Menara Ilmu
Vol 12, No 10 (2018): Vol. XII No. 10 Oktober 2018

PENGENDALIAN PROYEK DITINJAU DARI SISI WAKTU DAN BIAYA ( Studi Kasus : Proyek Pembangunan Embung Tanjung Durian, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan )

Hendri Susanto, Nasrul, (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2018

Abstract

Pengendalian pada proyek konstruksi pada umumnya menyangkut tiga aspek utama, yaitubiaya, waktu dan SDM. Di dalam pelaksanaan suatu proyek konstruksi perencanaan danpengendalian merupakan fungsi yang paling pokok dalam mewujudkan keberhasilan proyek.Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan pengendalian terhadap pengaruh perubahanReview Design dan kendala lahan yang tidak bebas yang memberikan dampak keterlambatanwaktu dan pembengkakan biaya pekerjaan pembangunan konstruksi Embung Tanjung Durian.Penelitian ini adalah penelitian Deskriptif. Penelitian ini tidak menguji hipotesa atau tidakmenggunakan hipotesa, melainkan hanya mendeskripsikan informasi apa adanya sesuai datadatalapangan yang diperoleh, penelitian semacam ini dilakukan guna mengambil kebijakan ataukeputusan untuk melakukan atau memberi solusi dalam memecahkan masalah. Dari dataketerlambatan pekerjaan tersebut, maka dapat diketahui dan diperoleh alternatif pengendaliansisa waktu, biaya dan tenaga yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Bobot itempekerjaan utama/mayor item disusun perminggu dalam bentuk action plane, disini akan tergambarbesaran bobot fisik pekerjaan perminggu yang harus dikejar, output nya adalah jumlah materialdan tenaga yang harus disiapkan agar target rencana fisik pekerjaan perminggu dapat dicapaiyang hasil akhirnya fisik pekerjaan dapat selesai sesuai sisa waktu kontrak yang dihitung dandisusun dengan action plane.Kata kunci : Action plane, kinerja, waktu dan biaya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...