Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsepmatematis siswa dengan menerapkan metode drill dan peta pikiran lebih baik daripadapemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional pada siswaKelas IX.4 SMPN 1 Ranah Pesisir Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Jenis penelitian iniadalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Kelas IX.4 SMPN 1 RanahPesisir Tahun Pelajaran 2017/ 2018 yang terdiri dari enam kelas. Teknik pengambilansampel dilakukan secara acak, kelas IX5 sebagai kelas eksperimen dan IX4 sebagaikelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhirpemahaman konsep matematis. Tes yang digunakan dalam bentuk esai denganreliabilitas tes adalah . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji tsatu pihak dengan bantuan Minitab. Berdasarkan nilai tes akhir matematika siswa padakedua kelas sampel diperoleh rata-rata kelas eksperimen = 76,88 dengan simpanganbaku =18,44, rata-rata kelas kontrol = 64,41 dengan simpangan baku =17,10. Hasildari analisis data diketahui bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogenpada taraf kepercayaan dan pengujian hipotesis menggunakan uji-t satupihak dengan bantuan MINITAB, diperoleh P-value sebesar 0,005 kurangdari , sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsepmatematis siswa dengan menerapkan metode drill dan peta pikiran lebih baik daripadapemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional pada siswaKelas IX.4 SMPN 1 Ranah Pesisir Tahun Pelajaran 2017/ 2018 pada taraf kepercayaan95%.Kata Kunci: Penerapan Metode Drill. Peta Pikiran. Konsep Matematika
Copyrights © 2018