Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan model active learning tipe role reversal question pada siswa kelas V SD Negeri 14 Muara Panas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 14 Muara Panas yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan ≥75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memperoleh nilai ≥75. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 14 Muara Panas setelah menggunakan model active learning tipe role reversal question baik pada siklus I maupun siklus II. Pada siklus I siswa yang memperoleh nilai ≥75 mengalami peningkatan sebesar 13% dengan kondisi awal 52,2% meningkat menjadi 65,2% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,76% menjadi 86,96%. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 3,48 dengan kondisi awal 66,09 meningkat menjadi 69,57 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 9,13 menjadi 78,70.Kata kunci: Hasil Belajar, PKn, Active Learning Tipe Role Reversal Question
Copyrights © 2016