cover
Contact Name
Bayu Mitra A. Kusuma
Contact Email
bayu.kusuma@uin-suka.ac.id
Phone
+6282298126489
Journal Mail Official
bayu.kusuma@uin-suka.ac.id
Editorial Address
Department of Da'wah Management, Faculty of Da'wah and Communication, Sunan Kalijaga State Islamic University, The East Campus, Jl. Marsda Adisucipto Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal MD
ISSN : 1978807X     EISSN : 26150727     DOI : -
Core Subject : Religion, Science,
Jurnal MD adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta secara berkala (Juni dan Desember). Jurnal ini menerima naskah hasil penelitian lapangan dan literer kajian manajemen dakwah, manajemen sumber daya manusia, manajemen lembaga keuangan Islam, manajemen haji dan umrah, manajemen wisata religi, serta dinamika manajemen dan Islam.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2019)" : 8 Documents clear
DINAMIKA DAKWAH DI INDONESIA ABAD 21: ERANYA KOLABORASI ATAU KOMPETISI? S. Samsudin; Fatahillah Aziz
Jurnal MD Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.435 KB) | DOI: 10.14421/jmd.2019.51-06

Abstract

Media online pada abad 21 telah menjadi basis dakwah Islam kontemporer, pada masa tersebut penggunaan teknologi komunikasi dan informasi memiliki peran vital dalam memberikan kemudahan menyi’arkan Agama Islam. Aktivitas dakwah menjadi salah satu faktor yang berpengaruh pada kemajuan dan kemunduran umat Islam. Pada era yang terbuka ini semua gagasan dan ideologi dari berbagai golongan umat Islam yang ada di Indonesia saling berlomba-lomba membangun ekosistemnya di dunia maya, namun dalam konteks teknologi memungkinkan dakwah menjadi ajang rivalitas dalam beradu perspektif atau menjadi sarana kolaborasi agar terwujudnya kepentingan tertentu. Tulisan ini mencoba untuk menganalisis terkait dakwah pada media online dari berbagai golongan Islam yang ada di Indonesia, apakah mereka saling berkolaborasi atau berkompetisi?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui riset dari berbagai referensi, diawali dengan mengumpulkan data, membaca dan menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa antara satu website dan website lainnya yang dimiliki oleh suatu kelompok atau organisasi saling mengkampanyekan ideology, gagasan dan lain sebagainnya, terjadi pertarungan gagasan karena masing-masing organisasi memiliki kepentingan dan tujuan yang berbeda-beda.Kata Kunci: Abad 21, Dakwah, Kolaborasi, Kompetisi
ANCAMAN DAILY HASSLES TERHADAP KINERJA AGEN PEMASARAN PRUDENTIAL SYARIAH DI AREA YOGYAKARTA Ria Safitri; Bayu Mitra A. Kusuma
Jurnal MD Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.243 KB) | DOI: 10.14421/jmd.2019.51-01

Abstract

Stres kerja adalah fenomena umum yang dirasakan oleh karyawan dalam suatu organisasi - termasuk di lembaga keuangan Islam - yang dapat memicu penurunan kinerja dimana salah satu penyebabnya adalah daily hassles. Jika kondisi tersebut terjadi terus menerus maka akan memiliki dampak yang lebih luas pada keseluruhan kinerja organisasi atau perusahaan. Fenomena tersebut harus disikapi dengan strategi yang tepat agar tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar. Penelitian ini menggunakan tipe kualitatif dan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya penanganan tersebut memerlukan dukungan dari dua arah, baik dari perusahaan melalui serangkaian program maupun dari dalam diri karyawan untuk lebih mencintai profesi mereka. Sebagai salah satu perusahaan asuransi berbasis Islam terkemuka di Indonesia, Prudential Syari'ah di wilayah Yogyakarta telah melakukan beberapa strategi untuk meminimalkan tekanan kerja yang dirasakan oleh karyawannya, terutama kepada agen pemasaran. Strategi ini mencakup dua metode. Pertama, dengan mengadakan beberapa pelatihan sesuai kebutuhan masing-masing lembaga. Kedua, dengan menciptakan kondisi organisasi yang tidak memiliki jarak satu sama lain atau menumbuhkan rasa kekeluargaan dan motivasi yang tak ada habisnya dari para pemimpin kepada karyawan.Kata Kunci: Daily Hassles, Kinerja, Agen Pemasaran, Prudential Syari’ah
MEMBANGUN SALES SYSTEM MANAGEMENT DI SEKTOR BISNIS KOMUNITAS MUSLIM MENGGUNAKAN MICROSOFT ACCESS: STUDI DI TOKO SINAR BULAN KOLAKA Vivi Afriani; M. Askari Zakariah
Jurnal MD Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.5 KB) | DOI: 10.14421/jmd.2019.51-07

Abstract

Manajemen sistem penjualan dalam masyarakat Muslim masih kerap menggunakan sistem tradisional, berdasarkan pada pena, buku atau bahkan hanya ingatan. Kini sistem komputerisasi telah merambah dalam dunia perekonomian khususnya di sektor bisnis. Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat masyarakat termasuk kalangan pebisnis Muslim dapat bekerja lebih mudah. Hal tersebut karena dalam suatu transaksi, arsip memegang peranan yang sangat penting. Menggunakan Microsoft Acess akan memudahkan alur proses tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa akses Microsoft Acess telah dapat digunakan dengan baik pada manajemen sistem penjualan di Toko Sinar Bulan Kolaka. Namun, tahap penyebaran teknologi ini ke toko penjualan atau pemilik lain di masyarakat Muslim di pedesaan masih membutuhkan didikan lebih.Kata Kunci: Manajemen Sistem Penjualan, Microsoft Access, Toko Sinar Bulan
AKUNTABILITAS MANAJEMEN PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN: STUDI PADA PESANTREN TAREKAT AL IDRISIYYAH TASIKMALAYA Siswoyo Aris Munandar; M. Mursalat
Jurnal MD Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.313 KB) | DOI: 10.14421/jmd.2019.51-02

Abstract

Latar belakang dari studi kasus ini adalah tasawuf selama ini dikenal sebagai dimensi esoterik dalam Islam. Identifikasi tersebut sering menyebabkan tasawuf dianggap dekat dengan hal-hal yang bersifat kebatinan dan askese. Selama ini kaum sufi dipandang sebagai kelompok umat yang lebih menekankan kesalehan individual (personal) daripada kasalehan sosial. Akan tetapi berbeda dengan Tarekat Al-Idrisiyyah justru murid-muridnya harus terjun ke masyarakat dan aktivitas sosial. Ditinjau dari segi rumusah masalahnya dapat ditarik dua pertanyaan bagaimanakah implementasi manajemen pendanaan pendidikan di Pesantren Tarekat Al-Idrisiyyah Tasikmalaya? Bagaimana evaluasi dan akuntabilitas manajemen pembiayaan Pendidikan di Pesantren Tarekat Al-Idrisiyyah Tasikmalaya?. Upaya menjawab permasalahan dalam penelitian ini maka digunakan metodologi penelitian lapangan (field research), yakni dengan menggali data-data lapangan dan mengobservasi secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peranan tarekat terhadap aktivitas sosial dan filantropi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan di mana ada sebuah tarekat yang justru mendorong para muridnya untuk terlibat dalam kehidupan bersama dengan masyarakat. Program yang ditawarkan pesantren yang berbasis Tarekat ini, yaitu dakwah, pendidikan, ekonomi, pemuda, dan peran perempuan.Kata Kunci: Tarekat, Manajemen Pemberdayaan Pendidikan, Aktivitas Sosial
PESAN DAKWAH ATAS PROBLEMATIKA KEMISKINAN DI MEDIA SOSIAL: ANALISIS PADA AKUN INSTAGRAM USTADZ ADI HIDAYAT Mar’atus Solehah
Jurnal MD Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.133 KB) | DOI: 10.14421/jmd.2019.51-03

Abstract

Tulisan ini mencoba mengeksplorasi pesan–pesan dakwah oleh Adi Hidayat di media Instagram dan upayanya dalam memberikan solusi pada problematika kemiskinan. Perkembangan new media membuka secara luasnya otoritas keagamaan, new media menjadi platform dalam berbagi pesan keagaaman dan menjadi ruang informasi untuk menemukan solusi bagi permasalahan yang dihadapi. Kajian ini mencoba menjawab bagaimana pandangan Ustadz Adi Hidayat terhadap permasalahan sosial kemiskinan dalam tagar #kajianustadzadihidayat new media instagram. Hasil studi ini menunjukkan bahwa Adi Hidayat adalah otoritas dengan perspektif reformasi jika dianalisis dengan perspektif Mansour Faqih dalam memberikan solusi terhadap permasalahan ekonomi dengan tetap dalam landasan etos kerja dan keberkahan. Hasil studi ini juga menujukkan bahwa kajian-kajian Adi Hidayat mampu memberikan semangat responsif oleh penikmat kajian on-line yaitu dengan memberikan tanda kepada teman serta ucapan doa dan terimakasih kepada Adi Hidayat.Kata Kunci: Pesan Dakwah, Kemiskinan, Instagram, Adi Hidayat
KEBERAGAMAN MAD’U SEBAGAI OBJEK KAJIAN MANAJEMEN DAKWAH: ANALISA DALAM MENENTUKAN METODE, STRATEGI, DAN EFEK DAKWAH Muhamad Irhamdi
Jurnal MD Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.63 KB) | DOI: 10.14421/jmd.2019.51-04

Abstract

Islam merupakan agama dakwah yang pada prinsipnya selalu memberikan kasih sayang, keselamatan, kedamaian dan kenyamanan bagi siapapun. Siapa saja boleh melakukan aktivitas dakwah untuk menyebarluaskan agama Islam, tapi pada konteks sosio-kultural dan sosio-religius yang ada pada masyarakat Indonesia sebagai objek dakwah, da’i dihadapkan pada satu hal yang sangat penting untuk dikaji terkait dengan keberadaan masyarakat atau mad’u yang sangat beragam. Manajemen dakwah pada konteks mad’u yang sangat beragam menjadi perhatian yang sangat serius bagi seorang da’i karena setiap perbedaan-perbedaan cara pandang dipengaruhi oleh situasi budaya yang ada pada masyarakat. Masyarakat sebagai objek dakwah baik secara indivdu maupun kelompok memiliki pandangan yang beragam baik tentang nilai, aturan-aturan dan cara menentukan definisi dari Islam itu sendiri. Memilih pesan-pesan dakwah untuk disampaikan kepada mad’u agar semua perbedaan-perbedaan yang ada pada masyarakat dapat terakomodir sehingga tidak menyudutkan salah satu dari sekian banyak perbedaan itu. Identifikasi keberadaan mad’u sebelum melakukan akatifitas dakwah adalah sebuah keharusan bagi pelaku dakwah itu sendiri agar dapat menentukan pilihan da’i, metode dakwah, strategi dakwah dan pesan dakwah yang sesuai dengan kondisi sosial dan kondisi sosio-religius masyarakat. Mad’u sebagai salah satu unsur dakwah memiliki keistimewaan yang berbeda di antara unsur-unsur yang lain, karena lahirnya aktivitas dakwah tentu dipengaruhi oleh keberadaan mad’u. Maka penting bagi pelaku dakwah untuk mengidentifikasi apa saja yang dibutuhkan masyarakat dalam penyampaian pesan dakwah.Kata Kunci: Manajemen Dakwah, Keberagaman Mad’u, Pesan Dakwah
MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS PENDIDIKAN LITERASI: STUDI DI PESANTREN BAITUL KILMAH BANTUL Muhyidin Abdillah; Sopia Laila Nugraha
Jurnal MD Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.626 KB) | DOI: 10.14421/jmd.2019.51-05

Abstract

Pengembangan sumber daya manusia adalah faktor penting yang menentukan efektifitas dan efisiensi sebuah organisasi dalam mencapai sebuah tujuan. Pendidikan menjadi kunci penting yang digunakan dalam mengembangkan sdm. Sehingga ketika pendidikan berjalan secara maksimal maka pengembangan sdm akan berhasil sesuai dengan yang diharapkan. Namun seiring berjalannya waktu pendidikan mendapatkan tantangan di era globalisasi ini. Mengingat tiga ciri pendidikan literasi yakni Responding, Revising dan Reflecting, tentu hal ini sangat dibutuhkan di era globalisasi ini. Pesantren sebagai ciri khas pendidikan Islam di Indonesia juga mempunyai peran penting dalam mengembangkan sdm. Pondok Pesantren Baitul Kilmah adalah salah satu contoh pesantren yang menerapkan pendidikan literasi dalam mengembangkan santri-santrinya. Sudah terbukti pesantren ini berhasil mencetak lulusan yang mampu berkontribusi dalam memberikan solusi terhadap masalah-masalah yang terjadi di masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dan peran pendidikan literasi dalam mengembangkan sdm pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik analisis Miles and Huberman. Sedangkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Bentuk Pendidikan literasi yang diterapkan di pesantren Baitul Kilmah adalah dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan dunia literasi. Seperti diskusi karya tulis, belajar kepenulisan dan lain-lain. Sedangkan pendidikan literasi berperan penting dalam membentuk jiwa dan mengasah kemampuan santri Baitul Kilmah untuk menjadi individu yang produktif, kreatif, berfikiran kritis, bertanggung jawab, dan memiliki prestasi yang kompetitif dalam bidang literasi.Kata Kunci: Pengembangan SDM, Pendidikan Literasi, Pesantren
ROAD TO HALF A DECADE OF JURNAL MD: MENGHIMPUN ENERGI DAN SEMANGAT BARU S. Shofi'unnafi
Jurnal MD Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (581.545 KB)

Abstract

Alhamdulillah puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan karunia-Nya sehingga Jurnal Manajemen Dakwah (Jurnal MD) Volume 5 Nomor 1 Tahun 2019 ini dapat diterbitkan. Pada terbitan yang ke sembilan ini merupakan “debut” bagi saya sebagai managing editor Jurnal MD yang baru. Dalam hal ini keberadaan saya bukanlah untuk menggantikan yang lama, melainkan menjadi partner duet yang saling melengkapi. Selain itu beberapa reviewer dan editor baru juga telah bergabung untuk menjadi energi dan semangat baru dalam pengelolaan Jurnal MD yang lebih baik. Jurnal MD edisi kali ini kembali tersusun dari tujuh manuskrip karya para akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Oleh karena itu kita perlu sekilas melihat initi bahasan dari tujuh manuskrip tersebut.

Page 1 of 1 | Total Record : 8