Jurnal Jurusan Pendidikan Teknik Elektro
Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro

PENERAPAN MODEL SELF REGULATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK PADA SISWA KELAS X TIPTL 3 SMK NEGERI 3 SINGARAJA

Surawan, Ketut (Unknown)
Nurhayata, Gede (Unknown)
Sutaya, Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Pembelajaran Self Regulated Learning (SRL). Adapun subyek penelitian adalah siswa kelas X TIPTL 3 di SMK Negeri 3 Singaraja. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes pilihan ganda. Hasil observasi awal sebelum dilakukannya tindakan ialah ketuntasan klasikalnya 20,59%, daya serap 48,24%, dan rata-rata klasikalnya 48,24. Setelah menerapkan model pembelajaran SRL, hasil belajar mengalami perbaikan yang signifikan, pada siklus 1 hasil belajar ranah afektif siswa rata-rata klasikalnya 41,18% menjadi 88,24 pada siklus II, pada ranah psikomotor rata-rata klasikal siklus I 61,76% menjadi 100% pada siklus II, dan pada ranah kognitif siklus I rata – rata klasikal 71,18, daya serap 71,18%%, dan ketuntasan klasikal 55,88% dan meningkat pada siklus II yaitu rata – rata klasikal 80,59%, daya serap 80,59%, dan ketuntasan klasikal 94,12%. Persentase peningkatan ketuntasan hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu pada ranah afektif 47,06%, ranah psikomotor 38,24%, ranah kognitif 38,24%, dan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari observasi awal ke siklus II 32,35. Jadi penerapan model Self Regulated Learning pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik ini berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TIPTL 3 SMK Negeri 3 Singaraja.

Copyrights © 2018