JURNAL MAKRO MANAJEMEN
Vol 4, No 1 (2019): MAKRO JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN

PENGARUH VARIABEL BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI PASTA GIGI PEPSODENT PT. UNILEVER INDONESIA, TBK

Andriandita Wijayanto (Universitas Yos Sudarso)



Article Info

Publish Date
20 May 2019

Abstract

Memahami perilaku konsumen dalam memilih produk, pemasar dapat memahami dengan sebenarnya apa yang menjadi kebutuhan dan keinginankonsumen, latar belakang konsumen, alasan melakukan pembelian produk.Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Variabel BauranPemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Pasta Gigi Pepsodent.Populasi penelitian adalah konsumen pengguna pasta gigi dengan kemasanmerek Pepsodent, dengan memilih sampel 100 orang melalui teknik purposivesampling. Analisis dilakukan melalui teknik regresi ganda, yang hasilnyamenunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran berpengaruh simultan terhadapkeputusan konsumen untuk membeli, hal ini dibuktikan dengan nilai p=0,000(p<0,05). Pengujian hipotesis juga menunjukan bahwa produk berpengaruhpositif terhadap keputusan pembelian, dengan nilai p=0,042 (p<0,05), sedangkan faktor harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, yang ditunjukan dengan nilai p=0,000 (p<0,05). Selanjutnmya faktor distribusi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dengan nilai p=0,000 (p<0,05), serta faktor promosi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dengan nilai p=0,001 (p <0,05).

Copyrights © 2019