Lembar Kerja Siswa (LKS) yang selama ini digunakan sekolah belum sepenuhnya menuntun siswa untuk aktif membangun pemahamannya sendiri. Untuk itu perlu dikembangkan LKS berbasis Realistics Mathematics Education (RME) yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun sendiri pengetahuannya serta dapat mengaplikasikan konsep yang telah dipelajari dalam pemecahan masalah. Penelitian pengembangan ini menggunakan model McKenny yang terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary, prototyping, dan assessment. Prototype Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) dirancang berdasarkan preliminary (analisis pendahuluan). Kegiatan analisis kebutuhan dimulai dengan analisis kurikulum, analisis konsep, dan analisis siswa. Data kualitatif yang diperoleh pada tahap analisis pendahuluan, dianalisis dengan tiga tahapan yaitu : mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Mereduksi data merupakan proses menyeleksi, memfokuskan dan mentransformasikan data mentah yang diperoleh melalui hasil wawancara.
Copyrights © 2017