cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
JURNAL PEMBANGUNAN DAN KEUANGAN DAERAH
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy,
Arjuna Subject : -
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 1 (2015)" : 3 Documents clear
PERSEPSI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITIES (CSR) SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN Wangke, Shinta J.C.
JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 17, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jpekd.23427.17.1.2015

Abstract

Abstrak Corporate Social Responsibilities (CSR) merupakan “Suatu komitmen yang berkelanjutan dari suatu perusahaan untuk berperilaku etis dan berkontribusi secara positif kepada karyawannya, komunitas dan lingkungan sekitarnya, serta masyarakat luas.” Tujuan penelitian ini, apakah penerapan CSR dalam perusahaan dapat dijadikan sebagai strategi pemasaran berdasarkan persepsi konsumen. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket tertutup menggunakan jawaban skala Likert. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji hipotesis beda dua rata-rata populasi. Penelitian menunjukan; CSR dibandingkan dengan produk maka tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara keduanya. Sedangkan CSR ketika dibandingkan dengan harga dan promosi maka terdapat perbedaan yang signifikan. Statistic uji Z diketahui konsumen lebih tertarik terhadap produk dengan program CSR daripada produk tanpa program CSR. Berdasarkan analisis karakteristik sampel terhadap produk dengan program CSR, diketahui kelompok konsumen wanita, kelompok konsumen usia 35-44 tahun, kelompok konsumen dengan pendidikan minimal SMA dan kelompok konsumen dengan penghasilan perbulan diatas Rp. 10.000.000 merupakan konsumen yang paling tertarik dengan produk dengan program CSR. Dapat disimpulkan CSR dapat dijadikan sebagai strategi pemasaran yang efektif, memberikan nilai tambah bagi produk itu sendiri. Apabila dilaksanakan secara berkesinambungan dan disinergikan bersama strategi pemasaran lainnya dapat memberikan dampak yang lebih signifikan keberlangsungan hidup suatu produk. Asbtract Corporate Social Responsibilities (CSRs) in essence are “Sustained commitments by a company to act ethically and contribute positively to its workers, community, and environment, as well as to the general public.” Based on that assumption, it was decided to study whether the implementation of CSRs by a company could be considered as a marketing strategy from the point of view of its customers. This research utilized a quantitative research approach combined with an experimental method, whereas data collection was performed using closed questionnaires with Likert scale-type answers. A hypothesis test was then used to analyze the collected data in order to find out statistical differences between the population means or two population medians. The result showed that when CSRs were compared to product, there was no significant differenece between them. When CSRs were compared to price and promotion, there was a significant difference between them. The Z-test showed that customers were more attracted to products with CSR programs than to products without CSR program even those with lower prices or bundled with promotional offers. Based on sample characteristics analysis on products with CSR programs, it was found that female consumer group, 35-44 year old consumer group, consumer groups with at least senior high school diplomas and consumer group with minimum income of RP.10.000.000,- wereones who were most attracted to products with CSR programs. From the results, it was concluded that CSRs could be an effective marketing strategy because they added values to products. CSRs, when performed continuously and synergized with other marketing strategies, could produce a more significant impact on the success and continuity of a product.
ANALISIS TINGKAT PENDAPATAN USAHA TANI TOMAT APEL DI KECAMATAN TOMPASO KABUPATEN MINAHASA Luntungan, Antonius Y.
JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 17, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jpekd.23426.17.1.2015

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Tompaso Kabupaten Minahasa, data yang digunakan adalah data primer dari petani respondenpada tiga desa yaitu Desa Kamanga, Desa Touure dan Desa Tonsewer, metode yang dipakai adalah observasi dan wawancara dan analisis yang digunakan adalah analisis tabel dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah produksi tomat apel mempunyai mengaruh positif yang signifikan terhadap tingkat pendapatan usahatani tomat apel pada tingkat α = 0,01. Besarnya pengaruh atau elastisitas variabel ( jumlah produksi tomat apel) terhadap variabel terikat ( pendapatan usahatani tomat apel) yaitu 21814.809, biaya produksi tomat menunjukan tanda negatif dan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan usahatani tomat apel pada tingkat α = 0,01. Besarnya pengaruh atau elastisitas biaya tomat apel terhadap pendapatan usahatani tomat adalah – 1305,644 berarti apabila biaya produksi tomat berkurang dari 1 % maka pendapatan usahatani tomat turun sebesar – 1305,644 % ceteris paribus dengan asumsi faktor-faktor lain dianggap tetap.
ANALISIS PEMUNGUTAN PAJAK RESTORAN DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN MINAHASA Rompas, Wensy F.I.
JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 17, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Sam Ratulangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35794/jpekd.23448.17.1.2015

Abstract

ABSTRAKPajak Restoran adalah pajak atas pelayanan restoran. Pemugutan Pajak Restoran di Indonesia saat ini didasarkan pada Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2000 yang merupakan peubahan atas Undang-Undang Nomor 18 Tahun 1997 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah dan Peraturan Pemerintah No. 65 Tahun 2001 tentang Pajak Daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pelaksanaan pemungutan pajak restoran di Kabupaten Minahasa dan mengetahui kontribusi pajak restoran  terhadap pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Minahasa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah  data kuantitatif  berupa data pajak Restoran di Dinas Pengelola Keuangan, Aset dan Pendapatan Daerah Kabupaten Minahasa. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskripsi. yaitu untuk menggambarkan menganalisis hasil dari penelitian yang telah dilakukan. Penelitian menunjukan bahwa prosedur pelaksanaan pemungutan pajak telah berjalan baik dan mudah untuk dipahami serta bukti potong pembayaran dapat diberikan kepada wajib pajak. Tetapi setiap terjadi perubahan peraturan, petugas pemungut pajak dalam hal ini pemerintah daerah terlambat dalam mensosialisaikannya kepada wajib pajak. Sehingga masih ada wajib pajak belum membayarkan pajaknya. Kontribusi pajak restoran terhadap pendapatan asli daerah dapat dikatakan cukup baik walaupun setiap tahunnya mengalami penurunan. Walaupun demikian secara keseluruhan sudah mencapai target yang sudah ditetapkan.Kata kunci : Pemungutan Pajak Restoran dan Pendapatan Asli Daerah.ABSTRAKRestaurant Tax is a tax on restaurant services. Restaurant Tax Collection in Indonesia at this time is based on Law No. 34 of 2000 which is the amendment to Law No. 18 Year 1997 on Regional Taxes and Levies and Government Regulation No. 65 of 2001 on Local Taxes. This study aims to determine the procedure for collection of the tax in Minahasa restaurant and know the tax contribution to earnings original local restaurant in Minahasa. The data used in this research is quantitative data in the form of tax data in the Office business Restaurants Finance, Asset and Revenue Minahasa District. The analytical method used is descriptive analysis. namely to describe analyze the results of the research that has been done. Research shows that the procedure of implementation of tax collection has been going well and easy to understand as well as pieces of evidence of payment can be given to the taxpayer. But any changes in regulations, tax collector officer in this case the local government late in mensosialisaikannya to the taxpayer. So there is still a taxpayer has not paid the tax. Restaurant tax contributions to local revenues can be quite good although each year has decreased. Nevertheless, on the whole has reached the targets set.Keywords: Tax Collection Restaurant and Local Revenue.

Page 1 of 1 | Total Record : 3


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 24 No 3 (2023): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 24 No 2 (2023): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 24 No 1 (2023): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 23 No 4 (2022): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 23 No 3 (2022): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 23 No 2 (2022): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 23 No 1 (2022): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 22, No 4 (2021): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 22, No 3 (2021): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 22, No 2 (2021): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 22, No 1 (2021): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 21, No 4 (2020): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 21, No 3 (2020): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 21, No 2 (2020): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 21, No 1 (2020): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 20, No 5 (2020): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 20, No 4 (2020): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 20, No 3 (2020): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 20, No 01 (2019): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 19, No 10 (2019): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 20, No 4 (2019): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 20, No 3 (2019): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 20, No 2 (2019): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 20, No 1 (2019): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 19, No 9 (2019): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 19, No 8 (2018): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 19, No 7 (2018): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 19, No 6 (2018): PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 19, No 5 (2018): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 19, No 4 (2018): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 19, No 3 (2018): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 19, No 2 (2018): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 19, No 1 (2018): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 18, No 7 (2017): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 18, No 6 (2017): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 18, No 5 (2017): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 18, No 4 (2017): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 18, No 3 (2016): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 18, No 2 (2016): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 18, No 1 (2016): JURNAL PEMBANGUNAN EKONOMI DAN KEUANGAN DAERAH Vol 17, No 2 (2015) Vol 17, No 1 (2015) Vol 16, No 4 (2014) More Issue