cover
Contact Name
Rivo Hasper Dimenta
Contact Email
rivohasperdimenta@ulb.ac.id
Phone
+6281362238917
Journal Mail Official
nukleus@ulb.ac.id
Editorial Address
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Selatan, Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus
ISSN : 24429481     EISSN : 26857332     DOI : https://doi.org/10.36987/jpbn
Jurnal Pendidikan Biologi merupakan jurnal elektronik yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan biologi. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologidibawah naungan LPPM Universitas Labuhanbatu. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan Maret dan September. Jurnal ini menyajikan hasil penelitian dibidang Pendidikan Biologi dan sains Biologi.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2016" : 8 Documents clear
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BILAH HULU AEK NABARA Maharani Gultom
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2016
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v2i1.1215

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) terhadap aktifitas dan belajar siswa pada pokok bahasan pelestarian keanekaragaman hayati siswa
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBERI LATIHAN SOAL TTS (TEKA TEKI SILANG) DENGAN LATIHAN SOAL PILIHAN GANDA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS VII SMP SWASTA BILAH 2 NEGERI LAMA Rosmidah Hasibuan
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2016
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v2i1.1216

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi perbandingan hasil belajar siswa antara yang diberi latihan soal TTS (Teka Teki Silang ) dengan latihan soal pilihan ganda pada pokok bahasa ekosistem di kelas VII SMP Swasta Bilah 2 Negeri Lama. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelasVII SMP Swasta Bilah 2 Negeri Lama yg terdiri dari 5 kelas jumah siswa seluruhnya adalah 160 siswa. Sedangkan sampel yang di ambil dengan pertimbangan sebanyak 2 kelas yaitu VII-3 dan VII-4 yang masing
PENGARUH PEMBELAJARAN KONTRUKTIVISME BERBASIS CTL (CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X MAS ALWASLIYAH NEGERI LAMA Nurhakima Ritonga
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2016
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v2i1.1212

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontruktivisme pada kompetensi dasar memahami pencemaran lingkungan di kelas X MAS Alwasliyah Negeri Lama dan mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kontruktivisme berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAS Alwasliyah Negeri Lama. Sampel diambil secara acak, terpilih 2 (dua) kelas yang menjadi sampel yaitu sampel kelas X-1 (eksperimen) dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang dan kelas X-3 (control) dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang, sehingga total sampel 72 orang. Teknik analisis data dengan uji
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN STRATEGI RECEPTION LEARNING DENGAN STRATEGI UNIT LEARNING PADA MATERI GERAP PADA TUMBUHAN DI KELAS VII SMP SWASTA BUDI Siti Suharni Simamora
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2016
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v2i1.1217

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa
PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI KELAS VII MTs AL-WASLIYAH TANJUNGPASIR KABUPATEN LABUHANBATU UTARA Halimah Sakdiah Gultom
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2016
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v2i1.1213

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar biologi. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Pretest, Posttest Equivalent Group Design. Penelitian dilaksanakan di MTs Al-Wasliyah Tanjungpasir Kabupaten Labuhanbatu Utara dengan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling dan pemilihan kelas dilakukan secara random, dan didapatkan siswa kelas VII-I sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-II sebagai kelas kontrol. Instrumen hasil belajar berupa tes berbentuk pilihan ganda yangtelah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hipotesis yang diajukan adalah hasilbelajar biologi yang diajarkan dengan pengelolaan kelas lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar biologi yang diajarkan dengan tidak pengelolaan kelas. Analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikasi 0,05 hal ini dapat dilihat dari t hitung > t tabel. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi siswa yang diajarkan dengan pengelolaan kelas lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan tidak menggunakan pengelolaan kelas.
PENGARUH METODE STUDENT CREATED CASE STUDIES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 09 KUALUH HULU KABUPATEN LABUHANBATU UTARA Siti Zahara Saragih
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2016
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v2i1.1218

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memastikan apakah ada pengaruh metode student created studies terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas X SMA muhammadiyah 09 kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara. Penelitian ini dianggap penelitian eksperimen semu . Penelitian ini dirancang menggunakan Posttest - Only Kontrol Group Design dengan menerapkan metode student created case studies. Metode l dengan media gambar dalam kelompok eksperimen dan kuliah metode , diskusi , dan eksperimen dalam kelompok kontrol . Populasi penelitian ini adalah semua strudents di kelas X SMA Muhammadiyah 09 Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara. Sampel penelitian ini didirikan oleh Cluster Random Sampling , untuk mendapatkan kelas X - 4 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X - 3 sebagai kelompok kontrol . Data dikumpulkan dengan menggunakan tes , dokumentasi dan bentuk observasi . hipotesis dianalisis dengan menggunakan t -test . Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa mahasiswa aplikasi Dibuat Kasus Studi metode pembelajaran dengan media gambar terhadap
PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK EKOSISTEM KELAS VII C SMP N 1 KUALUH SELATAN KABUPATEN LABUHANBATU UTARA Novi Fitriandika Sari
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2016
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v2i1.1214

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontruktivisme pada kompetensi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar biologi. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Pretest, Posttest Equivalent Group Design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 BILAH HILIR Zunaidy Abdullah Siregar
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2016
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v2i1.1219

Abstract

Individualization dengan student facilitator and explaining (SFAE) terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bilah Hilir. Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri 2 kelas yang berjumlah 70 orang. Sempel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas XI1 dan kelas XI2 masing-masing berjumlah 35 orang, sehingga sampel penelitian seluruhnya berjumlah 70 orang. Hasil penelitian ini telah diuji kebenarannya melalui beberapa tahapan penguji sehingga data yang diperoleh sesuai dengan hipotesis yang diujukan sebelum perlakuan diberikan. Sesuai dengan pengajuan hipotesis yang diperoleh maka pencapaian nilai thitung table. Hal ini ditunjukan bahwa Ho ditolak dengan Ha diterima. Sedangkan thitung nilai pretest = 0,06 dan harga ttabel =1,669 pada α =0,05 dan dk =68 ternyata thitung tabel. Hal ini mengemukakan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak. Dengan demekian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) seorang siswa sangat terpengaruh terhadap pencapain hasil belajar yang diperolehnya. Diperoleh thitung nilai per test =2,26 dan harga ttabel =1,667 dan α = 0,05 dan dk = 68 ternyata thitung tabel. Hal ini menunjukan bahwa HO ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang memiliki model pembelajaran TAI (Team Asssisted Individualization) lebih baik dari siswa yang diajarkan dengan student facilitator and explaining (SFAE) pada materi sistem eksresi pada manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bilah Hilir.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus July 2023 Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus March 2023 [IN PRESS] Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus November, 9(3) 2023 Vol 8, No 3 (2022): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus November 2022 Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Juli 2022 Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Maret 2022 Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2021 Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Maret 2021 Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2020 Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Maret 2020 Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2019 Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Maret 2019 Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2018 Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2018 Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2017 Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2017 Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2016 Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2016 Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2015 Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2015 More Issue