cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Omega: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 1 (2017)" : 6 Documents clear
Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Terintegrasi Fungsi Diferensial tentang Kinematika untuk Siswa SMA Kelas XI Powa, M. Raynaldo Sandita; Murni, .; Lumbantobing, Franky A.M.
Omega: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika Vol 3 No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika UHAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fisika dan matematika merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Hampir semua permasalahan fisika membutuhkan pemahaman konsep matematika. Namun, dalam kurikulum 2013 terjadi ketidaksesuaian urutan materi fisika dan matematika, sehingga seolah fisika dan matematika adalah dua hal yang tidak saling mendukung. Contohnya adalah materi kinematika dengan analisis vektor pada KD 3.1 yang dipelajari di semester 1 membutuhkan pemahaman matematika fungsi diferensial pada KD 3.21 s.d. 3.29 yang dipelajari pada semester 2. Hal ini mendorong pengembangan modul pembelajaran fisika terintegrasi fungsi diferensial untuk menjemba- tani siswa dalam memahami konsep fungsi diferensial sehingga dapat memahami dengan baik konsep diferensial yang dipakai di materi kinematika dalam satu buku pegangan. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan proses pengembangan modul dan memberikan gambaran kualitas modul dari segi tampilan, materi, dan bahasa. Modul dikembangkan dengan model pengembangan small scale research and development. Populasi berasal dari siswa SMAN 28 Kab. Tangerang, SMA IT Alia Tangerang, dan SMA Islamic Village Tangerang. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian validasi ahli dan uji one-on-one dan lembar angket tanggapan siswa pada uji kelompok kecil. Data diolah secara kuantitatif berbantuan aplikasi Microsoft Excel 2013. Setelah melalui beberapa tahap penilaian (validasi ahli, uji one-on-one, dan uji kelompok kecil), diperoleh hasil sangat baik untuk indikator tampilan, baik untuk indikator materi, dan sangat baik untuk indikator bahasa. Dengan demikian modul yang telah dikembangkan layak digunakan di lapangan.
Hubungan Lingkungan Sekolah dan Motivasi Berprestasi dalam Pembelajaran Fisika dengan Prestasi Belajar Fisika Ermawaty, Imas Ratna; Soenarto, Y.; Sari, Novita
Omega: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika Vol 3 No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika UHAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan adanya hubungan yang signifikan antara lingkungan sekolah dengan prestasi belajar, mengetahui dan membuktikan adanya hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dalam pembelajaran fisika, dan mengetahui dan membuktikan adanya hubungan yang signifikan antara lingkungan sekolah dan motivasi berprestasi dalam pembelajaran fisika secara bersama-sama dengan prestasi belajar fisika. Penelitian ini dilakukan di SMA N 62 Jakarta pada kelas XI MIA semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode survei dengan skala Linkert dengan desain penelitian korelasional. Sampel penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu 60 siswa. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan uji Liliefors dengan galat taksiran. Hasil normalitas untuk lingkungan sekolah didapatkan nilai Lhitung = 0,082 < 0,1144 = Ltabel berarti kelas berdistribusi normal. Hasil normalitas untuk motivasi berprestasi dalam pembelajaran fisika didapatkan nilai Lhitung = 0,078 < 0,1144 = Ltabel berarti kelas berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Hasil homogenitas untuk lingkungan sekolah didapatkan nilai &chi;2h = 19,247 < &chi;2t = 30,140 dengan taraf signifikansinya &alpha; = 0,05, berarti kelas berdistribusi homogen. Hasil homogenitas untuk lingkungan sekolah didapatkan nilai &chi;2h = 14,571 < &chi;2t = 52,190 dengan taraf signifikansinya &alpha; = 0,05, berarti kelas berdistribusi homogen. Uji hipotesis untuk hubungan antara lingkungan sekolah dengan prestasi belajar fisika didapatkan nilai rhitung = 0,01 < 0,254 = rtabel dengan taraf signifikansi &alpha; = 0,05. Uji hipotesis untuk hubungan antara motivasi beprestasi dalam pembelajaran fisika dengan prestasi belajar fisika didapatkan nilai rhitung = 0,08 < 0,254 = rtabel dengan taraf signifikansi &alpha; = 0,05. Uji hipotesis untuk hubungan antara lingkungan sekolah dan motivasi berprestasi dalam pembelajaran fisika dengan prestasi belajar fisika didapatkan nilai rhitung = 0,0055 < 0,254 = rtabel dengan taraf signifikansi &alpha; = 0,05.
Analisis Algoritma Numerov dalam Komputasi Persamaan Schr&ouml;dinger 1D dengan Teknik Dynamic Programming Nuruddinsyah, Muhammad Faruq
Omega: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika Vol 3 No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika UHAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di paper ini akan disajikan analisis algoritma Numerov dalam komputasi persamaan Schr&ouml;dinger 1D dengan teknik Dynamic Programming. Algoritma Numerov merupakan algoritma yang populer untuk menyelesaikan persamaan tersebut. Sebagai pembanding dari implementasi algoritma Numerov adalah berupa hasil solusi eksak dari persamaan Schr&ouml;dinger yang diselesaikan dengan cara analitis matematis.
Grain Size Analysis on Pure and Zn-doped Ilmenite Magnesium Titanane Powders Ermawati, Frida U.; Suasmoro, S.; Pratapa, Suminar
Omega: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika Vol 3 No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika UHAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ilmenite structured of magnesium titanate (MgTiO3)-based ceramic has been the favorite candidate for microwave frequency applications, such as in mobile and satellite communication systems, dielectric resonantor, antenna, radar and global positioning system (GPS) due to the excellent dielectric performance, i.e. a moderate permittivity (&epsilon;r &sim; 17.6) together with a high quality factor (Q &times; f) of &sim; 33,768 GHz at 10 GHz and a near zero temperature coefficient of the resonance frequency (&tau;f &sim; -48 ppm/oC) (Wang, et al. 2012). Many efforts have been made to fabricate MgTiO3-based ceramics with improved performance, including preparation of nanostructured MgTiO3 powder as the ceramic precursor. Having powder with nanoscale grain size is very advantageous in the ceramic fabrication because the total surface area of contact between nanoscale grains are much larger than the similar total surface area of contact between microscale grains, and the presence of the larger surface energy in the nanopowder turns out to be a driving force of sintering; in this case, to reduce the free energy of the system during the sintering process. Sintering process is a process of firing of compact powder to produce ceramic with controlled microstructure, reduced porosity and enhanced properties. This paper reported the work to analyze the grain sizes in a series of Mg1-xZnxTiO3 for x = 0 - 0.5 (MZT0 - MZT0.5) powders prepared from Mg, Zn and Ti metals powders and hydrochloric acid (Merck&copy;) using a facile wet mixing method. The Zn-doped samples were calcined at 550 oC, while that of the zinc free sample was at 700 oC. Bright field-transmission electron microscope (BF-TEM), MAUD-based x-ray diffraction (XRD) and particle size analyzer (PSA) analysis methods were occupied to measure the average grain sizes of the calcined powders, as well as the particle size distribution, and the results were compared. Discussion on the phase formation and thermal events during thermal treatment of the system was also provided.
Rancang Bangun Alat Ukur Klorofil Daun dengan Metode Fluoresensi Berbasis Mikrokontroler Rustami, Erus; Rahmayanti, Aisyah
Omega: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika Vol 3 No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika UHAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Telah dilakukan perancangan dan pembuatan alat ukur klorofil pada daun menggunakan metode fluoresensi. Sumber cahaya yang digunakan adalah laser dioda dengan panjang gelombang 410 nm, sedangkan pengukuran intensitas fluoresensi menggunakan sensor TCS3200 dengan keluaran berupa frekuensi yang berkorelasi dengan intensitas yang diterima sensor. Pengujian alat dilakukan melalui perbandingan data hasil pengukuran antara alat yang dibuat dengan SPAD 502 Chlorophyll Meter. Hasil pengujian menunjukkan bahwa alat sudah dapat mendeteksi kadar klorofil pada daun meskipun masih terdapat persen kesalahan yang cukup besar, yaitu sekitar 14% jika dibandingkan dengan alat ukur standar.
Kajian Fisika Lingkungan dan Demografi untuk Karakteristik PM2,5 di Wilayah Perkotaan Aprianto, Muchammad Chusnan
Omega: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika Vol 3 No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika UHAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Telah dilakukan studi literatur tentang karakteristik PM2,5 perkotaan dengan mengambil sumber penelitian dari berbagai kota besar di Amerika, Asia, dan Indonesia. Berdasarkan hasil studi literatur, konsentrasi PM2,5 dipengaruhi oleh jumlah penduduk (populasi) dan pengaruh fisika lingkungan yaitu faktor meteorologi serta geografi wilayah kota. Sedangkan untuk spesiasi PM2,5 di perkotaan dipengaruhi oleh sumber pencemar antropogenik. Untuk penelitian selanjutnya, karakteristik PM2,5 di perkotaan perlu dipertajam dengan menambahkan faktor ruang terbuka hijau kota. Selain itu, penelitian dampak PM2,5 terhadap kesehatan perlu dilakukan terutama untuk kota besar di negara berkembang.

Page 1 of 1 | Total Record : 6