Menara Ilmu
Vol 12, No 8 (2018): vol. XII No. 8 Juli 2018

PENGARUH PROMOSI KESEHATAN MEMAKAI METODE PENYULUHAN DENGAN TEKNIK DEMONSTRASI TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWI TENTANG PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI DI SMKN 2 KEC. GUGUAK KAB.LIMA PULUH KOTA.

Gusti, Dalina (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2018

Abstract

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang umum pada wanita.Kanker payudara merupakan tumor ganas yang tumbuh dijaringan payudara. Setiap tahunlebih dari 185.000 wanita didiagnosa menderita kanker payudara.Insiden penyakit inisemakin meningkat di negara-negara maju.Sekitar 43.500 kematian akibat kankerpayudara setiap tahunnya yang menjadikan penyakit ini sebagai penyebab kematianterbesar kedua setelah kanker paru pada wanita di Amerika Serikat (Kemenkes RI,2015).Kanker payudara sering ditemukan di negara-negara besar dengan insiden relatiftinggi, yaitu 20% dari seluruh keganasan kanker yang ada. Dari 600.000 kasus kankerpayudara yang didiagnosis setiap bulan sebanyak 350.000 diantaranya ditemukandinegara maju, sedangkan 250.000 dinegara berkembang.Di Amerika Serikat, keganasankanker paling sering terjadi pada wanita dewasa (World Health Organization, 2015).Jenispenelitian adalah quasi eksperiment dengan desain one group pretest-posttest design.Penelitian ini dilakukan di SMKN2 Kec.Guguak Kab.Lima Puluh Kota pada bulan April2018, populasi 30 orang dengan Total sampel 30 orang.Hasil uji menggunakankolmogorov smirnov menunjukkan mean rank pengetahuan responden Negativ Ranks 3.00dan Positiv Ranks 13.42 Dari uji statisc wilcoxon didapatkan p=0,000 (p<0,05), makadapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penyuluhan yang signifikan terhadap tingkatpengetahuan. Hasil Uji statistik untuk sikap dengan memakai Uji t Independet didapatkanp=0,000 (p<0,05) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penyuluhan yangsignifikan terhadap sikap.Kesimpulannya terdapat pengaruh promosi keseharan memakaimetode penyuluhan dengan teknik demonstrasi terhadap peningkatan pengetahuan dansikap remaja putri tentang SADARI.Maka Peneliti menyarankan kepada pihak sekolahrutin memberikan penyuluhan mengenai pemeriksaan payudara sendiri.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...