan TOGAF ADM Untuk Sekolah Menengah Kejuruan Wiyana, Wiyana; Winarno, Wing Wahyu
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi Vol 1, No 1 (2015): January
Publisher : Information Systems - Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/register.v1i1.401

Abstract

Perencanaan penerapan teknologi informasi digunakan untuk menciptakan keselarasan dengan fungsi bisnis bagi kebutuhan organisasi. Kerangka penyelarasan kesenjangan organisasi dibutuhkan sebagai paradigma dalam merencanakan, merancang, dan mengelola sistem informasi yang disebut dengan Enterprise Architecture (EA). Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai institusi pendidikan dalam mengembangkan arsitektur enterprise mengadopsi framework The Open Group Architecture Framework (TOGAF) Architecture Development Method (ADM) untuk mengintegrasikan fungsi bisnis sekolah guna mendukung Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP). Metodologi perancangan EA dengan membangun arsitektur bisnis, data, aplikasi dan teknologi menghasilkan blueprint yang dijadikan model dasar dalam pengembangan arsitektur untuk mendukung pencapaian tujuan strategis organisasi. Pengujian validitas rancangan EA digunakan EA Scorecard untuk metode analisanya. Tahapan rancangan untuk implementasi disesuaikan dengan standar tata kelola teknologi informasi dari kerangka Permenkominfo No.41 tahun 2007 dan critical succes factor untuk keberhasihan penerapan rancangan EA.
Rancang Bangun Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Gangguan Kepribadian Histerik Menggunakan Metode Certainty Factor Oktavia, Tri Nur; Satyareni, Diema Hernyka; Jannah, Erliyah Nurul
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi Vol 1, No 1 (2015): January
Publisher : Information Systems - Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/register.v1i1.402

Abstract

Gangguan kepribadian histerik atau yang biasa dikenal dengan gangguan kepribadian histrionik merupakan gangguan kepribadian dengan karakter emosi yang meluap-luap, termasuk keinginan berlebihan untuk mendapatkan pujian. Penderita gangguan kepribadian histerik mempunyai tingkah laku yang dramatik dan bereaksi terhadap sesuatu secara berlebihan, serta selalu ingin diperhatikan. Banyak orang yang mengalami gangguan ini, terutama kalangan remaja. Namun sebagian besar dari penderita gangguan ini kurang menyadari kondisinya dan menolak untuk melakukan konsultasi ke psikolog atau psikiater. Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu sistem pakar yang dapat membantu untuk mendiagnosis secara mandiri gangguan kepribadian histerik dan mampu memberikan solusi penanganan yang tepat. Sistem tersebut dibangun dengan menggunakan metode waterfall dan metode certainty factor sebagai metode kepakarannya. Hasil dari penelitian ini adalah sistem pakar berbasis web untuk mendiagnosis tingkat gangguan kepribadian histerik. Sistem akan menampilkan nilai kepastian dan tingkat gangguan kepribadian histerik yang dialami pengguna, serta solusi penanganannya. Uji hasil kepakaran dilakukan dengan cara membandingkan hasil diagnosis dari sistem dengan hasil diagnosis dari pakar. Hasil uji kepakaran menunjukkan bahwa hasil diagnosis sistem sudah mendekati kebenaran dari diagnosis seorang pakar. Nilai prosentase sistem sebesar 83,01% dan nilai prosentase pakar sebesar 83,3%. Dengan adanya sistem pakar ini, masyarakat umum dapat melakukan diagnosis mandiri untuk mengetahui tingkat gangguan kepribadian histerik yang dialami serta penanganannya dengan mudah tanpa harus datang ke psikolog.
Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Kendaraan di PT PLN (Persero) Area Mojokerto Masrur, Mukhamad; Mustofa, Novan Adi; Sofanni, Misfah
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi Vol 1, No 1 (2015): January
Publisher : Information Systems - Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/register.v1i1.403

Abstract

PT Perusahaan Listrik Negara (PT PLN) (Persero) Area Mojokerto merupakan salah satu cabang dari PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur yang bergerak di bidang pelayanan terhadap pelanggan. Pada PT PLN (Persero) Area Mojokerto terdapat sebuah bagian yang khusus menangani pengelolaan kendaraan. Proses pengelolaan kendaraan pada PT PLN (Persero) Area Mojokerto saat ini masih menggunakan Microsoft Excel, sehingga belum bisa memberikan pelayanan cepat dalam proses peminjaman mobil dan kurang efisien dalam perihal penyimpanan data. Permasalahan yang akan dituntut ada penyelesaiannya agar pegawai mendapat pelayanan secara proporsional akan pelayanan yang tersedia. Solusi dari permasalahan tersebut adalah membuat adanya aplikasi baru. Adapun aplikasi yang dibuat yaitu Aplikasi berbasis Web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Hasil penelitian ini berupa sebuah Aplikasi Pengelolaan Kendaraan. Dengan adanya solusi yang demikian mampu meningkatkan terlaksana proses kerja pada bagian manajemen kendaraan yang lebih maksimal serta mempermudah pelayanan pada proses peminjaman kendaraan
Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Program Acara Di KSTV Kediri Dengan Menggunakan Metode Fuzzy AHP Fatoni, Mufid Ali; Lukmana, Indra; Masrur, Mukhamad
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi Vol 1, No 1 (2015): January
Publisher : Information Systems - Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/register.v1i1.404

Abstract

Penentuan program acara pada suatu stasiun televisi merupakan denyut nadi dari penyiaran pertelevisian. Mekanisme semacam ini harus didukung dengan sistem pendukung keputusan yang bukan hanya mempermudah suatu pekerjaan, tetapi efektifitas dan efisiensinya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sistem pendukung keputusan yang dapat memberikan rekomendasi alternatif program acara sesuai dengan perbandingan kriteria dan alternatif yang telah dievaluasi dengan menggunakan metode Fuzzy AHP. Kriteria yang digunakan pada sistem meliputi biaya produksi, daya tarik, tema, segmentasi, profit, orientasi program, dan etika. Dengan adanya sistem pendukung keputusan ini akan mempermudah divisi program acara dalam menentukan program acara yang akan ditayangkan. Selain itu, sistem juga memberikan kemudahan bagi manager operasional dalam mengawasi acara-acara yang ada dalam proses broadcast KSTV.

Page 1 of 1 | Total Record : 7