cover
Contact Name
Novi Laura Indrayani
Contact Email
redaksi.jitm@gmail.com
Phone
+6281374999559
Journal Mail Official
jitm@unismabekasi.ac.id
Editorial Address
http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/jitm/about/editorialTeam
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Teknik Mesin
ISSN : 23030909     EISSN : 25810332     DOI : https://doi.org/10.33558/jitm.v8i2
Jurnal Ilmiah Teknik Mesin (JITM) diterbitkan oleh jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Islam “45” (UNISMA) Bekasi. Jurnal ini sebagai jurnal berkala ilmiah yang memiliki tujuan untuk mempublikasikan pengembangan ilmu serta wawasan mengenai lingkup teknik mesin yang berfokus pada bidang energi baru terbarukan dan manufaktur. Publikasi yang diterbitkan oleh Jurnal Ilmiah Teknik Mesin UNISMA Bekasi merupakan hasil penelitian para akademisi baik dari penelitian para dosen maupun penelitian kerjasama antara mahasiswa dan dosen, bahkan juga penelitian dari kalangan para praktisi industri yang bergerak di bidang teknik mesin. JITM ini dapat diakses secara full text dan open access oleh para pembaca sehingga para pembaca juga ikut turut membantu dalam peningkatan sitasi dari JITM. JITM dipublikasikan sebanyak 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun yaitu pada bulan Februari dan Agustus. Lingkup JITM meliputi bidang energi baru terbarukan, dan manufaktur. Bidang energi baru terbarukan yang dibahas mengenai sistem dan alat teknologi konversi yang mampu mengkonversi sumber energi terbarukan seperti energi tenaga air, tenaga angin, tenaga surya, biomassa, dan lain-lain untuk dapat dimanfaatkan energinya ke bidang sektor yang lain. Bidang manufaktur yang dibahas meliputi bidang material, tribologi, dan lain-lain. Redaktur mengundang para penulis dan peneliti untuk mengirimkan artikel ilmiah maupun hasil penelitiannya ke JITM UNISMA Bekasi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2014): JITM (Jurnal Ilmiah Teknik Mesin)" : 5 Documents clear
ANALISIS SHOCK ABSORBER RODA DEPAN KENDARAAN RODA EMPAT JENIS SUZUKI CARRY 1000 Majanasastra, R Bagus Suryasa
JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Vol 2, No 1 (2014): JITM (Jurnal Ilmiah Teknik Mesin)
Publisher : JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (59.205 KB)

Abstract

Shock absorber adalah satu bagian yang terpenting dari sistem suspensi yang bekerja untuk meredam ataumenetralisir dengan cepat vibrasi (getaran) spring (pegas) pada kendaraan roda empat yang terjadiakibat kondisi jalan yang tidak beraturan serta mengendalikan kestabilan dan kenyamanan dalamberkendaraan. Pengujian dilakukan pada Laboraturium LUK- PUSPITEK (Pusat Penelitian Ilmu danTeknologi)–Serpong. Kota Tanggerang Selatan, mengacu standar SNI 09-0885-1989. Benda uji adalah Shockabsorber jenis Suzuki Carry super 1000 dengan tipe SC 7615 LBII – IB. 02C2.U produk PT. KYB sebanyaktiga unit. Menggunakan Mesin Actuator/ Hidroulik sylinder 63 KN dengan berbagai kecepatan piston adalah0.1,0.3, dan 0.6 m/s. Hasil perhitungan dan analisis ialah koefisien redaman tarik adalah 3964.75 Ns/m,koefisien redaman tekan adalah 1899.81 Ns/m dan koefisien pegas adalah 264309.76 N/m. simpanganredaman tertinggi -0.0573825634 cm waktu redaman 4.85 detik, kecepatan redaman 4.38096 cm dengan waktu1.9 detik dan percepatan redaman --6257.86 cm mencapai kesetimbangan 1.75 detik.Kata kunci: Shock absorber , Koefisien Redaman, Koefisien Pegas
ANALISIS PERFORMANCE BAN DENGAN ALAT DRUM TEST Handoyo, Yopi
JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Vol 2, No 1 (2014): JITM (Jurnal Ilmiah Teknik Mesin)
Publisher : JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (59.205 KB)

Abstract

Ban merupakan salah satu bagian penting dari sebuah kendaraan bermotor yang berfungsi meneruskan dayadorong dan pengereman, kontrol arah serta sebagai penyangga beban dari kendaraan tersebut berikutmuatannya. Berdasarkan fungsi ban diatas maka sangat diperlukan adanya pengujian terhadap performanceban, agar ban yang dipakai dapat memenuhi fungsinya.Untuk mengetahui performance sebuah ban salah satupengujiannya adalah dengan menggunakan alat uji drum test. Drum test adalah suatu alat atau mesinberbentuk drum dengan diameter 1.707m dan memeiliki permukaan rata yang sebagai prototype jalan raya (jalan tol ). Dengan temperatur ruang test 38ºC ± 3ºC. Berfungsi untuk menguji performance ban terhadapkecepatan ( speed ) dan beban ( load ). Analisis performance ban ini melakukan 4 jenis pengujian, diantaranya; pengujian high speed yaitu pengujian terhadap kecepatan, pengujian endurance yaitu pengujian terhadapbeban, pengujian bead fatique yaitu pengujian terhadap kekuatan bead terhadap velg dan yang terakhir adalahpengujian cord breaking up yaitu pengujian terhadap kerangka ban. Sebelum ban di uji dengan drum test banharus melewati item check dimensi atau kaibo sebagai persyaratan untuk melakukan uji drum test.Dari datahasil pengujian drum test ban dapat diketahui performance apakah ban tersebut layak untuk di pakai denganspesifikasi yang tertera pada ban tersebut atau tidak, dan dari hasil check kaibo dan drum test dapat diketahuikorelasi antara dimensi ban dengan hasil uji performance ban tersebut.Kata kunci : Performance Ban, Drum Test.
MODIFIKASI KOPLING JENIS PLAT BANYAK DENGAN PEMBERIAN LUBANG – LUBANG PADA PLAT BAJA UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS KERJA KOPLING Rahmanto, Hengki
JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Vol 2, No 1 (2014): JITM (Jurnal Ilmiah Teknik Mesin)
Publisher : JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (59.205 KB)

Abstract

Kopling pelat adalah suatu kopling yang menggunakan satu pelat atau lebih yang dipasang diantara keduaporos serta membuat kontak dengan poros tersebut sehingga terjadi tekanan melalui gesekan antarasesamanya. konstruksi kopling ini cukup sederhana dan dapat dihubungkan dalam keadaan berputar, karena itukopling ini sangat banyak dipakai. Laju keausan plat gesek sangat tergantung pada macam bahan geseknya,tekanan kontak, kecepatan keliling, temperatur. Berdasarkan putaran, umur pakai plat gesek pada koplingotomatis sentrifugal lebih lama jika dibandingkan dengan kopling plat, namun dilapangan biaya perawatankopling otomatis sentrifugal lebih mahal dari kopling plat. Pemakaian kopling plat pada jalan yang macet akanlebih efektif jika dibandingkan dengan kopling otomatis sentrifugal, karena sepeda motor yang memakaikopling plat memiliki kecepatan awal yang lebih baik.Namun setelah plat baja dimodifikasi dengan carapemberian beberapa lubang, tekanan plat gesek bertambah dari tekanan plat gesek yang standar. Dari hasilperhitungan diperoleh tekanan plat gesek standart sebesar 70 N/mm2 dan hasil tekanan plat gesek yang sudahdimodifikasi sebesar 71,255 N/mm2. Daya gesek dengan mengasumsikan kopling rata-rata 60 kali tiap jammenghasilkan 0,147 HP, kerja gesek plat baja terhadap kopling menghasilkan 64,715 joule. Torsi maksimumdari plat baja yang sudah dimodifikasi ternyata lebih besar dari pada torsi maksimum spesifikasinya.Kata Kunci: kopling, motor satria fu 150cc,modifikasi
ANALISIS PENGARUH BENTUK PERMUKAAN PISTON TERHADAP KINERJA MOTOR BENSIN Wijayanti, Fitri; Irwan, Dadan
JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Vol 2, No 1 (2014): JITM (Jurnal Ilmiah Teknik Mesin)
Publisher : JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (59.205 KB)

Abstract

Secara garis besar motor bensin tersusun oleh beberapa komponen utama meliputi : blok silinder (cylinderblock), kepala silinder (cylinder head), poros engkol (crank shaft), torak (piston), batang piston (connectingrod), roda penerus (fly wheel), poros cam (cam shaft) dan mekanik katup (valve mechanic).Berdasarkandiskripsi dari sistem kerja, karakteristik dan bagian komponen mekanik motor bakar torak (piston), adalahmemungkinkan modifikasi khususnya pada torak (piston) pada motor bakar torak. Pada penelitian ini maka kitaakan memodifikasi permukaan piston menjadi permukaan piston cekung dan permukaan piston cembung. Hasilpenelitian ini untuk mencari perbandingan model-model profil permukaan torak (piston face) gunamendapatkan model yang optimal dan dapat mengasilkan kerja maksimal. Model permukaan torak dapatdilakukan dengan modifikasi desain permukaan torak cekung dengan desain permukaan torak cembung.Pelaksanaan identifikasi penelitian ini pada modifikasi desain permukaan torak cekung dengan desainpermukaan torak cembung, maka akan diperoleh hasil yaitu desain modifikasi dan karakteristik permukaantorak. Dan peneliti ini dapat mengetahui pengaruh terhadap daya pengisapan dan perbandingan kompresi padamesin tersebut, serta hasil tenaga atau daya motor. Selain analisis secara matematis, penelti jugamensimulasikan laju aliran fluida yang terjadi pada silinder tersebut dengan menggunakan programsolidworks.Kata kunci : Permukaan piston datar, Permukaan piston cekung, Permukaan piston cembung dan daya motor
ANALISIS PENGARUH BENTUK PERMUKAAN PISTON MODEL KONTUR RADIUS GELOMBANG SINUS TERHADAP KINERJA MOTOR BENSIN Samsiana, Seta; Sikki, Muhammad Ilyas
JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Vol 2, No 1 (2014): JITM (Jurnal Ilmiah Teknik Mesin)
Publisher : JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (59.205 KB)

Abstract

Secara garis besar motor bensin tersusun oleh beberapa komponen utama meliputi : blok silinder (cylinderblock), kepala silinder (cylinder head), poros engkol (crank shaft), torak (piston), batang piston (connectingrod), roda penerus (fly wheel), poros cam (cam shaft) dan mekanik katup (valve mechanic). Berdasarkandiskripsi dari sistem kerja, karakteristik dan bagian komponen mekanik motor bakar torak (piston), adalahmemungkinkan modifikasi khususnya pada torak (piston) pada motor bakar torak. Pada penelitian inimaka kita akan memodifikasi permukaan piston menjadi permukaan piston bergelombang sinus. Hasilpenelitian ini untuk mencari perbandingan model-model profil permukaan torak (piston face) gunamendapatkan model yang optimal dan dapat mengasilkan kerja maksimal. Model permukaan torak dapatdilakukan dengan modifikasi desain permukaan torak dengan kontur radius gelombang sinus. Pelaksanaanidentifikasi penelitian ini pada modifikasi permukaan torak dengan kontur radius gelombang sinus, maka akandiperoleh hasil yaitu desain modifikasi dan karakteristik permukaan torak dengan kontur radius. Dan penelitidapat mengetahui pengaruh terhadap daya pengisapan dan perbandingan kompresi pada mesin tersebut, sertahasil tenaga atau daya motor. Selain analisis secara matematis, penelti juga mensimulasikan laju aliran fluidayang terjadi pada silinder tersebut dengan menggunakan program solidworks.Kata kunci : Permukaan piston, kontur radius, dan daya motor

Page 1 of 1 | Total Record : 5