cover
Contact Name
Bayu Mitra A. Kusuma
Contact Email
bayu.kusuma@uin-suka.ac.id
Phone
+6282298126489
Journal Mail Official
bayu.kusuma@uin-suka.ac.id
Editorial Address
Department of Da'wah Management, Faculty of Da'wah and Communication, Sunan Kalijaga State Islamic University, The East Campus, Jl. Marsda Adisucipto Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal MD
ISSN : 1978807X     EISSN : 26150727     DOI : -
Core Subject : Religion, Science,
Jurnal MD adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta secara berkala (Juni dan Desember). Jurnal ini menerima naskah hasil penelitian lapangan dan literer kajian manajemen dakwah, manajemen sumber daya manusia, manajemen lembaga keuangan Islam, manajemen haji dan umrah, manajemen wisata religi, serta dinamika manajemen dan Islam.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2017)" : 8 Documents clear
KAJIAN POTENSI DAN STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA PANTAI SYARI’AH (Studi di Pulau Santen Kabupaten Banyuwangi) Firdausia Hadi; M. Khoirul Hadi al-Asy Ari
Jurnal MD Vol 3, No 1 (2017)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1581.027 KB) | DOI: 10.14421/jmd.2017.31-07

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali potensi yang ada pada objek wisata serta untuk memberikan sumbangsih strategi yang tepat dalam mengembangkan potensi yang ada pada objek wisata pantai syari’ah di Pulau Santen Banyuwangi. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini karena wisata syari’ah di Indonesia masih di garap setengah-setengah, terbukti pada salah satu provinsi yang dicanangkan pemerintah melalui kementerian pariwisata (Kemenpar) yaitu provinsi Jawa Timur untuk menjadi destinasi pariwisata syari’ah yang diwakili oleh Banyuwangi, memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan salah satunya wisata pantai syari’ah Pulau Santen yang ternyata pembentukannya hanya melibatkan masyarakat dan pemerintah daerah tanpa adanya bantuan pemerintah pusat. Padahal jika digarap dengan baik tentu akan berpeluang besar dalam mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar objek wisata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif melalui metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, agar penelitian ini akan menjadi rujukan pengembangan wisata syari’ah di daerah lain.
PENGARUH KOMPENSASI FINANSIAL DAN NON FINANSIAL TERHADAP MOTIVASI DAN KINERJA KARYAWAN (Studi di PT. PLN (Persero) Area Malang) Juni Tristanto Laksana Putra
Jurnal MD Vol 3, No 1 (2017)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1756.756 KB) | DOI: 10.14421/jmd.2017.31-02

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menjelaskan pengaruh kompensasi finansial dan non finansial terhadap motivasi dan kinerja karyawan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei yang bersifat penjelasan (explanatory research). Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh sebanyak 74 karyawan tetap PT. PLN (Persero) Area Malang. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompensasi finansial berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan, variabel kompensasi finansial berpengaruh signifikan dan positif terhadap motivasi kerja, variabel kompensasi non finansial berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan, variabel kompensasi non finansial berpengaruh signifikan dan positif terhadap motivasi kerja, motivasi kerja berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan.
RESENSI BUKU - (RE)DESAIN MANAJEMEN HAJI INDONESIA: DARI MASA KOLONIAL HINGGA ORDE REFORMASI Theresia Octastefani; Bayu Mitra Adhyatma Kusuma
Jurnal MD Vol 3, No 1 (2017)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1524.307 KB) | DOI: 10.14421/jmd.2017.31-08

Abstract

Judul : Menata Kembali Manajemen Haji IndonesiaPenulis : Achmad SubiyantoPenerbit : Gibon BooksTebal : 378 HalamanCetakan : Mei 2016Kota Terbit : JakartaISBN : 978-979-773-046-8
ETIKA KERJA ISLAM DAN PENGARUHNYA TERHADAP ORGANIZATION CITIZENSHIP BEHAVIOR APARATUR NEGARA (Studi di Kantor Kementerian Agama Kebumen) Fawzi Rizki Pradana; Mikhriani Mikhriani
Jurnal MD Vol 3, No 1 (2017)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (487.112 KB) | DOI: 10.14421/jmd.2017.31-03

Abstract

Organisasi pada umumnya percaya bahwa untuk dapat bertahan dalam kompetisi diperlukan kinerja individu yang maksimal. Untuk mencapai kinerja individu yang maksimal diperlukan organization citizenship behavior (OCB) karena dapat meningkatkan efektifitas organisasi. Namun pada kenyataannya masih banyak kekurangan penerapan OCB di Indonesia. Maka itu diperlukan terobosan yakni melalui etika kerja Islam untuk memberikan pengaruh yang baik seperti kerja keras, komitmen, dan dedikasi serta memberi keuntungan bagi individu itu sendiri dan organisasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan mengambil lokasi di Kantor Kementerian Agama Kebumen. Data diambil dengan kuesioner, serta didukung dengan dokumentasi dan observasi. Penyebaran kuesioner dilakukan pada 100 aparatur di lingkungan Kantor Kemenag Kebumen. Data diolah dengan SPSS versi 24.0 for windows dengan metode analisis data yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis data deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi menggunakan uji regresi linear sederhana, uji hipotesis menggunakan uji t, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan variabel Etika Kerja Islam memiliki pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 0,301 atau 30,1 % terhadap variabel OCB pada aparatur negara di lingkungan Kantor Kemenag Kebumen.
PENGARUH KEADILAN DISTRIBUTIF DAN PROSEDURAL PENILAIAN KINERJA PADA KEPUASAN KARYAWAN BPR SYARIAH DI YOGYAKARTA Ade Gunawan; M. Thoriq Nurmadiansyah
Jurnal MD Vol 3, No 1 (2017)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1544.506 KB) | DOI: 10.14421/jmd.2017.31-04

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keadilan penilaian kinerja terhadap kepuasan karyawan pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) di Yogyakarta. Keadilan penilaian kinerja meliputi keadilan distributif dan keadilan prosedural. Pembahasan dimensi keadilan distributif dan keadilan prosedural menekankan pada aspek struktural manajerial. Proses pelaksanaan penilaian kinerja dirasa adil oleh karyawan apabila prosedur-prosedur penilaian kinerja sesuai dengan etika dan standar moral serta hasil penilaian kinerja sesuai dengan kinerja karyawan tersebut maka akan berpengaruh terhadap kepuasan karyawan. Sampel dalam penelitian ini adalah tiga BPRS di Yogyakarta. Dengan subjek penelitian adalah seluruh karyawan BPRS yang menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan variabel keadilan distributif dan keadilan prosedural penilaian kinerja berpengaruh secara signifkan pada kepuasan karyawan. Hal ini menunjukkan bahwa keputusan pimpinan pada penilaian kinerja yang dirasa adil dan terakomodasinya kepentingan karyawan dalam proses penilaian kinerja dapat meningkatkan kepuasan karyawan.
MENGARUSUTAMAKAN PELAYANAN PRIMA DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA (Analisis Strategi Fakultas Dakwah dan Komunikasi) Siti Fatimah; Munif Solikhan
Jurnal MD Vol 3, No 1 (2017)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1553.498 KB) | DOI: 10.14421/jmd.2017.31-05

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis strategi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga dalam mengarusutamakan pelayanan prima. Untuk mewujudkan strategi tersebut terdapat beberapa tolok ukur yang harus diimplementasikan secara konsisten yaitu kualitas layanan dengan indikator ketepatan waktu, kemudahan, biaya, dan akurasi pelayanan. Dalam kajian ini ditemukan fakta bahwa pelayanan yang ada di fakultas dirasakan masih belum prima dan terdapat beberapa beberapa kekurangan yang harus diperbaiki. Hal ini dibuktikan dengan berbagai keluhan yang muncul baik dari dosen maupun mahasiswa. Oleh karena itu terobosan dan strategi dari pimpinan untuk merubah pelayanan yang ada di lingkungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi mutlak diperlukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terobosan dan strategi yang ditempuh oleh pimpinan fakultas untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan metode pendekatan personal, pembimbingan, pelatihan, serta implementasi reward dan punishment kepada para karyawan.
THE RISING OF BANK BAITULMAL: AN INTEGRATIVE INSTITUTION FOR POVERTY ALLEVIATION Israk Ahmadsyah
Jurnal MD Vol 3, No 1 (2017)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1559.533 KB) | DOI: 10.14421/jmd.2017.31-06

Abstract

Efforts performed in poverty alleviation by Islamic banking and financial institutions in terms of empowering the core poor in the society have been hampered by many constraints. As a result, the core poor are still being financially excluded. This paper attempts to explore constraints faced by Islamic Banking and suggests setting up a new integrative Islamic Financial Institution which could perform the ‘desired’ shari’ah mission, i.e. to alleviate poverty as one of the main objectives of maqasid shari’ah. The method used here is exploratory analysis to identify problems and come up with the solution. It is found that there are several hindrances for Islamic Banking and Financial system internally and externally to perform poverty alleviation. Internally, the driven profit mission of these institutions, the fractional reserve system, lack of financial support from government to support the core poor and business failures, and the lack of sufficient social capital improvement, while externally; the lack of political will, lack of sufficient financial regulation and framework for dealing in shari’ah court, the use of paper currency only and the inflationary system, and less integrated system with Baitulmal institution.
STRATEGI UNITED SABAH ISLAMIC ASSOCIATION (USIA) DALAM MENGEMBANGKAN DAKWAH DI KOTA KINABALU MALAYSIA Juhari Hasan; Muhd. Syahrul Nizam
Jurnal MD Vol 3, No 1 (2017)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1573.663 KB) | DOI: 10.14421/jmd.2017.31-01

Abstract

Dalam realitas kehidupannya, masyarakat Islam selalu dihadapkan denganberbagai persoalan baik internal maupun eksternal. Untuk itu diperlukan aktivitas dakwah sebagai media penguatan pemahaman umat. Tujuan aktivitas dakwah adalah menyampaikan risalah Islam agar panji-panji kebenaran terus mewarnai kehidupan masyarakat di Kota Kinabalu Malaysia. Untuk tegaknya dakwah maka diperlukan strategi tertentu sehingga memudahkan pelaksanaan dakwah itu sendiri. Sebagai salah satu organisasi dakwah terkemuka di Sabah, USIA telah mempraktikkan beberapa strategi untuk mengembangkan dakwah yang terangkum dalam grand strategy dengan cara membentuk jaringan dakwah. Strategi ini erat hubungannya dengan teori jaringan yang dikembangkan oleh Wellman. Kajian ini lebih bersifat induktif kualitatif dengan mengutamakan data hasil wawancara, studi dokumentasi, dan observasi terbatas yang dilakukan selama proses pengumpulan data berlangsung.

Page 1 of 1 | Total Record : 8