Jurnal Gentala Pendidikan Dasar
Vol. 2 No. 2 (2017): Jurnal Gentala Pendidikan Dasar

Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar

E Emosda (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2017

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kualitas motivasi belajar siswa sesudah mengunakan media buku cerita bergambar di Kelas III SD 43/I Desa Selat Kecamatan Pemayung. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design. sampel dalam penelitian ini ialah siswa Kelas III SD 43/I Desa Selat Kecamatan Pemayung yang berjumlah 21 orang. Berdasarkan analisis data Kualitas motivasi belajar siswa pada tes awal dari jawaban angket dengan jumlah siswa 21 diperoleh jumlah keseluruhan 1331 sehingga memiliki rata-rata sebesar 63.38 memiliki criteria baik dan kualitas motivasi belajar siswa pada tes akhir dari jawaban angket dengan jumlah siswa 21 diperoleh jumlah keseluruhan 1369 sehingga memiliki rata-rata sebesar 65.19 memiliki criteria baik. Untuk pengujian dari uji hipotesis non parametik diatas di situ telah dihitung Z hitung= 1.96, jika α = 0.05, maka dengan n = 21 diperoleh nilai kritis 0.7734, sehingga z hitung > dari z tabel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan buku cerita bergambar terhadap motivasi belajar pada Siswa Kelas III SD 43/I Desa Selat Kecamatan Pemayung, dihitung Z hitung= 1.96, jika α = 0.05, maka dengan n = 21 diperoleh nilai kritis 0.7734, sehingga z hitung > dari z tabel. Kata Kunci : Cerita Bergambar, Motivasi

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

gentala

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Gentala Journal Basic Education is a periodical scientific journal published in Indonesian language published by the Teacher Training and Education Faculty, Primary School Teacher Education Study Program twice a year in June and December. The submission process is open throughout the year. All ...