Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan dengan latarbelakang masih banyakguru taman kanak-kanak yang tidak mempunyai rencana pelakasanaan pembelajaranharian( RPPH), masih ada guru taman kanak-kanak sudah membuat RPPH tapi belumlengkap komponennya, seperti tujuan pembelajaran, indikator, dan penilaian, sertalangkah-langkah kegiatan masih dangkal. Guru jarang sekali mendapat pelatihan caramembuat RPPH sehingga menyebabkan guru belum memahami cara penyusunan RPPHsecara lengkap.Sabjek Penelitian Tindakan Sekolah ini adalah guru taman kanak-kanak di gugusIV Lubuk Batingkok kecamatan Harau pada tahun 2016 yang berjumlah 8 orang.Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan teknik analisis data yangdigunakan adalah persentase dengan tabel serta penelitian ini dilakukan dua siklus.Hasil penelitian terjadi peningkatan kemampuan profesional guru taman kanakkanakdalam menyusun RPPH melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan digugusIV Lubuk Batingkok kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan profesional gurutaman kanak-kanak dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran harian. Padasiklus satu dari 8 orang guru terjadi peningkatan kemampuan guru dalam menyusunrencana pelaksanaan pembelajaran harian sebesar 37,5% dan pada siklus dua sebesar87,5% itu berarti terjadi peningkatan kemampuan guru dari siklus satu ke siklus duasebanyak 50%. Ini membuktikan bahwa pengembangan profesi berkelanjutan dapatmeningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPPH. Pembinaan dilanjutkan padakemampuan guru yang lainnya sehingga guru semakin kompeten dalam menyusunadministrasinya.
Copyrights © 2019