Peran perawat salah satunya sebagai edukator, untuk memberikan edukasi pada keluarga pasien stroke. Fungsi edukasi mempunyai pengaruh terhadap kecemasan keluarga pasien stroke. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh peran perawat sebagai edukator terhadap kecemasan keluarga pasien stroke. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan pre-post tes dalam satu kelompok (One-group pre-post test design), sampel terdiri dari 20 responden, metode yang digunakan adalah dengan accidental sampling. Penelitian dilakukan tanggal 1 April - 1 Mei 2017, pengambilan data menggunakan kuisioner dan dianalisa dengan signed rank test (Wilcoxon). Hasil penelitian ini adalah kecemasan keluarga pasien stroke sebelum (pre) dilakukan edukasi paling banyak adalah kecemasan berat (70%). Kecemasan keluarga pasien stroke sesudah (post) dilakukan edukasi paling banyak adalah kecemasan sedang (40%). Hasil uji Wilcoxon didapatkan hasil nilai ɑ sebesar 0,000 dan tingkat signifikan ɑ = 0,05 yang artinya ada pengaruh antara peran perawat sebagai edukator terhadap kecemasan keluarga pasien stroke. Berdasarkan hasil penelitian diatas diharapkan peran perawat sebagai edukator bisa lebih di efektifkan lagi di dalam melakukan asuhan keperawatan. Bagi pihak rumah sakit bisa mengembangkan pelayanan khususnya dalam bidang edukasi dengan membentuk unit konseling.
Copyrights © 2018