Perilaku perawat yang didasari dengan kecerdasan emosional yang tinggi dapat meningkatkan kepuasan pasien dalam pelayanan keperawatan. Kepuasan pasien yang baik menandakan bahwa mutu pelayanan rumah sakit berkualitas. Di rumah sakit tenaga kesehatan yang paling dominan dan 24 jam kontak dengan pasien adalah perawat, kecerdasan emosional perawat sangat mempengaruhui kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan emosional perawat dengan kepuasan pasien. Jenis penelitian ini adalah Cross Sectional Study dengan populasi seluruh pasien yang dirawat dinstalasi rawat non bedah RSUP Dr. M. Djamil dengan sebanyak 100 orang dengan pengambilan sampel secara Stratified proportional random sampling. Hasil penelitian didapat ada hubungan yang signifikan antara self awareness perawat, self management perawat, social awareness perawat, relationship management perawat, dengan kepuasan pasien, dan variabel yang paling dominan adalah self awareness perawat dengan kepuasan pasien dengan nila OR 19,841. Diharapkan seluruh tenaga keperawatan yang melayani pasien untuk menambahh ilmu pengetahuan dan keterampilan terkait dengan peningkatan kecerdasan emosional perawat, soft skills, caring dan komunikasi terapeutik maupun komunikasi efektif yang dapat menunjang kecerdasan emosional perawat. Kata kunci : Kecerdasan emosional, kepuasan, pasien
Copyrights © 2017