Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus
Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2015

PERBANDINGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI SMA NEGERI 17 MEDAN

Maharani Gultom (STKIP Labuhan Batu)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan prestasi belajar siswa, (2) keterampilan berpikir kritis dan (3) kemampuan berpikir kreatif dalam biologi dengan menggunakan PBL dan strategi pembelajaran inquiry pada topik jamur di kelas X SMA N 17 Medan. Teknik analisis data adalah Independent Sample t test pada tingkat signifikansi α = 0,05 dengan menggunakan SPSS 19.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) prestasi belajar siswa diajarkan dengan menggunakan PBL lebih tinggi dari siswa yang diajarkan dengan menggunakan inkuiri (76,05: 75,13), meskipun tidak ada yang signifikan secara statistik berbeda (t = 0.497, P = 0.621 > 0,05), (2) keterampilan berpikir kritis siswa yamng diajarkan dengan menggunakan PBL lebih tinggi dari siswa yang belajar dengan menggunakan inkuiri (66,32: 61,71) meskipun tidak ada yang signifikan secara statistik berbeda (t = 1.801; P = 0.076> 0,05), dan (3) keterampilan berpikir kreatif siswa diajarkan dengan menggunakan PBL lebih tinggi dari siswa belajar dengan menggunakan inkuiri (69,43: 66,05) meskipun tidak ada yang signifikan secara statistik berbeda (t = 1494; P = 0,139> 0,05). Dalam menindaklanjuti penelitian ini, para guru diharapkan untuk menggunakan strategi pembelajaran PBL dalam biologi tentang jamur dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa, kemampuan berpikir kritis, dan keterampilan berpikir kreatif.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

nukleus

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Biologi merupakan jurnal elektronik yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan biologi. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologidibawah naungan LPPM Universitas Labuhanbatu. Jurnal ini diterbitkan dua kali ...