cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
monex@poltektegal.ac.id
Editorial Address
Jalan Mataram No 9 Kota Tegal
Location
Kota tegal,
Jawa tengah
INDONESIA
Monex: Journal of Accounting Research
ISSN : 20895321     EISSN : 25495046     DOI : http://dx.doi.org/10.30591/monex
Core Subject : Economy,
Monex: Journal of Accoutning Research or Monex (previously known as Monex: Journal Research Accounting Politeknik Tegal) is a peer-reviewed and open-access journal published by Politeknik Harapan Bersama in collaboration with Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI-KAPd) and Relawan Jurnal Indonesia (RJI). Monex: Journal of Accounting Research registered with ISSN 2549-5046 (online) and ISSN 2089-5321(print). Monex particularly discusses the main problems in the development of the sciences of accounting finance, auditing, tax, accounting information system, and managerial accounting. Monex publishes empirical (research) papers conducted with various research approaches, namely quantitative, qualitative and mixed-method. Monex is accredited in SINTA (Science and Technology Index) at grade 4 by the Ministry on Research and Technology of the Republic of Indonesia based on the Surat Keputusan Decree of The Director General of Strengthening Research and Development of The Ministry of Research, Technology and Higher Education No. 28/E/KPT/2019. Please read these guidelines carefully. Authors who want to submit their manuscript to the editorial office of Monex: Journal of Accounting Research should obey the writing guidelines. If the manuscript submitted is not appropriate with the guidelines or written in a different format, it will be rejected by editors before further review. The editors will only accept manuscripts that meet the assigned format. Monex is going to publish journals twice in two terms: January and July. Please submit your manuscript. Please, make the new Template Article and Download HERE
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2013)" : 7 Documents clear
ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA RSUD DOKTER SOESELO SLAWI KABUPATEN TEGAL Erwin Herlambang Pras Setyo Sri Kusumaningrum Siti Nur Hadiyati
Monex: Journal of Accounting Research Vol 2, No 1 (2013)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/monex.v2i1.85

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah kinerja keuangan RSUD Dokter Soeselo dengan menggunakan analisis rasio keuangan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dari Laporan Keuangan RSUD Dokter Soeselo tahun 2010, 2011, dan 2012. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam pengolahan data adalah analisis rasio. Hasilnya bahwa perhitungan rasio keuangan selama 3 tahun berturut-turut. Rasio Likuiditas (Current Ratio = 239,81%, 232,98%, dan 401,88%. Quick/Acid Test Ratio = 203,77%, 201,88%, dan 333,15%). Rasio Solvabilitas (Total Debt To Equity Ratio = 20,91%, 18,83%, dan 10,89%. Total Debt To Total Assets Ratio = 17,29%, 15,85%, dan 9,82%). Rasio Rentabilitas (Operating Ratio = 87,83%, 67,48%, dan 76,36%. Net Rate Of ROI = 7,39%, 24,13%, dan 24,03%. Net Rate Of ROE = 8,9%, 28,7%, dan 26,7%). Kata Kunci : Rasio Keuangan (current ratio, quick/acid test ratio, total debt to equity ratio, total debt to total assets ratio, operating ratio, net rate of ROI, net rate of ROE) dan Kinerja Keuangan.
ANALISIS BRAND AWARENESS PADA HARIAN SURAT KABAR RADAR TEGAL (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT KOTA TEGAL) Nenti Musarofah Erni Unggul Galih Wicaksono
Monex: Journal of Accounting Research Vol 2, No 1 (2013)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/monex.v2i1.81

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Harian Surat Kabar Radar Tegal telah mencapai Top Of Mind (puncak pikiran) di benak para pembaca khususnya masyarakat kota Tegal.Pada penelitian kali ini peneliti menggunakan metode analisis data deskriptif yaitu analisis data yang relevan dan memaparkan situasi atau peristiwa yang sebenar-benarnya. Sedangkan dalam metode pengumpulan data, peneliti menggunakan metode kuesioner, observasi, dan wawancara. Metode kuesioner dilakukan dengan cara mendatangi responden yang dijumpai dengan  menyerahkan daftar pertanyaan yang harus dijawab oleh para responden untuk mendapatkan data primer. Metode observasi dilakukan dengan cara melakukan praktik magang di Radar Tegal dengan  mengamati kegiatan yang berlangsung di kantor dan metode wawancara dilakukan dengan mengadakan tanya jawab kepada salah satu personalia atau wartawan dari kantor Radar Tegal. Berdasarkan data kuesioner yang telah diisi dan dijawab  para responden yang dijumpai peneliti, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa Harian Surat Kabar Radar Tegal belum mencapai Top Of Mind (puncak pikiran) di benak para responden di kota Tegal. Karena Harian Surat Kabar Radar Tegal masih kalah populer dibanding merek surat kabar lainnya di kota Tegal. Tetapi dari data kuesioner tersebut Harian Surat Kabar Radar Tegal telah mencapai Brand Recall (pengingatan kembali merek) yang berarti merek Surat Kabar Radar Tegal masih cukup populer di benak para responden meskipun masih kalah dengan merek koran sejenis. Kata Kunci : Masyarakat Kota Tegal, Brand Awareness.
PENGARUH JUMLAH ANGGOTA KOPERASI TERHADAP PEROLEHAN SHU PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA KARYAWAN PENDIDIKAN (KPRI-KP) DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL Nok Alfiana Pamungki Ida Farida Asrofi Langgeng Nurmansyah
Monex: Journal of Accounting Research Vol 2, No 1 (2013)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/monex.v2i1.82

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan jumlah anggota dan perolehan SHU serta mengetahui seberapa besar pengaruh jumlah anggota koperasi terhadap perolehan SHU pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia Karyawan Pendidikan (KPRI-KP) Dukuhturi Kabupaten Tegal. Hipotesis dalam penelitian ini adalah diduga terdapat pengaruh yang signifikan atas jumlah anggota terhadap perolehan SHU pada KPRI-KP Dukuhturi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah riset lapangan dan riset keperpustakaan, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Sederhana dan Uji nilai t. Penelitian regresi linier sederhana dapat disimpulkan bahwa dari hasil penelitian diketahui tidak ada hubungan yang signifikan dan menunjukkan nilai negatif antara jumlah anggota koperasi terhadap SHU yang diperoleh KPRI-KP Dukuhturi, hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil nilai koefisien regresi yang negatif dari persamaan regresi linier sederhana yaitu Y= 113.623.951,904 + (-231.734,569) X. Berdasarkan uji nilai t dapat disimpulkan bahwa thitung ≤ ttabel yaitu -3,556 ≤ 6,314 jadi dapat disimpulkan bahwa model persamaan regresi yang terbentuk dari uji t, maka Ho diterima dan Ha ditolak. Maka dapat dinyatakan bahwa jumlah anggota tidak berpengaruh terhadap perolehan SHU. Saran dalam penelitian ini diharapkan pengurus Koperasi Pegawai Republik Indonesia Karyawan Pendidikan (KPRI-KP) Dukuhturi Kabupaten Tegal hendaknya dapat lebih meningkatkan partisipasi anggota dan juga dapat membuka usaha pada koperasi untuk menyediakan kebutuhan yang dibutuhkan oleh anggota KPRI-KP Dukuhtutri sehingga dapat meningkatkan perolehan SHU setiap tahunnya. Kata Kunci : Jumlah Anggota, SHU KPRI-KP Dukuhturi, Kabupaten Tegal.
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN NASABAH PRODUK MITRA BEASISWA BERENCANA DI ASURANSI JIWA BERSAMA BUMIPUTERA 1912 CABANG BREBES Jelita Ardana Ricwari Rina Kusumaningrim Istianah
Monex: Journal of Accounting Research Vol 2, No 1 (2013)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/monex.v2i1.83

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dimensi dalam kualitas pelayanan yaitu bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan kepedulian berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Apakah kualitas layanan yang tediri dari bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah produk asuransi mitra beasiswa berencana di AJB Bumiputera Cabang Brebes, (2) Variabel mana dari bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah produk asuransi mitra beasiswa berencana di AJB Bumiputera Cabang Brebes.Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut: Y =9,395+ 0,997 (X1) + 0,128 (X2) + (- 0,096) (X3) + (- 0,092) (X4) + (- 0,1) (X5).mDari hasil uji t diperoleh, bahwa variabel bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Sedangkan untuk variabel kehandalan, daya tanggap, jaminan dan kepedulian tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Dan variabel bukti fisik merupakan faktor yang paling dominan terhadap kepuasan nasabah produk Asuransi Mitra Beasiswa Berencana di AJB Bumiputera 1912 Cabang Brebes. Hasil analisis regresi melalui uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 9,769 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 dibandingkan dengan nilai Ftabel sebesar 4,01, maka Fhitung > Ftabel, yang berarti bahwa secara bersama-sama variabel bebas ( bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan kepedulian) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah produk Asuransi Mitra Beasiswa Berencana di Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Cabang Brebes. Nilai koefisien determinasi sebesar 45,7%, yang berarti 45,7% variabel kepuasan nasabah dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan, sedangkan sisanya 54,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan ( Bukti fisik, Kehandalan, Daya tanggap,   Jaminan, Kepedulian), Kepuasan Nasabah.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA (STUDI KASUS BIRO ADMINISTRASI UMUM KEUANGAN DAN KEPEGAWAIAN (BAUK) POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA Intan Alfi Andini Sunandar Hetika
Monex: Journal of Accounting Research Vol 2, No 1 (2013)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/monex.v2i1.79

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan apa saja yang diberikan Biro Administrasi Umum Keuangan dan Kepegawaian (BAUK) kepada mahasiswa Program Studi Akuntansi Politeknik Harapan Bersama.Hipotesis Penelitian ini adalah variabel bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), kepedulian (empathy) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa Program Studi Akuntansi Politeknik Harapan Bersama.Dalam penelitian ini sampel yang diambil adalah 290 responden. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode Slovin, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji t, dan uji F. Hasil uji t dan uji F diperoleh Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa bukti langsung (tangibles) (X1), keandalan (reliability) (X2), daya tanggap (responsiveness) (X3), jaminan (assurance) (X4), dan kepedulian (empathy) (X5) berpengaruh significant secara parsial dan simultan terhadap kepuasan mahasiswa Program Studi Akuntansi Politeknik Harapan Bersama. Kesimpulannya bahwa secara parsial dan simultan aspek bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan kepedulian (empathy) merupakan faktor yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa Program Studi Akuntansi Politeknik Harapan Bersama. Kata Kunci : kualitas pelayanan, kepuasan mahasiswa
PENGARUH KOMPENSASI KEUANGAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. BARATA INDONESIA (PERSERO) UNIT USAHA MANDIRI TEGAL Mulyaningsih Hesti Widianti Novian Ardyansyah Yusuf
Monex: Journal of Accounting Research Vol 2, No 1 (2013)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/monex.v2i1.84

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompensasi keuangan langsung dan tidak langsung secara parsial dan simultan terhadap kinerja karyawan PT. Barata Indonesia (Persero) Unit Usaha Mandiri Tegal dan ada tidaknya perbedaaan kinerja antara karyawan tetap dan karyawan kontrak PT. Barata Indonesia (Persero) Unit Usaha Mandiri Tegal. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 responden yang disebar kepada karyawan PT. Barata Indonesia (Persero) Unit Usaha Mandiri Tegal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan uji validasi, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, analisis linier berganda, analisis korelasi berganda dan uji perbedaan rata-rata.Hasil penelitian ini adalah: (1) nilai t hitung lebih besar dari t tabel dan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (p<0,05), maka dapat disimpulkan bahwa variabel bebas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat. (2) nilai F hitung sebesar 178,039 dan F tabel sebesar 3,13 dengan signifikansi sebesar 0,000. Oleh karena F hitung > F tabel (178,039 >3,13), dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (p<0,05), maka hal ini berarti bahwa kompensasi keuangan langsung dan tidak langsung berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawan. (3) uji perbedaan rata-rata diperoleh nilai t hitung sebesar 1,119 dan t tabel 1,994 dengan tingkat signifikan 0,267, karena t hitung < t tabel ( 1,119<1,994), signifikan lebih besar dari 0,05(p<0,05), maka hal ini berarti bahwa tidak ada perbedaan antara kinerja karyawan tetap dan karyawan kontrak. Kata Kunci : Kompensasi Keuangan Langsung, Kompensasi Keuangan Tidak Langsung, Kinerja Karyawan, Karyawan Tetap, Karyawan Kontrak.
ANALISIS PENGADAAN PERSEDIAAN KILOWATT HOUR METER (kWh Meter) DENGAN METODE EOQ PADA PT. PLN (PERSERO) AREA PELAYANAN DAN JARINGAN TEGAL Dorothea Irma Hesti Widianti Novian Ardyansyah Yusup
Monex: Journal of Accounting Research Vol 2, No 1 (2013)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/monex.v2i1.80

Abstract

Penelitian ini adalah untuk menganalisis pengadaan persediaan kWh meter dengan pendekatan EOQ pada PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Tegal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, pengamatan langsung (observsi) dan studi dokumentasi. Sedangkan metode analisa data menggunakan data kualitatif dan menggunakan pendekatan EOQ untuk menganalisis pengadaan persediaan kWh meter pada PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Tegal. Total biaya persediaan bila dihitung dengan kebijakan perusahaan adalah sebesar Rp 219.918.622 dalam 32 kali pesan selama periode 2013, sedangkan bila dianalisis dengan pendekatan EOQ maka besarnya total biaya persediaan adalah sebesar Rp 218.322.803 dalam 23 kali pesan selama satu periode. Apabila menggunakan metode EOQ maka perusahaan dapat melakukan penghematan sebesar Rp 1.595.819. Oleh karena itu, PT. PLN (Persero) Area Tegal disarankan untuk menerapkan metode EOQ dalam melakukan pengadaan persediaan kWh meter, agar dapat dilakukan pengendalian perencanaan pengadaan barang yang mendekati kenyataan sehingga akan diperoleh biaya persediaan yang minimal dan meningkatkan ketersediaan, dapat menekan modal kerja yand disediakan, pengawasan dan monitoring persediaan dilakukan secara terus menerus untuk menghidari resiko penumpukan barang.Kata kunci : Analisis, Pengadaan kWh Meter, Metode EOQ

Page 1 of 1 | Total Record : 7