cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi
ISSN : 25030477     EISSN : 25023357     DOI : -
Core Subject : Science,
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi published by the Department of Information Systems Unipdu Jombang. Register published twice a year, in January and July, Registerincludes research in the field of Information Technology, Information Systems Engineering, Intelligent Business Systems, and others. Editors invite research lecturers, the reviewer, practitioners, industry, and observers to contribute to this journal.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2017): July" : 14 Documents clear
Designing mobile farmer application using object oriented analysis and design Mufti, Abdul; Novianti, Desi; Anjani, Dewi
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi Vol 3, No 2 (2017): July-December
Publisher : Prodi Sistem Informasi - Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1066.385 KB) | DOI: 10.26594/register.v3i2.1100

Abstract

Sistem e-farmers merupakan sebuah sistem penjualan berbasis teknologi (e-commerce) yang dapat diakses melalui website, digunakan untuk membantu para petani menjual hasil pertanian berupa beras secara langsung ke konsumen. Namun dengan adanya kendala dalam hal kepemilikan perangkat komputer dan laptop, petani maupun konsumen yang merupakan pengakses website ladangku.id beralih menggunakan perangkat mobile. Dengan alasan ini, maka peneliti membuat sebuah sistem e-farmers yang awalnya berupa website dapat juga diakses melalui perangkat mobile dengan sistem operasi Android. Karena sistem berbasis website berbeda dengan sistem berbasis mobile, untuk itu dibutuhkan sebuah perancangan sistem e-farmer yang berbasis mobile yang akan terintegrasi dengan sistem berbasis website. Di mana metode yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D), yang mana mengembangkan sistem yang sudah ada dan hasil akhirnya menghasilkan sebuah produk berupa rancangan sistem aplikasi e-farmers yang dapat berkerja di platform Android.  E-farmers system is a technology-based commerce system (e-commerce) that can be accessed via a website, used for assisting farmers in selling rice product directly to consumers. However, due to the constraint in the ownership of computer and laptop, farmers and consumers as the users of the website ladangku.id now use mobile devices instead. For this reason, the researcher developed an e-farmers system that was initially only accessible via the website but now can be accessed via mobile devices with the Android operating system. Because the website-based system and mobile-based system are different, it is necessary to have a mobile-based e-farmer system design that is integrated with the website-based system. The method used was Research and Development (R&D) method by developing the existing system, and the final product was in the form of a design of e-farmer application system that can work on Android platform.
Implementasi Pull Message dengan menggunakan Restful Web Service pada komunikasi Wireless Sensor Hidayatullah, Rakhmad Arif; Sari, Zamah; Faiqurahman, Mahar
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi Vol 3, No 2 (2017): July-December
Publisher : Prodi Sistem Informasi - Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (103.108 KB) | DOI: 10.26594/register.v3i2.699

Abstract

 Wireless Sensor Network (WSN) merupakan jaringan dengan skalabilitas yang sangat tinggi, dan memiliki jumlah sensor node yang sangat banyak. Untuk efisiensi biaya, sensor node banyak diterapkan dengan menggunakan Arduino. Arduino merupakan papan rangkaian elektronik open source yang di dalamnya terdapat chip mikrokontroler. Dengan keterbatasan resource yang dimiliki oleh Arduino, efisiensi komputasi yang ada di dalam sensor node harus diperhatikan. Salah satunya berkaitan dengan proses komunikasi dan pengiriman data dari sensor node ke sink node (gateway). Restful web service merupakan salah satu protokol komunikasi yang memanfaatkan HTTP. Protokol ini dikenal memiliki efisiensi yang cukup tinggi, di samping karena interoperabilitasnya untuk digunakan pada berbagai platform. Dalam makalah ini akan diuraikan hasil dari implementasi model pull message dengan menggunakan restful web service, pada komunikasi antara sink node (gateway) dengan sensor node, di dalam infrastruktur WSN. Dalam penelitian yang dilakukan, digunakan mikrokontroler Arduino sebagai sensor node, dan Raspberry Pi sebagai sink node. Selain itu juga diimplementasikan mekanisme thread untuk menangani multi-process yang berjalan di dalam sensor node. Hasil dari pengujian menunjukan bahwa interval sensing, ukuran data, dan jumlah sink node yang melakukan request, tidak begitu berpengaruh terhadap ketersedian free memory heap pada sensor node. Sedangkan ukuran dari data hasil sensing yang dikirim mempunyai pengaruh terhadap request-response time.    Wireless Sensor Network (WSN) infrastructure has very high scalability, which is composed of a large number of the sensor node. For cost efficiency, sensor node broadly deployed using Arduino. Arduino is the open-source electronic circuit board, which has embedded microcontroller chipset. Due to limited resource, the efficiency of computation inside Arduino must be considered during the development of sensor node. One of them is related to communication and data delivery process between the sensor node and sink node. Restful Web Service is one of communication protocol framework which uses HTTP protocol and claimed to be the most efficient Web Service. As well as the other web services, Restful also support high interoperability of communication. In this paper we describe the implementation of pull message mechanism on WSN communication between the sensor node and sink node, using Restful Web Service. We implemented sensor node using Arduino board, and sink node using Raspberry Pi. We also used thread mechanism to handle multi-process that run in the sensor node. The results of the study show that the interval time in sensing, data size, and the number of sink node which makes requests, didn’t give too much influence in the availability of free memory heap in the sensor node. While the size of sensor data that was sent to sink node have an influence on a request-response time.
Analisis faktor adopsi aplikasi mobile berdasarkan pengalaman, usia dan jenis kelamin menggunakan UTAUT2 Budiarto, Raden
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi Vol 3, No 2 (2017): July-December
Publisher : Prodi Sistem Informasi - Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1358.79 KB) | DOI: 10.26594/register.v3i2.830

Abstract

Tulisan ini menganalisis faktor adopsi mobile berdasarkan kriteria pengalaman, usia dan jenis kelamin. Penelitian ini merupakan eksplorasi dan pengembangan lanjutan dari model UTAUT2 (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology). Beberapa variabel seperti kebiasaan dan kecemasan telah ditambahkan untuk menjelaskan penerimaan teknologi pada sisi konsumen. Di samping itu variabel moderator pengalaman, usia dan jenis kelamin telah dihipotesiskan pengaruhnya. Data yang digunakan penelitian ini diperoleh hasil pengolahan kuesioner dengan sampel convenient yang melibatkan partisipasi 384 responden. Data yang terkumpul selanjutnya diolah dengan Pemodelan Persamaan Struktur (PPS) atau Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan alat bantu aplikasi IBM SPPS 21 dan Amos 22. Hasil dari penelitian ini telah menunjukkan hasil uji empiris yang telah mendukung model teoritis yang diajukan. Dibandingkan dengan hasil penelitian terdahulu, hasil penelitian ini menunjukkan peran dominan nilai harga dan motivasi hedonis sebagai penentu pada niat perilaku. Efek nilai harga berbanding terbalik dengan niat perilaku sedangkan motivasi hedonis berbanding lurus dengan niat perilaku. Implikasi temuan dari variabel moderati yakni pengalaman, usia dan jenis kelamin juga ditemukan memiliki efek terhadap jenis adopsi aplikasi yang digunakan.         This paper analyzes mobile adoption factors based on age, gender and experience criteria. This study is an advanced development of UTAUT2 (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) model, that applied in the context of adoption mobile applications. There are some variables such as habits and anxiety have been added to explain the acceptance of technology on the consumer view. In addition, moderator variable age, gender and using experience have been hypothesized. The data used in this study obtained from the questionnaire using the method of convenient sampling with involved the participation of 384 respondents. The collected data is then analyzed by the Structural Equation Modelling (SEM) using IBM SPPS version 21 and Amos version 22 program tools. The results of this study show that the results supported the proposed theoretical model. Compared with the results of previous studies, the results of this study indicate the effect of price value and hedonic motivation as a determinant of behavioral intent. The effect of the value of the price is inversely proportional to the behavioral intention while the hedonic motivation is directly proportional to the behavioral intention. Implications of findings from moderate variables i.e. experience, age and gender were also found to influence the type of adoption of the applications used.  
Analisis perbandingan wireless network standard 802.11a dan 802.11p berdasarkan protokol dynamic source routing di lingkungan vehicular ad hoc networks Yusuf, Muhammad; Anggoro, Radityo
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi Vol 3, No 2 (2017): July-December
Publisher : Prodi Sistem Informasi - Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1625.065 KB) | DOI: 10.26594/register.v3i2.1040

Abstract

Routing pada Vehicular Ad Hoc Network (VANET) merupakan kasus yang unik karena tingginya perubahan jaringannya. VANET sendiri juga digolongkan dalam Mobile Ad Hoc Network (MANET), sehingga protokol-protokol routing yang ada pada MANET dapat juga dipakai pada VANET. Pemilihan protokol routing menjadi salah satu aspek yang cukup penting. Oleh karena itu, penelitian ini akan melakukan evaluasi seberapa kuatnya protokol Dynamic Source Routing (DSR) dalam menghadapi berbagai skenario VANET yang memiliki kepadatan bervariasi di dalam lalu lintas perkotaan. Digunakan protokol 802.11p dalam ruang lingkup lalu lintas perkotaan yang didapat dari SUMo simulator, dan dianalisa menggunakan NS-2. Pemilihan 802.11p juga dipilih dari hasil perbandingan antara 802.11p dan 802.11a pada ruang lingkup lalu lintas yang berbentuk grid yang didapat juga dari simulator yang sama. Dari hasil analisa menunjukkan bahwa 802.11p memiliki performa yang lebih bagus dan bervariasi terhadap kepadatan-kepadatan yang telah ditentukan.  Routing on Vehicular Ad Hoc Network (VANET) is a unique case due to the high network changes. VANET itself is also classified in Mobile Ad Hoc Network (MANET), so the MANET routing protocols can also be used on VANET. Selection of routing protocols becomes one of the most important aspects. Therefore, this study will evaluate how strong the Dynamic Source Routing (DSR) protocol in dealing with various VANET scenarios that have varied densities in urban traffic. This research is using an 802.11p protocol that obtained from SUMO simulator and then analyzed by NS-2. The 802.11p protocol was selected based on the result of performance comparison between 802.11p and 802.11a on some grid-shaped traffic scenarios. The results show that 802.11p has better performance and more robust than 802.11a while using predefined densities. 
Performance measurement of JP soft application using COBIT 5 framework Wijaya, Riki; Andry, Johanes Fernandes
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi Vol 3, No 2 (2017): July-December
Publisher : Prodi Sistem Informasi - Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1226.578 KB) | DOI: 10.26594/register.v3i2.1121

Abstract

PT. XYZ Gold merupakan jenis perusahaan yang berfokus pada bidang perdagangan dan importir produk tinta, kertas, serta ribbon printer cartridge dan sudah melakukan implementasi suatu tipe sistem aplikasi yang digunakan untuk kegiatan operasional perusahaan seperti penjualan, marketing, dan inventori perusahaan. Masalah yang pernah terjadi yaitu ketidaksamaan antara data yang satu dengan data yang dihasilkan oleh aplikasi yang digunakan. Dalam artikel penulisan ini, penulis melakukan audit pada aplikasi JP Soft untuk mengetahui prosedur yang berjalan, apakah sudah sesuai dengan proses bisnis dan juga melihat akurasi data pada bagian transaksi dan inventori. Dan masalah yang ada salah satunya yaitu limit order konsumen di sistem aplikasi dimana para konsumen dibatasi pesanannya karena beberapa faktor yang sebenarnya belum terjadi limit. Penulis melakukan analisis dan memilih untuk menggunakan framework COBIT 5 dalam penelitian ini. Metode yang digunakan penulis dalam proses pengumpulan data yaitu dengan dilakukannya metode wawancara dan observasi langsung di bagian perusahaan yang bersangkutan. Pada penelitian ini, domain yang dipilih yaitu domain Deliver Service and Support (DSS) dengan berfokus pada IT Proses DSS01 dan DSS03. Berdasarkan penelitian ini, penulis menemukan bahwa pada IT Proses DSS01 berada pada nilai 1.8 dan DSS03 nilai rata-ratanya 2.2. Penulis menarik kesimpulan bahwa dari hasil tingkat capability level ini yaitu PT. XYZ Gold masih harus banyak melakukan perbaikan untuk meningkatkan capability level yang ada karena masih cukup jauh dari expected level yang diharapkan oleh perusahaan ini.  PT. XYZ Gold is a company that focuses on trading and importing ink, paper, and ribbon printer cartridge products and has implemented a type of application system used for company operations such as sales, marketing, and inventory. The problem that ever happened is not matched between one data with data generated by the application used. In this writing article, the authors audit the JP Soft application to find out what procedures are running whether they are in accordance with the business process and also look at the accuracy of the data on the transaction and inventory sections. And the problem is one of them is the consumers limit order in the application system where consumers are limited orders due to several factors that actually have not happened limit. The author analyzed and chose to use the COBIT 5 framework in this study. The method used by the author in the process of data collection is by interview and direct observation in the company concerned. In this study, the selected domain is Deliver Service and Support (DSS) domain by focusing on IT Processes DSS01 and DSS03. Based on this research, the authors found that in the IT Processes DSS01 is in the value of 1.8 and DSS03 the average value 2.2. The author concludes that from the level of capability level is PT. XYZ Gold still has a lot of improvements to improve the capability of the existing level because it is still quite far from expected levels expected by this company.
Peringkasan dokumen berita Bahasa Indonesia menggunakan metode Cross Latent Semantic Analysis Mandar, Gamaria; Gunawan, Gunawan
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi Vol 3, No 2 (2017): July-December
Publisher : Prodi Sistem Informasi - Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1717.578 KB) | DOI: 10.26594/register.v3i2.1161

Abstract

Peringkasan dokumen berita Bahasa Indonesia dapat membantu untuk menemukan ide-ide pokok atau informasi penting lain dari sebuah berita. Berita umumnya terdiri atas banyaknya paragraf menjadi sebab diperlukan sebuah sistem untuk mengekstrak informasi, sehingga mampu memberikan ide pokok atau informasi penting yang tepat kepada pembaca, tanpa harus membaca secara detail keseluruhan isi berita tersebut, di samping itu dapat dimanfaatkan guna keperluaan Really Simple Syndication Feed (RSS-Feed). Penelitian ini memaparkan peringkasan dokumen berita berbahasa Indonesia menggunakan metode Cross Latent Semantic Analysis (CLSA) dan Latent Semantic Analysis (LSA). Untuk menguji seberapa baik hasil ringkasan yang dilakukan CLSA penelitian ini menggunakan 240 artikel berita yang diambil dari halaman portal www.kompas.com dan dua pakar yang berlatar belakang bidang yang berbeda. Hasil ringkasan CLSA dengan compression rate 30% memperoleh nilai F-Measure 0.72%. Penelitian ini juga menemukan fakta bahwa CLSA lebih baik dari metode LSA yang merupakan cikal bakal dari metode CLSA, walaupun skor hasil F-Measure keduanya tidak berbeda jauh.  Summarizing news documents in Bahasa serves to find main ideas or any other important information from a piece of news. A system to extract the information from ones consisting of many paragraphs is then deemed necessary in order to present precise main ideas or important information to the readers without them having to read the entire passage of news documents, in addition to become useful for Really Simple Syndication Feed (RSS-Feed). This article discusses summarizing news documents in Bahasa using Cross Latent Semantic Analysis (CLSA). To test if the summary resulted from CLSA qualified, this study examines 240 news articles retrieved from www.kompas.com and employs two experts from different fields. The summary resulted from CLSA with a compression rate of 30% obtains an F-Measure of 0.72%. This study also evidently indicates that CLSA has better performance from Latent Semantic Analysis (LSA) which was the initial system for CLSA, despite both F-Measure percentages being only slightly different.
Pengenalan karakter angka menggunakan metode Integral Proyeksi Liantoni, Febri
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi Vol 3, No 2 (2017): July-December
Publisher : Prodi Sistem Informasi - Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1197.719 KB) | DOI: 10.26594/register.v3i2.706

Abstract

 Saat ini dengan kemajuan teknologi membuat komputer memiliki kemampuan komputasi yang lebih tinggi untuk meningkatkan kemampuan dalam pengolahan data. Kemajuan teknologi ini juga berimbas pada kemampuan teknologi citra digital yang berhubungan dengan pengenalan karakter angka yang merupakan bagian dari pengenalan pola. Pengenalan karakter penting untuk pengolahan informasi yang memungkinkan proses identifikasi secara cepat dan otomatis. Pada penelitian ini dilakukan proses pengenalan karakter angka menggunakan metode Integral Proyeksi. Alasan menggunakan metode integral proyeksi karena mempunyai kelebihan pemrosesan yang sederhana dan cepat dalam mengidentifikasi suatu citra digital. Integral Proyeksi yang digunakan yaitu Integral Proyeksi vertikal dan Integral Proyeksi horisontal. Hasil penelitian menunjukkan pengenalan karakter angka mampu mengenali karakter dengan benar jika hasil praproses menghasilkan gambar yang baik. Pengenalan karakter angka akan kurang sempurna jika gambar yang diproses tidak baik, hal ini dikarenakan metode Integral Proyeksi bekerja dengan menghitung jumlah piksel tiap gambar untuk mengenai nilai gambar tersebut. Pengujian pengenalan karakater angka yang dilakukan terdapat 20 gambar uji menghasilkan nilai akurasi sebesar 65%.    Nowadays with the advancement of technology makes computers have higher computing capabilities to improve the capability of data processing. Advances in technology have also affected the ability of digital image technology related to the introduction of alphanumeric characters that are part of pattern recognition. Character recognition is important for information processing that allows rapid identification process automatically. In this research, numeric character recognition process using integral projection method. Reasons for using integral projection method for processing has the advantage of a simple and quick in identifying a digital image. The integral projection used is vertical projection and horizontal projection. The results showed numeric character recognition could recognize the characters correctly if the results of preprocessing produce good images. The introduction of the characters will be less than perfect if the images are processed is not good, this is because the integral projection method works by counting the number of pixels for each image to the value of the image. Testing the result of recognition from 20 image which is on dataset has been built to get accuracy value about 65%.
Designing mobile farmer application using object oriented analysis and design Mufti, Abdul; Novianti, Desi; Anjani, Dewi
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi Vol 3, No 2 (2017): July
Publisher : Information Systems - Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/register.v3i2.1100

Abstract

Sistem e-farmers merupakan sebuah sistem penjualan berbasis teknologi (e-commerce) yang dapat diakses melalui website, digunakan untuk membantu para petani menjual hasil pertanian berupa beras secara langsung ke konsumen. Namun dengan adanya kendala dalam hal kepemilikan perangkat komputer dan laptop, petani maupun konsumen yang merupakan pengakses website ladangku.id beralih menggunakan perangkat mobile. Dengan alasan ini, maka peneliti membuat sebuah sistem e-farmers yang awalnya berupa website dapat juga diakses melalui perangkat mobile dengan sistem operasi Android. Karena sistem berbasis website berbeda dengan sistem berbasis mobile, untuk itu dibutuhkan sebuah perancangan sistem e-farmer yang berbasis mobile yang akan terintegrasi dengan sistem berbasis website. Di mana metode yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D), yang mana mengembangkan sistem yang sudah ada dan hasil akhirnya menghasilkan sebuah produk berupa rancangan sistem aplikasi e-farmers yang dapat berkerja di platform Android.  E-farmers system is a technology-based commerce system (e-commerce) that can be accessed via a website, used for assisting farmers in selling rice product directly to consumers. However, due to the constraint in the ownership of computer and laptop, farmers and consumers as the users of the website ladangku.id now use mobile devices instead. For this reason, the researcher developed an e-farmers system that was initially only accessible via the website but now can be accessed via mobile devices with the Android operating system. Because the website-based system and mobile-based system are different, it is necessary to have a mobile-based e-farmer system design that is integrated with the website-based system. The method used was Research and Development (R&D) method by developing the existing system, and the final product was in the form of a design of e-farmer application system that can work on Android platform.
Pengenalan karakter angka menggunakan metode Integral Proyeksi Liantoni, Febri
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi Vol 3, No 2 (2017): July
Publisher : Information Systems - Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/register.v3i2.706

Abstract

 Saat ini dengan kemajuan teknologi membuat komputer memiliki kemampuan komputasi yang lebih tinggi untuk meningkatkan kemampuan dalam pengolahan data. Kemajuan teknologi ini juga berimbas pada kemampuan teknologi citra digital yang berhubungan dengan pengenalan karakter angka yang merupakan bagian dari pengenalan pola. Pengenalan karakter penting untuk pengolahan informasi yang memungkinkan proses identifikasi secara cepat dan otomatis. Pada penelitian ini dilakukan proses pengenalan karakter angka menggunakan metode Integral Proyeksi. Alasan menggunakan metode integral proyeksi karena mempunyai kelebihan pemrosesan yang sederhana dan cepat dalam mengidentifikasi suatu citra digital. Integral Proyeksi yang digunakan yaitu Integral Proyeksi vertikal dan Integral Proyeksi horisontal. Hasil penelitian menunjukkan pengenalan karakter angka mampu mengenali karakter dengan benar jika hasil praproses menghasilkan gambar yang baik. Pengenalan karakter angka akan kurang sempurna jika gambar yang diproses tidak baik, hal ini dikarenakan metode Integral Proyeksi bekerja dengan menghitung jumlah piksel tiap gambar untuk mengenai nilai gambar tersebut. Pengujian pengenalan karakater angka yang dilakukan terdapat 20 gambar uji menghasilkan nilai akurasi sebesar 65%.    Nowadays with the advancement of technology makes computers have higher computing capabilities to improve the capability of data processing. Advances in technology have also affected the ability of digital image technology related to the introduction of alphanumeric characters that are part of pattern recognition. Character recognition is important for information processing that allows rapid identification process automatically. In this research, numeric character recognition process using integral projection method. Reasons for using integral projection method for processing has the advantage of a simple and quick in identifying a digital image. The integral projection used is vertical projection and horizontal projection. The results showed numeric character recognition could recognize the characters correctly if the results of preprocessing produce good images. The introduction of the characters will be less than perfect if the images are processed is not good, this is because the integral projection method works by counting the number of pixels for each image to the value of the image. Testing the result of recognition from 20 image which is on dataset has been built to get accuracy value about 65%.
Analisis faktor adopsi aplikasi mobile berdasarkan pengalaman, usia dan jenis kelamin menggunakan UTAUT2 Budiarto, Raden
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi Vol 3, No 2 (2017): July
Publisher : Information Systems - Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/register.v3i2.830

Abstract

Tulisan ini menganalisis faktor adopsi mobile berdasarkan kriteria pengalaman, usia dan jenis kelamin. Penelitian ini merupakan eksplorasi dan pengembangan lanjutan dari model UTAUT2 (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology). Beberapa variabel seperti kebiasaan dan kecemasan telah ditambahkan untuk menjelaskan penerimaan teknologi pada sisi konsumen. Di samping itu variabel moderator pengalaman, usia dan jenis kelamin telah dihipotesiskan pengaruhnya. Data yang digunakan penelitian ini diperoleh hasil pengolahan kuesioner dengan sampel convenient yang melibatkan partisipasi 384 responden. Data yang terkumpul selanjutnya diolah dengan Pemodelan Persamaan Struktur (PPS) atau Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan alat bantu aplikasi IBM SPPS 21 dan Amos 22. Hasil dari penelitian ini telah menunjukkan hasil uji empiris yang telah mendukung model teoritis yang diajukan. Dibandingkan dengan hasil penelitian terdahulu, hasil penelitian ini menunjukkan peran dominan nilai harga dan motivasi hedonis sebagai penentu pada niat perilaku. Efek nilai harga berbanding terbalik dengan niat perilaku sedangkan motivasi hedonis berbanding lurus dengan niat perilaku. Implikasi temuan dari variabel moderati yakni pengalaman, usia dan jenis kelamin juga ditemukan memiliki efek terhadap jenis adopsi aplikasi yang digunakan.         This paper analyzes mobile adoption factors based on age, gender and experience criteria. This study is an advanced development of UTAUT2 (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) model, that applied in the context of adoption mobile applications. There are some variables such as habits and anxiety have been added to explain the acceptance of technology on the consumer view. In addition, moderator variable age, gender and using experience have been hypothesized. The data used in this study obtained from the questionnaire using the method of convenient sampling with involved the participation of 384 respondents. The collected data is then analyzed by the Structural Equation Modelling (SEM) using IBM SPPS version 21 and Amos version 22 program tools. The results of this study show that the results supported the proposed theoretical model. Compared with the results of previous studies, the results of this study indicate the effect of price value and hedonic motivation as a determinant of behavioral intent. The effect of the value of the price is inversely proportional to the behavioral intention while the hedonic motivation is directly proportional to the behavioral intention. Implications of findings from moderate variables i.e. experience, age and gender were also found to influence the type of adoption of the applications used.  

Page 1 of 2 | Total Record : 14