cover
Contact Name
Sugeng Santoso
Contact Email
icitjournal@raharja.info
Phone
+6281319701122
Journal Mail Official
icitjournal@raharja.info
Editorial Address
Jl. Jenderal Sudirman No. 40 Modern Cikokol Tangerang - Banten 15117 Indonesia
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
ICIT (Innovative Creative and Information Technology) Journal
Published by UNIVERSITAS RAHARJA
ISSN : 23565195     EISSN : 26548704     DOI : 10.33050/icit
ICIT (Innovative Creative and Information Technology) Journal adalah wadah publikasi ilmiah dalam bidang riset Business Intelligence (BI), bidang riset Information Engineering dan bidang riset TIK secara umum bagi Dosen dan Mahasiswa Pascasarjana Magister Teknik Informatika (MTI) dan juga artikel ilmiah dari luar Pascasarjana MTI UNIVERSITAS RAHARJA yang merupakan hasil riset ataupun review artikel. ICIT Journal diterbitkan sebanyak 2 kali dalam setahun, yaitu bulan Februari dan Agustus
Articles 179 Documents
INSTALASI DAN KONFIGURASI SERVER DALAM SATU PERANGKAT KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIF Ahmad Roihan; Moch. Indra Irawan; Karwandi Karwandi
ICIT Journal Vol 1 No 1 (2015): ICIT JOURNAL
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.254 KB) | DOI: 10.33050/icit.v1i1.4

Abstract

Jaringan komputer dalam suatu perusahaan biasanya terdiri dari komputer server dan beberapakomputer klien. Fungsi dari komputer server adalah sebagai media penyedia layanan untukkomputer klien, sehingga seluruh komputer klien dapat saling berkomunikasi dan berbagi databaik dari klien ke server ataupun sebaliknya. Dalam perihal pembelajaran komputer klien servermetode dengan menggunakan dua perangkat komputer sangat membutuhkan banyak komputer,sehingga metode ini sangat kurang efektif dan efisien. Oleh karena digunakanlah teknikvirtualisasi sebagai media pembelajaran jaringan alternatif. Kata Kunci: jaringan, server, klien, virtualisasi
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN KARYAWAN STUDI KASUS : PT. ASIA DWI MITRA INDUSTRI Atik Makrifah; Wahyu Prasetyo; Nia Kusniawati
ICIT Journal Vol 1 No 1 (2015): ICIT JOURNAL
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.99 KB) | DOI: 10.33050/icit.v1i1.5

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan karyawan merupakan suatu sistem yang mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi manajemen, meningkatkan kecepatan dan validitas pengambilan keputusan yang berkaitan dengan kegiatan operasional, dan meningkatkan kualitas SDM calon karyawan. Karyawanmerupakan sumber daya yang paling penting dalam perusahaan. Karyawan yang baik dan memenuhi standar kualifikasi diperoleh melalui upaya rekrutmen yang efektif. Seleksi karyawan dilakukan untuk mendapatkan kualitas sumber daya manusia yang baik dan paling sesuai dengan persyaratan yang diperlukan oleh perusahaa. Paper ini membahas sistem penunjang keputusan penerimaan karyawan dan penempatan karyawan pada departemen yang tersedia berdasarkan nilai hasil seleksi dan kriteria -kriteria yang telah ditentukan dengan menggunakan metode Fuzzy Logic. Metode ini dipilih karena mampu memberikan gambaran pendukung keputusan dalam penerimaan karyawan dan penempatan departemennya. Berdasarkan hasil pengujian, sistem yang dibangun dapat membantu bagian bidang administrasi dan keuangan untuk memberikan gambaran dalam melakukan penyeleksian penerimaan karyawan dan penempatan departemennya dengan lebih tepat dan efisien. Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Seleksi Karyawan, Fuzzy Logic
PENGARUH BUSINESS INTELLIGENCE TERHADAP DUNIA BISNIS Citra Berliani Utami; Lukman Faruk; Ofah Musyarrofah
ICIT Journal Vol 1 No 1 (2015): ICIT JOURNAL
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.73 KB) | DOI: 10.33050/icit.v1i1.6

Abstract

Ketatnya persaingan dalam dunia bisnis memberikan pengaruh terhadap para pelaku bisnis untuk selalu memperbaharui strategi pemasaran dan penjualannya. Khususnya pada saat sekarang, dimana bisnis dapat dilakukan secara offline dan online. Dan untuk bisnis online, yang sekarang semua pelaku bisnis baik yang sudah lama berkecimpung ataupun yang baru harus selalu memiliki strategi pemasaran dan penjualan terbaru. Berkaitan dengan strategi pemasaran dan penjualan, business intelligence dapat membantu pelaku bisnis online yang termasuk di dalamnya yaitu perusahaan, untuk memperoleh pengetahuan yang jelas tentang faktor – faktor apa sajakah yang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan. Dan setelah mengetahui faktor – faktor apa saja yang berpengaruh terhadap kinerja, maka hal tersebut dapat membantu perusahaan dalam mengambil keputusan dan meningkatkan kekuatan dari usaha yang dikelola. Aplikasi yang ada pada business intelligence dapat dipakai untuk menganalisis konsumen, produk, dan delivery channel yang dipakai. Dengan adanya business intelligence, maka perusahaan dapat mengelola kemudianmengolah data menjadi informasi sehingga tidak terpaku pada angka – angka saja.Memahami,meningkatkan kinerja, penganggaran biaya yang lebih efisien, dan mengidentifikasipeluang bisnis baru merupakan manfaat yang diperoleh ketika perusahaan menerapkan businessintelligence. Penjualan suatu produk tidak hanya ditentukan oleh harga dan kualitas produk saja,karena ada beberapa faktor lain yang ikut mempengaruhinya diantaranya adalah karakteristikpembeli, faktor geografi, dan masih ada faktor lainnya. Karena faktor – faktor tersebut peran daribusiness intelligence sangat diperlukan. Dimana pelaku bisnis ataupun perusahaan memerlukanalat bantu yang salah satunya adalah business intelligence untuk mengolah data untuk menjadiinformasi dari produk yang dijual sehingga nantinya akan dihasilkan keputusan yang akan diambiloleh pelaku bisnis atau perusahaan tersebut. Kata Kunci: bisnis, online, perusahaan, business intellige
MEMBANGUN MEDIA PROMOSI DENGAN KARAKTER ANIMASI 3D Po. Abas Sunarya; Bayu Porsea Yudha; Andi Nugroho
ICIT Journal Vol 1 No 1 (2015): ICIT JOURNAL
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.054 KB) | DOI: 10.33050/icit.v1i1.7

Abstract

Perkembangan media komunikasi visual pada saat ini sangat membantu dalam menunjang informasi dan komunikasi.Namun seringkali media komunikasi visual yang disajikan kurang efektif dan tepat guna.Dengan media Animasi 3D, media animasi 3D dianggap cukup efektif untuk menarik minat costumer, karena animasi 3D cukup di gemari semua kalangan. Penyajian media iklan yang menarik dan menghibur akan mendorong masyarakat luas untuk mengetahui lebih detail dan memiliki minat untuk bergabung dalam suatu perusahaan atau lembaga tersebut. Hal ini bukti bahwa perancangan suatu karya seni meningkat sehingga dapat mengikuti perkembangan teknologi yang begitu pesat.PT. Movio Screen sebagai perusahaan yang bergerak dibidang industri creativedinilai perlu memiliki sebuah produk yang menarik dan dapat menjadi media informasi serta media promosi khususnya bagi para konsumen.Karena kebutuhan tersebut maka dalam jurnal ini mengangkat permasalahan menjadi topik permasalahan. Diharapkan animasi serial ini bermanfaat bagi PT. Movio Screen khususnya untuk calon customer, klien, dan masyarakat. Kata Kunci: Media Promosi, Citra, informasi,
TEKNOLOGI PENERBANGAN INOVASI BLACK BOX SECONDARY SEBAGAI SOLUSI DALAM PROSES PENCARIAN DAN EVAKUASI PESAWAT YANG HILANG Frans Suharno; Muhabat Muhabat; Rizal Fitrah
ICIT Journal Vol 1 No 1 (2015): ICIT JOURNAL
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.679 KB) | DOI: 10.33050/icit.v1i1.8

Abstract

Di dunia penerbangan istilah black box ( Kotak hitam ) sudah di kenal bahkan masyarakat umum juga mengenal istilah ini, black box merupakan alat yang merekam data penerbangan berupa komunikasi pilot , copilot dan pemandu penerbangan yang kemudian terekam di alat ini, fungsi dari alat ini tidak hanya itutetapi juga merekam semua aktifitas dan informasi baik ketinggian pesawat, navigasi pesawat, jalur lalu lintas dan set mekanik pada saat terbang alat ini di rancang dengan berwarna oranye, dalam perkembangannya produksi kotak hitam pertama berwarna hitam dan media penyimpananya menggunakan pita mahgnetik yang mudah terbakar, alat ini pertama kali di temukan hanya sebagai perrekam rotasi baling-baling. Dan pada saat perang Dunia II lalu meluaskan penggunaannya untuk merekam penerbangan. Dengan perkembangan tersebut kotak hitam sekarang berwarna mencolok ini dimaksudkan untuk memudahkan saat pencarian saat terjadi kecelakaan misalnya tenggelam di laut namun demikian desain yang sudah di rancang black box sulit di cari ketika pesawat jatuh di dasar laut sehingga hal ini menyulitkan Tim SAR untuk mencari informasi tentang keberadaan pesawat dan kondisinya, dari hal tersebut scondary blakbox yang berada di darat ( Ruang server) adalah solusi yang cukup baik dan canggih untuk di implementasikan didunia penerbangan khususnya untuk proses pencarian pesawat. Sehingga keluarga korban kecelakaan dapat cepat mengetahui informasi penyebab dan lokasi terjadinya kecelakaan. Dengan demikian efesiensi biaya yang di keluarkan untuk mencari lokasi dan awak pesawat yang hilang dapat di minimalisasi.Kata Kunci: scondary , Black Box, Penerbangan, SAR
PURWARUPA BEL PINTAR BERBASIS ARDUINO YUN Hendra Kusumah; Ferry Sudarto; Dendy Jonas
ICIT Journal Vol 1 No 1 (2015): ICIT JOURNAL
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.555 KB) | DOI: 10.33050/icit.v1i1.9

Abstract

Teknologi komputerisasi telah berkembang dalam membantu berbagai aspek kehidupan manusia. Salah satunya bidang komputerisasi itu adalah embedded system yang sekarang telah berkembang menjadi sebuah bidang baru dalam dunia komputerisasi yaitu Internet of Things. Internet of Things atau IOT menjadi sebuah konsep hangat dan akan menjadi trend baru dalam bidang teknologi informasi karena fungsinya yang mampu membuat pekerjaan manusia jauh lebih mudah dari sebelumnya. Salah satu fungsi tersebut adalah kemampuannya untuk menjadikan sebuah rumah biasa menjadi sebuah rumah yang pintar dan terkoneksi dengan internet. Untuk menjadikan sebuah rumah dikatakan sebagai rumah pintar dapat diuraikan menjadi beberapa bagian, dan salah satu bagian itu adalah sebuah bel rumah yang berfungsi tidak hanya berbunyi saja untuk memberitahu ada orang di depan rumah, namun bel tersebut juga mampu untuk mengirimkan notifikasi melalui internet dan mengirimkan gambar orang tersebut ketika tidak ada orang di rumah. Kata Kunci: Embedded System, Internet of Things, Rumah Pintar
PROGRAM APLIKASI GERAKAN DISIPLIN SISWA STUDI KASUS SMA NEGERI 2 KOTA SERANG Sudaryono yono; Irma Yunita R; Rizki Fathullah
ICIT Journal Vol 1 No 1 (2015): ICIT JOURNAL
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.638 KB) | DOI: 10.33050/icit.v1i1.10

Abstract

Program Aplikasi Gerakan Disiplin Siswa merupakan aplikasi yang diperuntukan untuk mengolah data-data yang berhubungan dengan keadaan siswa di SMA Negeri 2 Kota Serang yang selalu datang terlambat atau pulang cepat. Belum optimalnya pengolahan data-data ini menyebabkan sulitnya dalam mencari informasi tentang data keadaan siswa yang terlambat atau pulang cepat dan pembuatan laporan yang belum memadai. Oleh karena itu diperlukan suatu aplikasi yang bisa mendukung dan memecahkan permasalahan tersebut. Berdasarkan permasalahan pada kesempatan yang baik ini penulis bermaksud merancang suatu program aplikasi kedalam sebuah artikel ini Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan studi pustaka, sedangkan tahap pengembangan sistem menggunakan metode waterfall. Penulis berharap agar aplikasi ini dapat membantu guru di SMA Negeri 2 Kota Serang dalam mensukseskan program gerakan disiplin siswa dalam menangani siswa-siswi yang selalu datang terlambat atau pulang cepat dengan cepat aman dan efektif. Kata Kunci : Aplikasi, Disiplin, Siswa
PRINSIP DASAR PENGAMBILAN GAMBAR DALAM KAMERA Karwandi Karwandi; Ahmad Roihan; Qurotul Aini
ICIT Journal Vol 1 No 1 (2015): ICIT JOURNAL
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.186 KB) | DOI: 10.33050/icit.v1i1.11

Abstract

Setiap bisa berkarya untuk membuat film video, asalkan tahu dan paham proses pembuatannya dan cara-cara penggunaan peralatannya. Asalkan ada kemauan dan peralatan, tidak susah untuk mempelajarinya. Apalagi saat ini kamera video sudah bukan barang asing lagi.Dalam lingkup keluarga pun sudah dikenal handycam, peralatan sederhana yang sudah dipenuhi beberapa fasilitas. Pertama kali yang perlu kita ketahui untuk pengambilan gambar adalah pengenalanterhadap kamera video, kamera video merupakansalah satu bagian penting dalam sebuah pengambilan gambar.Tanpa menyepelekan bagian lain, tanpa kamera sebuah produksi tidak bisa berjalan, karena di kamera video inilah gambar dan suara direkam ke dalam film atau vita video. Dan selanjutnya akan diedit dikomputer dengan software editing.
EXECUTIVE INFORMATION SYSTEM PENJUALAN BAHAN KIMIA Khanna Tiara; Nurman Fhirmanda; Muhammad Liwail Hamdi
ICIT Journal Vol 1 No 1 (2015): ICIT JOURNAL
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.624 KB) | DOI: 10.33050/icit.v1i1.12

Abstract

Kebutuhan informasi sekarang ini menjadi kebutuhan mutlak bagi suatu organisasi atau perusahaan untuk memenangkan sebuah persaingan. Dimana informasi digunakan sebagai penunjang pembuat keputusan, sehingga dibutuhkan penyampaian informasi yang akurat dan cepat dalam mendapatkannya agar tidak kalah dari pesaingnya. Informasi tersebut berisi kondisi yang terjadi di dalam maupun di luar perusahaan yang selanjutnya akan digunakan sebagai dasar untuk perencanaan strategis dan program kerja. Seiring dengan berkembangnya kebutuhan informasi khususnya untuk para executive guna pengambilan keputusan dan untuk mengetahui kondisi kinerja perusahaan, maka berkembanglah sebuah sistem informasi yang disebut Executive Information System (EIS). Dengan EIS informasi dapat ditampilkan dalam bentuk secara ringkas dan menampilkan data sesuai dengan kebutuhan sehingga mempermudah seorang eksekutif dalam pengontrolan setiap saat. Proses penjualan yang berjalan saat ini masih menggunakan sistem yang manual yaitu masih menggunakan proses pencatatan data sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk pembuatan laporan dan laporan yang dihasilkan datanya belum tentu akurat. Dengan permasalahan diatas maka dibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu pekerjaan pegawai sehingga laporan yang dihasilkan bisa tepat pada waktunya dan data yang dihasilkan lebih akurat. Kata kunci : EIS, bahan kimia, informasi
ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PENANGANAN KOMPLAIN PELANGGAN PADA INDUSTRI COATING Langgeng Listiyoko; Listina Nadhia N; Indri Handayani
ICIT Journal Vol 1 No 1 (2015): ICIT JOURNAL
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.543 KB) | DOI: 10.33050/icit.v1i1.13

Abstract

Banyak perusahaan saat ini memikirkan cara untuk memelihara hubungan baik mereka dengan para pelanggannya. Bukan hanya masalah loyalitas, meraih lebih banyak pelanggan juga menjadi tantangan besar. Calon pelanggan mencari perusahaan dengan reputasi yang bagus dengan cara melihat keberadaan customer care atau layanan pelanggan. Apabila terjadi masalah / komplain maka tim inilah yang selanjutnya bertanggung jawab. Bagaimana tim ini bekerja menyelesaikan masalah akan menjadi pertimbangan khusus untuk pelanggan apakah akan melakukan transaksi selanjutnya atau tidak. Teknologi informasi berperan dalam membangun sistem ini yaitu dengan implementasi Artificial Intelligence. Salah satu metode dari konsep data mining yang sesuai adalahpohon keputusan CART (Classification And Regression Trees). Diperlukan data latihan yang diperoleh dari setiap cabang untuk selanjutnya digunakan perekayasa pengetahuan untuk membangun knowledge base. Kata kunci : customer complaint handler, artificial intelligence, CART, datawarehouse,knowledge base, knowledge engineer

Page 1 of 18 | Total Record : 179