cover
Contact Name
Hanafi Siregar
Contact Email
hanafi@feb.unrika.ac.id
Phone
+6281268215612
Journal Mail Official
equilibria@journal.unrika.ac.id
Editorial Address
Gedung F Lt. 3, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Batam, Provinsi Kepulauan Riau
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
EQUILIBIRIA
ISSN : 25031546     EISSN : 29862248     DOI : 10.33373
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal EQUILIBIRIA Fakultas Ekonomi merupakan media publikasi ilmiah internal fakultas Ekonomi, Universitas Riau Kepulauan focus pada karya ilmiah berupa tulisan dari hasil penelitian yang dilakukan dosen yang meliputi disiplin ilmu Manajemen dan Akuntansi dan ilmu-ilmu lainnya yang berhubungan.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2021): Juni 2021" : 9 Documents clear
PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT, NILAI NASABAH KEPERCAYAAN NASABAH DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT BANK BUKOPIN CABANG BATAM Tibrani Tibrani; Dini Anggraini; Fannisa Carlyna Tamrin
EQUILIBIRIA Vol 8, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.94 KB) | DOI: 10.33373/jeq.v8i1.3495

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui pengaruh Customer Relationship Management, Nilai Nasabah, Kepercayaan Nasabah, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT Bank Bukopin Cabang Batam. Populasi pada penelitian ini merupakan nasabah Bank Bukopin yg berjumlah 26.687 nasabah. Sampel yg dipengaruhi menggunakan secara acak sampling berjumlah 100 responden. Hasil pengujian menerangkan bahwa customer relationship management, nilai nasabah, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah secara parsial. Pengujian ini pula menerangkan bahwa customer relationship management, nilai nasabah, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas nasabah secara simultan. Pengujian ini pula menerangkan bahwa nilai nasabah  berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas nasabah secara parsial secara simultan. Variabel loyalitas nasabah bisa dijelaskan sang variabel customer relationship management, nilai nasabah, kualitas pelayanan sebanyak 41.6% sisanya sebanyak 58,4% dijelaskan sang variabel-variabel lain yg nir dimasukkan pada contoh penelitian ini.Kata Kunci: Customer Relationship Management, Nilai Nasabah, Kepercayaan Nasabah, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Nasabah.
PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN TELKOMSEL (STUDI KASUS PADA MAHASISWA MANAJEMEN SEMESTER VII UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN 2017) Dikson Winter Aprilliano S
EQUILIBIRIA Vol 8, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.893 KB) | DOI: 10.33373/eq.v8i1.5189

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara kualitas produk, kualitas pelayanan, promosi, harga terhadap loyalitas pelanggan Telkomsel pada Mahasiswa Manajemen Semester VII Universitas Riau Kepulauan 2017 Kota Batam. Teknik sampling yang dipakai adalah rumus slovin dan teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dengan analisis faktor, uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Pengujian hipotesis mengunakan uji t menunjukan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, promosi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, harga tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa keempat variabel independen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Promosi, Harga, Loyalitas Pelanggan.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, KOMUNIKASI, KOMPENSASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PADA KARYAWAN PADA PT ACTIVE MARINE INDUSTRIES BATAM Dini Putri Ayu Lestari; Rona Tanjung
EQUILIBIRIA Vol 8, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.256 KB) | DOI: 10.33373/eq.v8i1.5190

Abstract

Sumber daya manusia merupakan aset terpenting dalam sebuah perusahaan untuk dapat menjalankan segala kegiatan yang ada diberbagai bidang organisasi dalam sebuah perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, komunikasi, kompensasi, dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan. Populasi penelitian ini adalah karyawan PT. Active Marine Industries Batam yang berjumlah 80 orang. Sampel terdiri dari 67 responden, yang diambil dengan metode acak sederhana. Analisis data menggunakan asumsi klasik, regresi linear berganda, dan uji hipotesis serta menggunakan SPSS versi 25. Hasil peneliian disimpulkan bahwa variable gaya kepemimpinan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan perolehan angka t hitung (1,113)   t tabel (1,999) atau Sig. (0,270) 0,05, komunikasi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan perolehan angka t hitung (0,397) t tabel (1,999) atau Sig. (0,693) 0,05, kompensasi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan perolehan t hitung (1,101) t tabel (1,999) atau Sig. (0,275) 0,05, disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan perolehan angka t hitung (3.644) t tabel (1,999) atau Sig. (0,001) 0,05. Maka secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Komunikasi, Kompensasi, Disiplin Kerja, Kinerja Karyawan.
ANALYSIS OF LIQUIDITY & PROFITABILITY RATIOS TO FINANCIAL STATEMENTS AND PREDICTING BANKRUPTCY LEVELS USING Z-SORE FOR INSURANCE COMPANIES LISTED ON THE INDONESIA STOCK EXCHANGE 2012-2016 PERIOD Elminaliya Sandra
EQUILIBIRIA Vol 8, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.926 KB) | DOI: 10.33373/jeq.v8i1.4944

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rasio-rasio pada laporan keuangan dan memprediksi kebangkrutan dengan menggunakan rasio likuiditas, profitabilitas dan Altman Z-Score pada perusahaan asuransi yang terdaftar di bursa efek Indonesia. Kreteria pengambilan sampel yang dipergunakan adalah perusahaan asuransi yang terdafar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan menerbitkan laporan keuangan secara teratur dari tahun 2012-2016. Hasil penelitian ini menunjukan bahwat ingkat likuiditas dan profitabilitas masih standar rata-rata dan prediksi kebangkrutan sangat rawan pada perusahaan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik menganalisis data yang digunakan adalah setelah data yang selesai dikumpulkan, data tersebut akan dianalisis dengan menghitung rasio keuangan dan melakukan penafsiran atas hasil perhitungkan tersebut didasarkan atas standar yang ada. Sedangkan Altman Z-Score tesebut dapat diimplementasikan dalam mendeteksi kemungkinan terjadinya kebangkrutan pada perusahaan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), altman Z-Score tersebut mengelompokan perusahaan asuransi pada tiga kategori yaitu tidak bangkrut, rawan bangkrut,dan bangkrut. Hasil penelitian ini adalah diantara 2 rasio ini sudah baik mencapai standar industri walaupun ada yang tidak mencapai standar industry perusahaan, untuk perusahaan yang memiliki nilai rasio dan Z-Score yang baik harus tetap menjaga dan mempertahankan dan meningkat kankinerja keuangannya dalam menghasilkan laba agar tidak mengalami kebangkrutan.Kata Kunci: Rasio Likuiditas, Rasio Profitabilitas, Z-Score.
PENGARUH BUDAYA KERJA, DISIPLIN KERJA DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI BATAM TV PROVINSI KEPULAUAN RIAU Rini Elfina; Sumardin Sumardin
EQUILIBIRIA Vol 8, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.553 KB) | DOI: 10.33373/jeq.v8i1.3943

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kantor Batam TV, Provinsi Kepulauan Riau. Adapun tujuan dari pelakasanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Kinerja Karyawan yang ada di Kontor Batam TV Provinsi Kepulauan Riau. Adapun responden dari penelitian sebanyak 32 orang responden yang keseluruhan dari respondenya adalah karyawan tetap. Penelitian dilakukan selama 3 bulan yaitu bulan februari-april 2021. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Quisioner. Dan jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengat alat analisis data yang dipakai adalah menggunakan SPSS 19.0. Dalam penelitian ini terdiri atas Tiga variabel bebas bebas yaitu Budaya Kerja, Disiplin Kerja dan Fasilitas Kerja serta satu variabel terikat yaitu Kinerja Karyawan. Adpun hasil penelitian bila dilihat dari uji Anova menghasilkan angka F hitung sebesar 121.001F table 2,87 dengan H1 diterima. Artinya adalah koefisien regresi Budaya Kerja, Disiplin Kerja dan Fasilitas Kerja secara simultan berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan Batam TV, Kepulauan Riau.Kata Kunci: Budaya Kerja, Disiplin Kerja, Fasilitas Kerja, Kinerja Karyawan 
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PENGALAMAN KERJA, PELATIHAN KERJA DAN PRESTASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. BPR DANA NAGOYA BATAM Lestina Sijabat; Ferry M Manalu; Rahman Hasibuan
EQUILIBIRIA Vol 8, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.742 KB) | DOI: 10.33373/eq.v8i1.5192

Abstract

Sebuah perusahaan tidak akan baik apabila tidak adanya SDM yang baik. Memahami pentingnya kehadiran SDM dalam periode dunia saat ini, salah satu upaya yang harus dilakukan organisasi adalah meningkatkan sifat SDM. Dengan memperbaiki sifat SDM, dipercaya bahwa perwakilan dapat meningkatkan presentasinya Tingkat pendidikan, pengalaman kerja, pelatihan kerja dan prestasi kerja tidak sejalan dengan pekerjaan yang dijalankan. Beberapa permasalahan yaitu mengenai tingkat pendidikan yang tidak sejalan dengan jabatan yang ada di kantor saat ini. Masalah lain yang ditemukan peneliti ketika melakukan observasi yaitu pengalaman karyawan. Penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dengan skala likert. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. BPR Dana Nagoya yang berjumlah 40 orang dengan teknik pengembilan sampling jenuh. Data diperoleh dengan menggunakan instrument tes uraian dan instrument angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh tingkat pendidikan, pengalaman kerja, pelatihan kerja dan prestasi kerja terhadap kinerja karyawan PT.BPR Dana Nagoya Batam, hal ini terlihat dari nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya kurang dari 0,05.Kata Kunci: Kinerja Karyawan, Pelatihan Kerja, Pengalaman Kerja, Prestasi Kerja, Tingkat Pendidikan. 
PENGARUH LABA AKUNTANSI DAN ARUS KAS TERHADAP DEVIDEN KAS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2017 Ema Saputri; Jayana Salesti
EQUILIBIRIA Vol 8, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/eq.v8i1.5193

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui pengaruh laba akuntansi dan arus kas terhadap deviden kas. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor makanan. Dengan menggunakan teknik purpose sampling didapat sampel sebangayk 7 perusahaan dari 18 perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Laba Akuntansi berpengaruh signifikan terhadap Deviden Kas, ini ditandai dengan hasil Laba Akuntansi pada uji T yang menunjukkan nilai signifikan 0,000 α (0,05). Variabel Arus kas memiliki nilai signifiakan 0,0668 α (0,05), maka dapat dikatakan Arus Kas tidak berpengaruh signifikan terhadap Deviden Kas. Berdasarkan hasil perhitungan dapat dilihat koefisien determinasi R diperoleh adalah 86,8%, angka memberi arti bahwa variabel Laba akuntasi dan Arus kas berpengaruh terdahap deviden kas, untuk sisanya 13,2% dipengaruhi oleh faktor lain.Kata Kunci: Laba Akuntansi, Arus Kas, Deviden Kas.
PENGARUH PENERAPAN SISTEM AKUNTASI KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS INFORMASI LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS PADA SATUAN KERJA POLDA KEPULAUAN RIAU) Dafriansyah Putra; Ravika Permata Hati
EQUILIBIRIA Vol 8, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/eq.v8i1.5194

Abstract

Berdasarkan basil analisis data dan pembahasan mengenai pengaruh pengaruh penerapan system akuntansi keuangan pemerintah daerah (XO dan kompetensi sumber daya manusia terhadap kualitas informasi laporan keuangan pemeriniah daerah (Y) pada Satuan Kerja Polda Kepri. Analisis yang dilakukan menggunakan analisis berganda (multiple regression) dengan SPSS 17. Dan sampel yang digunaknn sebanyak 32 responden yang merupakan pegawai yang melaksanakan tugas dan fungsi tata usaha keuangan pada Satuan Kerja Polda Kepulauan Riau yaitu pada bagian keuangan Polda Kepulauan Riau (BidKeu). Hasil pengujian dan pembahasan yang telah dilakukan sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan: Hasil analisis variabel pemanfaatan sistem informasi akuntansi keuangan daerah diperoleh nilai t hitung sebesar 4.193 dengan probabilitas 0,000. Dengan t hitung 4.193 lebih besar dari t-tabeIuos(32) 1.69726 atau probabilitas 0.000 lebih kecil dari 0.05; maka Ho ditolak yang berarti bahwa variabel pemanraatan sistem informasi akuntansi keuangan daerah secara parsial atau individu berpengaruh signifikan terhadap kualitas informasi laporan keuangan pada Satuan Kerja polda Kepri. Hasil pengolahan variabel kompetensi sumber daya manusia diperoleh nilai t hitung sebesar 4.237 dengan probabilitas 0,000. Dengan t hitung 4.237 lebih besar dari t-tabel 1.69726 atau probabilitas 0.000 lebih kecil dari 0.05; maka Ho ditolak yang berarti bahwa variabel kompetensi sumber daya manusia secara parsial atau individu berpengaruh signifikan terhadap kualitas informasi laporan keuangRn pada Satuan Kerja polda Kepri. Diperoleh hasil analisis untuk nilai F adalah sebesar 57.%2 dengan probabilitas sebesar Nilai F table adalah sebesar 3.32. Oleh karena itu dengan nilai F hitung lebih besar dari F table yaitu 57.662 3.32 atau probabilitas F hitung lebih kecil dari 0.05 maka HO ditolak dan HI diterima. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan system akuntansi keuangan pemerintah daerah (XI) dan kompetensi sumber daya manusia (X2) terhadap kualitas informasi laWran keuangan pemerintah daerah (Y) pada Satuan Kerja Polda Kepri.Kata Kunci: Sistem Akuntansi, Laporan Keuangan, Pemerintah Daerah.
ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI BIAYA LINGKUNGAN TERHADAP PENGELOLAAN LIMBAH (STUDI KASUS PADA PT SURYA PRIMA BAHTERA SHIPYARD) Sagita Wenda; Rizki Eka Putra; Hanafi Siregar
EQUILIBIRIA Vol 8, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33373/eq.v8i1.5195

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlakuan akuntansi biaya lingkungan terkait komponen biaya lingkungan dan perlakuan akuntansi biaya lingkungan terhadap pengelolaan limbah pada PT Surya Prima Bahtera Shipyard. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dimana penulis mendeskripsikan, mencatat, menganalisis dan menginterprestasikan kondisi yang sekarang ini terjadi. Data penelitian diperoleh melalui wawancara terhadap karyawan PT Surya Prima Bahtera Shipyard dan dokumentasi laporan keuangan tahun 2017. Teknik analisis yang digunakan dengan membandingkan komponen biaya lingkungan yang dikeluarkan oleh PT Surya Prima Bahtera Shipyard dengan berdasarkan model kualitas serta perlakuan alokasi biaya menurut PSAK No. 1 dan PSAK No. 33. Hasil penelitian ini adalah PT Surya Prima Bahtera Shipyard sudah melakukan tahapan perlakuan akuntansi untuk biaya pengelolaan limbah, mengakui biaya pengelolaan limbah dan pengukuran biaya lingkungan (dalam hal pengelolaan limbah) yang dilakukan menggunakan satuan rupiah. Dalam menyajikan biaya pengelolaan limbah, PT Surya Prima Bahtera Shipyard sudah menyajikan sesuai dengan PSAK No 1 tetapi dalam mengungkapkan kebijakan-kebijakan akuntansi terkait biaya pengelolaan limbah masih belum sesuai dengan PSAK No. 33. Selain itu, dalam menyajikan laporan laba rugi perusahaan masih menggabungkan biaya limbah dengan biaya produksi.Kata Kunci: Akuntansi Lingkungan, Biaya Lingkungan, Biaya Pengelolaan Limbah Penerapan    Akuntansi Lingkungan

Page 1 of 1 | Total Record : 9