Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan prestasi belajar siswa, (2) keterampilan berpikir kritis dan (3) kemampuan berpikir kreatif dalam biologi dengan menggunakan PBL dan strategi pembelajaran inquiry pada topik jamur di kelas X SMA N 17 Medan. Teknik analisis data adalah Independent Sample t test pada tingkat signifikansi α = 0,05 dengan menggunakan SPSS 19.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) prestasi belajar siswa diajarkan dengan menggunakan PBL lebih tinggi dari siswa yang diajarkan dengan menggunakan inkuiri (76,05: 75,13), meskipun tidak ada yang signifikan secara statistik berbeda (t = 0.497, P = 0.621 > 0,05), (2) keterampilan berpikir kritis siswa yamng diajarkan dengan menggunakan PBL lebih tinggi dari siswa yang belajar dengan menggunakan inkuiri (66,32: 61,71) meskipun tidak ada yang signifikan secara statistik berbeda (t = 1.801; P = 0.076> 0,05), dan (3) keterampilan berpikir kreatif siswa diajarkan dengan menggunakan PBL lebih tinggi dari siswa belajar dengan menggunakan inkuiri (69,43: 66,05) meskipun tidak ada yang signifikan secara statistik berbeda (t = 1494; P = 0,139> 0,05). Dalam menindaklanjuti penelitian ini, para guru diharapkan untuk menggunakan strategi pembelajaran PBL dalam biologi tentang jamur dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa, kemampuan berpikir kritis, dan keterampilan berpikir kreatif.
Copyrights © 2015