Mechanova
Vol 6 (2017): Semester genap 2017-2018

Aplikasi Secondary Injector pada Sepeda Motor YZF-R15 menggunakan ECU Stand Alone

Aldo Frandinata (Petra Christian University)
Teng Sutrisno (Petra Christian University)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2018

Abstract

Kendaraan bermotor umumnya telah menggunakan sistem bahan bakar injeksi. Demi melakukan peningkatan performa, sistem bahan bakar injeksi diperlukan penggantian pada bagian ECU agar dapat dilakukan pengaturan parameter. Terdapat teknologi baru pada bidang teknologi bahan bakar injeksi  sepeda motor yaitu Turbo Injection. Teknologi ini menggunakan dua buah injektor untuk memberikan bahan bakar kepada satu buah silinder. Pada penelitian ini akan dijelaskan modifikasi untuk melakukan perubahan parameter ECU serta aplikasi Turbo Injection. Terdapat dua hal yang akan diteliti, yaitu peningkatan performa setelah melakukan pengaturan parameter ECU, dan peningkatan performa setelah aplikasi teknologi Turbo Injection. Pengujian dilakukan menggunakan alat bernama On-Wheel Dynamometer untuk mengetahui Daya dan Torsi yang dihasilkan pada suatu kendaraan bermotor. Pada aplikasi Turbo Injection akan terdapat peningkatan performa dari kondisi normal (satu injektor). Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan daya sebesar 12% dan torsi sebesar 16% setelah pengaturan parameter pada ECU. Peningkatan daya sebesar 13% dan torsi sebesar 18% juga terjadi ketika dilakukan aplikasi Turbo Injection.

Copyrights © 2017