cover
Contact Name
Yassyir Maulana
Contact Email
yassyir_maulana@uniska-bjm.ac.id
Phone
+6281545773317
Journal Mail Official
jieom.journal@gmail.com
Editorial Address
Jl. Adhyaksa No. 2, Kayu Tangi, Banjarmasin, Kalimantan Selatan 70123
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Journal of Industrial Engineering and Operation Management (JIEOM)
ISSN : -     EISSN : 26208148     DOI : -
Journal of Industrial Engineering and Operation Management (JIEOM) merupakan Jurnal Ilmiah Teknik Industri yang diterbitkan sebanyak 2 kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Juni dan November. Bidang fokus Journal of Industrial Engineering and Operation Management (JIEOM) adalah sebagai berikut : Supply Chain Management Research and Development Design Layout Quality Control Industrial Simulation Ergonomy Production Management Design Product (Tool, machine, etc) Project Management Maintenance Productivity Service Quality Management
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2022)" : 11 Documents clear
ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS LAYANAN DISTRIBUSI MENGGUNAKAN METODE PDSQ PADA UD. ZAHRA BAROKAH Ahmad Rahmad Romdloni; Dzakiyah Widyaningrum
Journal of Industrial Engineering and Operation Management Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jieom.v5i1.7132

Abstract

UD. Zahra Barokah merupakan perusahaan yang bergerak pada pengolahan kerupuk ikan. Terdapat keluhan dari konsumen kepada perusahaan yaitu kecepatan waktu pengiriman produk, kurangnya kualitas produk, dan kurangnya informasi yang dijual. Penelitian ini berencana untuk memutuskan seberapa puas konsumen dengan administrasi perusahaan dan untuk mencari kebutuhan mana yang dianggap penting untuk peningkatan kinerja perusahaan. Physical Distribution Service Quality (PDSQ) sebagai instrumen pada penelitian ini. melalui penyebaran angket kepada 55 responden. Pengolahan data penelitian ini meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis GAP, Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA). Semua atribut pernyataan dinyatakan valid dan reliabel. Pada atribut kualitas produk menempati peringkat pertama kesenjangan sebesar (-1.76) dan dimensi Timeliness (-1.22). Pada perhitungan CSI dihasilkan tingkat kepuasan pelanggan sebesar 59% artinya masuk kategori cukup puas. Selanjutnya dalam analisis IPA diketahui ada 3 atribut prioritas yang perlu ditingkatkan perusahaan yaitu atribut kecepatan waktu pelayanan pemesanan, kecepatan waktu pengiriman produk, dan kualitas produk.Kata Kunci:  Kepuasan Pelanggan, PDSQ, CSI, IPA.
EVALUASI EFEKTIFITAS PENERAPAN 5S DI PT TRIDI OASIS GROUP Iwan Sukarno; Ade Asriani Aisyah
Journal of Industrial Engineering and Operation Management Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jieom.v5i1.6812

Abstract

PT Tridi Oasis Group merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan limbah sampah botol plastik PET menjadi produk jadi berupa cacahan plastik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan dalam menerapkan 5S. Observasi, pengumpulan data, dokumentasi serta fishbone diagram digunakan dalam penelitian ini. Lingkup penelitian difokuskan pada 3 area, gudang by product, gudang bahan baku, dan gudang barang jadi. Hasil evaluasi memperlihatkan kurangnya kesadaran dan pengetahuan pekerja sehingga implementasi belum dilaksanakan secara konsisten. Penyimpanan barang di gudang masih tercampur dengan yang lainnya. Kondisi area kerja belum menunjukkan telah diterapkanya budaya 5S dengan baik. Hasil penilaian audit juga memperlihatkan komponen 5S yang dijalankan perusahaan hanya Seiri, Seiton dan Seiso, sedangkan Seiketsu dan Shitsuke belum diterapkan. Hasil penilaian terhadap komponen Seiton dan Seiso masih sangat rendah dibandingkan standar perusahaan.
ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK TANGGA BESI PT. AJG UNTUK MENGURANGI KECACATAN PRODUK MENGGUNAKAN METODE STATISTIK QUALITY CONTROL (SQC) Mochamad Henry Cipta Dinata; Deny Andesta; Hidayat Hidayat
Journal of Industrial Engineering and Operation Management Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jieom.v5i1.7181

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengendalian mutu produk tangga besi pada PT. AJG pada bulan April 2021-Maret 2022. PT. AJG adalah perusahaan jasa, jadi bidang usaha jasa yang dimiliki oleh PT. AJG yaitu jasa teknik dan kontriksi, jasa penyedia tenaga kerja, jasa umum dan jasa perdagangan. Pada bidang jasa kontruksi tangga besi yang dihasilkan sering mengalami kegagalan produk seperti jalur las berlubang, overlaps dan sandblasting painting. Objek penelitian ini merupakan jumlah produksi serta jumlah produk cacat pada produk tangga besi. Hasil pengelolahan data menunjukkan bahwa PT. AJG tetap dalam batas wajar tetapi tindakan perbaikan diperlukan untuk mengurangi produk gagal. Terlihat dari diagram pareto menunjukkan bahwa cacat jalur las berlubang sebesar 41%, lebih dominan pada jenis kerusakan produk. Tindakan yang perlu dilakukan untuk mengurangi kegagalan produk ialah PT. AJG perlu menggunakan metode statistik untuk dapat mengenali kategori kecacatan serta faktor yang menimbulkan kegagalan produk itu terjadi, selain itu PT. AJG perlu membuat Standart Operational Procedure (SOP) agar proses produksi terhindar dari kesalahan.Kata Kunci : SQC, quality control, kualitas, pengendalian, tangga besi, produk cacat
OPTIMASI PENENTUAN RUTE PENGIRIMAN DENGAN VEHICLE ROUTING PROBLEM SIMULTANEOUS DELIVERY AND PICKUP WITH SPLIT LOAD Granita Hajar; Muhammad Dzulfikar Fauzi
Journal of Industrial Engineering and Operation Management Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jieom.v5i1.7154

Abstract

Perusahaan UD. X tidak hanya mengirimkan saos saja namun melakukan pengambilan botol saos yang kosong. Perusahaan memiliki satu jenis kendaraan pickup L300 dengan muatan 50 krat dan perusahaan memiliki kebijakan bahwa produk dapat dilakukan pengiriman serta pengambilan botol dengan dilayani oleh lebih dari 1 kendaraan. Agar semua permintaan dapat dipenuhi maka UD. X ingin mengetahui rute yang optimal untuk melakukan pengiriman dan pengambilan botol dengan meminimasi biaya pengiriman serta meminimalkan jumlah kendaraan yang dibutuhkan untuk memenuhi semua permintaan. Dalam penelitian ini menggunakan metode vehicle routing problem: simultaneous delivery and pickup with split load. Dari hasil perhitungan bahwa untuk memenuhi 20 pelanggan dibutuhkan 3 kendaraan dimana setiap pelanggan dapat dilayani oleh lebih dari 1 kendaraan. Dari hasil perhitungan diperoleh hasil untuk subrute 1 yaitu 0-4-16-17-8-1-9-20-0 dengan total jarak 10,8 Km, untuk subrute ke 2 yaitu 0-15-19-6-18-3-20-2-5-0 dengan total jarak 13,79 Km, untuk subrute 3 yaitu 0-2-5-12-10-11-13-14-7-0 dengan total jarak 29.95 Km. Jika ditotal keseluruhan jarak dari 3 kendaraan yaitu 54.54 Km untuk memenuhi seluruh permintaan dengan total biaya pengiriman yaitu sebesar Rp 53.449.Kata Kunci: vehicle routing problem, simultaneous delivery and pick up, split load. 
OPTIMALISASI DISTRIBUSI PRODUK BEBICARE MENGGUNAKAN METODE SAVING MATRIX PADA CV. ANUGERAH JAYA MANDIRI Eko Wahyu Abryandoko; Ahmad Alfianul Karim
Journal of Industrial Engineering and Operation Management Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jieom.v5i1.6867

Abstract

CV. Anugerah Jaya Mandiri merupakan perusahaan makanan bayi yang sudah mempunyai hak paten merek Bebicare Bubur Bayi Organik. CV. Anugerah Jaya Mandiri dengan Produk andalan Bebicare Bubur Bayi Organik sudah memiliki banyak outlet yang tersebar di wilayah kabupaten Tuban dan Bojonegoro. Pendistribusian produk perusahaan menggunakan 1 jenis pengiriman, yaitu menggunakan sepeda motor yang di muat dalam gerobak. Pada sistem distribusi perusahaan mengirimkan sejumlah Produk ke lokasi 17 outlet. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menentukan jalur distribusi produk Bebicare yang optimal dengan dan untuk mengetahui perbandingan biaya distribusi yang digunakan oleh CV. Anugerah Jaya Mandiri menggunakan metode Saving matrix. Dengan hasil penelitian Rute distribusi awal terdiri atas 13 rute tanpa penggabungan dengan total jarak 317,2 KM, menjadi 111,35 KM setelah dilakukan penggabungan. Biaya yang dikeluarkan setiap harinya untuk bahan bakar adalah Rp 48.351,6 per hari menjadi Rp 17.036,55 saja per hari dengan perhitungan berdasarkan metode saving matrix efisiensi meningkat sebesar 64,89%.Kata Kunci:  Distribution, Saving matrix, Bebicare
ANALISIS SISTEM PRODUKSI DENGAN PENDEKATAN LEAN MANUFACTURING UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DI PT. PANAMAS MITRA INTI LESTARI Mohammad Cipto Sugiono
Journal of Industrial Engineering and Operation Management Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jieom.v5i1.7130

Abstract

PT. Panamas Mitra Inti Lestari is a company engaged in the production of household appliances, which need to continually improve productivity performance to increase the maximum profit by trying to reduce costs, improve quality and timely delivery to customers. In conducting the production process there is a discrepancy of the output of production with a production target specified. This happens because it was discovered their waste in the production process. Waste prioritized for attention in the production process is waste of defect and transportation. Therefore we need a lean manufacturing approach. The first thing to do is to identify the waste that occurs by creating a current state map, waste on the current state map and look for the root cause analysis using fishbone diagram analysis and FMEA. Recommendations for improvements in future state mapping is implementing continuous flow by reducing WIP at the work station is the shortest cycle time. After being given the proposed recommendations for improvement then the last step is to describe the future state map and analyze the changes that occur so that the results obtained are reduced lead time for (28.44%), a reduction in total inventory (28.50%). The decline in total travel time (2.65%) and the last is the reduction of travel distance (7.95%). Keywords:  Lean Manufacturing, Value Stream Mapping, Diagram Fishbone Safety Stock
IMPLEMENTASI PENGENDALIAN KUALITAS MENGGUNAKAN METODE SEVEN TOOLS DI UMKM TEMPE LESTARI Muhammad Choirul Anam; Moh Jufriyanto
Journal of Industrial Engineering and Operation Management Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jieom.v5i1.7147

Abstract

Pengendalian kualitas merupakan tahapan proses produksi yang bertujuan untuk menciptakan produk yang sesuai dengan yang telah direncanakan atau sesuai standar. UMKM Tempe Lestari ialah salah satu usaha mikro yang bergerak dibidang manufaktur dengan memproduksi tempe. Setiap proses produksi pasti terdapat kecacatan pada produk yang di produksi diantaranya, cacat dimakan tikus, cacat ukuran dan cacat matang tidak tepat waktu. Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor yakni, manusia, metode, lingkungan, material dan mesin, maka dari itu perlu perbaikan pada pengendalian kualitas. Seven tools merupakan tujuh alat pengendalian kualitas yang cukup komperhensif meliputi, check sheet, pareto diagram, histogram, flow chart, control chart, fishbone diagram, dan scatter diagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah kecacatan paling dominan pada tempe dengan pareto diagram, penyebab terjadinya kecacatan paling sering pada tempe dengan fishbone diagram, dan korelasi jumlah produksi dan tingkat kecacatan menggunakan scatter diagram. Alhasil dari hasil dan pembahasan dapat diketahui, kecacatan paling dominan ada pada cacat matang tidak tepat waktu sebanyak 275 pcs dengan presentase 43,9% di bulan februari 2022. Penyebabnya yakni, faktor lingkungan, material, dan metode. Hubungan antara jumlah produksi dan jumlah kecacatan memiliki korelasi positif dengan hasil r 0,7442 yang berarti memiliki hubungan kuat.Kata Kunci: Pengendalian kualitas, kecacatan produk, seven tools, scatter diagram.
INTEGRASI METODE IPA DAN KANO MODEL DALAM MENGANALISIS KUALITAS LAYANAN TOKO ROTI DI UNIT SUNTER Glisina Dwinoor Rembulan; Giovandri Septorino; Filscha Nurprihatin
Journal of Industrial Engineering and Operation Management Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jieom.v5i1.6544

Abstract

Perusahan XYZ yang bergerak di bidang makanan khususnya roti, ingin terus mempertahankan kualitas produk dan pelayanan yang baik untuk memenuhi kepuasan konsumen dengan memberikan perbaikan berkelanjutan. Dalam upaya perbaikan berkelanjutan, perusahaan harus mengetahui faktor yang menjadi perhatian utama bagi para konsumen dengan melakukan observasi terhadap pelayanan yang diberikan perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Kano Model, kemudian kedua metode tersebut diintegrasikan untuk mengetahui urutan perbaikan setiap atribut yang harus diprioritaskan oleh perusahaan. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 4 atribut yang perlu diperbaiki berdasarkan metode IPA karena berada pada kuadran pertama, 11 atribut berada dalam kategori one-dimensional dan 6 atribut berada dalam kategori must-be berdasarkan metode Kano Model, dan 8 atribut yang perlu dilakukan perbaikan berdasarkan dengan integrasi metode IPA dan Kano Model.Kata Kunci:  IPA, Kano Model, integrasi IPA dan Kano Model
ANALISIS UMKM SARI RASA DALAM MENGOPTIMALKAN PENUGASAN PRODUKSI ROTI DENGAN MENGGUNAKAN METODE HUNGARIAN Tis Asrobiah; Mellani Dwi Wulandari
Journal of Industrial Engineering and Operation Management Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jieom.v5i1.6917

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan suatu kegiatan usaha yang dimiliki oleh perseorangan maupun kelompok yang memenuhi kriteria usaha. Salah satunya adalah usaha dalam bidang makanan yang banyak sekali penggemarnya dikalangan masyarakat. UMKM Sari Rasa merupakan suatu UMKM yang berproduksi berbagai macam jenis roti yang berada di desa Cilamaya, Karawang, terdapat 6 jenis roti yang diproduksi oleh UMKM ini yaitu donat, pizza mini, roti isi, risoles, pudding roti, dan kue sus. Dalam hal ini, permasalahan yang dialami pada UMKM ini adalah kurang mengoptimalkan pembagian penugasan kerja produksi roti kepada pekerja.  Tujuan penelitian ini yaitu untuk memudahkan pemilik UMKM dalam membagi penugasan kerja dalam memproduksi roti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Hungarian. Dalam penelitian ini data yang telah diperoleh akan dihitung kembali dengan menggunakan software QM for windows untuk mengetahui apakah hasil perhitungan manual sama dengan hasil perhitungan software QM for windows. Kesimpulan yang didapat pada penelitian ini adalah nilai optimal bernilai 385 untuk keuntungan produksi yang dibuat oleh 6 orang karyawan dengan 6 jenis produk roti.Kata Kunci:  UMKM, Penugasan, Metode Hungarian.
ANALISIS KECEPATAN GERAK BAHAN PADA MESIN PELAPIS PLASTIK Idzani Muttaqin
Journal of Industrial Engineering and Operation Management Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jieom.v5i1.7192

Abstract

Mesin pelapis plastik merupakan alat yang dirancang dan diteliti untuk memproses pelapisan plastik pada industri kecil dan menengah yang bergerak di bidang pembuatan alat kebersihan rumah tangga dan pembuatan antena televisi. Penelitian ini berfokus analisis kecepatan gerak bahan menggunakan mesin pelapis plastik menggunakan uap air dengan suhu 930C. Dari hasil penelitian tentang putaran motor sebagai penggerak alat pelapis plastik dapat disimpulkan bahwa kecepatan gerak bahan yang optimal untuk pelapisan tangkai sapu yaitu 88,64 cm/menit dan 89,91 cm/menit, sedang kecepatan 94,60 cm/menit dipergunakan untuk melapis paralon, pelapisan plastik pada tangkai sapu dan paralon yang sempurna, bila lapisan plastik tidak retak/ pecah, tidak bergelombang, sangat halus seperti di cat (tidak bengkok untuk bahan paralon) dan dari pelapisan alat pelapis plastik yang digunakan, dimana kapasitas produksi dirancang mampu enam (6) kali, jika dibandingkan dengan pelapisan cara manual, alat pelapis plastik yang dibuat lebih efisien baik dari segi waktu dan biaya produksi.Kata Kunci:  Pelapisan, Plastik, Putaran dan Kecepatan

Page 1 of 2 | Total Record : 11