Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 19, No 1 (2019): STRATEGI PROSES BELAJAR MENGAJAR

Posisi Setengah Terlentang pada Teknik Alexander untuk Mengatasi Nervous Pemula Dewasa Saat Memainkan Piano

Annisa, Auliya Ayu (Unknown)
Latifah, Diah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 May 2019

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas kondisi nervous dua pemula dewasa saat bermain piano di pelatihan piano. Siswa piano dengan usia 18 tahun atau lebih dikategorikan sebagai pemula dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, keunggulan dan kelemahan penerapan teknik Alexander posisi setengah terlentang dalam mengatasi nervous pemula dewasa pada pelatihan piano. Teknik Alexander posisi setengah terlentang merupakan posisi istirahat yang sangat efektif. Tidak hanya untuk melepaskan ketegangan tetapi juga memiliki efek untuk meningkatkan koordinasi antara kepala, leher, dan tulang belakang. Melalui posisi setengah terlentang, pemula dewasa menjadi lebih relaks untuk memainkan piano. Posisi setengah terlentang diterapkan pada pemula dewasa melalui 2 siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design Based Research dengan pendekatan kualitatif yang berkarakter fenomenologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah melalui penerapan teknik Alexander posisi setengah terlentang pada pelatihan piano, pemula dewasa dapat mengatasi nervous nya tanpa mengikuti perawatan medis atau pelaksanaan terapi.

Copyrights © 2019