cover
Contact Name
Arif Rakhman
Contact Email
cakrakirana7@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
smartcomp@poltektegal.ac.id
Editorial Address
Jalan Mataram No 9 Pesurungan Lor Kota Tegal
Location
Kota tegal,
Jawa tengah
INDONESIA
Smart Comp : Jurnal Orang Pintar Komputer
ISSN : 2089676X     EISSN : 25490796     DOI : 10.30591
Smart Comp(p-ISSN: 2089-676X, e-ISSN:2549-0796) is a nationally peer reviewed computer science journal open for researchers from the field of Information Technology, Computer Engineering, Informatics Engineering and related researches. Smart Comp has been published continuously since 2012 Starting in year 2016, the journal issues are published online regularly under Open Access Policy. Jurnal Smart Comp is currently indexed/included in Google Scholar, PKP Index, Portal Garuda, Sinta, etc. Please read these author guidelines carefully. Authors who want to submit their manuscript to the editorial office of Smart Comp should obey the writing guidelines. If the manuscript submitted is not appropriate with the guidelines or written in a different format, it will BE REJECTED by the editors before further reviewed. The editors will only accept the manuscripts which meet the assigned format.
Arjuna Subject : -
Articles 328 Documents
SISTEM APLIKASI STOK BARANG DAN PENJUALAN PADA RUMAH BATIK TEGALAN MAUDY MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0 Jamilatun Nisya; Yerry Febrian Sabanise; Ida Afriliana
Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 4, No 2 (2015)
Publisher : Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (759.472 KB) | DOI: 10.30591/smartcomp.v4i2.284

Abstract

Sistem Aplikasi stok barang dan penjualan pada Rumah Batik Tegalan Maudy saat ini masih bersifat manual.Jenis dan jumlah barang yang terus bertambah dengan arus keluar dan masuk barang yang semakin meningkat.Hal tersebut menyebabkan kontrol terhadap stok barang dan penjualan semakin sulit dilakukan. Objek utamasistem ini adalah untuk memberikan kemudahan kepada penggunanya dalam pengolahan stok barang danpenjualan sehingga lebih efektif dan efisien. Metode penelitian yang dilakukan adalah melakukan penelitianlapangan berupa wawancara dan observasi serta penelitian kepustakaan yang memperoleh data dan informasidari buku–buku yang behubungan dengan masalah yang diteliti. Penelitian ini menghasilkan suatu programyang dapat melakukan kontrol terhadap stok barang dan penjualan dan memberikan laporan barang terbaru yangdibuat menggunakan perangkat lunak Microsoft Visual Basic 6.0 dan Microsoft Acces 2007.Kata kunci : Implementasi Aplikasi,Visual Basic, Microsoft Access.
EKSPLORASI VISUALISASI SPASIO-TEMPORAL MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK QUANTUM GIS DAN PLUGINTIME MANAGER Totok Wahyu Wibowo
Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 7, No 2 (2018): Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer
Publisher : Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.434 KB) | DOI: 10.30591/smartcomp.v7i2.965

Abstract

Peta sangat dibutuhkan ketika seseorang ingin memahami pola dan hubungan geospasial, tetapi kebanyakan peta membatasi hanya kepada satu satuan waktu tertentu. Beberapa studi tentang kejadian atau proses geografis akan sulit dilaksanakanjika mengabaikan aspek waktu, karena banyak tantangan penting yang dihadapi manusia saat ini, seperti perubahan iklim global, perkembangan ekonomi, dan kesehatan membutuhkan deteksi, analisis perubahan dan tren untuk membantu pemecahan masalah. Visualisasi informasi secara spasio-temporal dimungkinkan dengan menambahkan kemampuan animasi pada peta.Perangkat lunak Quantum GIS (QGIS) merupakan salah satu pilihan dalam pengolahan data geospasial dan memiliki kemampuan untuk menyajikan peta dalam animasi. Kemampuan tersebut tidak lain karena adanya plugin TimeManager, yang dapat ditambahkan oleh pengguna. Tulisan ini akan melakukan eksplorasi kemampuan plugin tersebut untuk menyajikan peta animasi melalui variasi pada step size dan speed. Selain kedua hal tersebut akan dilakukan eksplorasi penyusunan peta animasi dengan efek offset dan penambahan layer data.Kata Kunci:Peta Animasi, Spasio-temporal, QGIS, Time Manager.
AUDIT SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4.1 PADA WEBSITE UNIVERSITAS PERADABAN Rito Cipta Sigitta Hariyono
Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 7, No 1 (2018): Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer
Publisher : Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.174 KB) | DOI: 10.30591/smartcomp.v7i1.725

Abstract

Teknologi informasi (TI) saat ini menjadi teknologi yang banyak diadopsi oleh hampir seluruh organisasi dan dipercaya dapat membantu meningkatkan efisiensi proses yang berlangsung, tak terkecuali di institusi pendidikan. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan suatu pengelolaan TI yang ada secara terstruktur. Pedoman yang dapat memberikan panduan mengenai tata kelola TI di organisasi yang dapat diukur, dimanfaatkan dan dikelola untuk mendapatkan daya saing organisasi adalah menggunakan Control Objective for Information and Related Technology (COBIT) 4.1.  Hasil penelitian menemukan bahwa tata kelola system informasi pada Website di Universitas Peradaban dalam Capability Maturity Model sudah mencapai level 4 (Managed), seperti adanya SOP untuk pemantauan proses Akademik, melakukan backup, recovery dan penghapusan data secara periodik, fasilitas kemanan lingkungan secara fisik, pemantauan kinerja teknologi informasi, hak akses diberikan ke setiap pengguna aplikasi, sistem informasi pada Website UniversitasPeradaban telah mengikutsertakan peraturan dari eksternal khususnya dari pemerintah dan mencapai level 3 (Defined), seperti fasilitas login untuk bisa mengakses aplikasi, pemasangan firewall dan antivirus, identifikasi dan alokasi biaya-biaya TI dalam anggaran tahunan, pelatihan pemakaian aplikasi dan penanganan permasalahan dalam sistem informasi keuangan disepakati melalui peraturan yang sudah ada Kata Kunci: Capability Maturity Model, tingkat kematangan, COBIT 4.1, Audit Sistem Informasi
FILM DOKUMENTER “EMPU BESI YANG HAMPIR PUNAH” Moh. Syarif Hidayat Affandi, Haryo Guritno, Very Kurnia Bakti
Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 3, No 1 (2014)
Publisher : Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (842.763 KB) | DOI: 10.30591/smartcomp.v3i1.193

Abstract

Pengrajin Pandai Besi pada waktu sekarang ini memang jarang sekali kita jumpai keberadaannya dan telah tergeser oleh produk-produk pabrikan. Hal ini berdampak pada masyarakat yang kini kurang mengenal usaha Pandai Besi yang masih tradisional ini. Dengan dibuatnya film dokumenter tentang usaha pandai besi diharapkan mampu tersampaikannya informasi tentang pengrajin pandai besi kepada publik sehingga usaha tradisional pandai besi lebih dikenal oleh masyarakat luas dana dapat dilestarikan keberadaanya.Film dokumenter yang diangkat dalam usaha pandai besi ini mengambil judul ”Empu besi yang hampir punah”. Untuk mengimplementasikan sistem, pertama-tama dilakukan perancangan sisitem yang meliputi tahap pra produksi, produksi dan pasca produksi. Software yang digunakan dalam proses pasca poduksi adalah menggunakan Pinnacle Studio 15Kata Kunci : Film dokumenter, pandai besi, pinnacle studio 15
SISTEM INFORMASI PELAPORAN LPG (SIMPEL) BERBASIS WEB DENGAN MODEL MULTI USER Purwanto Purwanto; Heni Rahmawati; Alpuan Alpuan
Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 9, No 1 (2020): Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer
Publisher : Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (615.318 KB) | DOI: 10.30591/smartcomp.v9i1.1820

Abstract

Sistem Informasi Pelaporan LPG (SIMPEL) Berbasis Web dengan Model Multi User dikembangkan dengan tujuan dapat membantu mempermudah pendataan data penyaluran tabung gas LPG bersubsidi dan pelaporan realisasi penyaluran tabung gas LPG bersubidi di Kabupaten Banjarnegara dengan menerapkan pembatasan terhadap hak akses pengguna sehingga memberikan privasi atau keamanan data kepada masing-masing agen. Penelitian dilaksanakan di Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan metode Waterfall sebagai tahapan-tahapan dalam melakukan pengembangan sistem, dalam merancang sistem penulis menggunakan bahasa pemprograman PHP (Hypertext Prepprocessor) sebagai interface dan MySql sebagai Database. Memperhatikan hasil pengujian sistem dengan rata – rata nilai sebesar 73,11 % dari responden, penerapan Sistem Informasi Pelaporan LPG (SIMPEL) Bebasis Web dengan Model Multi User ini terbukti memudahkan user dalam proses rekapitulasi data pelaporan Liquefied Petroleum Gas (LPG) tabung gas bersubsidi dan dikategorikan mampu memberikan kemanan data masing - masing Agen penyalur gas bersubsidi di Kabupaten Banjarnegara. Kata Kunci : Sistem Informasi Pelaporan , Liquefied Petroleum Gas (LPG), Berbasis Web, LPG Kabupaten Banjarnegara.
SIMULASI DESAIN BANGUNAN PERUMAHAN SAPPHIRE RESIDENCE TIPE 45 BERBASIS 3 DIMENSI Muhammad Teguh Prihandoyo; Aginta Faqih F
Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 5, No 2 (2016)
Publisher : Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.526 KB) | DOI: 10.30591/smartcomp.v5i2.403

Abstract

Dalam memasarkan produknya Sapphire Residence Dampyak perlu adanya desain animasi 3 dimensi guna memvisualisasikan kepada konsumen, agar konsumen dapat melihat secara detail desain exterior dan interior rumah yang sedang dipasarkan. Animasi baik yang berbasis 2 atau 3 dimensi merupakan salah satu sarana untuk menyampaikan informasi. Dengan adanya pengembangan desain grafis sudah dapat dipastikan untuk penyampaian informasi dapat melalui visualisasi yang menarik dan menjadi karya seni yang unik.Metode penelitian yang digunakan pengumpulan data yang digunakan dalam hal ini yaitu observasi pada objek penelitian, wawancara dengan narasumber dan studi literatur yang berhubungan dengan permasalahan yang ada. Perancangan menggunakan Storyboard. Animasi yang dibuat menggunakan Software AutoCAD 2002, 3d Studio Max 2009 dan Pinnacle Studio 14. Hasil yang dicapai dalam pembuatan tugas akhir ini yaitu video animasi 3 dimensi rumah tipe 45 pada Perumahan Sapphire Residence. Penggunaan media animasi 3 dimensi dapat mempermudah dalam proses penyampaian penawaran sebuah property dan memberikan gambaran kepada konsumen.Kata Kunci : Desain Bangunan Rumah, 3 Dimensi, Animasi
PERANCANGAN REPOSITORY DENGAN DUKUNGAN OPEN ARCHIEVE INITIATIVE (OAI) BERBASIS OPEN SOURCE MENGGUNAKAN CODEIGNITER DAN NODE.JS Taufiq Iqbal; Bahruni .
Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 8, No 2 (2019): Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer
Publisher : Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (463.128 KB) | DOI: 10.30591/smartcomp.v8i2.1483

Abstract

Repository menjadi sarana yang baik untuk mempublikasikan hasil penelitian pada lingkup yang lebih luas. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan reputasi yang baik untuk referensi dari para penulis dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Repository merupakan sebuah perangkat lunak open source yang dapat digunakan sebagai arsip serta dapat menyimpan gambar, data penelitian dan suara dalam bentuk digital. Tersebarnya repository seperti; e-prints, d-space, fedora, greenstone digital library, ganesa digital library (GDL) dan SLIMs tetapi masih kurang banyak digunakan oleh Perguruan Tinggi di Indonesia dikarenakan hal teknis spesifikasi serta kesulitan masalah biaya dan sumber daya. Penelitian ini mencoba untuk membangun model repository yang dapat digunakan sebagai bentuk manajemen publikasi dan penerbitan serta memiliki fitur Open Archieve Initiative (OAI) dan penanganan metadata agar dapat secara baik ter-index pada indexing internasional dan bersifat open source. Secara garis besar penelitian ini dibagi dalam tiga tahapan, yaitu pengumpulan data pra pengembangan, pengembangan serta implementasi, dan pengumpulan data pasca pengembangan. Pengumpulan data pra pengembangan dimaksudkan untuk mendapatkan bekal studi pendahuluan tentang inti masalah yang sedang dihadapi, sedangkan tahap pengembangan dan implementasi berfokus pada memodelkan perancangan perangkat lunak ke dalam diagram dan membuat kode pemrograman untuk mengimplementasikan perancangan yang telah dibuat. Sedangkan tahapan pengumpulan data pasca pengembangan adalah untuk pembenahan aplikasi yang dibuat, penarikan kesimpulan, dan saran untuk topik penelitian selanjutnya. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa repository dibangun dengan framework codeigniter, node.js dan menggunakan bahasa pemograman pendukung seperti HTML, CSS, Jquery, Java Script, JSON, AJAX, Boostrap sebagai media dalam perancangan antar muka. Sedangkan PHP sebagai server side dan MySQL sebagai database. Aplikasi repository ini diberi nama dengan ―T-REPOSITORY‖ yang dapat di unduh pada sosial coding github.Kata kunci : Repository; Open Archieve Initiative (OAI); Open source, Codeigniter, Node.js
SIMULASI METAMORFOSIS KUPU-KUPU MENGGUNAKAN 3Ds MAX7 Indra Dwi Aris Wibowo
Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 2, No 4 (2013): Smart Comp
Publisher : Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4492.343 KB) | DOI: 10.30591/smartcomp.v2i4.76

Abstract

Majunya teknologi dunia multimedia merupakan suatu perkembangan yang memberikan akses terhadap perubahan kehidupan masyarakat. Selain berfungsi informatif, media teknologi tersebut merupakan salah satu media entertainment yang memberikan pilihan hiburan menyegarkan. Salah satu aplikasi multimedia adalah Animasi. Selain untuk hiburan, Animasi juga dapat dijadikan media pengajaran dan pendidikan, media publikasi, dan media pengembangan seni dan budaya.                Animasi merupakan salah satu dari jenis Animasi yang menjadi primadona bagi para pembuat Animasi. Selain dapat diraih dengan biaya yang relatif lebih murah dari film pendek, Animasi juga memberikan ruang gerak ekspresi yang lebih leluasa, terlebih dalam pengeditan Animasi. Kata Kunci : Animasi, film, entertainment
PENINGKATANSISTEM INFORMASI BERBASIS WEBSITE PADA SASANA ANAK SUKO MULYO TEGAL Ida Afriliana; Indra Dwi Hasta; Dikky Chandra Nugroho
Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 7, No 2 (2018): Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer
Publisher : Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (636.381 KB) | DOI: 10.30591/smartcomp.v7i2.974

Abstract

Pelayanan pada Sasana Anak Suko Mulyo belum menggunakan system informasi yang baik, masih menggunakan penyebaran informasi dengan menggunakan papan informasi yang ada di lingkungan Sasana. Dengan informasi yang dipasang di papan pengumuman maka hanya sedikit mengetahui tentang informasi yang diberikan oleh pihak pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang sistem informasi berbasis website Sasana Suko Mulyo Tegal agar penyebaran informasi lebih meluas yakni kepada para dermawan atau pihak keluarga Sasana. Metodologi yang digunakan dalam perancangan sistem informasi ini menggunakan metode waterfall . Sedangkan data yang diperlukan adalah data sekunder dari Sasana Anak Suko Mulyo. Perancangan yang digunakan adalah UML dan bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan sistem informasi berbasis website dapat menjadi sebuah revolusi publikasi dalam membuka jangkauan informasi yang lebih luas lagi untuk menyampaikan berbagai jenis informasi mengenai Sasana tersebut, memberikan kemudahan dalam melakukan aktivitas kunjungan oleh para tamu dan meghilangkan batasan waktu, jarak, dan tempat sebagai halangan bagi anak-anak sasana, untuk dapat diakses oleh masyarakat luas yang akan mencari informasi tentang Sasana Suko Mulyo Tegal.Kata Kunci :Sistem Informasi, Website, Website Sasana, Metodologi,
SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS SEBARAN SMA DAN MA DI KOTA TEGAL Alfian Reza Pahlawan Ginanjar Wiro S. Rais
Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer Vol 2, No 3 (2013): Smart Comp
Publisher : Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2372.528 KB) | DOI: 10.30591/smartcomp.v2i3.65

Abstract

Banyak SMA dan MA yang tersebar di lingkungan masyarakat termasuk di Kota Tegal, tetapi masyarakat sendiri kurang mengetahui informasi yang ada, misalnya mengenai lokasi yang tepat, sarana atau fasilitas yang ada, dan lain sebagainya. Adapun tujuan dari pembuatan produk adalah sebagai sarana untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang letak sebaran SMA dan MA diKota Tegal. Salah satu konsep teknologi informasi yang digunakan sebagai media penyebaran informasi SMA dan MA adalah Sistem Informasi Geografis. Dengan menggunakan SIG maka akan lebih mudah bagi para pengambil keputusan untuk menganalisa data yang ada. Karena dengan adanya SIG maka digambarkan juga posisi penyebaran data pada kondisi sesungguhnya. Sistem Informasi yang dihasilkan adalah Sistem Informasi Geografis Sebaran SMA dan MA di Kota Tegal. Sistem Informasi ini memiliki visualisasi dalam bentuk web yang pembuatannya menggunakan bahasa pemrogramman PHP serta ArcView sebagai media pembuatan petanya.Hasilnya mennunjukkan Sistem Informasi Geografis dapat memberikan informasi SMA dan MA berupa data, nama sekolah, nama kepala sekolah, alamat sekolah, luas lahan, luas bangunan, titik koordinat, gambar mapping sekolah, foto satelit sekolah, jumlah siswa dan jumlah gurupada tiap SMA dan MA di Kota Tegal. Kata Kunci : Sistem Informasi Geografis, Sebaran SMA dan MA di Kota Tegal, PHP, ArcView.

Page 1 of 33 | Total Record : 328